cover
Contact Name
Fernando Fasandra
Contact Email
jurnalpariwisata_isi@isi-padangpanjang.ac.id
Phone
+6285272617854
Journal Mail Official
jurnalpariwisata_isi@isi-padangpanjang.ac.id
Editorial Address
Jl. Bahder Johan, Guguk Malintang, Kec. Padang Panjang Tim., Kota Padang Panjang, Sumatera Barat 27118
Location
Kota padang panjang,
Sumatera barat
INDONESIA
Journal of Tourism Sciences, Technology and Industry
ISSN : -     EISSN : 29625378     DOI : http://dx.doi.org/10.26887/jtsti.v2i1
Journal of tourism science, technology and industry E-ISSN 2962-5378 merupakan jurnal ilmiah di bidang kepariwisataan yang diterbitkan oleh Program Studi Pariwisata, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia Padang Panjang. Jurnal ini bertujuan untuk menyebarluaskan informasi hasil-hasil penelitian dan pengembangan, kajian serta pemikiran tentang kepariwisataan. Penyebarluasan tersebut diharapkan dapat dimanfaatkan dalam praktik mengidentifikasi dan menyelesaikan permasalahan untuk tujuan pengembangan kepariwisataan. Jurnal ini diterbitkan 2 kali dalam setahun pada Juni dan Desember secara online dengan menggunakan platform OJS (Online Journal System). Redaksi menerima naskah ilmiah dari para peneliti, dosen, dan praktisi dengan tema kajian kepariwisataan yang ditelaah secara multidisiplin dan disajikan sesuai kriteria yang ditentukan oleh jurnal ini.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2022): JTSTI-Journal of Tourism Sciences, Technology and Industry" : 6 Documents clear
POTENSI EVENT BUDAYA SEBAGAI DAYA TARIK PARIWISATA (Studi Kasus Pada Sepekan Alek Anak Nagari Andaleh Baruh Bukik Sumatera Barat) Siska Mandalia
Journal of Tourism Sciences, Technology and Industry Vol 1, No 1 (2022): JTSTI-Journal of Tourism Sciences, Technology and Industry
Publisher : Institut Seni Indonesia Padangpanjang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26887/jtsti.v1i1.2586

Abstract

Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat mendorong setiap nagari di daerah menciptakan satu event guna menunjang kepariwisataan. Dengan adanya program unggulan Satu Nagari Satu Event yang difasilitasi oleh pemerintah daerah untuk membangkitkan kembali sektor pariwisata dan bangkit menghadapi tantangan akibat pandemi COVID-19, diharapkan program ini mampu menjadi daya tarik pariwisata. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan melakukan studi pustaka pada tulisan berupa jurnal, artikel dan dokumen-dokumen terkait penyelenggaraan event budaya Sepekan Alek Anak Nagari Andaleh Baruh Bukik. Hasil penelitian adalah Tanah Datar Sumatera Barat  memiliki beragam festival yang cenderung mengangkat tema tradisi, seni dan budaya Minangkabau. Event Budaya ini terselenggara sebagai wadah kreatifitas bagi masyarakat, sebagai ikon kawasan dan untuk memperingati peristiwa yang terjadi pada kawasan tersebut. Festival juga memiliki potensi dikembangkan sebagai pariwisata berbasis kreatif namun penyelenggaraannya tidak semata hanya sebagai ajang promosi dan pergelaran seni. Sebaiknya, penyelenggaraan festival juga meliputi kegiatan yang melibatkan wisatawan selain itu keterlibatan masyarakat yang menjadi vendor juga perlu mendapat perhatian.Kata Kunci: Pariwisata, Event Budaya, Tanah Datar, 
POTENSI DESTINASI WISATA OLAHRAGA PADA DESTINASI WISATA PUNCAK PATO KABUPATEN TANAH DATAR Taufik Hidayat
Journal of Tourism Sciences, Technology and Industry Vol 1, No 1 (2022): JTSTI-Journal of Tourism Sciences, Technology and Industry
Publisher : Institut Seni Indonesia Padangpanjang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26887/jtsti.v1i1.2546

Abstract

Tujuan penelitian dalam artikel ini membahas bagaimana potensi wisata Olahraga pada Puncak Pato Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat. Adapun poin-poin yg penulis lihat pada penelitian ini merupakan Wisata Olahraga sebagai potensi wisatawan, fasilitas wisata & aksesibilitas. Metode yg dipakai merupakan naratif & partisipasi. Metode pengumpulan data observasi, wawancara terstruktur, & dokumentasi. Penelitian ini memakai metode deskriptif kualitatif yaitu analisis secara interpretatif memakai teori atau literatur yg sesuai, lalu secara induktif menarik konklusi menjawab pertanyaan. Hasil penelitian menyebutkan mengenai Potensi Wisata Olah Raga Puncak Pato, Fasilitas & Aksesibilitas objek wisata. Katakunci: Sport Tourism, Event, Pariwisata, Puncak Pato  
Analisis Pembelajaran Bahasa Jepang Bagi Level Beginner dalam Bidang Pariwisata Fauziah Sri Andria Hafid; Melisa Fitri Rahmadinata
Journal of Tourism Sciences, Technology and Industry Vol 1, No 1 (2022): JTSTI-Journal of Tourism Sciences, Technology and Industry
Publisher : Institut Seni Indonesia Padangpanjang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26887/jtsti.v1i1.3127

Abstract

Bahasa Jepang banyak dipelajari  dengan tujuan yang beragam. Pembelajaran dapat bertujuan untuk  pekerjaan di bidang pariwisata, seperti travel agent, pegawai hotel, pegawai restoran, dan pemandu wisata. Pada dasarnya pembelajaran bahasa bertujuan mengembangkan empat keterampilan, yaitu keterampilan berbicara, keterampilan menyimak, keterampilan menulis, dan  keterampilan membaca. Penelitian dilakukan dengan metode literasi yang menganalisis kebutuhan dalam pembelajaran bahasa Jepang untuk beginner. Pada pembelajaran Bahasa Jepang untuk bidang pariwisata, ditemukan hal-hal yang perlu dipelajari mendalam pada level beginner. Level beginner merupakan level awal dimana level ini sangat mempengaruhi tingkat kemahiran untuk naik ke level selanjutnya. ditemukan hal-hal yang perlu dipelajari mendalam pada level beginner, yaitu Aisatsu (salam), Jiko Shoukai (Perkenalan diri),  Menyebutkan Profesi, Kata tunjuk KOSOADO, Bango (Angka) dan harga, Jikan (Hari/Tanggal/ Waktu), Perubahan kata kerja, Penggunaan kalimat positif dan negatif. Materi tersebut dibatasi berdasarkan analisis ruang lingkup komunikasi yang dibutuhkan dalam bidang pariwisata.
PERTUNJUKAN TEATER “SUMPAH SATIE BUKIT MARAPALAM” SEBAGAI MEDIA PROMOSI PARIWISATA PUNCAK PATO TANAH DATAR Meria Eliza; Syafriandi Syafriandi; Fadlul Rachman
Journal of Tourism Sciences, Technology and Industry Vol 1, No 1 (2022): JTSTI-Journal of Tourism Sciences, Technology and Industry
Publisher : Institut Seni Indonesia Padangpanjang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26887/jtsti.v1i1.2583

Abstract

Pariwisata telah menjadi salah satu kegiatan ekonomi global dan industri terpenting di dunia karena pariwisata mampu memberi kontribusi yang besar terhadap devisa Negara. Karena itu diperlukan media dan strategi promosi untuk mengkatkan sektor pariwisata. Pilihan terhadap teater sebagai media promosi pariwisata Puncak pato Tanah datar berdasarkan pertimbangan keunikan dan identitas wisata puncak pato yang serat dengan pesan sejarah dan budaya Minangkabau. Teater sebagai media baru dari formula pertunjukan menjadi media promosi pariwisata yang memiliki kekuatan teks dan konteks dan menjadi keunggulan teater sebagai media promosi pariwisata yang memberi solusi kontruktif terhadap dunia teater yang cenderung mengalami kesulitan menjangkau pasar global.  Teater sebagai media promosi pariwisata, mengetengahkan informasi dan pesan melalui pertunjukan teater yang dimainkan dan disampaikan aktor kepada publik perihal tentang keunikan pariwisata puncak pato dan sejarah penjanjian Sumpah Satie Bukit Marapalam yang melatarbelakanginya. Melalui pertunjukan teater Sumpah satie bukit marapalam, yang ditampilkan secara lansung di puncak pato dan disiarkan lansung secara virtual agar bisa dinikmati audience secara luas sebagai tujuan promosi wisata. Penulisan naskah lakon dengan berpijak pada teori Aristotelian yang menggambarkan struktur dramatik naskah dalam berapa bagian yaitu; eksposisi, aksi pendorong, krisis, klimaks dan resolusi. Dengan demikian fondasi dari ciptaan aktor adalah pemikiran yang matang mengenai struktur ini dan bagaimana karakter yang dimainkan memberi kontribusi kepada keseluruhanya. Stanislavsky menyebutnya dengan istilah “super-objektif  Katakunci: Teater, Media  Promosi, Pariwisata, Puncak Pato
Analisa Strategi Pemasaran di Rimbun Kopi Batam dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung Giska Soraya; Rezki Alhamdi
Journal of Tourism Sciences, Technology and Industry Vol 1, No 1 (2022): JTSTI-Journal of Tourism Sciences, Technology and Industry
Publisher : Institut Seni Indonesia Padangpanjang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26887/jtsti.v1i1.2584

Abstract

Saat ini, banyak sekali bidang usaha makanan dan minuman yang berusaha bertahan dengan cara melakukan strategi pemasaran yang tepat. Strategi pemasaran harus dilakukan dengan efektif sehingga dapat meningkatkan pengunjung maupun keuntungan. Aktivitas bauran pemasaran mempunyai peranan penting bagi kelangsungan hidup suatu bidang usaha. Rimbun Kopi adalah salah satu bidang usaha makanan dan minuman yang cukup terkenal dikalangan masyarakat. Rimbun Kopi berusaha mempertahankan eksistensi usahanya dengan menggunakan strategi pemasaran yang tepatTujuan penulisan proyek akhir ini adalah untuk menganalisa strategi pemasaran Rimbun Kopi dalam meningkatkan jumlah pengunjung. Masalah yang di bahas adalah bagaimana minat pengunjung untuk datang kembali ke Rimbun Kopi serta bagaimana strategi pemasaran yang di gunakan Rimbun Kopi dengan menggunakan marketing mix 7P product, price, place, promotion, people, process, physical evidence. Metode yang penulis gunakan dalam penulisan proyek akhir ini adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian tugas akhir ini bahwa pengunjung melakukan pembelian ulang sekaligus datang kembali ke Rimbun Kopi sebagai pelanggan. Untuk strategi pemasaran marketing mix 7P yang digunakan oleh Rimbun Kopi cukup efisien dan memberikan hasil yang cukup memuaskan bagi Rimbun Kopi. Keywords: Pariwisata, Strategi pemasaran, Marketing mix 7P, Rimbun Kopi
PENERAPAN KNOWLEDGE MANAGEMENT TERHADAP KINERJA FRONT DESK AGENT DI VANILLA HOTEL BATAM Lerian Rizky Adela; Andri Wibowo
Journal of Tourism Sciences, Technology and Industry Vol 1, No 1 (2022): JTSTI-Journal of Tourism Sciences, Technology and Industry
Publisher : Institut Seni Indonesia Padangpanjang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26887/jtsti.v1i1.2585

Abstract

Manajemen pengetahuan (Knowledge Management) merupakan dasar dari sebuah efektivitas dan efesiensi dalam operasional bisnis suatu perusahaan yang juga menjadi pendukung daya saing perusahaa dalam berkompetisi.  Dalam hal ini, kinerja pegawai Front Desk Agent menjadi kunci dalam memberikan kepuasan kepada setiap tamu yang ada di hotel, dikarenakan pegawai Front Desk Agent merupakan tempat pertama dan terakhir yang dijumpai oleh tamu sehingga kesan pertama dan terakhir dibentuk oleh Front Desk Agent.Penelitian yang dilaksanakan oleh penulis menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode penelitian kualitatif dilakukan secara intensif, dimana penulis juga ikut berpartisipasi dalam mencatat hal-hal yang terjadi di lapangan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya sebuah pengetahuan (Knowledge) dalam bekerja baik di suatu organisasi maupun perusahaan. Dalam penelitian ini penulis juga mencari tahu tentang penerapan Knowledge Management yang dilaksanakan ketika operasional sedang berlangsung.  Dalam pelaksanaannya Knowledge Management di Vanilla Hotel Batam saat ini dapat dikatakan sudah terlaksana dengan cukup baik, dikarenakan seluruh kinerja karyawan Front Desk Agent telah memahami tentang pehamahan informasi dan Knowledge Management itu sendiri. Hal ini juga di dukung dengan adanya System hotel yang mendukung pelaksanaan operasional hotel  Keywords: Tourism, Industry, Knowledge Management , Front Desk Agent .

Page 1 of 1 | Total Record : 6