cover
Contact Name
Muhammad Bagas F
Contact Email
research.yana@gmail.com
Phone
+6282161984112
Journal Mail Official
research.yana@gmail.com
Editorial Address
Jalan Sisingamangaraja Nomor 171, Pematangsiantar, Provinsi Sumatera Utara, 20552
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Sains
ISSN : 2807663X     EISSN : 2807629X     DOI : https://doi.org/10.58432/algebra.v3i1
Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Sains dikelola dan diterbitkan oleh Tim Riset YANA dibawah Yayasan Amanah Nur Aman. Algebra : jurnal pendidikan, sosial dan sains berdiri sejak tahun 2021 dan terbit 4 edisi setiap tahun yaitu pada bulan Maret, Juni, September dan Desember.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2022): ALGEBRA : JURNAL PENDIDIKAN, SOSIAL DAN SAINS" : 10 Documents clear
KOMUNIKASI DAKWAH DAI DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI MUALAF DI KAWASAN SUNGGAL KABUPATEN DELI SERDANG Sabda Hafiz Fakar; Riko; Nur Mahrani; Dimas Wahyudi
Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Sains Vol 2 No 1 (2022): ALGEBRA : JURNAL PENDIDIKAN, SOSIAL DAN SAINS
Publisher : Yayasan Amanah Nur Aman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan Penelitian ini membahas tentang Komunikasi Dakwah Dai yang dilakukan dalam Meningkatkan Kepercayaan diri kepada Mualaf, hambatan dari komunikasi dakwah dai dalam meningkatkan kepercayaan diri kepada mualaf di kawasan Sunggal Kabupaten Deli Serdang. Dalam Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian yang diperoleh adalah Teknik Komunikasi dakwah Dai Dalam meningkatkan Kepercayaan diri para mualaf di kawasan Sunggal Kabupaten Deli Serdang menunjukkan beberapa bentuk. Pertama, komunikasi dakwah dilakukan secara langsung oleh dai dengan memberikan motivasi kepada mualaf agar lebih percaya diri. Kedua, Dai memberikan materi pelatihan Shalat dan mengaji kepada para mualaf agar lebih meningkatkan kepercayaan diri mereka. Ketiga, Perubahan pada diri mualaf setelah mendapatkan motivasi dan pelatihan, yaitu para mualaf lebih percaya diri dalam menunjukkan sikap keteladanan dalam beribadah di kehidupan sehari-hari. Hambatan yang dihadapi dalam meningkatkan kepercayaan para mualaf yaitu Kurangnya perhatian ketika mereka berada pada kondisi sehari-hari. Adanya tekanan batin sehingga susah dalam meluangkan waktu khusus untuk mempelajari Islam agar lebih percaya diri.   ABSTRACT The purpose of this study is to discuss the communication of Da'wah that is carried out in increasing self-confidence to converts, the obstacles to communication of da'wah in increasing self-confidence to converts in the Sunggal area, Deli Serdang Regency. This research uses qualitative research methods with a phenomenological approach. The data collection techniques in this study were through observation and interviews. The results of the research obtained are the Dai Da's da'wah communication technique in increasing the confidence of converts in the Sunggal area, Deli Serdang Regency, showing several forms. First, da'wah communication is carried out directly by the preacher by motivating converts to be more confident. Second, Dai provides training materials for prayer and the Koran to converts to further increase their confidence. Third, changes in converts after receiving motivation and training, namely converts are more confident in showing exemplary attitudes in worshiping in everyday life. The obstacles faced in increasing the trust of converts are the lack of attention when they are in everyday conditions. There is inner pressure so that it is difficult to take special time to study Islam to be more confident.
PERAN REBT DALAM MENGASAH KEPERCAYAAN DIRI SISWA DI MTSN 3 KUANTAN SENGINGI Zuhrika; Netrawati
Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Sains Vol 2 No 1 (2022): ALGEBRA : JURNAL PENDIDIKAN, SOSIAL DAN SAINS
Publisher : Yayasan Amanah Nur Aman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Teori REBT Memandang bahwa membantu manusia mengubah keyakinan irasional manusia menjadi keyakinan rasional sehingga meningkatkan fungsi emosi dan perilaku manusia. Tujuan utama untuk membantu peserta menginternalisasi filosofi hidup yang rasional, seperti halnya mereka menginternalisasi seperangkat keyakinan dogmatis dan ekstrem yang berasal dari lingkungan sosial budaya mereka dan dari  penemuan mereka sendiri. ,Pemimpin kelompok REBT berperan sebagai pendidik psikologis, dan mereka cendrung menghindari berhubungan terlalu dekat dengan anggota mereka dan dengan demikian menghindari mereka meningkatkan kecendrungan ketergantungan mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan membandingkan terapi REBT dengan mengasah kepercayaan diri siswa. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa terapi melalui pendekatan  REBT di Sekolah MTSN 3 Kuantan Sengingi. Penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan penuturan siswa, mereka sangat jarang mendapatkan layanan Bimbingan dan Konseling,  peneliti mendapati masih terdapat peserta didik yang tidak percaya diri, pemahaman peserta didik dalam menilai diri masih  banyak negatif, masih terdapat beberapa siswa yang tidak dapat menerima kritikan dari orang lain, siswa cenderung bersikap hiperkritis yakni mengeluh, mencela atau meremehkan apapun dan siapapun, siswa merasa tidak disenangi oleh temannya, siswa masih ikut-ikutan teman dan terbawa oleh pergaulan yang tidak baik, siswa belum memiliki komitmen terhadap dirinya, dan siswa masih mencari identitas diri. Fenomena yang dialami oleh para siswa tersebut memberikan dampak yang kuat sehingga menyebabkan siswa harus ketinggalan pelajaran, tidak naik kelas bahkan ada yang harus berpindah sekolah. Selain itu, dalam kehidupan sehari-hari siswa membentuk pandangan yang irrasional, yaitu siswa merasa harus memiliki perlengkapan fasilitas belajar yang wajib dimiliki, memiliki prestasi yang lebih dari kakak atau adiknya yang selalu menjadi dukungan utama dalam keluarga. Siswa juga menunjukkan sikap mudah tersinggung ketika teman yang lain dibawakan bekal dan merasa diri tidak begitu diperhatikan dalam keluarga. ABSTRACT REBT Theory veiws that helping humans change human irrational belief into rational ones so as to improve the functioning of human emotions and behavior. REBT group leaders act as psychological educators, and they tend to avoid getting too close to their members and thereby avoiding them increasing their dependency tendencies. This study used a qualitative approach by comparing REBT therapy with sharpening students’ self-confidence. The results showed that therapy through the REBT approach at MTSN 3 Kuantan Singingi School. This study shows that based on student’s narratives, they very rarely get guidance and counseling services, researchers found that there are still students who are not confident, students’ understanding of self- asessment is still alot negative, there are still some students who cannot accept criticism from others, students tend to be hypercritical, namely complaining, criticizing and belitting anything ans anyone, students feel displeased by their friends, students still follow their friends still follow their friends and are carried away by bad associations, The phenomena experieced by these students have a strong impact, causing students to have to miss lessons, not go to class and some even have to chage schools. In addition, in everyday life students form irration views, namely students feel they must have learning facilities. Must haves, have better achievements than brothers and sisters who have always been the main support in the family. 
PENERAPAN TEORI GESTALT DALAM PEMAHAMAN PEMBELAJARAN SISWA DI SEKOLAH Achmad Fauzi; Netrawati; Yeni Karneli
Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Sains Vol 2 No 1 (2022): ALGEBRA : JURNAL PENDIDIKAN, SOSIAL DAN SAINS
Publisher : Yayasan Amanah Nur Aman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Teori Gestalt memandang bahwa pembelajaran tidak hanya tentang rangsangan dan respon tetapi lebih pada pemahaman tentang suatu masalah yang mampu menarik kesimpulan baru yang berwawasan. Pencetus teori Gestalt termasuk Max Wetheimer, Wolfgang Kohler dan Kurt Kofka. Dalam teori Gestalt terdapat beberapa hukum yaitu hukum kedekatan, hukum ketertutupan dan hukum kesamaan. Diantara prinsip pembelajaran Gestalt adalah pembelajaran melalui wawasan (pemahaman), pembelajaran merupakan reorganisasi dari pengalaman, pembelajaran akan lebih berhasil bila sesuai dengan minat siswa. Sedangkan prinsip persepsi Gestalt termasuk prinsip kontinuitas dan hubungan figur-ground. Kekuatan teori Gestalt adalah anak mampu membangun suatu masalah menjadi pengetahuan atau pemahaman baru, namun teori Gestalt ini juga memiliki kelemahan, yakni teori Gestalt tidak bisa diterapkan pada maeri-materi tertentu.   ABSTRACT Gestalt theory views that learning is not only about stimuli and responses but rather about understanding a problem faced which is able to draw new insightful conclusions. Gestalt characters include Max Wetheimer, Wolfgang Kohler and Kurt Kofka. In Gestalt theory, there are several laws, namely the law of closeness, the law of closure and the law of equality. Among the principles of Gestalt learning is that learning through insight (understanding), learning is a reorganization of experiences, learning will be more successful when it comes to interests. Meanwhile, the principles of Gestalt perception include the principle of continuity and Figure-ground relationship. The strength of Gestalt theory is that children are able to reconstruct a problem into new knowledge or understanding, however in the Gestalt theory has also the weaknesses that the gestalt theory cannot be applied to certain materials.
MANAJEMEN STRESS MELALUI PELATIHAN INOKULASI STRES DALAM PENDEKATAN COGNITIVE BEHAVIORAL Dea Aulia; Netrawati; Yeni Karneli
Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Sains Vol 2 No 1 (2022): ALGEBRA : JURNAL PENDIDIKAN, SOSIAL DAN SAINS
Publisher : Yayasan Amanah Nur Aman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Stres adalah suatu tekanan apabila dibiarkan akan menjadi sebuah penyakit yang dapat menghambat aktivitas kehidupan sehari-hari. Stres merupakan suata hal biasa yang sering dialami oleh seseorang. Akan tetapi stres juga akan menjadi sesuatu hal yang berbahaya apabila seseorang  tersebut  tidak bisa mengelolanya. Untuk itu tujuan dari penelitian ini ialah untuk memanajemen stres melalui pendektan cognitive behavior therapy dalam konseling kelompok. Untuk membahas tujuan tersebut maka dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif naratif dari studi kepustakaan. Adapun hasil dari penelitian ini ialah terdapat pelatihan khusus dalam manajemen stres dengan pendektan cognitive behavior therapi yaitu pelatihan inokulasi stres dengan menggunakan tiga Teknik yaitu (1) memunculkan pikiran, perasaan, dan interpretasi klien terhadap peristiwa; (2) mengumpulkan bukti dengan klien untuk mendukung atau menyangkal interpretasi ini; dan (3)   merancang  pekerjaan  rumah untuk menguji validitas interpretasi dan mengumpulkan lebih banyak data untuk diskusi. ABSTRACT Stress is a pressure if left unchecked will become a disease that can hinder the activities of daily life. Stress is a common thing that is often experienced by a person. But stress will also be something that is dangerous if someone can't manage it. For this reason, the purpose of this study is to manage stress through a cognitive behavior therapy approach in group counseling. To discuss these objectives, this research uses a descriptive narrative approach from the study of literature. The results of this study are that there is special training in stress management with a cognitive behavior therapy approach,namely stress inoculation training using three techniques, namely (1) eliciting thoughts, feelings, and client interpretations of events; (2) gather evidence with the client to support or refute this interpretation; and (3) designing homework to test the validity of interpretations and collect more data for discussion. 
KONSELING KELOMPOK REALITAS SEBAGAI UPAYA DALAM MENGATASI KECEMASAN SISWA Fatiha Sabila Putri; Netrawati; Yeni Karneli
Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Sains Vol 2 No 1 (2022): ALGEBRA : JURNAL PENDIDIKAN, SOSIAL DAN SAINS
Publisher : Yayasan Amanah Nur Aman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kecemasan merupakan masalah yang umum yang kerap dirasakan oleh manusia. Kecemasan pada siswa kerap terjadi karena beberapa faktor dan ketakutan yang dialaminya. Salah satu kecemasan siswa yang kerap terjadi ialah kecemasan menghadai ujian hingga mengakibatkan nilai yang tidak diingin kan bahkan sampai menimbulkan penyakit sepeti lambung dan lain sebagainya. Kecemasan siswa tersebut juga akan merusak tujuan dari pembelajaran, sehingga perlu diberikan tindakan yang sesuai untuk menurunkan tingkan kecemasan tersebut. Konseling kelompok realita merupakan metode yang dapat dilakukan untuk menurunkan tingkat kecemasan pada klien pemasyarakatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas dari konseling kelompok realita untuk menurunkan kecemasan pada siswa . Hasil analisis menunjukkan bahwa upaya pemeberian layanan konseling kelompok dengan pendekatan realitas dapat menurunkan tingkat kecemasan siswa. Abstract        Anxiety is a common problem that is often felt by humans. Anxiety in students often occurs due to several factors and the fears they experience. One of the students' anxiety that often occurs is the anxiety of facing exams which results in unwanted grades and even causes diseases such as stomach ulcers and so on. The student's anxiety will also damage the purpose of learning, so it is necessary to take appropriate action to reduce the level of anxiety. Reality group counseling is a method that can be used to reduce anxiety levels in correctional clients. This study aims to measure the effectiveness of reality group counseling to reduce anxiety in students. The results of the analysis show that the effort to provide group counseling services with a reality approach can reduce students' anxiety levels.
PERAN ORANGTUA DALAM MEMOTIVASI SEMANGAT BELAJAR ANAK Windi Aulia; Ahmad Idris Nasution
Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Sains Vol 2 No 1 (2022): ALGEBRA : JURNAL PENDIDIKAN, SOSIAL DAN SAINS
Publisher : Yayasan Amanah Nur Aman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Motivasi merupakan syarat mutlak dalam belajar, oleh karena itu hendaknya orang tua senantiasa memotivasi anak agar lebih giat dalam belajar dan juga berprestasi. Motivasi belajar dari orang tua merupakan salah satu bentuk nyata pentingnya peran orang tua terhadap pendidikan anak-anaknya. Namun sayangnya, kebanyakan para orang tua menyerahkan pendidikan si kecil sepenuhnya pada sekolah. Padahal seharusnya orang tua memberikan perhatian dan semangat belajar yang lebih sehingga dapat memunculkan motivasi belajar anak. Orang tua harus bekerja sama dengan sekolah bagaimana memahami kurikulum dan memberikan pengajaran saat mendampingi anak.  Orang tua juga harus menemani atau mendampingi si kecil saat belajar. Saat mendampingi si kecil belajar, orang tua harus siap memberikan pertolongan dengan membantu kesulitan yang dihadapi anak, mengatasi masalah belajar, memberi dukungan kepada anak dan menjadi teladan bagi anak-anak. Abstrak    Motivation is an absolute requirement in learning, therefore parents should always motivate children to be more active in learning and also achieve. Motivation to learn from parents is a tangible form of the importance of the role of parents in the education of their children. But unfortunately, most parents leave their child's education completely to school. Whereas parents should give more attention and enthusiasm for learning so that it can bring up children's learning motivation. Parents should work with schools on how to understand the curriculum and provide instruction when accompanying children. Parents also have to accompany or accompany their little ones while studying. When accompanying a child to learn, parents must be ready to provide assistance by helping the difficulties faced by the child, overcoming learning problems, providing support to the child and being an example for the children.
PERAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY KANTOR PERWAKILAN BANK INDONESIA PROVINSI SUMATERA UTARA DALAM PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH IR & IR SONGKET DELI Juli Ariska; Nursapiah Harahap; Rina Devianty
Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Sains Vol 2 No 1 (2022): ALGEBRA : JURNAL PENDIDIKAN, SOSIAL DAN SAINS
Publisher : Yayasan Amanah Nur Aman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Kantor Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara merupakan salah satu Kantor Perwakilan Bank Indonesia yang berlokasi di Sumatera Utara dan memiliki tujuan utama untuk mencapai dan menjaga kestabilan nilai rupiah. Dalam mencapai hal tersebut, Bank Indonesia telah menerapkan strategi komunikasi dengan pemanngku kepentingan khususnya UMKM dengan program pemberdayaan UMKM melalui Program Sosial Bank Indonesia dan UMKM Binaan Khususnya di UMKM IR & IR Songket Deli. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk mengumpulkan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian, setelah data terkumpul, peneliti melakukan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Informan dalam penelitian ini berjumlah tujuh orang dan dipilih menggunakan teknik purposive sampling, dimana tiga diantaranya merupakan pegawai Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara dan lima orang berasal dari UMKM IR & IR Songket Deli. Hasil penelitian menujukkan proses pelaksanaan, bentuk dan juga manfaat peran corporate social responsibility Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara. ABSTRACT The North Sumatra Province Bank Indonesia Office is one of the Bank Indonesia Representative Offices in North Sumatra and has the main objective of achieving and maintaining the stability of the rupiah value. In order to achieve this goal, Bank Indonesia has implemented a communication strategy with stakeholders, especially MSMEs, with the MSME empowerment program through the Bank Indonesia Social Program and MSMEs assisted, especially in IR & IR Songket Deli MSMEs. This study uses a qualitative method by collecting data through observation, interviews and documentation. Then, after the data is collected, the researcher will perform data reduction, data presentation and conclusion drawing. There were seven informants in this study and were selected using a purposive sampling technique, of which three were employees of The North Sumatra Province Bank Indonesia Office and five were from SMEs IR & IR Songket Deli. The results of the study show the implementation process, form and benefits of the role of corporate social responsibility at the Bank Indonesia Representative Office, North Sumatra Province.
STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN KENTUCKY FRIED CHICKEN (KFC) PEMATANGSIANTAR DALAM UPAYA MENAIKKAN PENJUALAN DI MASA PANDEMI COVID-19 Fitriatul Aini; Laila Rohani; Muhammad Faishal
Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Sains Vol 2 No 1 (2022): ALGEBRA : JURNAL PENDIDIKAN, SOSIAL DAN SAINS
Publisher : Yayasan Amanah Nur Aman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran pada KFC (Kentucky Fried Chicken) Pematangsiantar dalam upaya meningkatkan penjualan di masa pandemi Covid-19, khususnya bauran pemasaran (Marketing Mix) yang diterapkan KFC. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, yaitu studi kasus yang menghasilkan data-data deskriptif yang dituangkan dalam kata-kata. Sumber data pada penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling dan teknik pengumpulan data pada penelitian ini penulis melakukan kunjungan gerai restoran KFC Pematangsiantar untuk melakukan wawancara dengan manajer dan karyawan KFC. Peneliti menyimpulkan bahwa ada beberapa pembahasan yaitu Strategi, Kendala dan Solusi.. Meskipun KFC Pematangsiantar mengalami kendala di masa pandemi ini yaitu kendala dari segi faktor ekonomi, PSBB (pembatasan sosial berskala besar) yang diterapkan pemerintah serta situasi baru New normal yang membuat KFC sulit untuk menaikan kembali omset penjualan akan tetapi KFC Pematangsiantar terus berupaya untuk menangani hal tersebut yaitu dngan cara terut melakukan promosi baik secara online maupun online dan terus memaksimalkan protocol kesehatan direstoran agar menarik kembali kepercayaan customer. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Bauran Pemasaran, Covid-19 ABSTRACT This study aims to determine the marketing communication strategy at KFC (Kentucky Fried Chicken) Pematangsiantar in an effort to increase sales during the Covid-19 pandemic, especially the marketing mix implemented by KFC. This study uses descriptive qualitative methods, namely case studies that produce descriptive data as outlined in words. Sources of data in this study using purposive sampling and data collection techniques in this study the authors visited the KFC Pematangsiantar restaurant outlets to conduct interviews with KFC managers and employees. The researcher concluded that there were several discussions, namely Strategy, Constraints and Solutions. Although KFC Pematangsiantar experienced obstacles during this pandemic, namely constraints in terms of economic factors, PSBB (large-scale social restrictions) implemented by the government and the new new normal situation which made KFC difficult to deal with. increasing sales turnover, but KFC Pematangsiantar continues to strive to handle this, namely by continuing to promote both online and online and continue to maximize restaurant health protocols in order to regain customer trust.
MASTER PLAN HUMAS DALAM MEMBANGUN CITRA PT. KARYA BHAKTI MANUNGGAL KOTA PEMATANGSIANTAR Ragil Asri Lestari; Hasan Sazali; Laila Rohani
Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Sains Vol 2 No 1 (2022): ALGEBRA : JURNAL PENDIDIKAN, SOSIAL DAN SAINS
Publisher : Yayasan Amanah Nur Aman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Citra merupakan salah satu asset penting dari sebuah organisasi atau perusahaan yang harus dipelihara dan dibangun secara terus menerus. Citra perusahaan juga tidak terlepas dari peran seorang humas. Untuk itu humas harus mampu merancang master plan yang dirasa tepat dalam upaya mencitrakan perusahaannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana master plan yang dilakukan humas PT. Karya Bhakti Manunggal Kota Pematangsiantar dalam membangun citra perusahaan baik faktor eksternal maupun faktor internal. Teori yang digunakan untuk mengupas penelitian ini adalah teori Bill Canton. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Metode pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan pihak humas PT. Karya Bhakti Manunggal Kota Pematangsiantar membentuk tim divisi digital. Hal tersebut dipicu karena perkembangan teknologi komunikasi yang semakin canggih sehingga perusahaan juga harus mengikuti perkembangan zaman agar tidak tertinggal dengan perusahaan lain. ABSTRACT Image is one of the important assets of an organization or company that must be maintained and built continuously. Corporate image is also inseparable from the role of a public relations officer. For this reason, public relations must be able to design a master plan that is considered appropriate in an effort to image the company. The purpose of this study was to find out how the master plan carried out by the PR of PT. The work of Bhakti Manunggal in Pematangsiantar City in building the company's image, both external and internal factors. The theory used to analyze this research is Bill Canton's theory. This type of research is a qualitative research with a descriptive design. Data collection methods used in this study were interviews and observation. The results showed that the PR of PT. Karya Bhakti Manunggal Pematangsiantar City formed a digital division team. This is triggered by the development of increasingly sophisticated communication technology so that companies must also keep up with the times so as not to be left behind by other companies.
STRATEGI HUMAS DALAM UPAYA PENCITRAAN INSTANSI KANTOR WILAYAH KEMENKUMHAM SUMATERA UTARA Amiroh Hadiyatun; Nursapiah Harahap; Rina Devianty
Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Sains Vol 2 No 1 (2022): ALGEBRA : JURNAL PENDIDIKAN, SOSIAL DAN SAINS
Publisher : Yayasan Amanah Nur Aman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi yang digunakan humas Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia dalam meningkatkan citra kepada masyarakat sebagai lembaga yang bergerak di bidang hukum dan hak asasi manusia, yang kedua ingin mengetahui lebih jauh tentang hukum dan hak asasi manusia. proses pelayanan khususnya dalam pelayanan publikasi informasi publik pencitraan di kantor Kementerian Hukum dan HAM. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini berjumlah dua orang, yaitu Kasubbag Reformasi Birokrasi, Humas, dan Divisi Teknologi Informasi, Program dan Pelaporan. Teknik pengumpulan data adalah wawancara mendalam, dan studi kepustakaan. Teknik analisis data adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah Humas Kanwil Kemenkum HAM Sumut menggunakan strategi publikasi dalam upaya pencitraan instansi tersebut. Publikasi dilakukan melalui media cetak dan media online serta bekerjasama dengan wartawan dan juga surat kabar nasional dan lokal untuk mempublikasikan semua kegiatan yang telah, dan sedang dilakukan. ABSTRACT This study aims to find out how the strategy used by a public relations officer at the Ministry of Law and Human Rights in improving the image to the public as an agency engaged in law and human rights, the second one wants to know more about the legal service process, especially in the publication of public information services in the imaging of the Ministry of Law and Human Rights office. This study uses a qualitative descriptive research method. There were two informants in this study, namely the Head of Sub-section for bureaucratic reform, public relations, and information technology, program and reporting division. Data collection techniques are in-depth interviews, and literature study. Data analysis techniques are data collection, data reduction, data presentation and conclusion drawing. The result of this research is that the Public Relations of the Regional Office of the Ministry of Law and Human Rights of North Sumatra uses a publication strategy in an effort to image the agency. Publication is carried out through print media and online media and in collaboration with journalists and also national and local newspapers to publish all activities that have been, and are being carried out.

Page 1 of 1 | Total Record : 10