cover
Contact Name
M. Zaenal Arifin
Contact Email
jurnalfikrah@stai-binamadani.ac.id
Phone
+6282249559482
Journal Mail Official
jurnalfikrah@stai-binamadani.ac.id
Editorial Address
JL. KH. Hasyim Ashari, Gg. Ambon / Kavling DPR, No. 236, Nerogtog Pinang, RT.003/RW.004, Kenanga, Kec. Pinang, Kota Tangerang, Banten 15148
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Al Fikrah
ISSN : 28083571     EISSN : 28092252     DOI : -
Core Subject : Education,
Al Fikrah jurnal pendidikan dan pemikiran islam adalah jurnal yang diterbitkan oleh program Magister Pendidikan Agama Islam STAI Binamadani Tangerang. Jurnal ini mencakup aspek-aspek pendidikan islam dan pemikiran islam yang difokuskan pada ; 1. Komponen-komponen pembelajaran ; kurikulum, model, psikologi, manajemen, 2. Konsep pemikiran Islam, 3. Problematika pendidikan Islam
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 33 Documents
PEMANTAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR PESERTA DIDIK Umar Samsudin
AL Fikrah : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam Vol 1 No 1 (2021): Al fikrah
Publisher : STAI Binamadani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memantapkan penggunaan strategistrategi pembelajaran eksak seperti matematika, IPA dan materi-materipelajaran umum lainnya ke dalam strategi pembelajaran pendidikan agamaIslam (PAI). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisiskualitatif dengan menganalisis sumber primer dari jurnal-jurnal ilmiah yangsesuai dengan tema penelitian ini lalu dideskripsikan sesuai dengan data-datayang ada dan sumber sekunder dari beberapa buku tentang strategipembelajaran.Penelitian ini menemukan bahwa pemantapan strategi pembelajarankontekstual sebagai salah satu strategi pembelajaran eksak, dapat digunakandengan efektif dalam pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI). Strategiini terbukti mampu menciptakan kemampuan berpikir peserta didik terutamaberpikir kritis. Strategi pemeblajaran ini dapat diterapkan denganmengaktualisasikan konsep-konsep yang dimilikinya ke dalam konteks yangberkaitan dengan kehidupan sehari-hari siswa sesuai dengan temapembelajaran.
ANALISIS KOMPREHENSIF ARAH PENDIDIKAN ISLAM UNTUK MENCIPTAKAN MUSLIM SEJATI Gunawan Ikhtiono
AL Fikrah : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam Vol 1 No 1 (2021): Al fikrah
Publisher : STAI Binamadani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan arah pendidikan Islamsecara komprehensif, sehingga dimungkinkan pendidikan Islam tersebut dapatdigunakan untuk menyelesaikan persoalan-persoalan yang dihadapi olehsemua orang dari tingkat anak, remaja, pemuda maupun dewasa. Penelitian inimenggunakan metode kepustakaan dengan pendekatan analisis deskriptifyaitu pencarian berupa fakta, hasil dari ide pemikiran seseorang dengan caramencari, menganalisis, membuat interpretasi serta melakukan generalisasiterhadap hasil penelitian yang dilakukan dari sumber primer dan sekunder.Penelitian ini menemukan bahwa arah pendidikan Islam secarakomprehensif adalah pendidikan Islam yang berorentasi kepada pendidikanuntuk anak-anak, pemuda-pemuda dan orang dewasa supaya menjadi seorangmuslim sejati beriman teguh, beramal shaleh dan berakhlak mulia, sehinggamampu menjadi anggota masyarakat yang sanggup hidup di atas kaki sendiri,mengabdi kepada Allah dan berbakti kepada bangsa dan tanah air bahkansesam umat manusia.Mengkondisikan dalam kaitan tersebut, berarti upaya menumbuhkankesadaran yang memungkinkan seseorang mempunyai persepsi yang benardan mendalam tentang agama sebagai sumber nilai dalam kehidupannya danjuga sekaligus yang dapat menumbuhkan kekuatan kemauan (ghirah, willpower) dalam dirinya untuk mengaktualisasikan nilai-nilai ilahiyah dalamkehidupannya sehari-hari.
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN STRATEGI MULTIPLE INTELLIGENCES DI SEKOLAH Ferdinal Lafendry
AL Fikrah : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam Vol 1 No 1 (2021): Al fikrah
Publisher : STAI Binamadani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tulisan ini ingin menunjukan bahwa guru dituntut untuk kreatif dalammengoptimalkan kecerdasan yang dimiliki oleh siswanya, berbagai strategimultiple intelligences dapat diterapkan untuk pelajaran agama Islam yangkreatif, sehingga proses pembelajaran akan hidup dan siswa tidak sulitmemahami pelajaran dan tidak bosan pada saat proses pembelajaran karenagurunya mampu mengembangkan kecerdasan yang dimiliki oleh siswanya.Penerapan strategi multiple intelligences di sekolah dilakukan denganmemberdayakan semua jenis kecerdasan yang ada pada setiap mata pelajarandan mengoptimalkan pencapaian mata pelajaran tertentu berdasarkankecerdasan yang menonjol pada masing-masing siswa.Penerapan Pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) denganmenggunakan strategi multiple intelligences terbukti mampu mendorong gurumengajar secara kreatif dan memandang anak didiknya secara positif, di manasetiap siswa adalah cerdas tidak ada siswa yang bodoh. Implementasi prosespembelalajaran dengan menggunakan seluruh kecerdasan yang dimiliki olehsetiap siswa, terbukti dapat menemukan kesuksesan yang besar, yakni prosespembelajaran yang menyenangkan dan demokratis.
ASPEK-ASPEK PERKEMBANGAN PSIKOLOGI ANAK-ANAK MANTAN TERPIDANA TERORIS DI INDONESIA Supandi Supandi
AL Fikrah : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam Vol 1 No 1 (2021): Al fikrah
Publisher : STAI Binamadani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perdebatan yang terjadidalam komunitas akademik tentang psikologi anak-anak yang hidup dalamtekanan, mengungkap bentuk-bentuk psikologis yang dirasakan anak-anakmantan terpidana teroris di Indonesia, membuktikan peranan keluarga,masyarakat dan pengaruh media masa terhadap perkembangan psikologianak-anak dan cara pandang masyarakat dalam menyikapi keberadaan anakanak teroris.Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif denganpendekatan perpustakaan dan kasus di lapangan. Pengumpulan data dilakukanmelalui dokumentasi, observasi, dan wawancara. Wawancara dilakukankepada istri, anak, keluarga, guru, dan teman-teman anak-anak mantanterpidana teroris.Hasil penelitian menunjukkan bahwa psikologi anak dipengaruhi olehberbagai aspek perkembangan psikologi anak, namun faktor bawaan yangditularkan oleh orang tua, dan lingkungan di mana anak bersosialisasi lebihdominan.
HUBUNGAN DISIPLIN DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK Awaludin Awaludin
AL Fikrah : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam Vol 1 No 1 (2021): Al fikrah
Publisher : STAI Binamadani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan disiplin danmotivasi belajar dengan hasil belajar peserta didik. Metode penelitian yangdigunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan studi kasus dankepustakaan. Sumber data penelitian diperoleh dari guru dan siswa pada saatproses pembelajaran di kelas sebagai sumber primer dan dari beberapa guruyang lain sebagai sumber sekunder.Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang erat antaradisiplin dan motivasi belajar dengan hasil belajar peserta didik. Belajarmerupakan cerminan dari mutu intelektual, kerajinan dan ketekunanseseorang dalam belajarnya. Salah satu realisasi hasil belajar ialah perolehannilai Rapor. Disiplin adalah setiap perseorangan dan juga kelompok yangmenjamin adanya kepatuhan terhadap perintah dan berinisiatif untukmelakukan suatu tindakan yang diperlukan apabila tidak ada perintah. Dalamkonteks disiplin belajar berupa kepatuhan peserta didik terhadap perintah gurudan orang tua di rumah dalam usaha mencapai kemampuan, kerajinan danketekunan yang dicerminkan melalui perolehan nilai. Adapun Motivasi adalahsuatu dorongan perubahan energy dalam diri (pribadi) seseorang yangditandai dengan timbulnya perasaan dan reaksi untuk mencapai tujuan. Hasilbelajar berhubungan positif dengan disiplin belajar dan motivasi belajar.
INOVASI PENDIDIKAN FULL DAY SCHOOL ahmad suja'i
AL Fikrah : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam Vol 1 No 1 (2021): Al fikrah
Publisher : STAI Binamadani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan pendidikan fullday school, mulai dari pengelolaan kurikulum, kesiswaan, tenagakependidikan, sarana prasarana, humas, dan keuangannya. Dalam penelitianini, penulis menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif denganpendekatan empirik dengan teori “pengembangan” sebagai dasar teoritisutama.Dari hasil penelitian didapatkan kesimpulan bahwa di dalam konseppendidikan full day school terdapat inovasi-inovasi dalam mengelolakurikulum, kesiswaan, tenaga kependidikan, sarana prasarana, humas, dankeuangannya. Model Inovasi yang digunakan adalah kategori "bottom-upmodel", sementara dalam prosesnya ada 2 tahap: pertama, Inisiasi(permulaan) dengan melakukan agenda setting dan matching (penyesuaian).kedua, Implementasi dengan melakukan re-definisi/re-strukturisasi, klarifikasidan rutinisasi.
SEJARAH PESANTREN DAN TRADISI PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA Novrizal Novrizal; Ahmad Faujih
AL Fikrah : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam Vol 2 No 1 (2022): Al Fikrah: jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam
Publisher : STAI Binamadani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini membahas tentang sisi sejarah lembaga pendidikan pesantrenyang menjadi tradisi model pendidikan Islam khas Indonesia. Dalam perjalanansejarah bangsa Indonesia, peran pesantren tidak hanya dalam hal mendidikmasyarakat Indonesia dalam meningkatkan keimanan, ketakwaan, danberakhlak mulia, tetapi juga mampu menggerakkannya agar bangkit danberjuang merebut kemerdekaan dari penjajahan dan mengisi kemerdekaandengan hal yang konstruktif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif.Data-data penelitian diperoleh dari sumber-sumber kepustakaan yang dianalisismenggunakan pendekatan deskriptif analitis. Hasil penelitian menunjukkanbahwa aspek kesejarahan pesantren masih menjadi perdebatan para ahli karenabelum adanya data-data sejarah yang bersifat valid. Dalam konteks sejarahpendidikan di Indonesia, ketidakjelasan ini bukan hanya untuk lembagapendidikan pesantren yang pada awal-awal pendiriannya masih berpusat diJawa, namun faktanya demikian itu juga terjadi dengan lembaga pendidikan lainyang semodel, seperti: balai, surau, dan madrasah. Meski demikian, pesantrendianggap sebagai model pendidikan paling tua di Indonesia yang telah diakuikualitasnya, jika dilihat dari segi kemampuannya dalam mencetak kader-kadergenerasi penerus bangsa yang handal dan mampu, baik dalam bidang agamaataupun dalam pentas peran dan tokoh kepemimpinan nasional
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING DENGAN MEDIA WHATSAPP DI SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI) BINAMADANI TANGERANG UNTUK MENCIPTAKAN MAHASISWA AKTIF BELAJAR Umar Samsudin
AL Fikrah : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam Vol 2 No 1 (2022): Al Fikrah: jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam
Publisher : STAI Binamadani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendesain dan mengimplementasikanpembelajaran daring materi PAI dengan media whatsApp pada mahasiswa agaraktif belajar pada saat kuliah berlangsung. Penelitian ini dapat dikategorikan kedalam penelitian deskriptif kualitatif, yaitu peneliti berusaha menggali informasidan melakukan rencana dan pelaksanaan pembelajaran dengan maksimal, yaknidengan mendesain pembelajaran terlebih dahulu lalu menerapkannya pada saatproses pembelajaran dengan media whatsApp. Peneliti sebagai instrumenutama, menggali data dengan melakukan observasi secara mendalam darisumbernya yaitu mahasiswa sekaligus sebagai informan yang terdiri dari duakelas reguler pagi berjumlah 25 mahasiswa dan dua kelas reguler sore berjumlah40 mahasiswa jurusan PAI program sarjana strata satu. Hasil penelitianmenemukan bahwa kemampuan dosen dalam mendesain pembelajaran materiPAI yang sesuai antara media whatsApp dengan kondisi pandemi covid 19terbukti efektif dan mampu mengaktifkan belajar mahasiswa. Temuan inisekaligus menolak penelitian terdahulu yang menyatakan bahwa pembelajarandengan media whatsApp tidak efektif. Desain, Implementasi, Pembelajaran Materi PAI, WhatsApp dan AktifBelajar
MAZHAB SINONIMITAS (AL-TARÂDUF) DALAM ‘ULUMUL QUR’AN Badrus Samsul Fata; S Mahmudah Noorhayati
AL Fikrah : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam Vol 2 No 1 (2022): Al Fikrah: jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam
Publisher : STAI Binamadani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tulisan ini mengupas polemik tentang mazhab sinonimitas bahasa (al-tarâduf fîal-lughah) di kalangan sarjana Muslim dalam berbagai bidang keilmuan,khususnya bidang ‘Ulumul Qur'an. Sinonimitas sendiri merupakan fenomenakebahasaan penting, sebab variasi kesamaan dan perbedaan “kata” berdampakbesar pada perubahan dan kesamaan “makna”. Penelitian ini merupakanpenelitian kepustakaan. Sumber data didapat dari penelusuran literaturkepustakaan, yang kemudian dideskripsikan dan dianalisis sedemikian rupasehingga menghasilkan pembahasan yang sistematis. Hasil pembahasanmenunjukkan bahwa para sarjana muslim terbagi menjadi dua mazhab utama,yaitu mereka yang menerima sinonimitas (mutsabbitu al-tarâduf) termasuktermasuk al-Farahidhi (w. 173H), Sibawaih (w. 180H), al-Ashmu‘i (w. 216H), alRummani (w. 384H), Hamzah al-Ashfihani (w. 360H), Ibnu Khalawaih (w. 370H),dan lainnya. Barisan sarjana yang menolak sinonimitas (munkiru al-tarâduf)misalnya Abu al-‘Abbas Tsa‘lab (w. 291 H), Abu ‘Ali al-Farisi (w. 377 H), Ibnu Faris(w. 395 H), Abu al-Hilal al-‘Askari (w. 395 H), dan lainya. Artikel ini menemukanbahwa mayoritas ulama dan sarjana ‘Ulumul Qur’an yang berposisi mendukungmazhab sinonimitas (mutsabbitu al-tarâduf) mengajukan (4) empat basisargument; 1) Sinonimitas (al-tarâduf) kata adalah sebuah keniscayaan sebab alQur’an diturunkan dalam format al-ahruf al-sab‘ah; 2) Sinonimitas (al-tarâduf)kata memiliki justifikasi fungsional penting sebagai “penguat” makna (li tawkîdal-ma‘nâ); 3) Sinonimitas (al-tarâduf) kata juga berfungsi sebagai penciri ayatayat mutasyâbihât; 4) Mayoritas ulama tafsir dalam berbagai karyanyamenggunakan sinonimitas (al-tarâduf) kata untuk memudahkan penafsiran danmendekatkan makna al-Qur’an kepada para pembacanya.
TEKNOLOGI DALAM BINGKAI PENDIDIKAN Achmad Saeful
AL Fikrah : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam Vol 2 No 1 (2022): Al Fikrah: jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam
Publisher : STAI Binamadani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tulisan ini mengkaji tentang teknologi dalam bingkai Pendidikan. Teori yangdibangun dari tulisan ini adalah teori filsafat progresivisme dan teorikonstruktivisme. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (LibraryResearch), dimana sumber datanya diperoleh dari literatur-literatur, seperti:buku, jurnal ilmiah, dan sejenisnya. Data yang dikumpulkan kemudian dibahasmenggunakan pendekatan deskriptif analitis. Dari tulisan ini diungkapkanbahwa saat ini keberadaan teknologi sering dijadikan ukuran dalam kemajuansebuah lembaga pendidikan, tak terkecuali dalam pendidikan Islam. Aksesterhadap teknologi sampai saat masih belum merata, sehingga lembagapendidikan Islam di wilayah pedalaman masih memiliki ketidakmampuan untukmelakukan akses terhadapnya. Di sisi lain, kemampuan menggunakanteknologi dalam pembelajaran masih menjadi perihal yang perlu dibenahi,tidak sedikit dari SDM di lembaga pendidikan Islam yang tidak memilikikemampuan untuk menggunakan/melakukan pembelajaran berbasis teknologi.

Page 1 of 4 | Total Record : 33