cover
Contact Name
Muhamad Suhardi
Contact Email
jurnalcendekia123@gmail.com
Phone
+6281999049329
Journal Mail Official
jihhcendekia@gmail.com
Editorial Address
Jl. Raya Simpang 4 By Pass BIL Tandek, Labulia, Kec. Jonggat, Kab. Lombok Tengah, Prov. NTB
Location
Kab. lombok tengah,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Ilmiah IPS dan Humaniora (JIIH)
ISSN : 29874467     EISSN : 29874491     DOI : https://doi.org/10.61116/jiih.v1i2.168
Core Subject : Social,
Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan bidang IPS dan Humaniora.
Articles 12 Documents
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DI SMP NEGERI 1 MERAPI BARAT Lila Hayati
Jurnal Ilmiah IPS dan Humaniora (JIIH) Vol. 1 No. 1 (2023): Februari
Publisher : Perkumpulan Cendekia Muda Kreatif Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61116/jiih.v1i1.29

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah a.) untuk meningkatkan proses pembelajaran yang dilakukan di kelas. b.) untuk meningkatkan kinerja guru. c.) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn dengan Model Pembelajaran Discovery Learning di kelas VIII.A SMP Negeri 1 Merapi Barat. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Penelitan ini mengambil subjek siswa kelas VIII.A SMP Negeri 1 Merapi Barat sebanyak 30 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn dengan Model Pembelajaran Discovery Learning mengalami peningkatan dan data yang diperoleh berupa hasil tes akhir siklus, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan peningkatan nilai siswa dapat dilihat pada siklus I diperoleh nilai ketuntasan belajar (30,00%) pada pertemuan pertama dan (46,67%) pertemuan kedua dengan nilai rata-rata 66,16 dan nilai tertinggi 85 dan terendah 50. Dan pada siklus ke II nilai ketuntasan belajar meningkat menjadi (70,00%) pada pertemuan pertama, dan meningkat menjadi 28 siswa atau (93,33%) pada pertemuan kedua dengan nilai rata-rata 80,66 dan nilai tertinggi 95 dan terendah 65. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan pembelajaran dengan Model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas VIII.A SMP Negeri 1 Merapi Barat serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran PPKn.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING Haryati
Jurnal Ilmiah IPS dan Humaniora (JIIH) Vol. 1 No. 1 (2023): Februari
Publisher : Perkumpulan Cendekia Muda Kreatif Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61116/jiih.v1i1.30

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: a.) Untuk meningkatkan proses pembelajaran yang dilakukan di kelas. b.) Untuk meningkatkan kinerja guru. c.) Untuk meningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan Model Problem Based Learning di kelas IX.2 SMP Negeri 1 Martapura. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Penelitan ini mengambil subjek siswa di kelas IX.2 SMP Negeri 1 Martapura sebanyak 30 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan Model Problem Based Learning mengalami peningkatan yaitu dengan rincian Pada Prasiklus diperoleh nilai ketuntasan belajar 40,00% dengan nilai rata-rata 64,50 dan nilai tertinggi 85 terendah 50. Pada siklus I nilai ketuntasan belajar yaitu 73,00% dengan nilai rata-rata 76,33 dan nilai tertinggi 90 terendah 55. Dan pada siklus ke II nilai ketuntasan belajar meningkat menjadi 96,67% dengan nilai rata-rata 85,17 dan nilai tertinggi 95 terendah 65. Sehingga kesimpulannya dari penelitian ini adalah dengan Model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IX.2 SMP Negeri 1 Martapura.
ANALISIS STRATEGI PEMASARAN WARUNG NASI ALAM SUNDA Hesri Mintawati; Hana Nuraisyah; Ai Fitriyani; Muhammad Danurreksa; Kohar Pradesa
Jurnal Ilmiah IPS dan Humaniora (JIIH) Vol. 1 No. 1 (2023): Februari
Publisher : Perkumpulan Cendekia Muda Kreatif Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61116/jiih.v1i1.37

Abstract

Warung Nasi Alam Sunda merupakan salah satu warung makan tradisional yang berada di Bandung, Jawa Barat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi pemasaran yang tepat bagi Warung Nasi Alam Sunda dalam konteks manajemen sumber daya manusia. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil analisis SWOT menunjukkan bahwa kekuatan Warung Nasi Alam Sunda adalah makanan yang enak dan suasana yang nyaman, sedangkan kelemahannya adalah kurangnya promosi dan fasilitas yang terbatas. Peluang yang dapat dimanfaatkan adalah meningkatkan promosi dan menyediakan fasilitas yang lebih baik, sedangkan ancamannya adalah persaingan yang ketat dengan warung makan tradisional lainnya. Strategi pemasaran yang direkomendasikan meliputi penentuan harga yang tepat, pengembangan produk yang inovatif, promosi yang kreatif, dan penempatan lokasi yang strategis. Selain itu, strategi manajemen sumber daya manusia juga penting dalam meningkatkan produktivitas dan efisiensi kerja, dengan memberikan pelatihan dan pengembangan karyawan, memotivasi karyawan dengan insentif, dan memberikan ruang kreativitas bagi karyawan. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi referensi bagi Warung Nasi Alam Sunda dan warung makan tradisional lainnya dalam mengembangkan strategi pemasaran yang efektif dan efisien.
PENGARUH PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI PERUSAHAAN PELAYANAN JASA Hesri Mintawati; Artika Sri Rahayu; Dela Puspita; Fawwar Fauzan; Futri Safhira
Jurnal Ilmiah IPS dan Humaniora (JIIH) Vol. 1 No. 1 (2023): Februari
Publisher : Perkumpulan Cendekia Muda Kreatif Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61116/jiih.v1i1.38

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pelatihan dan pengembangan terhadap kinerja karyawan di perusahaan pelayanan jasa. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode survei dan teknik pengambilan sampel secara acak sederhana terhadap 50 responden yang bekerja di perusahaan jasa jasa di Sukabumi. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan dan pengembangan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan di perusahaan pelayanan jasa, dengan peningkatan kemampuan karyawan dalam melayani pelanggan, meningkatkan kualitas layanan, meningkatkan produktivitas, serta memberikan kesan positif terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas karyawan. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah bahwa perusahaan pelayanan jasa perlu memperhatikan program pelatihan dan pengembangan yang efektif dan efisien untuk meningkatkan kinerja karyawan.
STRATEGI METODE PELAYANAN KONSUMEN TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN MELALUI RESPONSIF DAN EMPATI PRAMUNIAGA ALFAMART PALABUHAN RATU SUKABUMI Hesri Mintawati; Kohar Pradesa; Nurul Alkarimah; Tia Maharani; Nisa Karisma
Jurnal Ilmiah IPS dan Humaniora (JIIH) Vol. 1 No. 1 (2023): Februari
Publisher : Perkumpulan Cendekia Muda Kreatif Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61116/jiih.v1i1.39

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan konsumen terhadap kinerja perusahaan melalui responsif dan empati pramuniaga Alfamart di Pelabuhan ratu Sukabumi, Untuk mengetahui apakah responsif dan empati pramuniaga Alfamart Pelabuhan ratu Sukabumi berdampak positif pada kepuasan konsumen. Metode penelitian adalah metode kuantitatif dengan menggunakan data survei pelanggan. populasi yang ada sebanyak 17 gerai akan diambil 5 gerai sebagai tujuan observasi. Lokasi penelitian ini di jl. Raya cisolok km 8 No 23. Jenis penelitian adalah survey, dimana data dicatat seperti apa adanya, untuk kemudian menganalisis dan menafsirkan data tersebut. Hasil penelitian menunjukan: Kualitas pelayanan konsumen terhadap kinerja perusahaan melalui responsif memiliki kategori sangat puas sebesar 55% dan kurang puas sebesar 2%, melalui empati memiliki kategori sangat puas sebesar 63% dan kurang puas sebesar 0%. Oleh karena itu, kualitas pelayanan konsumen sangat berpengaruh terhadap kinerja perusahaan. Pelayanan yang responsif dan empati pramuniaga Alfamart di Pelabuhan ratu Sukabumi sangat berdampak positif terhadap kepuasan konsumen.
PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA DALAM PENERAPAN PENDEKATAN INTEGRATIF PATMIATI HAPNI
Jurnal Ilmiah IPS dan Humaniora (JIIH) Vol. 1 No. 2 (2023): Mei
Publisher : Perkumpulan Cendekia Muda Kreatif Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61116/jiih.v1i2.167

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendekatan integratif dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas I-B di SD Negeri 5 Masbagik Utara sebanyak 32 orang. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes evaluasi. Analisis data menggunakan teknik aktivasi data dan teknik tes hasil belajar. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan integratif efektif di dalam meningkatkan ketermpilan membaca siswa.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS RIZKAH RIZKAH
Jurnal Ilmiah IPS dan Humaniora (JIIH) Vol. 1 No. 2 (2023): Mei
Publisher : Perkumpulan Cendekia Muda Kreatif Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61116/jiih.v1i2.168

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS siswa melalui penerapan model pembelajaran problem based learning. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian sebanyak 27 orang siswa. Metode pengumpul data menggunakan test hasil belajar dan observasi. Teknik analisis data deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif dengan rata-rata. Penelitian dilaksanakan selama dua siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran problem based learning.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PPKN MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN SITI ZULHAIRIAH
Jurnal Ilmiah IPS dan Humaniora (JIIH) Vol. 1 No. 2 (2023): Mei
Publisher : Perkumpulan Cendekia Muda Kreatif Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61116/jiih.v1i2.169

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dimaksudkan untuk mengetahui keefektifan dari metode pembelajaran bermain peran di dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian sebanyak 27 orang siswa. Metode pengumpul data menggunakan test hasil belajar dan observasi. Teknik analisis data deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif dengan rata-rata. Penelitian dilaksanakan selama dua siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa semula 19 orang dari 27 siswa tidak tuntas dengan persentase ketuntasan 70% menjadi 23 orang tuntas dari 27 siswa dengan persentase ketuntasan 85% pada siklus II. Dari penerapan metode pembelajaran bermain peran dapat diambil kesimpulan bahwa hasil dan ketuntasan belajar siswa dapat ditingkatkan serta menciptakan suasana belajar kerjasama siswa bekerja secara tim secara kooperatif.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI PENERAPAN METODE SAINTIFIK LEARNING UCIP UCIP
Jurnal Ilmiah IPS dan Humaniora (JIIH) Vol. 1 No. 2 (2023): Mei
Publisher : Perkumpulan Cendekia Muda Kreatif Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61116/jiih.v1i2.170

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar bahasa Indonesia pada siswa melalui penerapan metode saintifik learning. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian sebanyak 26 orang siswa dan terdiri atas 13 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Metode pengumpul data menggunakan test hasil belajar dan observasi. Teknik analisis data deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif dengan rata-rata. Penelitian dilaksanakan selama dua siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar bahasa Indonesia siswa dengan model pembelajaran saintifik learning.
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEAVEMENT DEVISION (STAD) PADA SISWA KELAS IX A SMPN 1 SEMBALUN WAGIYATI WAGIYATI
Jurnal Ilmiah IPS dan Humaniora (JIIH) Vol. 1 No. 2 (2023): Mei
Publisher : Perkumpulan Cendekia Muda Kreatif Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61116/jiih.v1i2.171

Abstract

Pendidikan merupakan suatu upaya mempersiapkan sumber daya manusia yang memiliki keahlian dan ketrampilan sesuai tuntutan pembangunan bangsa,dimana kualitas suatu bangsa sangat dipengaruhi oleh faktor pendidikan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Sembalun kecamatan Sembalun kabupaten Lombok Timur. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX A SMPN 1 Sembalun kecamatan Sembalun kabupaten Lombok Timur tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 25 siswa dan terdiri atas 6 siswa laki-laki dan 19 siswa. Berdasarkan hasil analisis data pada tiap siklus, terlihat bahwa hasil dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Pada pelaksanaan pembelajaran dan hasil analisis data siklus I, untuk aktivitas siswa diperoleh nilai rata-rata sebesar 2,63 dan aktivitas siswa pada siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 4.0, Pada pelaksanaan pembelajaran dan hasil analisis data siklus I.

Page 1 of 2 | Total Record : 12