cover
Contact Name
Didik Himmawan
Contact Email
didikhimm@gmail.com
Phone
+628179629752
Journal Mail Official
didikhimmawan@gmail.com
Editorial Address
Jl. Ir. H. Djuanda Km 03, RT 001 RW 005 Desa Singaraja Kecamatan Indramayu Kabupaten Indramayu Jawa Barat 45213
Location
Kab. indramayu,
Jawa barat
INDONESIA
Manajia: Journal of Education and Management
ISSN : -     EISSN : 30218543     DOI : https://doi.org/10.61166/manajia.v1i2.12
The word Manajia comes from the Arabic مناجيا which means survivor, safe, or successful. The use of the name Manajia for the journal means articles written describing survivor and success in management, managerial in educational institutions and others. Manajia: Journal of Education and Management is a peer-reviewed, open access journal publish by Perkumpulan Dosen Fakultas Agama Islam Indramayu that provides articles in all areas of Educational Administration and Management and related disciplines. The scope of Educational Management including leadership, education planning, human resources, education finance, curriculum, facilities and infrastructure, public relations, student affairs, learning process, education management, organizations, quality assurance, and education policy.
Articles 14 Documents
MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM DI PONDOK PESANTREN Asep Mulyana; Salma Salimaturohmah; Sani Septiana; Tanti Fitri Yana
Manajia: Journal of Education and Management Vol. 1 No. 1 (2023)
Publisher : Perkumpulan Dosen Fakultas Agama Islam Indramayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61166/manajia.v1i1.1

Abstract

Pemimpin teladan seperti kiai, kepala pesantren dan pembimbingnya yang merupakan visioner pertama. Pesantren yang dijalankan oleh para pemimpin seperti itu tidak diragukan lagi tercerahkan dan termotivasi untuk mengembangkan tujuan dan rencana jangka panjang yang jelas. Misalnya konsep sistem pendidikan Islam terbaik di dunia yaitu  pesantren paling ideal. Selain itu, pesantren biasanya memiliki ciri khas tersendiri, mengikuti prosedur atau aturan main. Hal ini sebagian karena kepatuhan budaya kepada kiai, yang memiliki otoritas sangat besar di pesantren. Ia juga mengandalkan “sistem manajemen” ribuan pesantren yang  masing-masing memiliki  budaya ketaatan kiai yang berbeda. Setiap pesantren juga memiliki “gerakan” yang berbeda dalam sistem pendidikannya.
PENINGKATAN MUTU PERGURUAN TINGGI MELALUI PENJAMINAN MUTU INTERAL PERGURUAN TINGGI Syaefulloh; Didik Himmawan; Sofyan Sauri; Ujang Cepi Barlian
Manajia: Journal of Education and Management Vol. 1 No. 1 (2023)
Publisher : Perkumpulan Dosen Fakultas Agama Islam Indramayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61166/manajia.v1i1.2

Abstract

Penjaminan mutu adalah proses perencanaan/perumusan, penetapan, pelaksanaan, evaluasi pelaksanaan, pengendalian pelaksanaan, dan pengembangan/peningkatan standar mutu pengelolaan pendidikan tinggi secara konsisten dan berkelanjutan, sehingga stakeholders internal (mahasiswa, dosen dan karyawan) dan eksternal (masyarakat, dunia usaha, asosiasi profesi, pemerintah) memperoleh kepuasan dari perguruan tinggi tersebut. Bahan yang menjadi objek pembahasan bersumber dari jurnal-jurnal ilmiah tentang Peningkatan mutu perguruan Tinggi, dan juga tentang penjaminan mutu internal. Metode yang digunakan dalam penyusunan jurnal ini adalah menggunakan literature review dari berbagai sumber. Keberhasilan SPMI akan sangat bergantung dari dukungan semua pihak, khususnya seluruh civitas akademika dan tenaga kependidikan yang diharapkan memiliki kesadaran yang utuh, bahwa budaya mutu adalah pola pikir, pola sikap dan pola perilaku dari semua pihak yang berkepentingan pada perguruan tinggi tersebut. Dengan mengimplenentasikan SPM Dikti yang terdiri atas tiga sub sistem, yaitu SPMI, SPME, dan PD Dikti, diyakini bahwa semua perguruan tinggi di Indonesia akan mampu membangun budaya mutu, baik di perguruan tinggi masing-masing maupun akan berkontibusi pada pembangunan budaya mutu pendidikan tinggi pada tingkat nasional.
PERAN TENAGA PENDIDIK DALAM TRANSFORMASI PENDIDIKAN MENUJU GENERASI EMAS INDONESIA Didik Himmawan; Syaefulloh; Sofyan Sauri; Azi Khoirurrahman
Manajia: Journal of Education and Management Vol. 1 No. 1 (2023)
Publisher : Perkumpulan Dosen Fakultas Agama Islam Indramayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61166/manajia.v1i1.3

Abstract

Pendidikan adalah suatu proses yang bertujuan untuk mengembangkan manusia yang tidak sekedar memiliki kecerdasan intelektual, tetapi juga dapat berpikir secara ilmiah dan filosofis. serta dapat menumbuhkan spiritualitasnya. Pendidikan yang berkualitas diperlukan untuk melahirkan generasi emas. Guru memegang peranan penting dalam dunia pendidikan sebab dari keseluruhan unsur pendidikan, gurulah yang paling berpengaruh. Untuk menyongsong generasi emas Indonesia 2045, guru harus lebih kreatif, inovatif, dan inspiratif dalam merancang aktivitas pengajaran yang berkualitas. Penelitian kali ini mengandalkan kajian dan analisis data sekunder. Data yang digunakan adalah data sekunder, yang diperoleh baik secara langsung maupun tidak langsung dari sumbernya. Spesifikasi penelitian deskriptif analitis digunakan dalam penelitian ini. Artikel ini secara keseluruhan membahas hubungan antara pendidikan dan perwujudan generasi emas Indonesia, upaya yang dapat dilakukan untuk mewujudkannya, dan peran pendidik dalam mewujudkan upaya tersebut.
KONSEP DAN IMPLEMENTASI MANAJEMEN MUTU PERGURUAN TINGGI Azi Khoirurrahman; Ujang Cepi Barlian; Syaefulloh
Manajia: Journal of Education and Management Vol. 1 No. 1 (2023)
Publisher : Perkumpulan Dosen Fakultas Agama Islam Indramayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61166/manajia.v1i1.4

Abstract

Perguruan tinggi memiliki kegiatan dan produk yang jelas serta memiliki kekhasan secara otonomi baik dari aspek pendidikan, penelilitian, hingga pengabdian masyarakat. Aspek pendidikan yang merupakan aspek pertama dari dharma akan menjadi ciri khas yangterlihat dan terasakan langsung oleh masyarakat. Penelitian ini merupakan kajian dan analisis data, terutama dari jurnal dan buku yang memiliki kaitan dengan topik penulisan. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder, yang diperoleh baik secara langsung maupun tidak langsung dari sumbernya. Spesifikasi penelitian deskriptif analitis digunakan dalam penelitian ini. Jenis dan data dalam penelitian ini diperoleh melalui studi kepustakaan, dan data dianalisis menggunakan analisis kualitatif. Penilaian dalam pendidikan dikaitkan dengan peningkatan mutu. Baik itu mutu peserta didik maupun mutu satuan pendidikan itu sendiri. Karenanya, penilaian ini juga mencakup lembaga, termasuk program-program yang ada di lembaga itu sendiri. Lebih dari itu, penilaian hasil belajar ini juga melibatkan peran serta masyarakat yang dijalankan melalui lembaga mandiri yang dalam evaluasinya dilaksanakan secara berkala, menyeluruh, transparan, dan sistemik untuk menilai pencapaian standar nasional pendidikan.
SINERGITAS PERGURUAN TINGGI ISLAM DENGAN DUNIA USAHA DAN DUNIA INDUSTRI MELALUI PENDEKATAN MANAJEMEN STRATEGIK DAN MANAJEMEN MUTU TERPADU Arwani
Manajia: Journal of Education and Management Vol. 1 No. 1 (2023)
Publisher : Perkumpulan Dosen Fakultas Agama Islam Indramayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61166/manajia.v1i1.5

Abstract

Hakekat manajemen adalah kemampuan dan ketrampilan khusus untuk melakukan kegiatan bersama dengan orang lain atau melalui orang lain dalam mencapai tujuan organisasi. Konsep total quality manajement (TQM) menjadi dasar dikembangkannya manajemen mutu pendidikan, yang awalnya konsep TQM tersebut digunakan oleh dunia bisnis dan selanjutnya diadopsi serta diadaptasi oleh dunia pendidikan. Penelitian kali ini merupakan kajian dan analisis data, terutama dari jurnal dan buku yang memiliki kaitan dengan topik penulisan. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder, yang diperoleh baik secara langsung maupun tidak langsung dari sumbernya. Spesifikasi penelitian deskriptif analitis digunakan dalam penelitian ini. Jenis dan data dalam penelitian ini diperoleh melalui studi kepustakaan, dan data dianalisis menggunakan analisis kualitatif. Kerjasama PT dengan dunia usaha tidak bisa diselenggarakan secara partial dan instan. Kerjasama harus dilakukan melalui pola yang integratif dan terus-menerus (kontinu). Perguruan Tinggi Islam sebagai penyelenggaran pendidikan juga dituntut untuk memberikan pelayanan yang bermutu, baik terhadap mahasiswa maupun kepada alumninya. Oleh karena itu perlu dirancang strategi untuk membangun sinergitas dengan dunia usaha dan dunia industri dengan mengimplementasikan manajemen strategik dan manajemen mutu pendidikan sebagai upaya untuk mencapai kepuasan para pelanggannya (mahasiswa, alumni, masayarakat, dan para pengelola dunia usaha dan dunia industri)
PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DI ERA COVID 19 BAGI PERKEMBANGAN SISWA SMPN 1 BALONGAN Maksum; Akhmad Mujani
Manajia: Journal of Education and Management Vol. 1 No. 1 (2023)
Publisher : Perkumpulan Dosen Fakultas Agama Islam Indramayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61166/manajia.v1i1.8

Abstract

Masa pandemi covid 19 pengaruhya sangat berdampak sekali bagi perkembangan pola belajar anak di sekolah,dengan adanya kebijakan belajar di rumah atau pembelajaran jarak jauh (PJJ) anak tidak bebas dalam berinteraksi ,anak tidak dapat bermain sehingga membuat turun rasa semangat anak dalam belajar.Terkait hal ini pola asuh orang tua merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi motivasi pembelajaran anak dalam menerima pelajaran sekolah. Bimbingan dan didikan orang tua serta peran keluarga sangat di butuhkan untuk kemajuan dalam belajar sehingga keharmonisan yang di bentuk membuat nyaman anak dalam belajar di rumah. Penelitian dilakukan di SMP N 1 BALONGAN jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif serta pengumpulan data serta wawancara populasi penelitian terdapat 30 siswa kelas 9f tahun ajaran 2021/2022. Tujuan penelitian ini untuk memahami dan mengetahui pola asuh orang tua dan keluarga di rumah dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ) selama covid 19
PENTINGNYA BAHASA DAN SASTRA DALAM PENGEMBANGAN ILMU DAN TEKNOLOGI Hana Faizatul Hajar
Manajia: Journal of Education and Management Vol. 1 No. 1 (2023)
Publisher : Perkumpulan Dosen Fakultas Agama Islam Indramayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61166/manajia.v1i1.9

Abstract

Bahasa merupakan media penyampaian untuk berkomunikasi dan sastra adalah sebuah bentuk karya seni sedangkan ilmu pengetahuan memiliki bebera istilah dalam bahasa arab yaitu ilm, dalam bahasa inggris yaitu scienti, kemudian dari Bahasa Latin yaitu Scientia yang dalam aturan kata kerja scire adalah tahu atau mengetahui, jika dijabarkan dalam Kamus Besar ilmu pasti pengetahuan. Kemudian teknologi adalah aplikasi ilmu pengetahuan untuk menciptakan alat, mesin, system, dan proses yang dapat memenuhi berbagai kebutuhan manusia dalam berbagai bidang, namun dinamika bahasa dan sastra selalu berubah dan berkembang seiring dengan perkembangan ilmu dan teknologi.
Strategi Guru Dalam Pembinaan Akhlak Peserta Didik di SMP Negeri 2 Sibolangit Muhammad Ikhsanul Khoir
Manajia: Journal of Education and Management Vol. 1 No. 2 (2023)
Publisher : Perkumpulan Dosen Fakultas Agama Islam Indramayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61166/manajia.v1i2.11

Abstract

Artikel ini mengkaji tentang strategi guru pendidikan agama Islam terhadap pengembangan moral siswa di SMP Negeri 2 Sibolangit. Melalui grand tour tersebut ditemukan beberapa permasalahan yang berkaitan dengan pembinaan moral siswa, antara lain: kurangnya minat siswa dalam kegiatan belajar mengajar, rendahnya disiplin siswa dan sikap tidak sopan terhadap siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana guru menerapkan strateginya dalam mengembangkan etika siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan identifikasi topik penelitian menggunakan teknik deliberatif. Penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru Pendidikan Agama Islam terhadap pembinaan moral siswa di SMP Negeri 2 Sibolangit.
Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Akhlak Mulia Peserta Didik Di SMP Negeri 2 Sibolangit Alfi Rahman Nasution
Manajia: Journal of Education and Management Vol. 1 No. 2 (2023)
Publisher : Perkumpulan Dosen Fakultas Agama Islam Indramayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61166/manajia.v1i2.12

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan akhlak peserta didik di SMP Negeri 2 Sibolangit. Latar belakang dari penelitian ini adalah mayoritas guru sebagai pendidik dengan hanya mentransfer ilmu pengetahuan tanpa memberikan dukungan dalam pembentukan karakter seperti berakhlak mulia dan memiliki sopan santun sehingga peserta didik menjadi lebih baik. Penelitian ini merupakan peneltian deskripstif kualitatif dengan subjek penelitian adalah guru pendidikan agama islam dan peserta didik yang beragam islam di sekolah SMPN 2 Sibolangit berjumlah 57 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan tahapan analisis yang dilakukan dalam penelitian kualitatif yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru dalam peningkatan ahlak mulia peserta didik dilakspeserta didikan secara intensif dan berkelanjutan. Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki tugas membimbing, memberi contoh, dan menghukum peserta didik. Namun, ada beberapa komponen internal dan eksternal yang dapat memengaruhi pembentukan akhlak mulia peserta didik. Faktor-faktor ini termasuk kebiasaan dan lingkungan sekolah, yang dapat memengaruhi akhlak peserta didik.
Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 2 Sibolangit Wildan Saleh Siregar
Manajia: Journal of Education and Management Vol. 1 No. 2 (2023)
Publisher : Perkumpulan Dosen Fakultas Agama Islam Indramayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61166/manajia.v1i2.13

Abstract

Pendidikan karakter yaitu pembahasan terpenting didalam ranah pendidikan, hal ini terkait dengan peristiwa kemunduran akhlak dan moral yang terjadi pada tengah-tengah masyarakat, kita mengetahui bersama bahwa semakin beragam dan semakin tinggi pendidikan karakter peserta didik di kalangan semua anak didik sangat membutuhkan pendidik yang  berkarakter baik,  waktu  pendidikan  karakter yang efektif  dimulai waktu usia dini supaya terbiasa ketika masa yang akan tiba. oleh sebab itu, sifat tanggung jawab serta pendidikan berbasis Islam di Sekolah  Menengah Pertama Negeri Sibolangit dimaksimalkan agar pembentukan karakter peserta didik sesuai dengan ajaran islam dan tuntunan Rasulullah Saw. Pada penelitian ini, metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Karakter yang di bentuk oleh guru untuk siswa adalah pola dan perilaku dalam kehidupan sehari-hari. Dalam metode ini penulis membuat metode kualitatif. Pendekatan metode ini bertujuan untuk memperoleh data yang akurat pada permasalahan atau peristiwa  upaya yang dilakukan pengajar Pendidikan AgamaIslam untuk pembentukan karakter (character building).

Page 1 of 2 | Total Record : 14