cover
Contact Name
Ardi Susanto
Contact Email
ardisusanto@poltektegal.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
informatika.ejournal@poltektegal.ac.id
Editorial Address
Gedung B, Politeknik Harapan Bersama, Jl Mataram No 9 Pesurungan Lor Kota Tegal
Location
Kota tegal,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT
ISSN : 24775126     EISSN : 25489356     DOI : https://doi.org/10.30591
Core Subject : Science,
The scope encompasses the Informatics Engineering, Computer Engineering and information Systems., but not limited to, the following scope: 1. Information Systems Information management e-Government E-business and e-Commerce Spatial Information Systems Geographical Information Systems IT Governance and Audits IT Service Management IT Project Management Information System Development Research Methods of Information Systems Software Quality Assurance 2. Computer Engineering Intelligent Systems Network Protocol and Management Robotic Computer Security Information Security and Privacy Information Forensics Network Security Protection Systems 3. Informatics Engineering Software Engineering Soft Computing Data Mining Information Retrieval Multimedia Technology Mobile Computing Artificial Intelligence Games Programming Computer Vision Image Processing, Embedded System Augmented/ Virtual Reality Image Processing Speech Recognition
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 3 (2019): JPIT, September 2019" : 4 Documents clear
Implementasi Finite State Automata Pada Pencarian Kucing Ras adi satya pratama
Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT Vol 4, No 3 (2019): JPIT, September 2019
Publisher : Politeknik Harapan Bersama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30591/jpit.v4i3.1551

Abstract

Kucing adalah salah satu hewan yang banyak dipelihara olah masyarakat luas, tidak terkecuali di kota Sukabumi. Perkembangan kucing saat ini telah berorientasi dari hewan peliharaan sekarang bisa menjadi komodity ekonomi, hoby, serta kepentingan lainnya. Dengan banyaknya spesies dan keaneka ragaman jenis kucing yang dipelihara olah masyarakat khususnya di Kota Sukabumi pada saat ini, telah melahirkan suatu tempat untuk berkumpulnya para pecinta kucing, baik itu komonitas maupun forum diskusi khusus tentang masalah-masalah yang di alami para pemilik kucing itu sendiri. Meskipun demikian hal itu belum berdampak signifikan terhadap masyarakat luas dikarenakan aspek-aspek tersebut tidak dapat mewadahi hal yang lebih spesifik, dan masih bergantung pada Platform Facebook dan whatsapp hal tersebut menjadikan masyarakat sukar dalam mencari informasi yang aktual tentang data-data kepemilikan kucing maupun data kucing lainnya jika hanya bergantung pada Platform yang digunakan saat ini. Oleh sebab itu melalui perancangan dan pembuatan Website Pemetaan ini. Website pemetaan ini di visualkan menggunakan Mapbox Api sehingga dapat membatu masyarakat luas yang ingin mencari data seputar kucing dengan terperinci. Berdasarkan data yang aktual, yang didapat dari hasil observasi yang bekerja sama dengan dinas terkait dan komunitas kucing di kota sukabumi.Kata Kunci - Finite State Automata, Cat
IMPLEMENTASI ALGORITMA C 4.5 DAN ALGORITMA ID3 UNTUK MENGANALISIS KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP PELAYANAN BENGKEL KENDARAAN BERMOTOR Handika Syayuti Pratama
Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT Vol 4, No 3 (2019): JPIT, September 2019
Publisher : Politeknik Harapan Bersama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30591/jpit.v4i3.1537

Abstract

AbstractThe growth of motor vehicle repair services business is a business that can be said to have a very high growth in Indonesia. This is due to the large number of motor vehicles in the country. Customer satisfaction in a business is important because of the satisfaction of the customer who will move the business forward. In this study results of consumer satisfaction survey in the workshop was analyzed using classification method with C 4.5 algorithm and Iterative Dichotomiser algorithm 3 (ID3). The results of the C 4.5 algorithm and the Iterative Dichotomiser algorithm 3 (ID3) Customers are satisfied with the reliability, Assurance (assurance) and responsiveness (responsiveness) attributes, while the less attributes are tangible (physical evidence). The C 4.5 algorithm and the Iterative Dichotomiser algorithm 3 (ID3) can be used to find the level of customer satisfaction with good value, enough, and less. From the calculation result two methods namely algorithm method C 4.5 and ID3 algorithm Get the result of the same decision tree, although the formula of two methods is different. While the suggested improvement of the results of this research is an improvement on the tangible attribute (physical evidence).Keywords : Workshop, C 4.5, Dichotomiser Iterative 3 (ID3), Classification.
APLIKASI PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENYETARAAN REAKSI REDUKSI DAN OKSIDASI MENGGUNAKAN METODE BILOKS BERBASIS MOBILE Desy Intan Permatasari; Entin Martiana Kusumaningtyas; Elya Intan Pratiwi
Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT Vol 4, No 3 (2019): JPIT, September 2019
Publisher : Politeknik Harapan Bersama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30591/jpit.v4i3.1517

Abstract

Teknologi merupakan salah satu hal yang menjadi kebutuhan. Kemajuan teknologi khususnya teknologi informasi semakin berkembang pesat salah satunya adalah dalam bidang pendidikan. Dalam bidang pendidikan, teknologi dimanfaatkan sebagai Metode pengajaran dengan menggunakan media pembelajaran sebagai alat bantu, agar mempermudah siswa dalam memahami materi yang diajarkan. Kecanggihan dan kemudahan dalam mengakses telepon genggam menjadikan teknologi  ini digemari oleh masyarakat. Kimia menjadi salah satu mata pelajaran disekolah yang berlandaskan pada teori dan operasi perhitungan. Seringkali guru menyampaikan materi secara lisan. Hal ini dapat mengurangi efektifitas belajar mengajar karena siswa cenderung jenuh terhadap penyampaian materi yang disampaikan secara monoton melalui lisan atau verbal. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka pada proyek akhir ini dikembangkan sebuah aplikasi yang merupakan media pembelajaran interaktif yang dapat membantu siswa dalam mempelajari dan memahami materi reduksi-oksidasi dengan menggunakan bilangan oksidasi (biloks) sebagai metode penyetaraannya. Aplikasi ini di lengkapi 3 fitur, yakni : fitur materi, fitur step penyetaraan, dan step fitur soal. Hasil keluaran dari fitur step penyetaraan adalah berupa tahapan penyetaraan reaksi reduksi dan oksidasi. fitur ini bertujuan agar para siswa dapat dengan mudah memahami tahapan dalam penyetaraan reaksi reduksi dan oksidasi menggunakan metode bilangan oksidasi (biloks).
PENGEMBANGAN APLIKASI VIRTUAL MEETING PADA SMARTPHONE BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN TEKNOLOGI VOIP BERBASIS SIP Livia Ashianti
Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT Vol 4, No 3 (2019): JPIT, September 2019
Publisher : Politeknik Harapan Bersama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30591/jpit.v4i3.1576

Abstract

Komunikasi merupakan salah satu kebutuhan yang penting untuk banyak individu dalam menjalankan aktivitas sehari-hari seperti dalam lingkungan kerja, bisnis maupun pendidikan. Di sisi lain, terdapat masalah dalam melakukan komunikasi secara langsung dikarenakan lokasi tiap pelaku komunikasi yang tidak selalu sama. Perbedaan lokasi peserta individu menciptakan sebuah topik yang menarik untuk diteliti. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan aplikasi virtual meeting pada smartphone berbasis sistem operasi Android. Aplikasi virtual meeting ini dapat digunakan untuk chatting dan melakukan meeting conference yang menunjang sarana komunikasi. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur pendukung seperti presentation slide, scribbling board, speaker permission, attention me dan whispering me. Fitur-fitur tersebut memberikan fasilitas komunikasi tatap muka dengan tingkat mobilitas yang tinggi tanpa harus bertemu secara langsung dan komunikasi chat berupa teks dengan satu atau lebih orang. 

Page 1 of 1 | Total Record : 4