cover
Contact Name
Alfiannor
Contact Email
cvanugerahdutaperdana@gmail.com
Phone
+6282254760244
Journal Mail Official
cvanugerahdutaperdana@gmail.com
Editorial Address
Jl. Komp Karya Budi Utama Raya Blok B No. 62 RT. 012 RW. 000 Kel. Sungai Lulut Kec. Sungai Tabuk Kab. Banjar Prov. Kalimantan Selatan, Indonesia
Location
Kab. banjar,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Servqual: Jurnal Ilmu Manajemen
ISSN : -     EISSN : 30313287     DOI : -
Core Subject : Economy,
Servqual: Jurnal Ilmu Manajemen adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh CV. Anugerah Duta Perdana bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi di Indonesia. Servqual: Jurnal Ilmu Manajemen akan terbit 2 (dua) kali dalam setahun, pada bulan Juni dan Desember, setiap edisi memuat 5 (lima) artikel. Artikel dapat ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. artikel merupakan hasil penelitian asli dengan maksimal plagiarisme 25%. Artikel yang dikirimkan ke Servqual: Jurnal Ilmu Manajemen akan direview oleh minimal 2 (dua) reviewer. Artikel yang dikirimkan harus memenuhi kriteria penilaian dan sesuai dengan petunjuk dan template yang disediakan oleh Servqual: Jurnal Ilmu Manajemen. Penulis harus mengunggah Pernyataan Hak Intelektual / Hak Cipta saat mengirimkan naskah. Artikel harus diserahkan melalui Open Journal System (OJS) dalam format .doc atau .docx. Seluruh proses hingga Servqual: Jurnal Ilmu Manajemen diterbitkan tidak dipungut biaya. Servqual: Jurnal Ilmu Manajemen terdaftar di dengan Nomor International Standard Serial Number (ISSN) Online: 3031-3287. Secara umum fokus dan ruang lingkup Jurnal bidang manajemen dapat mencakup berbagai topik yang berkaitan dengan bisnis dan ekonomi. Ini dapat berkisar dari penelitian teoritis hingga empiris di berbagai bidang seperti keuangan, akuntansi, pemasaran, manajemen, kewirausahaan, bisnis internasional, dan tata kelola perusahaan. Metodologi penelitian dapat mencakup pendekatan kuantitatif dan kualitatif, studi kasus, dan tinjauan literatur. Tujuan jurnal ini adalah untuk menerbitkan artikel berkualitas tinggi yang berkontribusi pada pemahaman bisnis dan ekonomi serta penerapan praktisnya di dunia nyata. Servqual: Jurnal Ilmu Manajemen menggunakan plagiarism check, dan Mendeley untuk pengelolaan referensi serta didukung oleh Crossref (DOI) untuk identifikasi karya ilmiah.
Articles 10 Documents
PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN FASHION MUSLIMAH (Studi kasus pada Suna Gallery Banjarmasin) Mita Fatimah; Syamsuddinnor Syamsuddinnor; Alfiannor Alfiannor
Servqual: Jurnal Ilmu Manajemen Vol. 1 No. 1 (2023): Servqual: Jurnal Ilmu Manajemen
Publisher : CV. Anugerah Duta Perdana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The aim of this research is to determine whether the Marketing Mix, comprising Product, Price, Place, and Promotion, has an influence on the purchase decisions of Muslimah products at Suna Gallery Banjarmasin, both partially and simultaneously. The general population in this study consists of customers making purchasing decisions at Suna Gallery, while the target population for this research is customers who made purchases during the period from January to December 2022. The research sample was selected using the Purposive sampling technique, and with the Slovin formula, a sample size of 84 individuals was determined. The analysis method in this research employs the Likert Scale for research questionnaires, data processing with SPSS version 25.0, data presentation using tables, and statistical data analysis using classic assumption test analysis methods, multiple regression analysis, coefficient of determination, and hypothesis testing. Based on the results of this research, it is evident that product, place, and promotion have an influence on purchase decisions at Suna Gallery. However, the price variable does not significantly affect purchase decisions. Simultaneously, the Marketing Mix has an influence on the purchase decisions of Muslimah fashion products at Suna Gallery Banjarmasin
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS INFORMASI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT. PLN (PERSERO) UP3 TOBELO Paulus Gedoa; Sahrul Hi. Posi
Servqual: Jurnal Ilmu Manajemen Vol. 1 No. 1 (2023): Servqual: Jurnal Ilmu Manajemen
Publisher : CV. Anugerah Duta Perdana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research aims to determine the quality of service and quality of information on customer satisfaction at PT. PLN (Persero) UP3 Tobelo. This type of research is quantitative. The total research population was 68,372. The sample was determined using the Sloving formula as many as 100 people. The analysis method used is the Multiple Linear Regression method. The research results show that the service quality variable (X1) has a partially significant positive effect on customer satisfaction. The information quality variable (X2) has a partially significant positive effect on customer satisfaction. Simultaneous tests show that the service quality variables (X1) and customer satisfaction X2) together have a significant effect on customer satisfaction. Furthermore, from the determinant coefficient test (R2), the R-square value was only 0.301 or 30.1%. This shows that 30.1% of customer satisfaction is influenced by service quality and information quality variables while the remaining 69.9% (100% - 69.9%) is influenced by other factors not explained in this research, therefore it is hoped that further research to add other variables.
ANALISIS PENGELOLAAN KEUANGAN DESA BERDASARKAN PERMENDAGRI NOMOR 20 TAHUN 2018 (STUDI KASUS DI DESA BALE KECAMATAN GALELA SELATAN KABUPATEN HALMAHERA UTARA) Agustinus Aba; Suharli Manoma
Servqual: Jurnal Ilmu Manajemen Vol. 1 No. 1 (2023): Servqual: Jurnal Ilmu Manajemen
Publisher : CV. Anugerah Duta Perdana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Village financial management is an activity that manages village finances better. Good village financial management is based on existing regulations and depends on the ability of the human resources who manage it. The aim of this research is to analyze village financial management activities in Bale Village which include administration, reporting and accountability activities using qualitative descriptive research methods. The research results show the reasons for not using Permendagri No. 20 of 2018 concerning Village Financial Management, namely the lack of understanding by human resources regarding existing regulations. Overall, village financial administration activities in Bale Village are good. Village financial reporting activities in Bale Village are good but there are still discrepancies in reporting to the regions. And village financial accountability activities in Bale Village show that there are still several things that are not appropriate and there is no direct accountability to the community. The village financial management system in Bale Village already uses the Village Financial System (SISKEUDES). It is recommended that the following village financial management activities use Permendagri No. 20 of 2014 concerning Village Financial Management.
ANALISIS AKUNTABILITAS PENGELOLAAN ALOKASI DANA DESA (ADD) DI DESA SUKAMAJU KECAMATAN TOBELO BARAT KABUPATEN HALMAHERA UTARA Ardi Frangsisko Manggiwo; Sahrul Hi. Posi; Suharli Manoma
Servqual: Jurnal Ilmu Manajemen Vol. 1 No. 1 (2023): Servqual: Jurnal Ilmu Manajemen
Publisher : CV. Anugerah Duta Perdana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study was conducted to analyze the accountability of the management of Village Fund Allocation in Sukamaju Village, North Tobelo District, North Halmahera Regency. This study aims to determine the Planning, Implementation, and Accountability of Village Fund Allocation. The type of research used is descriptive qualitative, namely research conducted in accordance with the situation and conditions required by using existing data sources. The results of this study indicate that the planning and implementation accountability system has implemented the principles of transparency and accountability. While the Village Fund Allocation Accountability (ADD) both technically and administratively is good, but it must still receive or be given guidance from the government considering the system is always changing.
PENGARUH KINERJA KARYAWAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN NASABAH PADA PT. PEGADAIAN CABANG TOBELO, KABUPATEN HALMAHERA UTARA Yulans Vrisca Bangoro; Nasrula Kaiyeli
Servqual: Jurnal Ilmu Manajemen Vol. 1 No. 1 (2023): Servqual: Jurnal Ilmu Manajemen
Publisher : CV. Anugerah Duta Perdana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The aim of this research is to examine the influence of employee performance on service quality. This research uses an associative approach, using primary data through questionnaires. Respondents in this research were customers of PT. Pawnshop Tobelo Branch, North Halmahera Regency. The population used was 50 customers. saturated side technique where all members of the population were sampled in this research. The data collection technique used was a questionnaire. The data analysis techniques used are validity test, reliability test, simple linear regression, correlation coefficient, determination test and t test. Data testing was carried out with the help of the SPSS program. Based on the results of the analysis, it shows that employee performance has a positive and significant effect on service quality. The test results show that the employee performance variable value is sig 0.000 <0.05 and the ttable value is 1.677 and tcount is 7.995. The value of the coefficient of determination shows that employee performance is 56.2% while the remaining is 43.8%.
ANALISIS PENERAPAN MANAJEMEN PERSEDIAAN PADA PT. CITRA NUSANTARA CATERING Siti Nuroh; Ahmad Rifai; Syahrian Owen Sularno; Wawan Ridwan; Ujang Suherman
Servqual: Jurnal Ilmu Manajemen Vol. 1 No. 2 (2024): Servqual: Jurnal Ilmu Manajemen (Januari-Juni 2024)
Publisher : CV. Anugerah Duta Perdana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Supplies of raw materials is very important in the new company, so that it should be can be controlled. Control supplies the raw material that it should be supported by good cost efficiency. The purpose of this research is to determine the appropriate inventory management system for management of PT. Citra Nusantara Catering. This study uses Economic Order Quantity (EOQ) Methods. EOQ method uses some calculations in order to know the optimum stock for a company, the total costs, and the re-order point. The data used are primary data in the form of interview result. Results show that the company has yet effectively apply the right management supplies. Based on calculation using the formula costs overall, the EOQ method will allow the company to save more than the total cost compared to the company's inventory management system at this time. To produce the total cost of the inventory more efficiently through the quantity and frequenchy of the purchase of raw materials the company should implement an optimal EOQ method in doing inventory control
EFEKTIFIVAS PERAN MEDIASI KEPUASAN KERJA DAN MOTIVASI KERJA DALAM UPAYA PENINGKATAN KINERJA PEGAWAI PADA DINAS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN DESA KABUPATEN WONOGIRI Lilis Sulistyani; Sumiati
Servqual: Jurnal Ilmu Manajemen Vol. 1 No. 2 (2024): Servqual: Jurnal Ilmu Manajemen (Januari-Juni 2024)
Publisher : CV. Anugerah Duta Perdana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Studi ini bertujuan untuk menyelidiki fungsi kepuasan kerja dan motivasi sebagai mediator dalam dampak komunikasi dan kepemimpinan pada kinerja staf. Studi ini menggunakan metodologi census untuk mengumpulkan data primer. Sampel untuk penelitian ini terdiri dari sekelompok individu yang bekerja di Layanan Kesejahteraan Masyarakat dan Desa Daerah Wonogiri, total 46 personel. Data penelitian yang dianalisis menggunakan perangkat lunak SPSS mencakup tes validitas, tes keandalan, tes linearitas, dan analisis regresi jalur. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa korelasi antara komunikasi dan kepemimpinan dan kepuasan kerja secara statistik signifikan dan positif. Selain itu, komunikasi ditemukan memiliki dampak yang signifikan pada motivasi kerja, sementara kepemimpinan ditemukan memiliki pengaruh yang tak ternilai dalam motivasi. Selain itu, diperhatikan bahwa komunikasi memiliki dampak yang signifikan pada kinerja, sedangkan pengaruh kepemimpinan pada kinerjanya ditemukan kecil. Selain itu, penelitian ini mengungkapkan bahwa kepuasan kerja memiliki efek substansial pada kinerja, sementara motivasi kerja memiliki dampak yang lebih kecil terhadap kinerja Petugas Kemanusiaan di Wilayah Wonogiri. Kepuasan kerja memiliki potensi untuk bertindak sebagai mediator dalam dampak komunikasi dan kepemimpinan pada kinerja staf. Namun, motivasi kerja tidak memiliki kapasitas untuk memediasi dampak komunikasi, kepemimpinan, dan kinerja staf. Temuan penilaian kinerja staf dijelaskan berdasarkan faktor-faktor seperti komunikasi, kepemimpinan, kepuasan kerja, dan motivasi kerja, yang menyumbang 79,3% dari total. 20.7% yang tersisa mencakup berbagai variabel lain yang tidak termasuk dalam model penelitian, seperti komitmen organisasi, budaya organisasi, lingkungan kerja, dan sebagainya. Temuan dari pemeriksaan kedua pengaruh langsung dan tidak langsung menunjukkan bahwa dampak langsung dari komunikasi pada kinerja pejabat adalah jalur yang berlaku.
STRATEGI MENINGKATKAN KINERJA MELALUI KNOWLEDGE SHARING PADA SEKRETARIAT DAERAH KOTA SALATIGA Ifah Lathifah; Yuni Puspitasari
Servqual: Jurnal Ilmu Manajemen Vol. 1 No. 2 (2024): Servqual: Jurnal Ilmu Manajemen (Januari-Juni 2024)
Publisher : CV. Anugerah Duta Perdana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari studi ini adalah untuk menemukan, bereksperimen dengan, dan secara empiris menganalisis solusi yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja melalui memfasilitasi berbagi informasi di Sekretariat Regional Kota Salatiga. Metodologi analitis yang digunakan meliputi penggunaan pemeriksaan instrumental, termasuk tes validitas, tes keandalan, tes linearitas, analisis regresi, dan analisis jalur. Temuan ini menunjukkan bahwa komunikasi memiliki pengaruh yang menguntungkan meskipun secara statistik tidak signifikan pada penyebaran pengetahuan. Keahlian memiliki pengaruh substansial dan menguntungkan pada penyebaran keahlian. Komunikasi yang efektif memiliki pengaruh yang menguntungkan dan substansial pada kinerja. Secara kolektif, variabel komunikasi, kompetensi, dan penyebaran pengetahuan memiliki pengaruh substansial pada kinerja. Kinerja staf di Sekretariat Regional Kota Salatiga dapat dijelaskan oleh faktor-faktor komunikasi, kompetensi, dan berbagi pengetahuan, yang menyumbang 80.7% dari penjelasan. 19,3% yang tersisa dapat dikaitkan dengan variabel lain yang berada di luar lingkup model studi, seperti pengawasan dan budaya organisasi. Magnitude lebih tinggi dari dampak tidak langsung, sehingga membuatnya lebih efektif melalui saluran langsung. Berdasarkan hasil analisis, jelas bahwa dampak kompetensi pada kinerja adalah faktor yang paling dominan dalam meningkatkan kinerja personil di Sekretariat Regional Kota Salatiga.
MOTIVASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PENGARUH KOMPENSASI DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA Siti Fatimatul Khasanah; Farid Octavianus; Tiara Syahrani
Servqual: Jurnal Ilmu Manajemen Vol. 1 No. 2 (2024): Servqual: Jurnal Ilmu Manajemen (Januari-Juni 2024)
Publisher : CV. Anugerah Duta Perdana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Mitra badan pusat statistik merupakan asset paling berharga yang dimiliki Organisasi. Oleh karena itu perlu adanya motivasi dari diri mitra untuk memacu dan menumbuhkan semangat dalam bekerja. Mengingat masih kurangnya motivasi kerja yang diberikan oleh Badan Pusat Statistik karena belum terpenuhinya secara keseluruhan kebutuhan akan kompensasi yang diberikan untuk mitra, di mana tidak tersedianya BPJS Kesehatan, asuransi kesehatan pada kegiatan BPS yang tertentu saja, tidak ada uang pensiun, tidak ada THR, yang ada hanya honor pekerjaan, penggantian biaya transportasi, dan insentif pelatihan yang dapat diberikan, tentu hal ini akan sangat mempengaruhi kinerja Mitra. Selain motivasi kerja, tingkat pendidikan juga berpengaruh dalam meningkatkan kinerja mitra. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompensasi dan kompetensi terhadap kinerja mitra Badan Pusat Statistik Kota Lubuk Linggau dengan motivasi sebagai variabel penengah baik secara parsial maupun simultan. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh mitra kerja Badan Pusat Statistik Kota Lubuk Linggau sebanyak 133 Mitra. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan analisa SEM yang dijalankan melalui program AMOS 24. Hasil penelitian didapatkan bahwa kompensasi terhadap motivasi berpengaruh positif dan signifikan. Kompensasi terhadap Kinerja tidak berpengaruh positif. Kompetensi terhadap motivasi berpengaruh positif tetapi tidak signifikan. Kompetensi terhadap kinerja berpengaruh positif dan signifikan. Motivasi terhadap kinerja berpengaruh positif dan signifikan. Kompensasi dan kompetensi bersama-sama tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi. Kompensasi, kompetensi dan motivasi secara bersama-sama tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, FASILITAS, DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Studi Pada Konsumen Hotel Atina Graha Kota Surakarta) Fathahillah Kuncoro Sakti; Siti Hayati Efi Friantin
Servqual: Jurnal Ilmu Manajemen Vol. 1 No. 2 (2024): Servqual: Jurnal Ilmu Manajemen (Januari-Juni 2024)
Publisher : CV. Anugerah Duta Perdana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pesatnya perkembangan bisnis perhotelan di Kota Surakarta menyebabkan adanya persaingan hotel untuk menarik konsumen dengan berkompetisi memberikan pelayanan terbaik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas, dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen di Hotel Atina Graha Kota Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini seluruh masyarakat yang berusia 18 tahun keatas dan pernah menginap Hotel Atina Graha Kota Surakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 150 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner online yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis di atas adalah menggunakan analisis regresi berganda, uji t, uji F, dan koefisien determinasi R Kuadrat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen (t hitung: 3,044; signifikansi: 0,003<0,05; dan ?: 0,215), (2) Fasilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen (t hitung: 4,269; signifikansi: 0,000<0,05; dan ?: 0,331), (3) Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen (t hitung: 3,367; signifikansi: 0,001<0,05; dan ?: 0,413), dan (4) Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Harga secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen (F hitung: 53,548 dan signifikansi 0,000<0,05). Hasil Uji koefisien determinasi yang ditunjukkan adjusted R2 adalah pada 0,524. Hal ini menunjukkan bahwa variabel Kualitas Pelayanan, Fasilitas, dan Harga dapat menjelaskan pengaruh variabel Kepuasan Konsumen sebesar 52,4%.

Page 1 of 1 | Total Record : 10