cover
Contact Name
Syaekudin
Contact Email
syaekudins@gmail.com
Phone
+6281325385115
Journal Mail Official
dhabitjurnal@gmail.com
Editorial Address
Jl. Sisingamangaraja No.5, Wonotingal, Kec. Candisari, Kota Semarang, Jawa Tengah 50252
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Dhabit : Jurnal Pendidikan Islam
ISSN : 28093364     EISSN : 2809168X     DOI : -
Artikel yang dimuat disini merupakan hasil penelitian, kajian dan gagasan di bidang pendidikan Islam dari para guru Pendidikan Agama Islam, pengawas PAI, dosen, pejabat dan pemerhati pendidikan Islam terutama Pendidikan Agama Islam di sekolah.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 2 (2023): Jurnal Dhabit : Jurnal Pendidikan Islam" : 10 Documents clear
MELEWATI KENDALA: MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR SISWA YANG MENGHADAPI ASPD DI MTS N 5 KULON PROGO BERBASIS TEORI ARCS Mohammad Jailani; Ismunandar
DHABIT : Jurnal Pendidikan Islam Vol. 3 No. 2 (2023): Jurnal Dhabit : Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Kementerian Agama Prov Jawa Tengah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengeksplorasi motivasi belajar siswa serta strategi-strategi yang digunakan oleh madrasah untuk mendorong semangat belajar siswa dalam memahami materi Akidah Akhlak (ASPD). Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan fokus pada fenomenologi, pedagogi, dan psikologi. Data dikumpulkan melalui rangkaian wawancara dengan Kepala Madrasah, Wakil Kepala Bidang Kurikulum, guru yang mengajar mata pelajaran Asesmen Standar Pendidikan Daerah, dan beberapa siswa. Hasil penelitian menunjukkan variasi dalam motivasi belajar siswa. Sebagian siswa menunjukkan antusiasme dan semangat tinggi dalam proses belajar, sementara yang lain kurang tertarik dan termotivasi. Untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, guru mata pelajaran ASPD menerapkan teori motivasi ARCS. Pendekatan ARCS diterapkan melalui beberapa tahap. Pertama, pada tahap Perhatian, guru menyajikan materi dengan cara menarik, meningkatkan minat siswa, dan menggunakan beragam metode pengajaran dan media pembelajaran. Kedua, pada tahap Relevansi, guru menekankan pentingnya materi yang dipelajari dalam hubungannya dengan kebutuhan dan minat siswa. Ketiga, pada tahap Keyakinan, guru meningkatkan kepercayaan diri siswa dengan memberikan dukungan dan penguatan positif yang tepat. Terakhir, pada tahap Kepuasan, guru menciptakan lingkungan belajar yang memotivasi dengan memberikan pujian secara lisan maupun non-lisan, serta memberikan penghargaan atas pencapaian siswa. Dengan menggunakan pendekatan ARCS, madrasah berhasil menciptakan suasana belajar yang mendorong siswa untuk aktif belajar dan berperan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini memberikan wawasan tentang strategi motivasi yang efektif dalam mengatasi kendala pembelajaran seperti materi Akidah Akhlak (ASPD), dan dapat dijadikan pedoman bagi lembaga pendidikan lain dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.
DISCOVERY LEARNING TINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI KHUTBAH, TABLIGH, DAN DAKWAH Kelik Wardiyono
DHABIT : Jurnal Pendidikan Islam Vol. 3 No. 2 (2023): Jurnal Dhabit : Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Kementerian Agama Prov Jawa Tengah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI seharusnya tinggi, karena hal itu mencerminkan tingkat pemahaman agama siswa. Pemahaman agama yang baik akan bermanfaat sebagai tuntunan perilaku keberagamaan manusia dalam kehidupan sehari-hari. Faktanya hasil belajar siswa di SMAIT Ibnu Abbas Klaten masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran Discovery Learning dalam meningkatkan hasil belajar PAI pada materi Khutbah, Tabligh, dan Dakwah. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas dengan 3 siklus. Subjek sebanyak 32 siswa kelas XI MIPA4. Indikator kinerja adalah bahwa tindakan dikatakan berhasil jika siswa mencapai ketuntasan belajar minimal (KKM) sebanyak minimal 90% jumlah siswa. KKM yang ditetapkan adalah 70. Pengumpulan data dilakukan dengan tes pengetahuan hasil belajar siswa. Teknik analisis data dilakukan dengan prosentase. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa pada materi khutbah, tabligh dan dakwah dengan menggunakan model Discovery Learrning mengalami peningkatan pada setiap siklus, ditunjukkan dengan jumlah siswa yang tuntas secara berturut-turut siklus 1 (71,875%), siklus 2 (84,375%) dan siklus 3 (96,875%). Adapun nilai rata-rata kelas juga mengalami peningkatan secara berturut-turut siklus 1 (76,21), siklus 2 (80,03) dan siklus 3 (87,53). Hal tersebut menunjukkan penggunaan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mempelajari materi Khutbah, Tabligh dan Dakwah.
RUMAH SEBAGAI BASIS UTAMA DALAM MEMBANGUN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Albahri
DHABIT : Jurnal Pendidikan Islam Vol. 3 No. 2 (2023): Jurnal Dhabit : Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Kementerian Agama Prov Jawa Tengah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tulisan  ini bertujuan untuk menjelaskan partisipasi orang tua dalam membangun pendidikan agama Islam di rumah. Penelitin menggunakan metode kualitatif dengan melibatkan guru, pengawas pendidikan agama Islam, dan orang tua. melalui serangkaian focus grup discussion yang dilakukan di tiga daerah yaitu kota Bengkulu, Kepahiang, dan Kab. Benteng. Riset menghasilkan model evaluasi pendidikan agama Islam di rumah yang dapat dilakukan oleh orang tua pada aspek; pertama: (ritual), yang membahas peribadatan, melaksanakan ibadah sholat, puasa, doa-doa sebagai wujud ketaatan. Kedua: (teologi) membahas tauhid, aqidah, yang meliputi pengenalan penghayatan dan pemahaman terhadap keyakinan kepada Allah SWT.. Ketiga: (civilization) yang membahas muamalat, traksaksionalisasi berbasis islam. Dan keempat: (moral) membahas akhlaq moralitas yang mencerminkan nilai islam serta perilaku yang mengamalkan doktrin Islam (etika). Hasil riset ini dapat diimplementasikan dirumah dengan pendampingan dari orang tua/keluarga, dan juga dapat dilakukan di ruang-ruang pembelajaran lainnya yang dapat digunakan sebagai alternatif pendidikan dan pembelajaran.
NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF MUBADALAH SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN KDRT DI PROVINSI LAMPUNG Tiya Wardah Saniyatul Husnah; Farida Ulvi Na’imah; Saldin
DHABIT : Jurnal Pendidikan Islam Vol. 3 No. 2 (2023): Jurnal Dhabit : Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Kementerian Agama Prov Jawa Tengah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Angka kekerasan dalam rumah tangga terus meningkat disetiap tahun faktor penyebab kekerasan dalam rumah tangga yaitu ekonomi,budaya patriarki dan rendahnya pendidikan. Dalam kasus kekerasan pendidikan yang bermuatan agama memiliki peran penting sebagai upaya pencegahan yaitu untuk dapat mengubah pola pikir dan memperbaiki relasi antara laki-laki dan perempuan. Permasalahan pokok dalam penelitian ini yaitu pendidikan yang bermuatan mubadalah sebagai upaya pencegahan kasus kekerasan dalam rumah tangga di provinsi Lampung. Sedangkan tujuan dari penelitian ini untuk melakukan analisis proses bagaimana nilai-nilai pendidikan Islam prespektif mubadalah sebagai upaya preventif KDRT yang dilaksanakan oleh Pengurus Wilayah RPA Provinsi Lampung. Penelitian yang digunakan dalam studi ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Studi ini dilaksanakan di Rumah Perempuan dan Anak Provinsi Lampung. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu dokumentasi, wawancara dan observasi. Sumber data dari hasil wawancara ketua dan pengurus RPA provinsi lampung. Studi ini menujukan hasil bahwa Upaya Preventif Pengurus Wilayah RPA Provinsi Lampung dalam kasus KDRT bentuk dari upaya tersebut adalah Melalui Pendidikan pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak. RPA lampung menggunakan pendidikan islam perpektif mubadalah tersebut memuat niai-nilai pendidikan Islam yaitu Nilai Akidah/Tauhid, nilai Syariah, nilai Akhlak dan nilai kemasyarakatan. Dari keempat nilai diharapkan mampu membentuk akhlak dan menjadi kebiasaan masyarakat yang adil gender yaitu laki-laki dan perempuan memiliki kesempatan yang sama berperan dalam kehidupan,sosial kemasyarakatan, politik dan sebagainya.
OPTIMALISASI PEMBELAJARAN PAI MELALUI IMPLEMENTASI INQUIRY LEARNING PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 36 PURWOREJO Sumarni
DHABIT : Jurnal Pendidikan Islam Vol. 3 No. 2 (2023): Jurnal Dhabit : Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Kementerian Agama Prov Jawa Tengah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Model Pembelajaran Inquiry Learning untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Memahami Ketentuan Makanan dan Minuman yang Halal dan Haram Berdasarkan Al Quran dan Hadits Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 36 Purworejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kontekstual dengan metode pembelajaran Incuiry Learning. Subjek Penelitian terdiri dari 32 siswa kelas VIII A SMP Negeri 36 Purworejo. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket. Untuk analisisi keabsahan data menggunakan Model penelitian tindakan kelas. Teknik analisis data dilakukan dengan model analisis kualitatif dengan model interaktif Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan Metode Pembelajaran Incuiry Learning dapat meningkatkan keaktifan belajar dalam materi memahami ketentuan makanan dan minuman yang halal dan haram berdasarkan al Quran dan Hadit pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 36 Purworejo. Terbukti dengan pra siklus yang aktif 21%, siklus I yang aktif 68% dan siklus II terjadi peningkatan 93%. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar pra siklus rata rata 58, siklus I rata-rata 74,25 dan siklus II rata-rata 83,68. Sehingga terjadi peningkatan hasil belajar.
QUESTION STUDENT HAVE MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI SEJARAH MASA BANI ABASIYAH Budi Prasetya
DHABIT : Jurnal Pendidikan Islam Vol. 3 No. 2 (2023): Jurnal Dhabit : Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Kementerian Agama Prov Jawa Tengah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII pada materi Sejarah Pertumbuhan Ilmu Pengetahuan Masa Abasiyah di SMP Negeri 1 Buaran Kabupaten Pekalongan melalui metode Question Student Have (QSH). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan oleh guru mapel PAIBP. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, yang sebelumnya ada prasiklus yang kemudian masing-masing siklus terdiri dari 4 komponen yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini adalah angket, observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data dilakukan dalam 3 tahap yaitu reduksi, penyajian data serta menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (a) metode QSH dapat meningkatkan minat belajar siswa, (b) Penggunaan metode QSH dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Dibuktikan dengan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I meningkat dari prasiklus yaitu 69,69 menjadi 82,03, kemudian rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I yang sebesar 82,03 meningkat lagi menjadi 85,78 pada siklus II.
STRATEGI PENANAMAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DAN PEMBIASAAN DI SMP NEGERI 4 BLADO SATAP Moh. Abrori
DHABIT : Jurnal Pendidikan Islam Vol. 3 No. 2 (2023): Jurnal Dhabit : Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Kementerian Agama Prov Jawa Tengah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan zaman yang semakin maju menyebabkan dampak positif dan negative bagi dunia Pendidikan khususnya bagi pada peserta didik. Diantara dampak negatifnya adalah lunturnya nilai-nilai religius akibat pengarus media sosial. Untuk itu SMP Negeri 4 Blado Satap mengambil kebijakan untuk menanamkan karakter religius bagi peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler dan pembiasaan. Tujuan diadakanya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kegiatan yang dilaksanakan di SMP Negeri 4 Blado Satap dalam menanamkan nilai-nilai religius bagi peserta didik dalam pembelajaran. Metode yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian didapat bahwa SMP Negeri 4 Blado Satap telah melaksanakan kegiatan penanaman karakter religius pada peserta didik dengan baik dan sistematis. Untuk kegiatan ekstrakurikuler mereka mengadakan kegiatan Madrasah Diniyah, dimana pada kegiatan tersebut peserta didik dibekali dengan cara membaca Al Qur’an yang baik dan benar sesuai dengan kaidah dan tajwidnya. Kegiatan ini dilaksanakan wajib bagi semua siswa. Sedangkan kegiatan pembiasaan yang dilaksanakan diantaranya adalah doa Bersama, pembacaan asmaul Husna, membaca Al Qur’an, salam sapa, peringatan hari besar Islam, olahraga bersaama, dan juga bakti sosial. Strategi yang diambil tersebut diharapkan dapat memberikan nilai-nilai religius bagi peserta didik dan memberikan kebiasaan yang baik yang bisa dipraktikan dalam kehidupan sehari-hari.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH Siti Jamilah
DHABIT : Jurnal Pendidikan Islam Vol. 3 No. 2 (2023): Jurnal Dhabit : Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Kementerian Agama Prov Jawa Tengah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kompetensi dahsyatnya persatuan dalam ibadah Haji dan Umrah melalui pembelajaran kooperatif tipe make a match siswa kelas IX B semester 1 SMP Negeri 11 Surakarta tahun 2022/2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas melakukan tindakan sebanyak 2 siklus. Dan dianalisis menggunakan teknik deskriptif komparatif, dengan indikator kinerja hasil belajar siswa secara individu telah mencapai nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum) yang telah ditentukan yaitu 75 dan secara klasikal perolehan nilai ? 75 setiap siswa prosentasenya ? 85 % dari seluruh jumlah siswa. Dan hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kompetensi dahsyatnya persatuan dalam ibadah haji dan umrah melalui pembelajaran kooperatif tipe make a match siswa kelas IX B semester 1 SMP Negeri 11 Surakarta tahun 2022/2023. Terlihat pada hasil belajar siswa saat kondisi awal, siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan yaitu hasil belajar siswa yang nilainya ? 75 pada kondisi awal sejumlah 10 siswa (37%) dan pada kondisi akhir menjadi 23 siswa (85%) meningkat 13 siswa dengan mencapai kenaikan 48%.
PENERAPAN METODE DRILL AND PRACTICE MENINGKATKAN KOMPETENSI BELAJAR MATERI PENYELENGGARAAN JENAZAH Imawati Fauziyah
DHABIT : Jurnal Pendidikan Islam Vol. 3 No. 2 (2023): Jurnal Dhabit : Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Kementerian Agama Prov Jawa Tengah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Rumusan masalah penelitian ini adalah Apakah Penerapan metode Drill and Practice Berdampak Positif terhadap Aktivitas belajar Penyelenggaraan Jenazah khususnya bagi siswa kelas XI TP 3 semester 2 SMKN 2 Sragen Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan beberapa langkah pembelajaran di kelas yang dimulai dengan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Indikator keberhasilan yaitu apabila seluruh peserta didik telah mencapai KKM. Hasil observasi menunjukkan perubahan positif dalam penggunaan metode Drill and Practice dalam Aktivitas dan Kemampuan belajar penyelenggaraan Jenazah. Siswa mampu meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam materi Penyelenggaraan Jenazah. Berdasarkan hasil observasi siswa mampu meningkatkan aktivitas dan kemampuan belajar menjadi lebih aktif. Hasil observasi menunjukkan perubahan positif rata-rata persentase aktivitas belajar 74,19.% menjadi 83,23%, rata-rata kompetensi keterampilan dari 74,84% menjadi 83,23%, nilai rata-rata kelas dari 12% menjadi 19,84%, dan ketuntasan belajar dari 75% menjadi 87%, Aspek sikap siswa dari 77,42% menjadi 90,32%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Metode Drill And Practice mampu mengatasi aktivitas dan kemampuan belajar penyelenggaraan jenazah bagi siswa kelas XI Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020 SMKN2 Sragen.
PERANCANGAN BOARDGAME: ZAKAT GAME SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATERI ZAKAT UNTUK SISWA Nella Hidayah
DHABIT : Jurnal Pendidikan Islam Vol. 3 No. 2 (2023): Jurnal Dhabit : Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Kementerian Agama Prov Jawa Tengah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Proses pembelajaran bagi generasi Z memiliki tantangan sendiri untuk merancang konsep pembelajaran yang akan disampaikan, apabila penyampaian materi di kelas cenderung monoton dapat menyebabkan kejenuhan. Pembelajaran berbasis game, khususnya menggunakan boardgame, muncul sebagai alternatif menarik untuk memotivasi pembelajaran. Generasi Z cenderung menyukai tantangan, kreasi, dan pembelajaran yang melibatkan pemecahan masalah. Oleh karena itu, pendekatan pembelajaran dengan memanfaatkan boardgame, seperti Zakat Game, dapat menjadi solusi yang menyenangkan dan efektif. Boardgame menciptakan suasana pembelajaran yang menarik, penuh tantangan, dan memanfaatkan pemikiran kritis. Tujuan penelitian ini adalah merancang dan menghasilkan media pembelajaran berupa boardgame, dalam hal ini adalah Zakat Game. Agar dapat menghasilkan perancangan media pembelajaran maka dilalui dengan 3 tahapan proses yaitu 1) proses pra produksi mencakup; pengambilan data, analisa SWOT 2) proses produksi 3) proses pasca produksi. Setelah melaksanakan proses perancangan dihasilkan satu set boardgame “Zakat Game” yang diadopsi dari permainan monopoli dan dimodifikasi dari segi konten dan prosedur dalam bermain. Zakat Game diharapkan dapat menjadi media pembelajaran yang menyenangkan dan efektif untuk memahami materi zakat di kelas 9 SMP. Dengan menggabungkan konsep boardgame dan pembelajaran Islam, diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Studi ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan media pembelajaran berbasis game dalam konteks pendidikan agama Islam.

Page 1 of 1 | Total Record : 10