cover
Contact Name
Fernando Fasandra
Contact Email
jurnalpariwisata_isi@isi-padangpanjang.ac.id
Phone
+6285272617854
Journal Mail Official
jurnalpariwisata_isi@isi-padangpanjang.ac.id
Editorial Address
Jl. Bahder Johan, Guguk Malintang, Kec. Padang Panjang Tim., Kota Padang Panjang, Sumatera Barat 27118
Location
Kota padang panjang,
Sumatera barat
INDONESIA
Journal of Tourism Sciences, Technology and Industry
ISSN : -     EISSN : 29625378     DOI : http://dx.doi.org/10.26887/jtsti.v2i1
Journal of tourism science, technology and industry E-ISSN 2962-5378 merupakan jurnal ilmiah di bidang kepariwisataan yang diterbitkan oleh Program Studi Pariwisata, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia Padang Panjang. Jurnal ini bertujuan untuk menyebarluaskan informasi hasil-hasil penelitian dan pengembangan, kajian serta pemikiran tentang kepariwisataan. Penyebarluasan tersebut diharapkan dapat dimanfaatkan dalam praktik mengidentifikasi dan menyelesaikan permasalahan untuk tujuan pengembangan kepariwisataan. Jurnal ini diterbitkan 2 kali dalam setahun pada Juni dan Desember secara online dengan menggunakan platform OJS (Online Journal System). Redaksi menerima naskah ilmiah dari para peneliti, dosen, dan praktisi dengan tema kajian kepariwisataan yang ditelaah secara multidisiplin dan disajikan sesuai kriteria yang ditentukan oleh jurnal ini.
Articles 22 Documents
Analisis SWOT Usaha May Burger Batam Susanti Susanti; Rezki Alhamdi
Journal of Tourism Sciences, Technology and Industry Vol 2, No 1 (2023): JTSTI- Journal Of Tourism Science, Technology and Industry
Publisher : Institut Seni Indonesia Padangpanjang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26887/jtsti.v2i1.3738

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis swot usaha May Burger Batam, untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan dalam pengembangan usaha May burger Batam. Hasil penelitian menunjukan bahwa  analisis swot usaha may burger batam memiliki kekuatan cita rasa yang khas serta memiliki banyak pilihan daging dan memiliki pelanggan tetap, sedangkan hambatan promosi yang kurang berjalan dan menggunakan manajemen yang masih sederhana. Peluangan usaha may burger peminat burger yang banyak dari berbagai kalangan dan peluang pasar yang sangat menjanjikan, tantangan dalam usaha may burger batam munculnya pesaing baru dan selera konsumen yang berubah-rubah Sehingga dari analisis swot yang dilakukan dengan melihat kekuatan, hambatan, peluangan dan tantangan maka usaha may burger batam melakukan promosi melalaui media sosial, diskon, promo serta melakukan direct marketing.
Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Kez’s Bakery & Restaurant Batam Gugung Gumilar; Afrijal Afrijal
Journal of Tourism Sciences, Technology and Industry Vol 1, No 2 (2022): JTSTI-Journal of Tourism Sciences, Technology and Industry
Publisher : Institut Seni Indonesia Padangpanjang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26887/jtsti.v1i2.3306

Abstract

Service quality is an important meaning for a service business to achieve  customer satisfaction. Good quality, friendly, fast and precise service will increase the number of customers.The formulation of the problem in this study is divided into two, namely whether service quality affects customer satisfaction at Kez's Bakery & Restaurant? And are there any service factors that affect customer satisfaction at Kez's Bakery  & Restaurant. The purpose of this study was to determine customer responses to  service quality at Kez's Bakery & Restaurant in Batam. To find out customer  responses to the satisfaction felt at Kez's Bakery & Restaurant in Batam. This research is included in quantitative research, the population in this study amounted to 3000 customers and the sampling was carried out by nonprobability sampling with purposive sampling method in order to obtain a sample of 97 customers. The data analysis method uses simple linear regression analysis, classical assumptions, hypothesis testing, then data processing uses the SPSS version 25 application. The t test results show that the service quality variable has a value based on the tcount> ttable test, namely 2.884 > 1.66105 and a significance value of 0.00 < 0.05, it can be concluded that Ho is rejected and Ha is accepted, which means that the variable service quality has a significant effect on customer satisfaction at Kez's Bakery & Restaurant in Batam.
Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi Produk UMKM di Sumatera Barat Nitasri Murawaty Girsang; Wahyu Nova Riski
Journal of Tourism Sciences, Technology and Industry Vol 2, No 1 (2023): JTSTI- Journal Of Tourism Science, Technology and Industry
Publisher : Institut Seni Indonesia Padangpanjang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26887/jtsti.v2i1.3732

Abstract

The development of communication technology has a significant influence on promotional media and marketing activities. Social media is one of the popular media and is considered effective in supporting the marketing of UMKM products. This study aims to look at the forms of social media use in the process of marketing UMKM products in West Sumatra. Using qualitative methods and a descriptive approach, the results of this study show that the forms of social media use vary from one UMKM to another. There are UMKM that consistently carry out direct selling and lose opportunities to build interaction with consumers. On the other hand, there are UMKM that have successfully marketed their products while building interactive relationships with their consumers by utilizing the features and facilities provided by social media platforms. This research adds to the academic corpus related to the use of social media for marketing MSME products at the regional level, especially in the West Sumatra region.
POTENSI EVENT BUDAYA SEBAGAI DAYA TARIK PARIWISATA (Studi Kasus Pada Sepekan Alek Anak Nagari Andaleh Baruh Bukik Sumatera Barat) Siska Mandalia
Journal of Tourism Sciences, Technology and Industry Vol 1, No 1 (2022): JTSTI-Journal of Tourism Sciences, Technology and Industry
Publisher : Institut Seni Indonesia Padangpanjang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26887/jtsti.v1i1.2586

Abstract

Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat mendorong setiap nagari di daerah menciptakan satu event guna menunjang kepariwisataan. Dengan adanya program unggulan Satu Nagari Satu Event yang difasilitasi oleh pemerintah daerah untuk membangkitkan kembali sektor pariwisata dan bangkit menghadapi tantangan akibat pandemi COVID-19, diharapkan program ini mampu menjadi daya tarik pariwisata. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan melakukan studi pustaka pada tulisan berupa jurnal, artikel dan dokumen-dokumen terkait penyelenggaraan event budaya Sepekan Alek Anak Nagari Andaleh Baruh Bukik. Hasil penelitian adalah Tanah Datar Sumatera Barat  memiliki beragam festival yang cenderung mengangkat tema tradisi, seni dan budaya Minangkabau. Event Budaya ini terselenggara sebagai wadah kreatifitas bagi masyarakat, sebagai ikon kawasan dan untuk memperingati peristiwa yang terjadi pada kawasan tersebut. Festival juga memiliki potensi dikembangkan sebagai pariwisata berbasis kreatif namun penyelenggaraannya tidak semata hanya sebagai ajang promosi dan pergelaran seni. Sebaiknya, penyelenggaraan festival juga meliputi kegiatan yang melibatkan wisatawan selain itu keterlibatan masyarakat yang menjadi vendor juga perlu mendapat perhatian.Kata Kunci: Pariwisata, Event Budaya, Tanah Datar, 
BAJU SAISUAK SEBAGAI DAYA TARIK FASHION DI DESA WISATA KUBU GADANG Muhammad Fadhli
Journal of Tourism Sciences, Technology and Industry Vol 2, No 1 (2023): JTSTI- Journal Of Tourism Science, Technology and Industry
Publisher : Institut Seni Indonesia Padangpanjang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26887/jtsti.v2i1.3821

Abstract

Desa Wisata Kubu Gadang berlokasi di Kelurahan Ekor Lubuk, Kota PadangPadang Panjang. Baju Saisuak sebagai produk fashion telah menjadi warna tersendiri dalam pengembangan kepariwisataan di Desa Wisata Kubu Gadang. Para pengelola (Pokdarwis dan Stake Holder setempat) kiranya tepat menjadikan Baju Saisuak sebagai icon desa wisata ini karena : Memiliki karakter yang unik, Cepat menarik perhatian publik, Berkesesuaian dengan karakter Desa Wisata Kubu Gadang. Menyampaikan pesan yang kuat tentang pelestarian budaya yang sedang diupayakan, Memberikan kontribusi yang kuat terhadap promosi, Memiliki nilai estetik khusus, Merepresentasikan nilai-nilai dan norma budaya dalam berpakaian bagi wanita Minangkabau, Fotogenik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana konsep baju saisuak awalnya dimunculkan. Kemudian bagaimana pengaruhnya terhadap pekembangan wisata di Kubu Gadang. Setelah itu, peneliti juga mengungkap apa saja yang membuat baju saisuak berhasil menjadi icon  pariwisata di Kubu Gadang. Karena yang dijadikan dasar adalah persepektif pengelola, masyarakat dan wisatawan. 
Kontribusi Wisata Spiritual Terhadap Perekonomian Bali : Studi Pada Wisata Spritual Tirta Empul di Kabupaten Gianyar Naufal Hibatullah; Fernando Fasandra; Siska Mitria Nova
Journal of Tourism Sciences, Technology and Industry Vol 1, No 2 (2022): JTSTI-Journal of Tourism Sciences, Technology and Industry
Publisher : Institut Seni Indonesia Padangpanjang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26887/jtsti.v1i2.3247

Abstract

In the last 10 years the development of tourist travel trends has been marked by the emergence of motivation and patterns of new travel, towards alternative or special interest tourism. Spiritual tourism is a new trend in the world of tourism which tends to increase.This paper uses the documentation method. The focus in this paper is to seek the contribution of spiritual tourism to the Balinese economy. located at Tirta Empul Temple, Gianyar Regency, Bali Province.The results of this paper show the direct economic benefits of spiritual tourism in Tirta Empul are the income received by business unit owners, inns and travel agents. The indirect economic benefits of spiritual tourism in Tirta Empul are workers and suppliers who work in tourism businesses and services in the area. The continued economic benefit of spiritual tourism in Tirta Empul is expenditure by workers who work in the area of the tourist attraction.
POTENSI DESTINASI WISATA OLAHRAGA PADA DESTINASI WISATA PUNCAK PATO KABUPATEN TANAH DATAR Taufik Hidayat
Journal of Tourism Sciences, Technology and Industry Vol 1, No 1 (2022): JTSTI-Journal of Tourism Sciences, Technology and Industry
Publisher : Institut Seni Indonesia Padangpanjang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26887/jtsti.v1i1.2546

Abstract

Tujuan penelitian dalam artikel ini membahas bagaimana potensi wisata Olahraga pada Puncak Pato Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat. Adapun poin-poin yg penulis lihat pada penelitian ini merupakan Wisata Olahraga sebagai potensi wisatawan, fasilitas wisata & aksesibilitas. Metode yg dipakai merupakan naratif & partisipasi. Metode pengumpulan data observasi, wawancara terstruktur, & dokumentasi. Penelitian ini memakai metode deskriptif kualitatif yaitu analisis secara interpretatif memakai teori atau literatur yg sesuai, lalu secara induktif menarik konklusi menjawab pertanyaan. Hasil penelitian menyebutkan mengenai Potensi Wisata Olah Raga Puncak Pato, Fasilitas & Aksesibilitas objek wisata. Katakunci: Sport Tourism, Event, Pariwisata, Puncak Pato  
POTENSI DAYA TARIK WISATA PADA MASJID AL-HAKIM KOTA PADANG Fernando Fasandra; Naufal Hibatullah; Siska Mitria Nova
Journal of Tourism Sciences, Technology and Industry Vol 2, No 1 (2023): JTSTI- Journal Of Tourism Science, Technology and Industry
Publisher : Institut Seni Indonesia Padangpanjang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26887/jtsti.v2i1.3734

Abstract

Al-Hakim Padang Mosque has the main function as a place of prayer for Muslims, but now it is also being used as a tourist destination. The phenomenon of utilizing the Mosque as a tourist destination needs to be studied so that the Jam'ah of the Mosque who are praying is not disturbed and the Tourism Attraction can be managed. This research aims to identify the Tourism Attraction of Al-Hakim Mosque in Padang City for tourists who have visited. This research uses qualitative methods with conclusions in the form of descriptive results. Data analysis refers to the Miles model with data reduction and narrative data presenting. Data collection was made by using observation, documentation, and interviews with 15 informants with details, 10 tourists, 1 manager of the Al-Hakim Mosque, 1 parking attendant of the Al-Hakim Mosque, 2 local street peddlers around the Al-Hakim Mosque. The results of this study showed that the Padang AlHakim Mosque has a tourist attraction in terms of location, spiritual activities, beach views, facilities, and mosque architecture.
Analisis Pembelajaran Bahasa Jepang Bagi Level Beginner dalam Bidang Pariwisata Fauziah Sri Andria Hafid; Melisa Fitri Rahmadinata
Journal of Tourism Sciences, Technology and Industry Vol 1, No 1 (2022): JTSTI-Journal of Tourism Sciences, Technology and Industry
Publisher : Institut Seni Indonesia Padangpanjang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26887/jtsti.v1i1.3127

Abstract

Bahasa Jepang banyak dipelajari  dengan tujuan yang beragam. Pembelajaran dapat bertujuan untuk  pekerjaan di bidang pariwisata, seperti travel agent, pegawai hotel, pegawai restoran, dan pemandu wisata. Pada dasarnya pembelajaran bahasa bertujuan mengembangkan empat keterampilan, yaitu keterampilan berbicara, keterampilan menyimak, keterampilan menulis, dan  keterampilan membaca. Penelitian dilakukan dengan metode literasi yang menganalisis kebutuhan dalam pembelajaran bahasa Jepang untuk beginner. Pada pembelajaran Bahasa Jepang untuk bidang pariwisata, ditemukan hal-hal yang perlu dipelajari mendalam pada level beginner. Level beginner merupakan level awal dimana level ini sangat mempengaruhi tingkat kemahiran untuk naik ke level selanjutnya. ditemukan hal-hal yang perlu dipelajari mendalam pada level beginner, yaitu Aisatsu (salam), Jiko Shoukai (Perkenalan diri),  Menyebutkan Profesi, Kata tunjuk KOSOADO, Bango (Angka) dan harga, Jikan (Hari/Tanggal/ Waktu), Perubahan kata kerja, Penggunaan kalimat positif dan negatif. Materi tersebut dibatasi berdasarkan analisis ruang lingkup komunikasi yang dibutuhkan dalam bidang pariwisata.
Analisis Pengembangan Wisata Golden Prawn Dan Pengaruh Peningkatannya Terhadap Konservasi Lingkungan Dan Keberlanjutan Di Kepulauan Riau Dara Larasati Azali; Vina Sulistiana
Journal of Tourism Sciences, Technology and Industry Vol 2, No 2 (2023): JTSTI-Journal Of Tourism Science, Technology and Industry
Publisher : Institut Seni Indonesia Padangpanjang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26887/jtsti.v2i2.4081

Abstract

Tourism in the Riau Islands is rapidly growing, with Golden Prawn as a major destination attracting many visitors. This research aims to analyze the development of Golden Prawn tourism and its impact on environmental conservation and sustainability in the region. The research method used is qualitative, descriptive, and analysis 3A with data collection through interviews, field observations, and literature review.The results show that Golden Prawn has experienced a significant increase in visits in recent years. Further development potential is evident from market demand and the natural potential in its surroundings. However, this development also brings environmental impacts, such as ecosystem degradation and increased waste.In the context of sustainability, the contribution of Golden Prawn to the local economy and cultural preservation is crucial. However, further efforts are needed to mitigate negative environmental impacts. This research provides recommendations for tourism managers and local governments to integrate sustainability principles into the development and management of Golden Prawn.

Page 1 of 3 | Total Record : 22