cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Informatika
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science,
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2002): NOVEMBER 2002" : 8 Documents clear
PREDIKSI KEPADATAN KENDARAAN BERMOTOR BERDASARKAN TINGKAT KEBISINGAN LALU LINTAS DENGAN MENGGUNAKAN LOGIKA FUZZY Lim, Resmana; Thiang, Thiang; Kuntjoro, Jusak Agus
Jurnal Informatika Vol 3, No 2 (2002): NOVEMBER 2002
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (99.521 KB) | DOI: 10.9744/informatika.3.2.pp. 53-58

Abstract

The paper describes a fuzzy logic based system to predict the number of vehicle flow based on its noise. The system equipped by a sensor using a microphone an a 8088 microprocessor. The prediction results are displayed on 7-segment display. The fuzzy inference system used a strategy of MIN-MAX with 3 inputs which are: noise level, the width of road & a correction factor. A Defuzzification method of COG (Center of Gravity) is depployed in the system to produce prediction result in number of vehicle per minnute. The experimental results are presented to figure out the performance of the prediction comparing to the actual number of vehicle. The result shows that the prediction error of the system is about 7-10% comparing to the prediction by using human ear resulting the error of 4-5%. Abstract in Bahasa Indonesia : Paper ini menyajikan pengembangan sebuah sistem prediksi jumlah kendaraan bermotor yang lewat pada suatu jalan berdasarkan tingkat kebisingan lalu lintas dengan menggunakan logika fuzzy. Alat yang dibuat menggunakan sistem mikroprosesor 8088 yang dilengkapi dengan sensor bising berupa mikropon. Hasil prediksi jumlah kendaraan ditampilkan pada display 7-segment led. Sistem inferensia fuzzy yang dipakai di sini menggunakan strategi MIN-MAX dengan tiga crisp input yaitu: level kebisingan, lebar jalan di mana alat ini dipakai dan faktor koreksi. Sedangkan metode defuzifikasi menggunakan COG (Center of Gravity) untuk menghasilkan crisp output berupa prediksi jumlah kendaraan per menit. Pengujian sistem dilakukan dengan 2 cara yaitu membandingkan hasil prediksi alat dengan jumlah kendaraan sebenarnya, dan ke dua adalah membandingkan hasil prediksi dengan hasil perhitungan berdasarkan pendengaran telinga manusia dengan mata tertutup. Hasil percobaan menujukan kesalahan prediksi pada percobaan pertama adalah 7-10% sedangkan kesalahan prediksi alat bila dibandingkan hasil perhitungan telinga manusia adalah sekitar 4-5%. Kata kunci: prediksi jumlah kendaraan berdasarkan kebisingan, sistem prediksi fuzzy logic.
PENDEKATAN ACTIVITY-BASED COSTING DAN METODE PENCARIAN HEURISTIC UNTUK MENYELESAIKAN PROBLEM PEMILIHAN PERALATAN PADA FLEXIBLE MANUFACTURING SYSTEMS (FMS) Budhi, Gregorius Satia
Jurnal Informatika Vol 3, No 2 (2002): NOVEMBER 2002
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (271.989 KB) | DOI: 10.9744/informatika.3.2.pp. 89-96

Abstract

The application of Activity Based Costing (ABC) approach to select the set-machine that is used in the production of Flexible Manufacture System (FMS) based on technical and economical criteria can be useful for producers to design FMS by considering the minimum production cost. In the other hand, Heuristic Search is known to have a short searching time. Algorithm Heuristic that using ABC approach as the weight in finding the solution to shorten the equipment selection time during the design / redesign process of the FMS in less than exponential time was designed in this research. The increasing speed is useful because with the faster time in design / redesign process, therefore the flexibility level of part variety that can be processed will become better. Theoretical and empirical analysis in Algorithm Heuristic shows that time searching to get appropriate set of equipment is not too long, so that we can assume that the designed Algorithm Heuristic can be implemented in the real world. By comparing the empirical result of Algorithm Heuristic to the Algorithm Exhaustive, we can also assume that Algorithm Heuristic that using ABC method as the weight for finding solution can optimise the equipment selection problem of FMS based on economical criteria too. Abstract in Bahasa Indonesia : Penggunaan pendekatan Activity Based Costing (ABC) untuk memilih set mesin yang digunakan dalam produksi pada Flexible Manufacture Systems (FMS) berdasar atas kriteria teknis dan ekonomis, dapat membantu pelaku produksi untuk mendisain FMS dengan pertimbangan minimalisasi biaya produksi. Sementara itu, Heuristic Search dikenal memiliki waktu pencarian yang singkat. Pada riset ini didisain sebuah Algoritma Heuristic yang menggunakan pendekatan ABC sebagai bobot dalam pencarian solusi, untuk mempersingkat waktu pemilihan peralatan saat desain/redisain FMS dalam waktu kurang dari waktu Eksponensial. Peningkatan kecepatan ini bermanfaat, karena dengan cepatnya waktu disain / redisain maka derajat fleksibilitas jenis (variety) part yang dapat diproses menjadi lebih baik. Analisis Teoritis dan Empiris pada Algoritma Heuristic menunjukkan bahwa waktu pencarian untuk mendapatkan suatu set peralatan yang tepat adalah cukup singkat, sehingga dapat disimpulkan bahwa Algoritma Heuristic yang didisain dapat diimplementasikan pada dunia nyata. Dengan membandingkan hasil empiris Algoritma Heuristic dengan Algoritma Exhaustive sebagai pembanding, disimpulkan bahwa Algoritma Heuristic yang menggunakan metode ABC sebagai bobot pencarian solusi dapat mengoptimasi problem pemilihan peralatan FMS dari kriteria ekonomis pula. Kata kunci: Desain Algoritma, Flexible Manufacturing Systems, Pendekatan Activity-Based Costing, Pencarian Heuristic.
PERENCANAAN RUTE PERJALANAN DI JAWA TIMUR DENGAN DUKUNGAN GIS MENGGUNAKAN METODE DIJKSTRA S Gunadi, Kartika; Yulia, Yulia; Tanuhardja, Jeffrey
Jurnal Informatika Vol 3, No 2 (2002): NOVEMBER 2002
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (94.739 KB) | DOI: 10.9744/informatika.3.2.pp. 59-63

Abstract

Many people need geographical information nowadays, such as: the distance between areas, information about some areas, information about nature resources in that area, to search for accident area, and others geographical information. Geographical Information System (GIS) is only one from many others solution to seek for geographical information. This research aim is to make software that can give some geographical information for shortest path between towns in East Java. Others information that can be gain is information about governmental, population, tourism places, mountains, special food, handicraft, and traditional art. This software is designed with database not using satellite, so much cheaper compare with using satellite. This software use Dijkstra's method to seek the shortest path from one node to another node in the picture, so this program can't give alternative path. GIS can give answer for anything that related with geographical situation. Peoples can use GIS power to reach for a better life. Abstract in Bahasa Indonesia : Informasi mengenai geografi semakin dibutuhkan oleh banyak pihak, misalnya informasi untuk mengetahui jarak antara satu daerah dengan daerah lain, informasi seputar daerah yang diinginkan, informasi tentang sumber daya alam yang dicari, informasi untuk menemukan lokasi kecelakaan dengan cepat, dan banyak informasi mengenai geografi lainnya. Geographical Information Systems (GIS) merupakan salah satu solusi untuk mendapatkan informasi geografi tersebut. Tujuan perancangan adalah membuat suatu perangkat lunak yang dapat memberikan informasi geografi mengenai rute jalan terpendek antara kota yang satu dengan kota yang lainnya di Jawa Timur. Sedangkan informasi lainnya yang dapat diperoleh antara lain informasi mengenai pemerintahan, jumlah penduduk, tempat wisata, nama gunung, makanan khas, kerajinan, dan `kesenian tradisional yang berasal dari suatu daerah. Program ini dirancang tanpa menggunakan satelit namun hanya menggunakan database, sehingga penggunaannya lebih murah dibandingkan dengan menggunakan satelit. Perancangan dilakukan dengan menggunakan metode Dijkstra's yang merupakan salah satu algoritma yang berguna untuk mencari lintasan terpendek dari satu titik ke titik lain dalam gambar. Metode Dijkstra's dipilih karena metode ini hanya mengeluarkan satu nilai output yang merupakan lintasan terpendek. Oleh karena itu, program ini tidak memiliki kemampuan untuk memberikan jalan alternatif. GIS dapat dimanfaatkan untuk memenuhi keingintahuan manusia terhadap segala sesuatu yang berhubungan dengan keadaan geografi. Masyarakat dapat memanfaatkan semua kemampuan yang dimiliki oleh GIS untuk menjalankan kehidupan ke arah yang lebih baik. Kata kunci: Geographical Information Systems, Dijkstra
SEBARAN STASIONER PADA SISTEM BONUS-MALUS SWISS SERTA MODIFIKASINYA (Stationary Distribution of Swiss Bonus-Malus System and its Modification) Ballangan, Cherry Galatia; Sumarno, Hadi
Jurnal Informatika Vol 3, No 2 (2002): NOVEMBER 2002
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (76.489 KB) | DOI: 10.9744/informatika.3.2.pp. 97-103

Abstract

Bonus-Malus System is a system in actuary that introduce the premium class (state) partition, where the state is influenced by the number of annual claims reported by the policy holder. We could base the determination of the state on the stationary distribution that represent the number of policy holders in any state. Swiss Bonus-Malus System has 22 state. The number of state that involved in this system result in the difficulty of stationary distribution determination. Therefore, the aim of this paper is to study a method to obtain stationary distribution of Swiss Bonus-Malus System by recursive formula, with this recursive formula, the stationary distribution of Swiss Bonus-Malus System can be determined easier. Modification of this system with infinite state result in the changes of recursive formula to obtain the stationary. This changes including the determining of base value of the recursive formula. Abstract in Bahasa Indonesia : Sistem Bonus-Malus merupakan sistem dalam aktuaria yang memperkenalkan pembagian kelas premi (state) yang dipengaruhi oleh jumlah klaim yang diajukan oleh pemegang polis tiap tahunnya. Penetapan state dalam sistem ini didasarkan pada pencarian sebaran stasioner yang menyatakan banyaknya pemegang polis dalam tiap state. Sistem Bonus-Malus Swiss (BMS) memiliki 22 state. Banyaknya state yang terlibat dalam sistem ini mengakibatkan sulitnya penentuan sebaran stasioner pada sistem BMS tersebut. Karena itu dalam tulisan ini dipelajari suatu metode penentuan sebaran stasioner dari sistem BMS tersebut, yaitu dengan menggunakan formula rekursif. Dengan formula rekursif ini, sebaran stasioner sistem BMS dapat ditentukan dengan mudah. Modifikasi sistem BMS untuk jumlah state yang tak hingga mengakibatkan perubahan pada formula rekursif untuk mencari sebaran stasionernya. Perubahan ini meliputi penetapan nilai awal dari formula rekursif tersebut. Kata kunci: sebaran stasioner, formula rekursif, sistem Monus-Malus Swiss.
STUDI ANALISIS RAPID APLICATION DEVELOPMENT SEBAGAI SALAH SATU ALTERNATIF METODE PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK Noertjahyana, Agustinus
Jurnal Informatika Vol 3, No 2 (2002): NOVEMBER 2002
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (49.969 KB) | DOI: 10.9744/informatika.3.2.pp. 64-68

Abstract

Rapid Application Development is one of the alternatives of System Development Life Cycle which is lately used to cope with the "slowness" of the conventional method. The Strength of using this method is the speed, accuracy and relatively lower cost than the conventional method. Moreover, the user's needs can be fulfilled well by involving the user in the design process. As a result, the user's satisfaction will increase. However, there are several things that should be considered in using the Rapid Application Development such as the team's preparation, the system territory, user's needs, and system operation. Finally, as one of the alternatives of System Development Life Cycle, Rapid Application Development can be used as the fundamental to produce an information system which is able to fulfill the user's needs. Abstract in Bahasa Indonesia : Rapid Application Development (RAD) sebagai salah satu alternatif dari System Development Life Cycle belakangan ini seringkali digunakan untuk mengatasi keterlambatan yang terjadi apabila menggunakan metode konvensional. Adapun keunggulan yang bisa didapatkan dengan menggunakan metode ini adalah kecepatan, ketepatan, dan biaya yang relatif lebih rendah dibanding dengan metode konvensional. Di samping itu dengan melibatkan user pada proses desain menyebabkan kebutuhan user dapat terpenuhi dengan baik dan secara otomatis kepuasan user sebagai pengguna sistem semakin meningkat. Akan tetapi di dalam menggunakan metode Rapid Aplication Development perlu untuk memperhatikan hal-hal yang penting, terutama kesiapan tim, ruang lingkup sistem, kebutuhan user, dan kinerja sistem. Pada akhirnya, sebagai salah satu alternatif dari System Development Life Cycle, maka Rapid Aplication Development dapat dijadikan acuan untuk menghasilkan sistem informasi yang dapat memenuhi kebutuhan user. Kata kunci: Rapid Application Development (RAD), System Development life Cycle (SDLC).
APLIKASI E-COMMERCE WWW.KOMPUTERONLINE.COM DENGAN MENGGUNAKAN MYSQL DAN PHP4 Setiabudi, Djoni Haryadi; Rahardjo, Alex Surya
Jurnal Informatika Vol 3, No 2 (2002): NOVEMBER 2002
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (197.986 KB) | DOI: 10.9744/informatika.3.2.pp. 75-81

Abstract

This research is about the development of the e-commerce www.komputeronline. com website using MySQL as the database server, Apache as the web server and PHP4 as the scripting programming language with Linux as the operating system of the server . This site can be used to do the transaction of the selling computers and its accesorries. The implementation is about shopping mall's facilities (shopping cart) for end users and catalog maintenance's facilities for the administrator. The facilities for the end users in the shopping mall are stuff list based on category and type, search, account status, and at the shopping cart part users can change the quantity, or even cancel the ordering. The facilities for the administrator in the catalog maintenance are search users, maintenance users, look at each user's transactions, look at today's transaction, and change the status of transaction from 'pending' to 'shipped'. The testing that has been done on the komputeronline.com database, with 17 users login at the same time, accessing shopping mall database facilities, shows that the database server and the PHP4 scripting program can run well without any problems. Abstract in Bahasa Indonesia : Pada penelitian ini dilakukan pembuatan website e-commerce www.komputeronline. com dengan menggunakan database server MySQL, pada web server Apache, dan perancangan scripting programming yang menggunakan bahasa scripting PHP4 yang berjalan di sistem operasi Linux. Website ini dipergunakan untuk melakukan transaksi penjualan komputer beserta aksesorisnya. Implementasi yang dilakukan pada komputeronline.com antara lain adalah fasilitas shopping mall (shopping cart) untuk end user, dan fasilitas pemeliharaan katalog untuk administrator. Fasilitas-fasilitas untuk end user yang diberikan pada shopping mall antara lain adalah daftar barang berdasarkan kategori dan type, search, account status, dan pada bagian shopping cart user dapat mengubah jumlah barang yang dibeli ataupun membatalkan pembeliannya. Fasilitas untuk admin pada maintenance katalog antara lain adalah search user, maintenance user, melihat transaksi masing-masing user, melihat transaksi hari ini, dan mengubah status suatu transaksi dari 'pending' menjadi 'shipped'. Dari hasil pengujian pada website komputeronline.com ini, dengan 17 orang user yang masuk secara kurang lebih bersamaan, mengakses fasilitas database shopping mall, database server dan scripting program PHP4, ternyata dapat menangani transaksi tanpa ada masalah. Kata kunci: e-commerce, MySQL, PHP, Apache, Linux, komputeronline.com, web.
PEMBANGUNAN JARINGAN KOMPUTER NIRKABEL DENGAN FREEBSD SEBAGAI GATEWAY Handojo, Andreas; Andjarwirawan, Justinus; Setyawan, Eddy; Kristianto, Lewi S.
Jurnal Informatika Vol 3, No 2 (2002): NOVEMBER 2002
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (414.513 KB) | DOI: 10.9744/informatika.3.2.pp. 82-88

Abstract

Wireless network is a quite new technology in computer network world. It can connect computers without any wire, but it use radio frequency at 2.4 GHz. Today computer network still use wire to connected computers. Wireless is use the air medium, so there is different medium between wire and air. To connect these two medium networks we need other hardware. The hardware is called access point, but there is other problem comes. Access point price is quite expensive, so to handle this problem people were tried to look for another alternative. The alternative is use a personal computer with FreeBSD operating system, but it can't simulate access point perfectly because access point is hardware. It doesn't matter that can't simulate perfectly because not all feature that access point have are use. Abstract in Bahasa Indonesia : Jaringan komputer nirkabel merupakan suatu teknologi yang cukup baru di dalam dunia jaringan komputer dimana teknologi ini memungkinkan menghubungkan komputer tanpa menggunakan kabel melainkan menggunakan gelombang dengan frekuensi 2.4 GHz.Jaringan komputer saat ini pada umumnya masih menggunakan kabel dengan adanya perbedaan media yaitu udara dan kabel maka dibutuhkan suatu alat untuk menggabungkan kedua jaringan yang berbeda media tersebut. Alat ini bernama access point. Tetapi ada masalah lain dimana harga access point tersebut tidaklah murah sehingga dicarikan alternatif lain yaitu menggunakan personal computer dengan sistem operasi FreeBSD. Tetapi alternatif tersebut tidak bisa sempurna seperti access point yang berupa perangkat keras. Tetapi semua itu bukanlah masalah karena tidak semua fasilitas accses point digunakan. Kata kunci: LAN nirkabel, FreeBSD, jaringan komputer.
VISUALISASI DAN NAVIGASI MEDIA PENYIMPANAN DISK DENGAN MENGGUNAKAN METODE SPLIT SCREEN SYSTEM yulia, Yulia; Kendengis, Edy
Jurnal Informatika Vol 3, No 2 (2002): NOVEMBER 2002
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.9744/informatika.3.2.pp. 69-74

Abstract

Disk is a very useful device to a computer to save data file. For that, is much needed to have a program that has a capability to represent, navigate, and operate that files. There are many computer programs that used to present, navigate, and operate disk files in text form with a lot of facilities, but only a few programs that can represent files in a graphic form and have special feature, like capability to find the biggest files that use disk space. This capability is very useful in disk file management. This software use split screen system method and tree map algorithm. Split screen system is used to navigate, where the monitor screen divided into two parts to visualize files in a disk, the small part (map navigator) visualize the whole content of a drive or directory and the big part visualize the detail of a part according to focus box in the map navigator. A mouse can move focus box in the map navigator and the box size is the comparison between map navigator sizes with map view size. Tree map algorithm is used to calculate the size of box picture of the represented file. This algorithm needs a complete tree structure from a drive or directory that will be painted. The software to make this windows based program is Borland Delphi 5.0. Abstract in Bahasa Indonesia : Disk merupakan alat yang sangat bermanfaat bagi sebuah sistem komputer untuk menyimpan data berupa file. Untuk itu sangat dibutuhkan program yang dapat merepresentasikan, menavigasi dan mengoperasikan file-file tersebut. Banyak program komputer yang digunakan untuk merepresentasikan, menavigasi dan mengoperasikan file-file pada media penyimpanan disk dalam bentuk teks dengan berbagai macam fasilitas, tetapi sangat sedikit program yang merepresentasikan file-file dalam bentuk grafik atau secara visual serta mampu memberikan kelebihan-kelebihan tersendiri, seperti kemampuan untuk merepresentasikan file-file yang paling banyak menggunakan ruang media penyimpanan disk. Kemampuan seperti ini sangat bermanfaat pada saat melakukan manajemen file-file pada sebuah media penyimpanan disk. Tujuan dari perancangan ini adalah membuat suatu program komputer berbasis windows yang dapat memvisualisasikan media penyimpanan disk yang dilengkapi dengan kemampuan navigasi dan fasilitas manajemen file baik pada personal komputer maupun komputer yang berada pada jaringan lokal. Pada perancangan ini menggunakan metode split screen system dan algoritma tree map. Split screen system digunakan untuk dapat melakukan navigasi, dimana pada layar monitor dibagi menjadi dua bagian untuk memvisualisasikan file-file pada media penyimpanan disk, bagian yang kecil (map navigator) memvisualisasikan secara keseluruhan isi dari suatu drive atau directory dan bagian yang besar (map view) memvisualisasikan detil dari bagian tertentu berdasarkan kotak fokus yang berada pada map navigator. Kotak fokus yang berada pada map navigator dapat digerakkan dengan mouse dan besarnya kotak tersebut merupakan perbandingan dari ukuran map navigator dengan ukuran map view. Algoritma tree map digunakan untuk melakukan kalkulasi ukuran gambar kotak dari suatu file yang akan direpresentasikan. Algoritma ini membutuhkan suatu struktur pohon yang lengkap dari suatu drive atau directory yang akan digambar. Pembuatan program komputer berbasis windows ini, diimplementasikan dengan bahasa pemrograman Borland Delphi 5.0. Kata kunci: visual, navigasi, tree map, split screen system.

Page 1 of 1 | Total Record : 8