cover
Contact Name
Kana Safrina Rouzi
Contact Email
ijeeti@almaata.ac.id
Phone
+6285328766419
Journal Mail Official
anisajnkiaa11@gmail.com
Editorial Address
Redaksi Journal IJEETI (Indonesian Journal of Elemantary Education and Teaching Innovation) Jl. Brawijaya No.99, Tamantirto, Bantul, Yogyakarta 55183
Location
Kab. bantul,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation
ISSN : -     EISSN : 28283538     DOI : 10.21927/ijeeti
Core Subject : Education,
Focus and Scope 1. Innovation of Curriculum, 2. Instructional Design, 3. Learning Styles, 4. Learning and Teaching, 5. Media Development, 6. Teaching Methods and Strategies, 7. Developing Teaching Materials, and 8. Developing Learning Evaluation Peer Review Process Review Policy of IJEETI Every articles will be reviewed by the reviewer. The review process using a double Blind Review, meaning that the reviewer does not know the identity of the author, and the author did not know the identity of the reviewer. In the process of review, the reviewer gave consideration related to the suitability of the title, abstract, introduction, research methods, results and discussion and conclusions. Addition reviewer also gave consideration associated with novelty, scientific impact, and references used.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2022)" : 5 Documents clear
Evaluasi Implementasi Kurikulum Program Penjurusan di MI Ma’arif Plus Kuncen Seloboro Salam Magelang Rohmad Romadhon; Ahmad Syamsul Arifin
Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation Vol 1, No 2 (2022)
Publisher : Alma Ata University Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21927/ijeeti.2022.1(2).24-32

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan kurikulum program penjurusan yang dilaksanakan di Madrasah Ibtida’iyah Plus Kuncen. Evaluasi adalah bentuk kegiatan yang dilaksanakan untuk menilai dan mengkaji suatu hal. Model evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model evaluasi CIPP yang dicetuskan oleh Stufflebeam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan bentuk penelitian evaluasi. Model evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah model evaluasi CIPP yang mengevaluasi kurikulum berdasarkan beberapa komponen yaitu, 1) Konteks, 2) Input, 3) Proses, 4) Produk. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis menunjukkan, 1) Pada aspek konteks, dasar penyusunan dan tujuan penerapan kurikulum program penjurusan sudah sesuai dengan acuan yang berlaku sehingga aspek konteks termasuk kategori efektif. 2) Aspek Input sudah sesuai karena dukungan dari guru-guru yang telah tersertifikasi. 3) Pada aspek proses, pelaksanaan pembelajaran berpedoman kepada RPP dan penilaian hasil belajar siswa sudah sesuai meskipun di masa pandemi covid-19 pelaksanaannya terbatas, 4) Aspek produk, siswa mendapat laporan hasil belajar dan sertifikat minat bakat. Kata Kunci: Evaluasi Kurikulum, Model Evaluasi CIPP, Kurikulum Program Penjurusan
Efektivitas Metode Kupas Rangkai Suku Kata dengan Media Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas I SD Putri Khalida; Indah Perdana Sari
Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation Vol 1, No 2 (2022)
Publisher : Alma Ata University Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21927/ijeeti.2022.1(2).43-52

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan dengan metode kupas rangkai suku kata (KRSK) pada siswa kelas I SDN 4 Bau-Bau. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan metode kuantitatif dimana desain yang digunakan adalah Quasi Experiment (One Group PreTest Post Test Control Design), serta dalam desain penelitian ini melibatkan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang nantinya akan menjadi pembanding untuk mengetahui sejauh mana kemampuan membaca permulaan siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SDN 4 BauBau yang terdiri dari kelas IA (kelompok eksperimen) yang berjumlah 21 siswa dan kelas IB (kelompok kontrol) dengan jumlah siswa 20. Pengujian validitas isi instrument pada penelitian menggunakan expertsjudgement. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif dengan mencari rerata. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai sig. (2-tailed) = 0,000. Karena Sig. (2-tailed) = < α = 0,05 maka H0 ditolak, penggunaan metode Kupas Rangkai Suku Kata (KRSK) dengan media huruf kata efektiv secara segnifikan dalam menigkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SDN 4 Baubau. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengaruh intervensi menggunakan metode KRSK dapat meningkatkan kemam  puan membaca permulaan bagi anak kesulitan membaca di kelas I SDN 4 Baubau. Kata Kunci: Kupas Rangkai Suku Kata, Metode Pembelajaran, Media Kartu Huruf Kemampuan Membaca Permulaan, Kelas 1 SD
The Problem with the Implementation of Cooperative Learning in Speaking Classes for Elementary School Anissa Salsabilla; Ardya Rigita Cahyani; Rabbyani Ramaita Rahmah; Yulia Fuji Astuti; Izzah Supeni
Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation Vol 1, No 2 (2022)
Publisher : Alma Ata University Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21927/ijeeti.2022.1(2).1-11

Abstract

Despite the well-established benefits of cooperative learning, implementation remains a challenge. This research aims to know the problems teachers face in implementing cooperative learning in speaking classes in elementary school. This study used a qualitative design with an interview approach with teachers to investigate problems in implementing cooperatives. This study report involves one teacher who has participated and has implemented cooperative learning for at least three years. The current study uses the interview data collection method to investigate the implementation of cooperative learning in MI TPI Keramat. The result indicates some problems the teacher faced in implementing cooperative learning in the classroom. The main problem faced by students in cooperative learning is group conflict.Keyword :  cooperative learning, speaking class, elementary school
Kontribusi Paradigma Pendidikan Islam Hasan Langgulung terhadap Pembentukan Karakter Muslim Moderat Mahmudah Mahmudah
Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation Vol 1, No 2 (2022)
Publisher : Alma Ata University Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21927/ijeeti.2022.1(2).12-23

Abstract

Pendidikan dan psikologi merupakan dua ranah yang memiliki keterkaitan dalam upaya membentuk pribadi manusia yang berkarakter baik. Secara konseptual, dua ranah ini menurut Hasan Langgulung dapat menjadi kekuatan dalam mengonstruk paradigma pendidikan Islam. Keduanya saling memberikan kontribusi dan berimplikasi pada sistem pengetahuan, sikap dan perilaku manusia. Setiap tindakan yang dilakukan umat muslim sesungguhnya memiliki keeratan dengan sistem pengetahuan dan pemahaman keislaman yang dimilikinya. Karakter moderat dan atau sebaliknya yang dimiliki setiap pribadi muslim pada dasarnya sebagai bentuk ekspresi psikologi dan pemahaman keagamaannya. Hasan Langgulung merekomendasikan pentingnya pendekatan psikologi dalam studi keislaman sebagai ikhtiar mengantarkan pribadi muslim yang moderat, dinamis dan inklusif.  Kata Kunci: Pendidikan Islam, Psikologi, Fitrah dan Kebebasan
Implementasi Pendidikan Pancasila di SDNegeri Bakulan Isti Septiani; An-Nisa Apriani; Lathifatul Izzah
Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation Vol 1, No 2 (2022)
Publisher : Alma Ata University Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21927/ijeeti.2022.1(2).33-42

Abstract

Implementasi pendidikan nilai Pancasila di sekolah dasar sangat penting dilakukan. Hal ini mengingat bahwa karakter yang dimiliki setiap individu berbeda-beda, perbedaan karakter dapat menimbulkan perselisihan, perpecahan, serta memicu perilaku menyimpang. Mengatasi penyimpangan karakter dapat dilakukan dengan menerapkan nilai-nilai Pancasila di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami implementasi pendidikan nilai Pancasila, nilai-nilai Pancasila, serta karakter siswa di SD Negeri Bakulan. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian implementasi pendidikan nilai Pancasila di SD Negeri Bakulan menunjukkan bahwa, pendidikan nilai Pancasila diimplementasikan melalui tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Perencanaan pendidikan nilai Pancasila menyusun perencanaan. Pelaksanaan dilakukan melalui kegiatan pembelajaran, kegiatan diluar pembelajaran, pembiasaan, dan kedisiplinan. Evaluasi dilakukan melalui evaluasi siswa yang mencakup evaluasi pembelajaran dan pengamatan sikap sedangkan evaluasi tenaga pendidik dilakukan dengan pemantauan serta pemberian tugas. Nilai-nilai Pancasila yang diterapkan di SD Negeri Bakulan meliputi nilai ketuhanan, nilai kemanusiaan, nilai persatuan, nilai kerakyatan, dan nilai keadilan. Nilai-nilai Pancasila ditunjukkan dengan sikap dan perilaku siswa sesuai dengan indikator nilai-nilai Pancasila. Penerapan nilai-nilai Pancasila di SD Negeri Bakulan membentuk siswa kelas V (lima) memiliki nilai karakter religius, toleransi, tanggung jawab, nasionalis, gotong royong, peduli sosial dan menghargai prestasi. Hasil penelitian dapat memberikan implikasi bagi guru dan kepala sekolah dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pendidikan pancasila baik di dalam pembelajaran maupun luar pembelajaran lebih baik lagi sehingga hasil yang dicapai lebih optimal. Hasil penelitian juga dapat dijadikan rekomendasi bagi pemerintah untuk melakukan pengawasan dan pendampingan bagi praktisi pendidikan dalam mengimplementasikan pendidikan pancasila baik di dalam pembelajaran maupun luar pembelajaran yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi agar tujuan pendidikan pancasila tercapai sesuai harapan.Kata kunci: Pendidikan Pancasila, Nilai Karakter 

Page 1 of 1 | Total Record : 5