cover
Contact Name
Pebli Hardi
Contact Email
pebli.hardi@unmuhpnk.ac.id
Phone
+6281254898067
Journal Mail Official
pebli.hardi@unmuhpnk.ac.id
Editorial Address
Jl. Ahmad Yani No. 111 , Pontianak, Kalimantan Barat
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
Suara Teknik : Jurnal Ilmiah
ISSN : 20861826     EISSN : 25794698     DOI : http://doi.org/10.29406/stek
Suara Teknik: Jurnal Ilmiah menyajikan artikel orisinal tentang pengetahuan dan informasi riset atau aplikasi riset dan pengembangan terkini dalam bidang teknologi. Ruang lingkup Suara Teknik: Jurnal Ilmiah meliputi pendidikan teknologi dan kajian mekanika terapan, konversi energi, teknologi bahan dan manufaktur. Jurnal ini merupakan sarana publikasi dan ajang berbagi karya riset dan pengembangannya di bidang teknologi.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 1 (2018): Suara Teknik: Jurnal Ilmiah" : 5 Documents clear
ANALISA PERFORMA MESIN DIESEL SULZER ZAV 40S MENGGUNAKAN BAHAN BAKAR MFO DAN HSD DI PLTD SUNGAI RAYA PT. PLN (PERSERO)
Suara Teknik : Jurnal Ilmiah Vol 9, No 1 (2018): Suara Teknik: Jurnal Ilmiah
Publisher : Fakultas Teknik UM Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29406/stek.v9i1.1528

Abstract

Mesin diesel termasuk salah satu jenis mesin pembakaran dalam yang biasa disebut Compressed Ignition Engine. PLTD Sungai Raya adalah salah satu unit pembangkit yang penggerak generatornya menggunakan mesin diesel untuk menghasilkan listrik. Pada penelitian ini menggunakan mesin diesel Sulzer ZAV 40S dengan membandingkan bahan bakar Marine Fuel Oil (MFO) dan High Speed Diesel (HSD) untuk mengetahui performa mana yang baik antara kedua bahan bakar tersebut. Pengujian ini meliputi: Daya mesin, temperature gas buang, proses pembakaran (grafik p/alpha), tekanan ruang bakar, dan konsumsi bahan bakar spesifik (SFC) dengan menggunakan metode eksperimen. Objek penelitian adalah mesin diesel Sulzer ZAV 40S, Bahan bakar MFO dan HSD. Pengujian dilakukan variasi beban mesin 3 MW, 4MW dan 5MW dengan putaran mesin 500 rpm. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif yaitu mendeskripsikan data yang diperoleh, kemudian dijelaskan dalam bentuk kalimat dan grafik sederhana yang mudah dipahami. Hasil pengujian menunjukkan bahwa daya mesin yang dihasilkan dan tekanan ruang bakar lebih tinggi MFO, pada proses pembakaran (grafik p/alpha) bahan bakar HSD lebih baik, Temperatur gas buang dengan beban 3 MW dan 4 MW rata-rata temperatur MFO lebih tinggi pada beban mesin 5 MW temperatur gas buang MFO dan HSD temperaturnya sama. Beban 3 MW dan 4 MW konsumsi bahan bakar spesifik (SFC) HSD lebih sedikit, beban mesin 5 MW bahan bakar HSD lebih banyak dari pada MFO.
SIMULASI PENGARUH TEKANAN KOMPRESI DARI PISTON DATAR DENGAN CEMBUNG DI RUANG PEMBAKARAN PADA SILINDER TUNGGAL Eko Julianto; Apry Rahmadi
Suara Teknik : Jurnal Ilmiah Vol 9, No 1 (2018): Suara Teknik: Jurnal Ilmiah
Publisher : Fakultas Teknik UM Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29406/stek.v9i1.1529

Abstract

Pada abad ini komputerisasi dalam hal simulasi sangat berkembang pesat untuk meminimalisir kerusakan pada komponen sepeda motor dan untuk menghemat biaya pada eksperimental, maka dari itu penggunaan software sangatlah penting. Berdasarkan diskripsi dari sistem kerja, karakteristik dan bagian komponen mekanik motor bakar torak (piston), adalah memungkinkan modifikasi khususnya pada torak (piston) pada motor bakar torak. Pada penelitian ini akan memodifikasi permukaan piston menjadi permukaan piston cembung. Hasil penelitian ini untuk mencari perbandingan model-model profil permukaan torak (piston face) guna mendapatkan model yang optimal dan dapat menghasilkan Power dan kompresi yang maksimal. Model permukaan piston dapat dilakukan dengan modifikasi desain permukaan piston datar dengan cembung. Pelaksanaan identifikasi simulasi ini pada desain permukaan piston datar dengan desain permukaan piston cembung, maka akan diperoleh hasil yaitu desain modifikasi dan karakteristik permukaan piston. Dan peneliti ini dapat mengetahui pengaruh terhadap daya pengisapan dan perbandingan kompresi pada mesin tersebut, serta hasil tenaga atau daya motor. Selain analisis secara matematis, juga menyimulasikan laju aliran bahan bakar dan udara yang terjadi pada silinder tersebut dengan menggunakan program ANSYS.
ANALISA SIFAT MEKANIK MATERIAL KOMPOSIT BERPENGUAT SERAT KULIT KAYU KAPUAK MODEL LAMINA DENGAN METODE RANDOM Doddy Irawan; Eko Sanjaya; Fuazen Fuazen; Gunarto Gunarto
Suara Teknik : Jurnal Ilmiah Vol 9, No 1 (2018): Suara Teknik: Jurnal Ilmiah
Publisher : Fakultas Teknik UM Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29406/stek.v9i1.1530

Abstract

Pada penelitian ini bahan yang dipergunakan adalah serat kulit kayu kapuak yang di susun acak dengan fraksi volume serat 20%, 30% dan 60%, serat di potong 5 cm dan 10 cm dengan perbadingan 20:80, 30:70, dan 60:40, Resin polyester BQTN 157 sebagai matrixnya, serat kayu ditimbang lalu di susun acak di dalam cetakan pembuatan spesimen dengan cara di curah manual ketebalan bahan uji impact tast 10x10 mm dengan panjang 100 mm, ketebalan bahan uji bending 4 mm panjang 100 mm, dengan acuan standar ASTM 790-02. Hasil pengujian pengaruh terhadap volume serat 20%, 30% dan 60% di mana kekuatan impact tertinggi terjadi pada prosentase perbandingan 30 : 70, volume serat 30% pada lamina 1 dan 2 yaitu sebesar 96461,6 ( J/m ). Untuk nilai tegangan impact terendah terjadi pada perbandingan 60:40 volume serat 60 pada lamina 1 yaitu 91900,6 (J/m). Tegangan bengkok tertinggi terjadi pada perbandingan 60 : 40 pada lamina 3 yaitu sebesar 201,61 (ϭb)(N/mm2). Untuk nilai tegangan bengkok terendah terjadi pada perbandingan 60 : 40 pada lamina 1 yaitu 100,80 (ϭb)(N/mm2).
ANALISA STUDI KASUS SISTEM REM MOBIL HEMAT ENERGY SHELL ECO MARATHON ASIA EMISIA BORNEO 01 Arel Anus Okan; Fuazen Fuazen; Gunarto Gunarto; Eko Julianto
Suara Teknik : Jurnal Ilmiah Vol 9, No 1 (2018): Suara Teknik: Jurnal Ilmiah
Publisher : Fakultas Teknik UM Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29406/stek.v9i1.1525

Abstract

Shell Eco-Marathon (SEM) adalah sebuah kompetisi yang di adakan di perusahaan shell yang melombakan kendaraan dengan konsumsi bahan bakar yang paling irit. Dalam kompetensi ini, terdapat dua kategori kendaraan secara umum, yaitu kendaraan prototype dan kendaraan urban konsep. Untuk kategori prototype, peserta kompetensi ditantang untuk mendesain, membuat dan melombakan kendaraan dengan bentuk bodi dengan gesekan udara sekecil mungkin namun tetap mengutamakan keselamatan dan keamanan pengendara serta kendaraan lainnya, sedangkan untuk kategori urban konsep peserta kompetisi di tantang untuk mendesain ,membuat dan melombakan mobil yang lebih realistis yang dapat memenuhi kebutuhan pengemudi jaman sekarang. Mobil dengan kategori urban konsep ini memiliki desain dan kelengkapan lalu lintas yang menyerupai mobil pada umumnya, dalam Shell Eco-Marathon 2018 Tim Mesin UM Pontianak melombakan kendaraan  urban konsep dengan nama ‘’Emisia Borneo 01’’sebagai kendaraan urban konsep memiliki empat buah roda dengan kapasitas angkut satu orang yaitu pengemudi kendaraan itu sendiri. Salah satu bagian penting pada kendaraan tersebut adalah sistem rem yang di gunakan untuk mengurangi kecepatan serta menghentikan kendaraan.
ANALISA HASIL PENGECORAN PENAMBAHAN BAHAN MATERIAL PISTON DAN KALENG BEKAS PADA ALAT RUMAH TANGGA TERHADAP PERUBAHAN NILAI KEKERASAN DAN STRUKTUR MIKRO AlMg-Si Eko Sarwono; Aris Sugianto; Masrum Hadisusanto; Eko Julianto
Suara Teknik : Jurnal Ilmiah Vol 9, No 1 (2018): Suara Teknik: Jurnal Ilmiah
Publisher : Fakultas Teknik UM Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29406/stek.v9i1.1526

Abstract

Dengan adanya perbedaan campuran dan proses pendinginan yang berbeda maka akan menghasilkan sifat mekanis dalam hal ini sifat kekerasannya dan struktur mikro yang berbeda. Pengujian yang dilakukan dibatasi hanya terhadap peningkatan nilai kekerasan dan perubahan struktur mikro akibat variasi Penambahan Material Piston Bekas dan kaleng bekas dengan menggunakan 30: 70 ,  50 dan 40 , 60 %, masing-masing di cor, proses pendinginan menggunakan media pendinginan udara bebas. Untuk mengetahui nilai kekerasan maka dilakukan pengujian kekerasan dengan menggunakan metode Rockwell F, dan Pengujian Impak, untuk perubahan struktur mikro maka dilakukan pengamatan metalografi dan uji komposisi. Dari hasil pengujian kekerasan pada masing-masing spesimen, diketahui adanya perubahan nilai kekerasan yaitu: Kaleng bekas 17.4HRB, Piston bekas 39HRB, Campuran 30:70% 39,58HRB, Campuran 40:60% 42.1HRB, dan Campuran 50:50% 28.9HRB. Dari data uji kekerasan menyatakan bahwa spesimen campuran 40:60 mempunyai nilai kekerasan paling tinggi dibanding spesimen campuran lainya, dan dari hasil uji Impact juga menunjukkan perubahan nilai kemampuan dalam menyerap energi dan menerima beban kejut dari setiap spesimen, Piston bekas 17070 J/ mm2, Kaleng bekas 26687.2 J/ mm2 , Campuran 30:70% 18864.6 J/ mm2 ,Campuran 40:60% 18083.6 J/ mm2 , dan Campuran 50:50% 22923.8 J/ mm2 . Dari data uji impact menunjukkan bahwa spesimen campuran 50:50 memiliki nilai uji impact yang paling tinggi dibandingkan dengan semua spesimen campuran lainya. Dari data pengujian (uji kekerasan dan uji impact), menunjukkan bahwa telah terjadi perbaikan sifat mekanis pada spesimen campuran antara piston dan kaleng bekas.

Page 1 of 1 | Total Record : 5