cover
Contact Name
Siti Rofiah
Contact Email
unhasypgmi@gmail.com
Phone
+6281233972464
Journal Mail Official
unhasypgmi@gmail.com
Editorial Address
Jl. Irian Jaya No. 55, Tebuireng Cukir Diwek Jombang Jawa Timur Indonesia (61471)
Location
Kab. jombang,
Jawa timur
INDONESIA
Al Adawat : Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
ISSN : -     EISSN : 28284496     DOI : https://doi.org/10.33752
This journal is providing a platform that welcomes and acknowledges high-quality empirical original research papers about elementary education written by researchers, academicians, professionals, and practitioners from all over the world. The scope of Al Adawat : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah Teaching and Learning in Elementary School and Madrasah Ibtidaiyah Assesment in Elementary School and Madrasah Ibtidaiyah Techological and Instructional Media in Elementary School Development Material of Elementary School and Madrasah Ibtidaiyah Innovation in Islamic education
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 29 Documents
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN SIKAP TOLERANSI SISWA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH ISLAMIYAH NGORO JOMBANG Siti Nur Khasanah; Imam Muslih
Al-Adawat : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol. 1 No. 01 (2022): JURNAL AL ADAWAT
Publisher : PGMI UNHASY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam masyarakat yang dinamis, pendidikan memegang peranan yang menentukan terhadap eksitensi dan perkembangan masyarakatnya, hal ini karena pendidikan merupakan suatu proses usaha untuk melestarikan, mengalihkan, serta mentransfermasikan nilai-nilai kebudayaan dalam segala aspek dan segala jenisnya kepada generasi penerus. Toleransi merupakan bagian dari visi teologi atau akidah Islam dan masuk dalam kerangka system teologi Islam sejatinya harus dikajian secara mendalam dan diaplikasikan dalam kehidupan beragama karena ia adalah keniscayaan social bagi seluruh umat beragama dan merupakan jalan bagi terciptanya kerukunan antar umat beragama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek penelitia siswa kelas 4 MI. Teknik pengumpulan data yakni wawancara, catatan lapangan, foto dokumen dan rekaman lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran tematik dapat meningkatkan sikap toleransi siswa kelas 4 . Faktor pendukung Implementasi pembelajaran tematik untuk meningkatkan sikap toleransi siswa kelas IV persepektif sosiologi pendidikan yaitu: Motivasi siswa yang tinggi, sarana dan prasana yang memadai, dan Penyatuan siswa dalam jumlah yang cukup, Sementara Faktor penghambatnya adalah:Tenaga kerja yang kurang komponen, dan Perbedaan karakter yang dimiliki setiap siswa.
EFEKTIVITAS PROGRAM LITERASI 30 HARI BERBASIS DIGITAL TERHADAP MINAT BACA SISWA DI MI ISLAMIYAH Ahmad Khusaini; Siti Rofi'ah
Al-Adawat : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol. 1 No. 01 (2022): JURNAL AL ADAWAT
Publisher : PGMI UNHASY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penulisan ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas literasi digital sebagai alat penunjang untuk meningkatkan minat baca siswa. Membaca merupakan salah satu fungsi yang paling penting dalam hidup. Semua proses belajar didasarkan pada kemampuan membaca. Perkembangan teknologi dan informasi telah membawa generasi sekarang memasuki dunia literasi digital. Literasi digital sudah menjadi hal yang tidak asing lagi, baik di bidang akademik maupun non akademik. Salah satu alternatif yang muncul terkait dengan literasi digital, yaitu beralihnya bahan bacaan fisik menjadi digital. Prinsip literasi digital yaitu memudahkan pembaca dalam mengakses informasi kapanpun dan dimanapun dibutuhkan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen dengan desain true eksperimental design posttes –only control design. Teknik pengumpulan daya yakni observasi, wawancara, angket dan dokumentasi dengan teknik analisa data deskriptif dan uji mann whitnet test. Hasil penelitian sebagai berikut adalah 1). Pelaksanaan Program Literasi Digital di MI Islamiyah Banjarpoh Ngoro mempertimangkan tiga tahap literasi, yakni pembiasaan, pengembangan, dan pembelajaran, 2). Minat baca siswa sebelum diterapkannya literasi digital dengan maksimal masih tergolong sedang, namun setelah diterapkannya program literasi digital dengan maksimal katagori minat baca siswa menjadi tinggi. 3). Dapat disimpulkan bahwa penerapan program literasi 30 hari berbasis digital terhadap minat baca siswa MI Islamiyah Banjarpoh Pulorejo Ngoro Jombang Efektif hal tersebut dikarnakan media yang digunakan diolah dengan baik dan lebih menarik untuk dibaca
PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN AL QURAN MELALUI PROGRAM KELAS TAHFIDZ DI MI ISLAMIYAH NGORO JOMBANG Himda Iqlima; Ali Mahsun
Al-Adawat : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol. 1 No. 01 (2022): JURNAL AL ADAWAT
Publisher : PGMI UNHASY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan program tahfidz sebagai pen in gkatan mutu pendidikan Al-Qur’an di MI Islamiyah Ngoro Jombang. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode observant, wawancara, serta dokumentasi. Teknik pengecekan keabsaan data menggunakan kriteria credibility, tran sferabi lity, d epen d ability, âan comfirmab ility untuk menjamin trustworh in exx (kelayakan untuk dipercaya) sebuah penelitian. Hasil penelitian menunjukkan dalam konteks pendidikan mutu pendidikan Al Quran di MI 1slamiyah ngoro dapat dilihat melalui 3 hal yaitu, input, proses, dan output. Fakta yang peneliti peroleh pertama bahwasannya mutu pendidikan di MI Islamiyah N goro sudah mendapatkan predikat baik karena jika melihat akreditasinya adalah A. untuk prosesnya bahwasannya benar adanya program unggul an kel as tahfidz setiap hari Sen in sampai dengan Jumat. Dan untuk mutu lulusannya, at umni MI I slamiyah N goro mampu diterima di sekolah negeri, favorit, dan pondok pesantren ternama di Jawa sehingga mutu lul usan MI Islamiyah Ngoro layak diakui.
IMPLEMENTASI METODE TEAMS GAMES TOURNAMENT DENGAN MEDIA MAGNETIC BOARD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MI PADA MATERI ZAT TUNGGAL DAN ZAT CAMPURAN Isna Nurul Inayati; Mahrus Romli Sufathan
Al-Adawat : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol. 1 No. 01 (2022): JURNAL AL ADAWAT
Publisher : PGMI UNHASY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kualitas hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) materi pokok Zat Tunggal dan Campuran Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nuzulul Ulum Wajak Kabupaten Malang. Untuk meningkatkan hasil belajar tersebut maka peneliti berinisiasi untuk menerapkan metode Teams Games Tournament (TGT) dengan mengkombinasikannya dengan media magnetic board. Pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dipilih untuk digunakan karena aspek penelitian yang ingin ditingkatkan adalah dalam bentuk hasil belajar peserta didik yang notabene harus diukur secara kuantitatif. Jenis PTK yang digunakan adalah model PTK dari Kemmis dan Mc. Taggart yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus dalam model ini dibagi dalam 4 tahapan, meliputi planning, action, observation, dan reflection. Teknik pengumpulan data dalam PTK ini menggunakan tes kognitif dalam bentuk tes tulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Teams Games Tournament (TGT) dengan media magnetic board dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) materi Zat Tunggal dan Campuran. Hal ini ditandai dengan hasil nilai evaluasi peserta didik yang mengalami peningkatan. Jika pada pelaksanaan Siklus I persentase ketuntasan belajar peserta didik masih sebesar 13,33%, maka pada pelaksanaan Siklus II ketuntasan belajar peserta didik mencapai 100%.
REBRANDING PSIKOLOGI PERKEMBANGAN DALAM PENDIDIKAN ISLAM Jasminto
Al-Adawat : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol. 1 No. 01 (2022): JURNAL AL ADAWAT
Publisher : PGMI UNHASY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini berupaya menguatkan pemahaman Islam tentang perkembangan manusia dalam kacapandang pendidikan Islam. Pemahaman Islam yang dimaksud adalah tentang proses penguatan sumberdaya manusia. Metode literer sebagai payung metodologi dimulai dengan kritik terhadap pandangan dunia sekuler Barat, yang secara eksklusif bergantung pada empirisme dan reduksionisme. Kebergantungan ini membawa konsepsi Islam bergantung bahkan dikucilkan dalam berbagai kajian yang berdimensi spiritual. Pengucilan ini disebabkan oleh pengakuan keunggulan materialisme dalam psikologi perkembangan sekuler. Artikel ini mengambil inisiasi Al-Quran dan hadits untuk menentukan faktor, hereditas dan lingkungan dalam perkembangan bentuk pendidikan. Hasilnya berupa kritik terhadap paradigma epistemologis dan metodologis serta kerangka ilmu sosial dan perilaku Barat secara umum dengan menggunakan paradigma Islam yang khas yang didasarkan pada episteme Tawhidi
PENGARUH PENERAPAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS POWERPOINT TERHADAP KECERDASAN VISUAL SPASIAL SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V Khovania Fathma Ilahy; Vian Hanes Andreastya
Al-Adawat : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol. 1 No. 01 (2022): JURNAL AL ADAWAT
Publisher : PGMI UNHASY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini membahas pengaruh penerapan multimedia pembelajaran interaktif terhadap kecerdasan visual spasial siswa pada pembelajaran Tematik, bertujuan untuk mengetahui 1) penerapan ILM pada pembelajaran Tematik, 2) kecerdasan visual spasial siswa pada pembelajaran Tematik, 3) pengaruh penerapan ILM terhadap kecerdasan visual spasial siswa pada pembelajaran Tematik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif desain true experiment, peneliti menggunakan uji hipotesis Mann Whitney Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penerapan ILM sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran yang telah dibuat, 2) hasil tes kecerdasan visual spasial pada kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. 3) terdapat pengaruh penerapan ILM terhadap kecerdasan visual spasial siswa MI Al Urwatul Wutsqo 1 Bulurejo Diwek Jombang dengan nilai sig yang diperoleh 0,033.
PENERAPAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DALAM KONTEKS MEDIA LIDI PADA SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH Khusnul Isma Nuriza
Al-Adawat : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol. 1 No. 02 (2022): JURNAL AL-ADAWAT
Publisher : PGMI UNHASY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penjumlahan dan pengurangan merupakan materi pokok yang diberikan kepada siswa di madrasah ibtidaiyah. Keterampilan dalam menjumlah dan mengurangi harus dikuasai siswa agar nantinya mereka dapat mengoperasikan bilangan dengan mudah. Namun fakta di lapangan, banyak siswa yang belum faham cara pengoperasian bilangan salah satunya dalam metode berhitung susun, siswa masih keliru meletakkan angka sesuai nilai tempat serta kelalaian dalam melakukan “penyimpanan dan peminjaman”. Pembelajaran konvensional yang tidak dihubungkan dengan konsep dunia nyata menjadi salah satu faktor bagi siswa sulit untuk memahami materi yang disampaikan oleh guru dan cenderung bosan ketika pembelajaran berlangsung. Sehingga riset ini bertujuan untuk melihat hasil belajar matematika pada materi penjumlahan dan pengurangan sebelum dan setelah diterapkannya PMRI dalam konteks media lidi. Riset ini merupakan riset aksi kelas atau Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kurt Lewin yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan informasi memakai teknik wawancara, observasi serta uji hasil belajar. Analisis informasi deskriptif dijabarkan secara kuantitatif serta kualitatif. Adapun didapatkan hasil pada riset ini yaitu sebelum penerapan PMRI dalam konteks media lidi yaitu nilai rata-rata kelas 66,9 (rendah) dengan prosentase ketuntasan kelas 40%. Kemudian setelah penerapan PMRI dalam konteks media lidi hasil nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 79,5 (cukup) pada siklus 1 dan 91 (sangat baik) pada siklus II. Demikian pula tingkat ketuntasan kelas meningkat dari 40% pada pra siklus, menjadi 75% pada siklus 1 dan 95% pada siklus II.
ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK ANAK USIA DINI (6 TAHUN) DALAM NOVEL MOGA BUNDA DISAYANG ALLAH Rizka Kamaliatul Maghfiroh; Ali Mahsun
Al-Adawat : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol. 1 No. 02 (2022): JURNAL AL-ADAWAT
Publisher : PGMI UNHASY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan akhlak adalah salah satu faktor terpenting dalam pendidikan karakter yang ideal. Terbentuknya akhlakul karimah pada diri seseorang untuk mengarungi kehidupan di dundia. Pendidikan akhlak merupakan pondasi dalam menumbuhkan generasi yang berdaya guna. Fokus penelitdian ini meliputi adalah 1). Bagaimana nilai-nilai pendidikan akhlak anak usdia dini (6 tahun) dalam novel MBDA. 2). Bagaimana Analisa pendidikan akhlak anak usia dini (6 tahun) dalam novel MBDA. Penelitian ini menggunakan jenis library reseach atau penelitian kepustakaan. Dengan menggunakan literatur (kepustakaan) baik berupa buku, catatan, laporan hasil penelitian dan penelitian terdahulu. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan: (1). Nilai-nilai pendidikan Akhlak yang terkandung dalam novel MBDA adalah Akhlak kepada Allah yang meliputi Ibadah kepada Allah, ikhlas, berdzikir kepada Allah, bersyukur dan berdoa kepada Allah. Akhlak kepada diri sendiri yang meliputi pantang menyerah, optimis, pemaaf, dan sabar. Akhlak kepada sesama manusia yang meliputi mengormati tamu, empati, menghargai orang lain dan saling tolong menolong. (2). Analisa Pendidikan akhlak dalam novel Moga Bunda Disayang Allah. Tokoh melati lebih dominan dalam masalah Psikologis karena memiliki keterbatasan dalam melihat, mendengar, dan berbicara. Sehingga, dia tidak bisa mengenal dunia dan seisinya. Bahkan dia tidak mengenal Tuhan, Ayah, dan Bundanya. Melati yang bisu dan tuli tidak dapat mengetahui bagaimana berekpresi, tata cara makan, dan apa saja yang harus dilakukan.
POLA PEMBINAAN MINAT BELAJAR MENULIS MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN FLASH CARD SISWA KELAS 1 DI MI BAHRUL ULUM KEBONDALEM BARENG JOMBANG Ina Yatu Suraya; Evita Widiyati
Al-Adawat : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol. 1 No. 02 (2022): JURNAL AL-ADAWAT
Publisher : PGMI UNHASY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel membahas tentang pola pembinaan minat belajar menulis melalui media pembelajaran flash card siswa kelas 1 MI Bahrul Ulum Kebondalem Bareng Jombang. Terdapat fokus penelitian dalan penelitian ini, yakni: 1) Bagaimana pola pembinaan minat belajar menulis melalui media pembelajaran flash card siswa kelas 1, 2) Apa hambatan dalam menerapkan pola pembinaan minat belajar menulis melalui media pembelajaran flash card siswa kelas 1, dan 3) Bagaimana solusi mengatasi hambatan pola pembinaan minat belajar menulis melalui media pembelajaran flash card siswa kelas . Penelitian menggunakan jenis Studi Kasus dengan pendekatan kualitatif. Hal ini peneliti bertindak sebagai instrument penelitian bertugas mengobservasi keadaan serta untuk memperoleh data yang diperlukan. Adapun teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dan teknik pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triagulasi sumber. Hasil penelitian pola pembinaan minat belajar menulis melalui media pembelajaran flash card adalah (1) pola pembinaan minat belajar menulis melalui media flash card menggunakan pola pembinaan demokratis, (2) hambatan dalam menerapkan pola pembinaan adalah a) rendahnya motivasi dari diri siswa sendiri, b) waktu pelaksanaan pembelajaran, c) munculnya rasa bosan dan malas siswa yang cukup tinggi, dan d) siswa kesulitan membedakan huruf “b” dan “d”. Dan (3) solusi untuk mengatasi hambatan adalah a) guru bekerjasama dengan orang tua untuk selalu memberi motivasi, b) guru mengirim tugas menulis melalui whatsapp dan tugas dibahas pada jam tatap muka, c) Melakukan pembelajaran out door dan memberikan reward, dan d) guru meluangkan waktu khusus untuk menjelaskan perbedaan huruf “b” dan “d”.
PENGARUH METODE DEMOSTRASI BERBASIS SOSIODRAMA DENGAN MUSIKALISASI PUISI TERHADAP KEMAMPUAN BEREKSPRESI DALAM MEMBACA PUISI PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA Moh Romandon; Vian Hanes Andreastya
Al-Adawat : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol. 1 No. 02 (2022): JURNAL AL-ADAWAT
Publisher : PGMI UNHASY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian berfokus terhadap kemampuan berekspresi siswa dengan menggunakan metode demonstrasi yang dipadukan dengan sosiodrama, sehingaa dalam setiap pendemonstrasianya dipadukan dengan pendramatisiran setiap pembacaan puisi, sehingga siswa akan lebih mudah memahami cara berekspresi dengan mudah, dan musik sebagai penguat suasana agar siswa lebih mendalami setiap pembacaan puisi. Tahap penelitian dari perencanaan, observasi, dan refleksi. Teknik analasis data menggunakan menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain true experimental dengan satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol, dalam penelitian ini peneliti menggunakan posttes-only group design. Instrumen penelitian menggunakan butir tes kuesioner dan pengambilan nilai praktik, data diolah dengan aplikasi SPSS untuk mendeskripsikan hasil uji mann-whitney. Dari hasil penelitan penerapan metode demonstrasi berbasis sosiodrama siswa mengalami peningkatan kemampuan berekspresi dapat dilihat dari hasil rata-rata nilai kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 73,8 berbanding 65. Hasil tersebut menunjukan adanya pengaruh dalam pembelajaran menggunakan metode demonstrasi berbasis sosiodrama dengan musikalisasi puisi pada kemampuan berekspresi siswa kelas IV MI Nurul Huda Sepakung Wetan.

Page 1 of 3 | Total Record : 29