cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Teknik Elektro
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2002): MARET 2002" : 8 Documents clear
Implementasi PCM-Companding dan Run Length Encoding Menggunakan FPGA Untuk Perekaman Sinyal Suara Pada Modul DRAM Sugiarto, Indar; Halimah Baki, Siti
Jurnal Teknik Elektro Vol 2, No 1 (2002): MARET 2002
Publisher : Institute of Research and Community Outreach

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (208.187 KB) | DOI: 10.9744/jte.2.1.

Abstract

Data Reduction Techniques have been developed to support a complex system which produces or requires a big amount of data. Sometimes, this bulky data require more spaces other than that provided by the system's memory. So, we need a method for reducing this huge data without loosing the original information. Thus, reconstruction from the reduced data will produce the information near the same of the original. Another concern, the method should run in the real-time mode. In this paper, we discuss data reduction algorithms using Run Length Encoding method for voice signal recording which is sampled using PCM-Companding technique and being stored in Single In Line Memory Module (SIMM) DRAM. By implementing this reduction technique, the information storage capacity of the memory chips whould be sufficiently increased. Abstract in Bahasa Indonesia : Teknik reduksi data dikembangkan untuk membantu membangun sebuah sistem yang kompleks dimana sistem tersebut menghasilkan atau membutuhkan data dalam jumlah yang besar. Seringkali jumlah data yang besar ini melebihi kapasitas memori yang dimiliki oleh sistem tersebut. Sehingga diperlukan suatu metode untuk mengurangi jumlah data tersebut tanpa menghilangkan informasi asli yang terkandung dalam data tersebut. Dengan demikian, rekonstruksi ulang dari data yang telah direduksi tersebut akan menghasilkan informasi yang mendekati sama dengan aslinya. Selain itu, metode yang dipakai juga harus bisa berjalan pada mode real-time. Dalam tulisan ini dibahas algoritma pereduksian data dengan metode Run Length Encoding untuk perekaman sinyal suara dengan teknik PCM-Companding yang disimpan dalam Single In Line Memory Module. Dengan menggunakan teknik pereduksian data ini, kapasitas penyimpanan informasi dari chip memory tersebut akan meningkat. Kata kunci : Companding, Run Length Encoding, Field Programmable Gate Array, modul memory (SIMM)
Sistem Pengolahan Citra Stand-Alone Ekonomis Berbasis Mikrokontroler Mozef, Eril
Jurnal Teknik Elektro Vol 2, No 1 (2002): MARET 2002
Publisher : Institute of Research and Community Outreach

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (197.128 KB) | DOI: 10.9744/jte.2.1.

Abstract

This paper presents a low-cost stand-alone image processing system. The unique feature of this system is the use of a micro-controller instead of an expensive processor system i.e. a PC-based system or a specific processor. In this case%2C a new 8-bits RISC Scenix SX28AC micro-controller is used. This micro-controller can be found in the market with relatively low price compared to MCS51%2C 68HCXX and PIC family. Due to its high-speed feature that can execute one instruction in 20ns%2C this micro-controller can perform all of video control including ADC clocking to perform video sampling. Another advantage is that image applications can be processed in reel-time. This system is suitable to be used in outdoor and mobile type of application. Abstract in Bahasa Indonesia : Pada paper ini diperkenalkan realisasi sebuah sistem pengolahan citra lengkap yang stand-alone dan ekonomis. Keunikan dari sistem ini adalah bahwa prosesor yang digunakan hanyalah sebuah mikrokontroler yang mana pada kebanyakan sistem pengolahan citra yang ada biasanya berbasis PC atau berbasis prosesor video khusus yang mahal. Mikrokontroler yang digunakan adalah mikrokontroler RISC 8 bit jenis baru Scenix SX28AC yang bisa didapatkan dipasaran dengan harga yang murah dan relatif sama dengan mikrokontroler keluarga MCS51%2C 68HCXX dan PIC. Berkat kecepatannya yang tinggi%2C yang dapat mengeksekusi 1 instruksi dalam 20ns%2C memungkinkan keseluruhan kontrol video dilakukan oleh mikrokontroler tersebut termasuk pemberian clock ADC untuk keperluan sampling video. Keuntungan lain adalah bahwa aplikasi pengolahan citra dapat dikerjakan secara waktu-nyata. Sistem ini cocok diterapkan untuk aplikasi bertipe outdoor dan mobile. Scenix micro-controller%2C Video processor%2C Frame grabber%2C Reel-time image processing.
Remote Fuzzy Logic Control System For a DC Motor Speed Control , Thiang; Hendra Wijaya, Andru
Jurnal Teknik Elektro Vol 2, No 1 (2002): MARET 2002
Publisher : Institute of Research and Community Outreach

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (313.296 KB) | DOI: 10.9744/jte.2.1.

Abstract

This paper will discuss about DC motor speed control based on fuzzy logic control system implemented on Linux operating system. This fuzzy logic control system can be designed and controlled from remote area i.e. any personal computer, which use TCP/IP network and http protocol. Range of DC motor speed which is controlled is 800-2400 RPM. Software is designed by using C language and Perl. Experiments were done for testing speed of fuzzy logic control process in any server type and condition, and also the experiments were done for testing the DC motor speed control system in various setting point. The results show that speeds of fuzzy logic control for AMD K6-2 400 MHz server with 224 MB memory and Pentium 120 MHz with 32 MB memory are 5.8 ms and 16.8 ms respectively. This system had been tested from local computer and remote computer at setting point 800 RPM, 1600 RPM and 2400 RPM for 90 seconds and system can control speed of DC motor well. The server computer which has light processes, takes 0.8929 second sampling time and server computer which has heavy processes takes 0.9646 second sampling time. Abstract in Bahasa Indonesia : Makalah ini akan membahas tentang sistem kontrol kecepatan motor DC jarak jauh berbasis kontrol fuzzy logic yang diimplementasikan dengan menggunakan sistem operasi Linux. Sistem kontrol fuzzy logic ini dapat didesain dan dikontrol dari komputer mana saja yang menggunakan jaringan TCP/IP dan protokol http. Kecepatan motor DC dikontrol antara 800-2400 RPM. Program dibuat dengan bantuan bahasa C dan Perl. Beberapa pengujian telah dilakukan antara lain kecepatan proses kontrol fuzzy logic pada berbagai tipe dan kondisi server dan pengujian sistem kontrol kecepatan motor DC dengan berbagai variasi setting point. Hasil pengujian menunjukkan bahwa kecepatan kontrol fuzzy logic kernel adalah 5,8 milidetik pada komputer server AMD K6-2 400 MHz dengan memori 224 MB dan 16,8 milidetik pada komputer server Pentium 120 MHz dengan memori 32 MB. Sistem ini juga telah diuji dengan dijalankan dari komputer lokal dan komputer remote pada setting point 800 RPM, 1600 RPM dan 2400 RPM selama 90 detik dan sistem dapat berjalan dengan baik dalam mengontrol kecepatan motor DC. Waktu sampling yang diperlukan untuk beban komputer server yang ringan adalah 0,8929 detik/proses dan untuk beban komputer server yang berat 0,9646 detik/proses. Kata Kunci: Fuzzy, fuzzy logic, kontrol, linux, internet
Pelacakan dan Estimasi Pose Video Wajah 3 Dimensi Lim, Resmana; , Davina; R, Silvia
Jurnal Teknik Elektro Vol 2, No 1 (2002): MARET 2002
Publisher : Institute of Research and Community Outreach

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (370.397 KB) | DOI: 10.9744/jte.2.1.

Abstract

The paper describes a face tracking and pose estimation system by using a webcamera. A 3D wireframe face model was used in conjunction with a feature tracking method of Lucas-Kanade. A set of face feature points was tracked in every video frame by using Lucas-Kanade method. A fully projective method was depployed for face pose estimation. This application was built using Microsoft Visual C 6.0®%2C Microsoft® DirectShow®%2C Intel Performance Library and Open Source Computer Vision (OpenCV) Library. The application has been implemented and able to track the face movement in real time (30 frames/second)%2C using webcam with the resolution of 320?240 pixel/frame on PC Pentium III/533 MHz. The system is prospective to be used for human-computer interaction applications as well as face expression recognition system. Abstract in Bahasa Indonesia : Paper ini membahas sistem pelacakan dan estimasi pose wajah dengan menggunakan webcamera. Model wajah wireframe 3D digunakan disini bersama dengan metode feature tracking Lucas-Kanade. Titik fiture wajah dilacak pada setiap frame video yang masuk dan pose wajah diestimasi menggunakan metode Fully projective. Sistem ini dibangun menggunakan Microsoft Visual C 6.0®%2C Microsoft® DirectShow®%2C Intel Image Processing dan Open Source Computer Vision Library. Aplikasi ini telah diimplementasikan dan dapat melacak pergerakan wajah secara real-time yaitu 30 frames/s dengan menggunakan webcam resolusi 320?240 pixel/frame pada PC Pentium III/533 MHz. Sistem cukup prospektif digunakan sebagai salah satu metode interaksi manusia komputer maupun pada sistem pengenalan ekspresi wajah. 3D face tracking%2C pose estimation%2C Lucas-Kanade tracking%2C human computer interaction.
A Tool for Mobile Robotics Research , Indratmo; Hannawati, Anies
Jurnal Teknik Elektro Vol 2, No 1 (2002): MARET 2002
Publisher : Institute of Research and Community Outreach

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (72.45 KB) | DOI: 10.9744/jte.2.1.

Abstract

This paper introduces TeamBots as a tool for mobile robotics research. TeamBots enables researchers to develop robotic control systems and test the control systems in simulation as well as on physical robots. Simulation plays important roles in multi-robot research. Interaction among robots in multi-robot systems can produce interesting phenomena. It is hard to predict the effectiveness of a control system without simulating it in a multi-robot environment. This paper presents a case study and compares it to closely related work. The experiment result shows that even for the same task (i.e. foraging) a control system that performs best in a particular environment may not be the best control system in different environments. Abstract in Bahasa Indonesia : Makalah ini memperkenalkan TeamBots sebagai suatu alat penelitian di bidang robotik. TeamBots memungkinkan para peneliti untuk mengembangkan sistem kontrol robotik dan mengevaluasi sistem kontrol tersebut dengan simulasi atau perangkat robot yang sebenarnya. Simulasi memainkan peranan yang sangat penting dalam penelitian di bidang robotik. Interaksi yang terjadi antar robot dalam sistem multi-robot dapat menghasilkan fenomena yang menarik. Sangatlah sulit untuk memperkirakan efektivitas dari suatu sistem kontrol tanpa mensimulasikannya di suatu lingkungan kerja. Makalah ini menyajikan sebuah studi kasus dan membandingkannya dengan penelitian serupa. Hasil eksperimen menunjukkan bahwa perbedaan lingkungan kerja mempengaruhi kinerja suatu sistem kontrol. Sistem kontrol yang terbukti terbaik di lingkungan kerja tertentu belum tentu menjadi sistem kontrol yang terbaik di lingkungan kerja yang berbeda. Kata kunci: simulator, robot, gangguan, sistem multi-agen..
Hybrid Active Filter Untuk Meredam Resonansi Harmonisa Pada Sistem Pembangkitan di Industri Limantara, Limboto
Jurnal Teknik Elektro Vol 2, No 1 (2002): MARET 2002
Publisher : Institute of Research and Community Outreach

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (603.179 KB) | DOI: 10.9744/jte.2.1.

Abstract

The paper describes a hybrid active filter for reducing harmonics resonance in the industrial power generation system. The system involves a low/medium power active filter and a tuned passive filter on the 5th harmonics. The experiment result shows a prospective result that could reduce the 5th and 7th harmonics significantly. Abstract in Bahasa Indonesia : Makalah ini mengajukan tentang filter aktif hybrid untuk meredam resonasi harmonisa pada sistem pembangkitan listrik di industri. Sistem ini mempunyai filter aktif dengan daya rendah/kecil dan filter pasif yang di tune pada harmonisa ke 5. Hasil percobaan menunjukan hasil yang prospektif yang mana sistem dapat mengurangi harmonisa ke 5 dan ke 7 secara signifikan. Kata kunci: Aktif Filter, resonansi harmonisa, tegangan harmonisa, kualitas daya, inverter PWM.
Analisa Perbandingan Efisiensi Energi Dari Penempatan Rangkaian Pengontrol Kecepatan Motor Induksi Kapasitor Running Satu Fasa 220 Volt 30 Watt 1370 RPM Yang Terhubung Pada Suplai Dengan Yang Terhubung Pada Main Winding Antonius Ananda, Stephanus; , Witdono
Jurnal Teknik Elektro Vol 2, No 1 (2002): MARET 2002
Publisher : Institute of Research and Community Outreach

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (410.441 KB) | DOI: 10.9744/jte.2.1.

Abstract

In this paper we discuss about comparing efficiency of single phase capacitor running induction motor, 220 Volt, 30 Watt, 1370 Rpm, where the placement of speed controller is connected on source supply or main winding. This experiment is used to investigate torque, current flow, cos , input power and efficiency from various motor speed. The result of this analysis, for two placement motor speed controller show that speed controller that is connected on main winding have 15 % more efficient than motor speed controller that is connected on source supply. The speed controller that is connected on main winding is not influence motor input voltage on auxiliary winding. This is why the speed controller that is connected on main winding can more efficient Abstract in Bahasa Indonesia : Dalam Makalah ini dibahas mengenai analisa perbandingan efisiensi dari penempatan rangkaian pengontrol kecepatan motor induksi kapasitor running satu fasa, 220 Volt, 30 Watt, 1370 Rpm, yang terhubung pada suplai dengan yang terhubung pada kumparan utama (main winding). Pengujian yang dilakukan adalah mengamati besarnya torsi, arus, cos , daya input dan efesiensi pada berbagai kecepatan motor. Dari hasil pengujian terhadap dua rangkaian pengontrol kecepatan yang ditempatkan pada kumparan utama (main winding) dan suplai didapatkan bahwa rangkaian pengontrol kecepatan di kumparan utama (main winding) 10 % lebih efisien dibandingkan dengan yang ditempatkan pada suplai. Pengontrol kecepatan yang diletakan pada main winding tidak mempengaruhi tegangan input pada auxiliary winding, hal inilah yang menyebabkan penempatan pengontrol pada main winding menjadi lebih efisien. Kata kunci: Efisiensi, Motor induksi kapasitor running satu fasa.
Uji Kecepatan Algoritma Convex-Hull: Graham dan Melkman Haryadi Setiabudi, Djoni
Jurnal Teknik Elektro Vol 2, No 1 (2002): MARET 2002
Publisher : Institute of Research and Community Outreach

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (163.89 KB) | DOI: 10.9744/jte.2.1.

Abstract

The creating of convex hull for simple polygon is the basic application for computer graphics that can be developed to more complex application. Not all of convex hull algorithms have the same speed and quality, therefore it needs to choose the most appropriate one for our computer graphics application. In this research, two convex hull algorithms will be consider, those are Three Coin's (Graham) and A.A. Melkman's algorithms. Both of them will be compared based on the speed in creating the convex hull. In Three Coins algorithm, we find an extremal point and used bubble sort for its processes, while Melkman algorithm does not used sorting but it uses decque. From the analysis of the program which can be seen from time complexity, it is proved that Three coins algorithm had O(n2) while Melkman algorithm had O(n). From the result of testing repeatedly 25 times, it can be found that the average speed to create convex hull for simple polygon using 50 vertices, Three Coins (Graham) algorithm needs 53,8454 ms, while Melkman algorithm needs 0,116 ms. It means that the Melkman algorithm is faster 464 times than Three Coins (Graham) algorithm to create convex hull for simple polygon. Abstract in Bahasa Indonesia : Pembuatan convex hull pada simple polygon adalah aplikasi dasar pada komputer grafik yang dapat dikembangkan menjadi aplikasi grafik lain yang lebih kompleks. Tidak semua algoritma convex hull pada simple polygon mempunyai kecepatan dan ketepatan yang sama baiknya. Sehingga perlu dipilih yang terbaik dari algoritma - algoritma tersebut. Pada penelitian ini dibandingkan dua algoritma convex hull yaitu algoritma Three Coins (Graham) dan algoritma A.A. Melkman's, sebagai acuannya adalah simple polygon. Kedua algoritma ini akan dibandingkan berdasarkan kecepatan proses dalam pembuatan convex hull. Pada algoritma Three Coins dicari titik ekstrim dan digunakan bubble sort dalam prosesnya sedang pada algoritma Melkman tidak memakai proses sorting namun memakai decque. Hasil analisis program ditinjau dari kompleksitas waktu, didapatkan bahwa untuk algoritma Three Coins (Graham) adalah O(n2) sedangkan algoritma Melkman adalah O (n). Dari hasil pengujian yang diulangi sebanyak dua puluh lima kali, didapatkan bahwa kecepatan rata-rata untuk membuat convex hull untuk simple polygon dengan 50 vertices, menggunakan algoritma Three Coins (Graham) adalah 53.8584 ms sedangkan kalau memakai algoritma Melkman adalah 0,116 ms. Ini berarti algoritma Melkman lebih cepat 464 kali untuk pembuatan convex hull untuk simple polygon dibandingkan dengan algoritma Three Coins (Graham). Kata kunci: convex-hull, simple polygon, Three Coins, Graham, Melkman, kecepatan , komputer grafik.

Page 1 of 1 | Total Record : 8