cover
Contact Name
Sanriomi Sintaro
Contact Email
techcartpress@gmail.com
Phone
+6282180318941
Journal Mail Official
jaiti.techcartpress@gmail.com
Editorial Address
Jalan Gatot Subroto No 47 LK I, Desa/Kelurahan Tanjunggading, Kec. Kedamaian, Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung, Indonesia
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
Journal of Artificial Intelligence and Technology Information
Published by Tech Cart Press
ISSN : 29855306     EISSN : 29856396     DOI : doi.org/10.58602/jaiti
Journal of Artificial Intelligence and Technology Information (JAITI) is a peer-review journal focusing on Artificial Intelligence and Technology Information issues. Journal of Artificial Intelligence and Technology Information (JAITI) invites academics and researchers who do original research in artificial intelligence and technology 1nfromation.Journal of Artificial Intelligence and Technology Information (JAITI) is published by Tech Cart Press in March, June, September, and December every year. Journal of Artificial Intelligence and Technology Information (JAITI) accept articles in Bahasa Indonesia and English.
Articles 30 Documents
Sentimen Analisis Vaksin Covid-19 Menggunakan Naive Bayes Dan Support Vector Machine Debby Alita; RB Ali Shodiqin
Journal of Artificial Intelligence and Technology Information Vol. 1 No. 1 (2023): Volume 1 Number 1 March 2023
Publisher : PT. Tech Cart Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58602/jaiti.v1i1.20

Abstract

Vaccine administration in Indonesia has now reached the booster vaccine stage, various types of vaccines have been given to the Indonesian people from the Sinovac, AstraZeneca, Sinopharm, Moderna, Pfizer vaccines, etc. Not a few Indonesian people use several types of vaccines that are offered up to booster vaccines, but there are some people who think they are still infected with this Covid virus with severe symptoms. Another opinion is that there is also a vaccine. In 2019, people were shocked by a new virus from Wuhan, China, namely the corona virus or called COVID-19 (Corona Virus Disease 2019). The government invites the public to get the Covid-19 vaccine in order to form herd immunity or group immunity to the Covid-19 virus. Sentiment analysis can be used to evaluate a service performance and so on. So the author will conduct a comparison between the Naive Bayer Classifier method and the Support Vector Machine to find out which method is more efficient in knowing people's accurate views of the Covid-19 vaccine. The performance test results of the two methods show that the performance of the Naive Bayes Classifier method (Accuracy 72.88%, Precision 43.49%, Recall 54.95%, and average performance 57.10%) is higher than the average performance of the Support Vector Machine method (Accuracy 77.00% , Precision 75.00%, Recall 7.70%, and average performance 53.52%). Based on the average performance value of the Naive Bayes Classifier method, it can be considered more efficient than the Support Vector Machine method.
Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Penerimaan Guru Menggunakan SAW A. Ferico Octaviansyah Pasaribu; Ade Surahman; Adhie Thyo Priandika; Sanriomi Sintaro; Yohana Tri Utami
Journal of Artificial Intelligence and Technology Information Vol. 1 No. 1 (2023): Volume 1 Number 1 March 2023
Publisher : PT. Tech Cart Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58602/jaiti.v1i1.21

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah membuat sebuah sistem pendukung keputusan dalam seleksi penerimaan guru dengan menggunakan metode SAW, sehingga hasil seleksi penerimaan guru lebih relevan dan efektif karena menggunakan teknologi informasi dalam proses penerimaa guru. Hasil penelitian disimpulkan bahwa metode SAW dapat diimplementasikan dalam seleksi penerimaan calon guru dengan menggunakan kriteria Indeks Prestasi Kumulatif, Kemampuan Pedagogik, Profesional, Kepribadian, dan Kedisiplinan dari masing-masing calon guru. Hasil perhitungan menggunakan SAW dalam seleksi penerimaan calon guru, Peringkat 1 dalam seleksi penerimaan calon guru adalah Joni Fernando dengan skor 0,95. Peringkat 2 dalam seleksi penerimaan calon guru adalah Komala Puspa Rini dengan skor 0,94. Serta Peringkat 3 dalam seleksi penerimaan calon guru adalah Dwi Cahya Ningrum dengan skor 0,9.
Pengelompokan Data Nilai Siswa Menggunakan Metode K-Means Clustering Aditia Yudistira; Rio Andika
Journal of Artificial Intelligence and Technology Information Vol. 1 No. 1 (2023): Volume 1 Number 1 March 2023
Publisher : PT. Tech Cart Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58602/jaiti.v1i1.22

Abstract

Data mining merupakan sebuah metode dalam bidang ilmu komputer yang digunakan dalam mencari pengetahuan dari data sehingga menjadi sebuah informasi yang bermanfaat. Tahapan dalam proses data mining berguna untuk mencari sebuah pola tertentu dari data penilaian yang sangat banyak. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui dan membentuk cluster data siswa berdasarkan nilai akademik, nilai sikap, dan nilai disiplin sehingga menjadi sebuah cluster sehingga hasil cluster siswa dapat menjadi acuan dalam meningkatkan nilai siswa dalam proses pembelajaran selanjutnya. Hasil evaluasi dan penilaian terhadap siswa dilakukan oleh tenaga pengajar atau guru dalam melakukan penilaian selama proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran terdapat 3 kategori penilaian yaitu nilai siswa, disiplin, serta sikap. Hasil pengelompokan data nilai siswa menggunakan metode K-Means clustering menunjukan bahwa berdasarkan hasil cluster data siswa menggunakan dataset siswa dalam satu semester, maka didapatkan cluster 0 berjumlah 59 siswa, cluster 1 berjumlah 94 siswa, dan cluster 2 berjumlah 1 siswa. Hasil pengujian menggunakan elbow method maka jumlah cluster yang baik yang digunakan adalah 3 cluster, sehingga dalam penelitian ini menggunaka 3 cluster yaitu cluster 0, cluster 1, dan cluster 2. Hasil pengujian menggunakan silhouette coefficient maka jumlah cluster yang baik yang digunakan adalah 3 cluster dengan nilai silhouette coefficient yaitu 0.489, dan lebih baik dari nilai silhouette coefficient cluster lainnya.
Implementasi Metode SAW Dalam Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Plano Kertas Rakhmat Dedi Gunawan; Fenty Ariany; Novriyadi Novriyadi
Journal of Artificial Intelligence and Technology Information Vol. 1 No. 1 (2023): Volume 1 Number 1 March 2023
Publisher : PT. Tech Cart Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58602/jaiti.v1i1.23

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk dapat membantu admin dalam menentukan plano kertas, sehingga admin tidak harus menghitung manual satu per satu lagi kertas yang mengakibatkan lambatnya penanganan customer dan akan berdampak buruk terhadap pelayanan. Dengan sistem ini dapat membantu admin dalam memberikan informasi dan wawasan tentang plano kertas yang akan dipilih berdasarkan estimasi harga yang paling murah. Metode SAW (Simple Additive Weighting) adalah suatu metode yang mencari penjumlah terbobot dari rating kinerja pada setiap alternatif dari semua kriteria. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Plano dengan metode SAW pada CV Retina Khatulistiwa adalah sistem yang didalamnya sudah terdapat informasi, wawasan serta formula atau rumus perhitungan yang dapat membatu admin melalui interface sistem yang telah di buat, sehingga admin dapat memberikan estimasi harga plano kertas dan plano kertas yang efisien. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Plano dengan metode SAW pada CV Retina Khatulistiwa dapat memberikan informasi tentang plano kertas secara cepat yaitu dengan meranking harga plano kertas mulai dari harga yang paling murah. Sistem ini lebih dalam penyajian data dibandingkan perhitungan manual yang harus menghitung satu per satu lalu dan lebih aman dan nyaman digunakan dibandingkan dengan Microsoft Excel yang rumusnya dapat berubah dan terhapus oleh admin pada saat penggunaan dan lupa menyimpan file dalam keadaan rumus semula.
Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Staff Administrasi Menggunakan Metode VIKOR Muhammad Najib Dwi Satria
Journal of Artificial Intelligence and Technology Information Vol. 1 No. 1 (2023): Volume 1 Number 1 March 2023
Publisher : PT. Tech Cart Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58602/jaiti.v1i1.24

Abstract

Hasil dari penelitian ini membantu perusahaan dalam proses penerimaan staff administrasi dalam membuat keputusan berdasarkan kriteria-kriteria yang digunakan dan menjadi bahan pertimbangan perusahaan dalam menetapkan standart penilaian terhadap calon karyawan yang akan mengisi sebuah posisi atau jabatan dalam perusahaan. Aplikasi penerimaan karyawan yang dibuat untuk mempermudah pihak perusahaan dalam melakukan proses penilaian calon karyawan baru dibuat dengan menggunakan framework laravel 8. Sehingga aplikasi yang dibuat dapat mempermudah dan membantu pihak perusahaan dalam melakukan seleksi penerimaan karyawan baru dengan menggunakan sistem pendukung keputusan. Hasil perangkingan menggunakan metode VIKOR dalam sistem pendukung keputusan seleksi penerimaan karyawan baru yang akan mengisi jabatan staff administrasi maka metode VIKOR merekomendasikan Fitrisari menjadi kandidat utama mengisi posisi staff administrasi dengan nilai indeks VIKOR yaitu 0,045 dan mendapatkan rangking 1. Hasil pengolahan data tanggapan responden berdasarkan 4 kriteria Model TRITAM maka didapatkan hasil Kepercayaan (Trust) sebesar 77,92%, Resiko Penggunaan (Risk) sebesar 75,83%, Persepsi Kegunaan (Perceived Usefullness) sebesar 89,79%, Persepsi Kemudahan Penggunaan (Perceived Easy of Use) sebesar 81,04%. Dari keseluruhan kriteria Model TRITAM untuk penerimaan teknologi hasilnya Baik sebesar 82,56%.
Sistem Informasi Pelaporan Pekerjaan Proyek Berbasis SDLC Modelling (Studi Kasus: PT Vertikal Tiara Manunggal) Eric Alfonsius; Sukardi Sukardi; I Made Nopa Vendi Astawa
Journal of Artificial Intelligence and Technology Information Vol. 1 No. 2 (2023): Volume 1 Number 2 June 2023
Publisher : PT. Tech Cart Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58602/jaiti.v1i2.40

Abstract

The research presented in this article examines the process of developing a corporate reporting website that can provide comprehensive information about the firm so that anyone looking for information can learn everything there is to know about the business. To make it simpler for users to acquire information about Tiara Manunggal Vertical Company, this research will build a website as an alternative communication channel. Information is gathered using the techniques of observation, documentation, and interviews to help the website building process. Using the BlackBox testing procedure, the results of this research were put to the test. The results of system functionality testing using blackbox testing show that all functions run properly and validly, with a percentage level of 100% in accordance with the functions of the application created.
Penerapan Metode TOPSIS untuk Pemilihan Distributor Terbaik Agung Deni Wahyudi; Auliya Rahman Isnain
Journal of Artificial Intelligence and Technology Information Vol. 1 No. 2 (2023): Volume 1 Number 2 June 2023
Publisher : PT. Tech Cart Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58602/jaiti.v1i2.41

Abstract

Sistem Pendukung Keputusan (SPK) merupakan sebuah bagian dari sistem informasi yang memanfaatkan teknologi informasi yang berbasis pengetahuan yang digunakan dalam pengambilan sebuah keputusan. Tujuan penelitian ini untuk melakukan pemilihan distributor terbaik menggunakan metode TOPSIS dengan menggunakan kriteria harga, pengiriman, kualitas, bentuk kemasan, serta retur. Hasil perhitungan manual menggunakan metode TOPSIS dalam pemilihan distributor terbaik, untuk peringkat 1 didapatkan oleh PT Agung Jaya dengan nilai sebesar 0,619, peringkat 2 didapatkan oleh CV Bintang Samudra dengan nilai sebesar 0,582, peringkat 3 didapatkan oleh CV Putra Mandiri dengan nilai sebesar 0,575. Dari keseluruhan kriteria Model DeLone dan McLeon untuk kesuksesan sistem informasi untuk aplikasi pemiihan distributor terbaik mendapatkan hasil Baik sebesar 82,5%.
Website-Based School Exam Information System (Case Study: SMA Negeri 1 Torue) Eliasta Ketaren; Eric Alfonsius; Riski Risandi
Journal of Artificial Intelligence and Technology Information Vol. 1 No. 2 (2023): Volume 1 Number 2 June 2023
Publisher : PT. Tech Cart Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58602/jaiti.v1i2.42

Abstract

A website-based school exam information system is an application that can process student exam data at SMA Negeri I Torue. The purpose of this research is to build a CBT (Computer Based Test) information system. This system can make it easier for research parties in terms of carrying out exams so that they become even more effective. This research in its application uses existing research methods such as data collection techniques used are observation and documentation methods as well as testing methods used descriptive testing methods using a Likert scale. The results of this study resulted in a test of 91.6% which can be categorized as very feasible.
Fuzzy Logic in Decision Support Systems Using Linear Equations in Construct 3 Game Engine Sanriomi Sintaro
Journal of Artificial Intelligence and Technology Information Vol. 1 No. 2 (2023): Volume 1 Number 2 June 2023
Publisher : PT. Tech Cart Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58602/jaiti.v1i2.43

Abstract

The current use of Construct 3 is not only used as a tool for developing games but can also be developed to create applications that can run on platforms that support HTML5. However, the superiority of construct 3, which only requires logic without using program code, sometimes its rather difficult to develop when we need construct 3 to calculate mathematical algorithms such as Dijkstra or fuzzy. The problem that I found in this study is how to make Construct 3 can do some calculations using logic without program code to produce the required mathematical algorithm. The main purpose of this research is to find out the best way to be able to run Non-Linear equations into game engine Construct 3. The conclusion in this study is by using linear equations we can calculate the formula into the logic board in Construct 3, so the development of applications that require algorithms can be done in construct 3 without using programming code. Another conclusion is, the application development time is getting faster and more effective. This is proven by the fact that there is no need for program codes which are usually long and have different forms from the formulas that have been prepared.
Website-Based Official Trip Missive Management Application at the Central Sulawesi Province Dukcapil Office Dodisutarma Lapihu; Eric Alfonsius; Aditya Lapu Kalua
Journal of Artificial Intelligence and Technology Information Vol. 1 No. 2 (2023): Volume 1 Number 2 June 2023
Publisher : PT. Tech Cart Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58602/jaiti.v1i2.44

Abstract

Aplikasi pengelolaan surat perjalanan dinas merupakan sistem yang dapat mengelola data perjalanan dinas yang ada di kantor dinas kependudukan dan pencatatan sipil provinsi Sulawesi Tengah. Objek penelitian dalam penelitian ini di Kantor dinas kependudukan dan pencatatan sipil provinsi Sulawesi Tengah. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang dan membuat suatu aplikasi pengelolaan surat perjalanan dinas agar supaya dapat mempermudah pihak yang ada di tempat penelitian dalam pengelolaan pencatatan perjalanan dinas. Dalam penelitian ini menggunakan beberapa metode penelitian seperti teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan dokumentasi serta metode pengujian yang digunakan menggunakan metode blackbox

Page 1 of 3 | Total Record : 30