cover
Contact Name
Zakhiru Rahma
Contact Email
zakhiruismail@gmail.com
Phone
+6285730027288
Journal Mail Official
zakhiruismail@gmail.com
Editorial Address
STAI Muhammadiyah Paciran Lamongan Jln. Raya Daendels KM. 74,2 Paciran Lamongan 62264 Jawa Timur
Location
Kab. lamongan,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Staika: Jurnal Penelitian dan Pendidikan
ISSN : 25025821     EISSN : 27981266     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
Jurnal Staika, Jurnal Penelitian dan Pendidikan with ISSN 2798-1266 is the journal of the Muhammadiyah Paciran Islamic Higher Education, published periodically every year as a scholarly academic platform for the study of Islamic education. The editorial board invites experts and academics to contribute their thoughts in the form of research results in accordance with their respective disciplines. Original manuscripts that have not been published in other media are welcomed. The editorial board reserves the right to select and edit submitted manuscripts without compromising the substance of the authors ideas. Published by Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Paciran for February and September
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 2 (2021): STAIKA (Jurnal Penelitian dan Pendidikan Agama Islam)" : 6 Documents clear
PERANAN PENDIDIKAN AKHLAK DALAM PEMBINAAN KEPRIBADIAN SISWA MI MUHAMMADIYAH 12 BETIRING SUMBERAGUNG BRONDONG LAMONGAN Zakhiru Rahma Zaha
Jurnal Penelitian dan Pendidikan Vol 4 No 2 (2021): STAIKA (Jurnal Penelitian dan Pendidikan Agama Islam)
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan akhlak merupakan permasalahan yang selalu menjadi tantangan manusia dalam sepanjang sejarahnya. Dalam pembentukan kepribadian muslim, pendidikan akhlak sangat berperan penting dalam kehidupan sehari hari yang mampu mewarnai segala sikap dan perilakunya baik ketika berhubungan dengan manusia maupun ketika berhubungan dengan alam sekitar, terlebih lagi dalam berhubungan dengan Allah SWT. Menuju keselamatan dunia dan akhirat. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Peranan pendidikan akhlak dalam pembinaan kepribadian siswa yaitu membimbing, mendidik, menumbuhkan dan menanamkan kebiasaan berakhlak mulia pada anak didik. dalam proses pembinaan kepribadian siswa melaui pendidikan akhlak dilakukan guru dengan cara memaksimalkan proses pembelajaran yang dikaitkandengan akhlak siswa. (2) metode yang digunakan pendidikan akhlak dalam membina kepribadian siswa antara lain metode pembiasaan, paksaan dan teguran. (3) faktor pendukung dalam pembinaan kepribadian siswa ialah dengan adanya fasilitas, kegiatan ekstrakulikuler, dan orang tua. Sedangkan faktor penghambatnya ialah kurang adanya kesadaran dari anak didik, dan lingkungan keluarga. (4) usaha yang dilakukan untuk mengatasi hambatan pendidikan akhlak dalam pembinaan kepribadian siswa ialah dengan melalui pendekatan secara umum maupun personal kepada siswa dan berusaha meningkatkan komunikasi serta kerja sama dengan wali murid anak didik. (5) pendidikan akhlak memberi pengaruh yang positif terhadap kepribadian anak didik dengan demikian bisa dikatakan bahwa pembinaan kepribadian siswa melalui pendidikan akhlak sudah terlaksana dengan baik, artinya dengan adanya pendidikan akhlak kepribadian siswa menjadi lebih baik, lebih sopan, lebih bertanggungjawab atas semua perilaku dari perbuatannya baik dilingkungan sekolah maupun diluar sekolah.
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KEIMANAN DIPESANTREN AL-ISLAM TENGGULUN LAMONGAN Zunaidah
Jurnal Penelitian dan Pendidikan Vol 4 No 2 (2021): STAIKA (Jurnal Penelitian dan Pendidikan Agama Islam)
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (a) Memahami pandangan kyai dan para ustadz pesantren al-Islam Tenggulun tentang pendidikan keimanan, (b) Menjelaskan tentang implementasi pendidikan keimanan di pondok pesantren al-Islam Tenggulun Lamongan. Penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subyek penelitian ini yaitu Pesantren al-Islam Tenggulun Lamongan. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif yaitu data yang telah terkumpul sebagaimana adanya disusun, diinterpretasikan kemudian dianalisis, untuk selanjutnya diambil kesimpulan. Temuan penelitian ini yaitu meliputi: Pertama, pendidikan keimanan mendapatkan perhatian lebih di pondok pesantren al-Islam, karena para pengasuh pesantren ini berpandangan bahwa seluruh detik kehidupan seorang muslim berporos dan bertolak darinya. Kedua, pendidikan keimanan di pesantren ini adalah dengan mendalami maksud dari keimanan kepada Allah, keimanan kepada malaikat-malaikat Allah, keimanan kepada kitab-kitab Allah, keimanan kepada rasul-rasul Allah, keimanan kepada hari akhir, dan keimanan kepada qadha’ dan qadar Allah.
KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN GOOGLE CLASSROOM DI ERA PANDEMI COVID-19 PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMA MUHAMMADIYAH 6 PACIRAN Mushollin Ahmad
Jurnal Penelitian dan Pendidikan Vol 4 No 2 (2021): STAIKA (Jurnal Penelitian dan Pendidikan Agama Islam)
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Salah satu masalah yang dihadapi dunia pendidikan saat ini adalah dampak pandemi COVID-19 yang kini mulai merambah kedunia pendidikan, sehingga pemerintah berupaya untuk meliburkan seluruh lembaga pendidikan. Dengan adanya kebijakan tersebut maka sekolah menerapakan kegiatan belajar mengajar dari jarak jauh atau pembelajaran daring (dalam jaringan). Salah satu aplikasi gratis dan familiar yang diterapkan dalam pembelajaran daring di SMA Muhammadiyah 6 Paciran adalah aplikasi Google Classroom. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran google classroom di era pandemic COVID-19 pada mapel PAI, untuk mengetahui keefektifan pembelajaran google classroom di era pandemic COVID-19 terhadap peserta didik pada mapel PAI, untuk mengetahui keefektifan pembelajaran google classroom di era pandemic COVID-19 terhadap guru PAI pada mapel PAI. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) Proses pembelajaran google classroom di era pandemic COVID-19 pada mapel PAI meliputi (a) Tujuan Pembelajaran mapel PAI (berkompetisi dalam kebaikan) agar peserta didik terbiasa dalam membaca Al-Quran, senantiasa selalu berbuat kebaikan dalam kehidupan sehari-hari (b) materi pembelajaran: guru memberikan materi lebih rinci, (c) media pembelajaran: guru menggunakan media berupa video, (d) metode pembelajaran: guru menggunakan metode Tanya jawab, (e) strategi: dengan menyampaikan point-point penting dan khusus anak pondok, guru bekerjasama dengan ustad untuk mengawasi pada saat pembelajaran berlangsung (f) Hasil penilaian pembelajaran google classroom bahwa sebanyak 5 anak tidak mencapai KKM dan akan diberi tugas tambahan dan 14 anak sudah mencapai KKM. (2) Keefektifan pembelajaran google classroom di era pandemic COVID-19 terhadap peserta didik pada mapel PAI : (a) Untuk peserta didik rumahan, proses pembelajaran google classroom ditengah pandemic COVID-19 sangat efektif sekali namun kurang efisien karena tidak tatap muka secara langsung (b) Untuk peserta didik pondokan, proses pembelajaran google classroom ditengah pandemic COVID-19 kurang efektif dan kurang efisien sekali karena fasilitas tidak medukung, lingkungan yang tidak kondusif dan tidak tatap muka secara langsung. (3) Keefektifan pembelajaran google classroom di era pandemic COVID-19 terhadap guru PAI pada maple PAI :Dengan adanya pembelajaran google classroom sangat efektif memudahkan guru PAI dalam menyampaikan materi PAI ditengah pandemic COVID-19 namun kurang efisien karena tidak tatap muka secara langsung.
Konsep Pendidikan Islam Dalam Membentuk Kecerdasan Spiritual Anak Di TAPAS (Taman Pembinaan Anak Sholeh Darul Qalam) Sedayulawas Brondong Lamongan. yusuf wibisono
Jurnal Penelitian dan Pendidikan Vol 4 No 2 (2021): STAIKA (Jurnal Penelitian dan Pendidikan Agama Islam)
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bahwa pengajaran pendidikan Islam kepada anak didik sangatlah penting dalam membentuk karakter anak. Pengajaran pendidikan Islam, yaitu pengajaran nilai-nilai ajaran Islam, kepada anak didik tidak hanya dapat membentuk ahklaq baik mereka tapi juga meningkatkan kecerdasan spiritual mereka. Kecerdasan spiritual dibutuhkan untuk menjadi penyeimbang kecerdasan intelektual, dengan kedua kecerdasan tersebut anak didik akan menjadi pribadi yang unggul. Peneletian ini merupakan penelitian lapangan (field reseach) yang berbentuk kualitatif phenomenologik dengan menempuh metode Grounded, yakni bermaksud menemukan teori baru berdasarkan data-data yang dijumpai di lapangan, atau mengembangkan rumusan teori / mengembangkan konseptualisasi teorotik berdasarkan data-data tersebut. Metode dalam pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1). Pendidikan Islam mampu meningkatkan kecerdasan spiritual anak didik yang ditunjukkan dengan perubahan prilaku baik mereka. (2). Pendidikan Islam yang diberikan adalah dengan mengajarkan anak didik: a. Pengetahuan tentang Allah dan Rasul (ma’rifatullah wa ma’rifatur rasul); tauhid uluhiyah dan rububiyah, asma’ dan sifat, kalimat-kalimat thoyibah, mengenalkan nama-nama nabi dan rasul dan menceritakan sejarah, keutamaan kepribadaian dan mukjizat mereka, b. Syariah; ibadah wajib (mahdhoh), sholat berjamaah, membaca alQur’an dan do’a sehari-hari, c. Ahklaq; mengucapkan salam, berjabat tangan, berkata jujur, menepati janji dan taat kepada orang tua dan guru.
KONSEP AL-QUR’AN TENTANG KECERDASAN EMOSIONAL DAN IMPLIKASINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM (Studi Analisis Tematik Surat Luqman Ayat 12-19) M. Hambal Shafwan M. Hambal Shafwan
Jurnal Penelitian dan Pendidikan Vol 4 No 2 (2021): STAIKA (Jurnal Penelitian dan Pendidikan Agama Islam)
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bahwa dalam dunia pendidikan agar menghasilkan pelajar yang baik, sesuai yang diharapkan, maka pengajaran pendidikan Islam yang mengajarkan tentang aqidah dan akhlak adalah hal yang penting, tidak hanya menitik beratkan pada kecerdasan intelektualnya saja tanpa diimbangi dengan kemampuan emosional. Penelitian ini merupakan kajian pustaka (library reasech) yang bersifat kualitatif. Metode dalam pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Metode dokumentasi dapat dimanfaatkan untuk menguji, menafsirkan, bahkan untuk meramalkan. Kemudian data tersebut dikelola dengan metode analitis (tahlili). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1). Kecerdasan emosional dapat menuntun serta membimbing potensi manusia untuk membentuk pribadi yang bijaksana dalam menjalankan kehidupan sehari-hari yakni dalam berinteraksi dengan baik, cerdas dalam berucap, serta bijak dalam berucap. (2). Materi kecerdasan emosional yang terdapat pada surat Luqman ayat 12-19 meliputi pengajaran tentang penanaman aqidah yakni menjadikan Allah sebagai pegangan hidup, dan akhlak. (3). Ajaran pendidikan kecerdasan emosional yaitu untuk membentuk insan kamil yakni dengan menanamkan pelajaran aqidah yang benar, pemeliharaan karakter melalui ibadah dan penanaman akhlak.
MANAJEMEN PREVENTIF MAJLIS TAKLIM MUHAMMADIYAH AL-HUSAINI SIDOMULYO KENJERAN DALAM MENANGGULANGI PENYALAHGUNAAN NARKOBA PADA REMAJA DI KOTA SURABAYA Din Muhammad Zakariya Zakariya
Jurnal Penelitian dan Pendidikan Vol 4 No 2 (2021): STAIKA (Jurnal Penelitian dan Pendidikan Agama Islam)
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena semakin maraknya peredaran narkoba dari kalangan elit hingga masyarakat bawah, berbagai macam masalah yang terjadi pada masyarakat saat ini, mulai dari pegaulan bebas, narkoba, kekerasan, krisis akhlak serta moral. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Ancaman Bahaya Narkoba Pada Remaja di Kota Surabaya? (2) Bagaimana Manajemen Preventif Majlis Taklim Muhammadiyah al-Husaini dalam Menanggulangi Penyalahgunaan Narkoba di Kota Surabaya ? (3) Bagaimana Strategi Dakwah Majlis Taklim Muhammadiyah al-Husaini dalam Mencegah Bahaya Narkoba di Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan teknik deskriptif dari hasil penelitian. Hasil dari penelitian menyimpulkan bahwa ancaman bahaya penyalahgunaan narkoba pada kehidupan remaja sangatlah buruk. Ancaman ini dapat diantisipasi melalui berbagai upaya hukum, baik secara persuasif maupun preventif. Peranan bimbingan Majlis Taklim Muhammadiyah al-Husaini dalam mencegah bahaya narkoba pada remaja di Kota Surabaya sangat tepat dilakukan melalui pendekatan teologi (agama) dalam bentuk pendidikan Islam dengan melaksanakan berbagai kegiatan yang bermuatan religius sehingga para generasi tenang memperoleh pengetahuan tentang ajaran Islam yang dapat dijadikan bekal dalam mengatasi pergaulan bebas yang kini kian merambah dan menjadi trend di kalangan remaja saat ini.

Page 1 of 1 | Total Record : 6