cover
Contact Name
Zelfia
Contact Email
zelfia.zelfia@umi.ac.id
Phone
+6285255604643
Journal Mail Official
zelfia.zelfia@umi.ac.id
Editorial Address
Jl. Urip Sumoharjo KM 05
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
RESPON Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Komunikasi
ISSN : -     EISSN : 28281756     DOI : https://doi.org/10.33096/respon.v1i1
RESPON Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Komunikasi adalah untuk publikasi Mahasiswa yang terbit empat kali dalam setahun, yang diterbitkan pada bulan Januari, April, Juli dan Oktober. Jurnal ini dikelola sejak Januari 2020, dalam hal ini Volume 1 yang terdiri dari artikel berbasis penelitian dan / atau artikel konseptual dalam komunikasi. RESPON Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Komunikasi diterbitkan oleh Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi, Fakultas Sastra Universitas Muslim Indonesia. Penerbit hanya menerima karya asli, yang belum dipublikasikan di tempat lain. Artikel harus dikirimkan melalui situs ini sesuai dengan format kami. Artikel yang dikirim akan ditinjau dan diedit untuk keseragaman format, istilah, dan prosedur lainnya. Artikel yang diterbitkan dalam bidang ilmu komunikasi yang dikaitkan berbagai disiplin keilmuan, dan sudut pandang, budaya, politik, ekonomi, sosial dan teknologi.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 4 (2021)" : 5 Documents clear
Strategi Komunikasi Kesehatan Dalam Penanganan Covid-19 Pada Perusahaan Pembangkit Listrik Tenaga Uap Belang-Belang Mamuju Khairunnisa Saifuddin; Ahdan Ahdan; Andi Muttaqin
RESPON JURNAL ILMIAH MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI Vol. 2 No. 4 (2021)
Publisher : UNIVERSITAS MUSLIM INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33096/respon.v2i4.52

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui Strategi Komunikasi Kesehatan dalam penanganan covid-19 pada Perusahaan Pembangkit Listrik Tenaga Uap Belang-Belang, untuk mengetahui Program Penanganan covid-19 di Perusahaan Pembangkit Listrik Tenaga Uap Belang-Belang. Penelitian ini berlangsung selama kurang lebih satu bulan berlokasi di Perusahaan Pembangkit Listrik Tenaga Uap Belang-Belang. Adapun Informan penelitian adalah, Manajer HSE (Health, Security and Environment), Kepala Klinik, Pekerja Puskesmas, Staff Klinik, Staff HSE, Staff HRD, Karyawan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kualitatif Deskriptif. Menggunakan Metode Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Startegi Komunikasi Kesehatan yang diberlakukan dalam penanganan covid-19 pada Perusahaan Pembangkit Listrik Tenaga Uap Belang-Belang dipatuhi dengan baik. Adanya Edukasi, Pemberitahuan melalui spanduk, banner, dan melakukan tes pengisian Instrumen Self Assessment Risiko Covid- 19 serta penerapan protokol kesehatan yang baik. Program Penanganan covid-19 di Perusahaan Pembangkit Listrik Tenaga Uap Belang-Belang memaksimalkan 3T (tracing, testing, dan treatment), menyediakan mess untuk keperluan isolasi ketika karyawan dinyatakan terkonfirmasi covid-19, memenuhi kebutuhan obat, asupan vitamin dan makanan. Serta, melaksankan program vaksinasi sebagai bentuk penanganan dan pencegahan covid-19.
PENERAPAN KODE ETIK JURNALISTIK DALAM PENCARIAN BERITA OLEH WARTAWAN HARIAN FAJAR MAKASSAR Bella Aulia Rahman; Abd Majid; Hadawiah Hadawiah
RESPON JURNAL ILMIAH MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI Vol. 2 No. 4 (2021)
Publisher : UNIVERSITAS MUSLIM INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33096/respon.v2i4.53

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk bagaimana Kode Etik Jurnalistik yang merupakan pedoman bagi seluruh wartawan yang telah ditetapkan dapat diterapkan dengan baik oleh wartawan Harian Fajar Makassar demi bentuk profesional seorang wartawan dalam melaksanakan tugas jurnalistik. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif dengan lokasi penelitian di kantor Harian Fajar Makassar, Sulewesi Selatan. Pengumpulan data yaitu dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai bahan pendukung dalam pengumpulan data. Penelitian ini berlangsung selama 1 bulan dan adapun informan dalam penelitian ini adalah wartawan Harian Fajar Makassar yang berjumlah 3 orang wartawan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan Kode Etik Jurnalistik oleh wartawan Harian Fajar Makassar dapat dilihat pada saat para wartawan menjalankan tugas jurnalistik dilapangan untuk mencari berita wartawan Harian Fajar telah dituntut untuk menerapkan kode etik jurnalistik yang telah diatur, para wartawan menyesuaikan segala kode etik yang telah ditetapkan dan mereka sangat berpegang teguh pada kode etik tersebut demi menjaga bentuk profesional dalam bekerja serta menjaga nama baik pribadi maupun nama baik perusahaan tempat bekerja. Adapun yang sangat diutamakan dalam menjalankan tugas jurnalistik ialah penerapan sikap profesional, independen serta menghasilkan berita yang berimbang.
STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN WARUNG BAKSO MAS CINGKRANK DALAM MENINGKATKAN OMSET PENJUALAN DI KOTA MAKASSAR Asni Wulandari; Muhammad Yunus; Muhammad Idris
RESPON JURNAL ILMIAH MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI Vol. 2 No. 4 (2021)
Publisher : UNIVERSITAS MUSLIM INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33096/respon.v2i4.54

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran dan faktor-faktor yang menghambat dalam strategi tersebut dalam meningkatkan omset penjualan Warung Bakso Mas Cingkrank. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dimana sumber data primer diperoleh dari wawancara dan observasi sedangkan data sekunder diperoleh secara tidak langsung melalui perantara media ataupun buku. Kemudian informan penelitian ini terdiri dari tiga sumber. Dua diantaranya adalah Manajer Digital Marketing dan Manajer Outlet sedangkan yang lainnya dari unsur karyawan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada empat strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan Warung Bakso Mas Cingkrank dalam meningkatkan omset penjualannya yaitu : periklanan dalam media sosial, penjualan personal (Personal Selling), pemasaran langsung (Direct Marketing), dan promosi penjualan (Sales Promotion). Sedangkan hambatan pemasaran dalam meningkatkan omset penjualan Warung Bakso Mas Cingkrank diantaranya yaitu : harga barang pokok yang terus naik, gangguan di media sosial dan kondisi saat hujan yang juga mempengaruhi pemasaran Warung Bakso Mas Cingkrank.
PENGARUH CELEBRITY ENDORSE RACHEL VENNYA PADA AKUN INSTAGRAM BENEE.ID TERHADAP MINAT BELI PRODUK FASHION WANITA DI KOTA MAKASSAR Haerunnisa Haerunnisa; Abd Majid; Muhammad Idris
RESPON JURNAL ILMIAH MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI Vol. 2 No. 4 (2021)
Publisher : UNIVERSITAS MUSLIM INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33096/respon.v2i4.55

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk :mengetahui pengaruh celebrity endorse Rachel Vennya pada akun benee.id terhadap minat beli produk fashion Wanita dan hubungan Celebrity endorse Rachel Vennya terhadap brand olshop benee.id dengan minat konsumen.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif, dengan lokasi penelitian di jalan Pacerakkang, Kota Makassar. Pengumpulan data yaitu teknik observasi, wawancara dan kuesioner atau angket. Analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa celebrity endorser Rachel Vennya, memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian produk fashion wanita yang dipromosikan. Rachel Vennya sebagai celebrity endorser dengan kredibilitas, daya tarik dan kekuatan tinggi sehingga dapat menciptakan persepsi positif terhadap produk yang direview sehingga menimbulkan keinginan dan minat yang berupa tindakan keputusan pembelian terhadap produk fashion wanita pada benee.id yang di promosikan. Hubungan celebrity endorse Rachel vennya terhadap brand olshop benee.id dengan minat beli konsumen memiliki hubungan.Adanya hubungan tersebut celebrity endorse Rachel Vennya memiliki peranan penting untuk memperkuat strategi pemasaran dalam mempromosikan produk fashion wanita.
POLA KOMUNIKASI PARIWISATA PEMERINTAH KABUPATEN MAROS DALAM MENGEMBANGKAN DAYA TARIK OBJEK WISATA PANTAI KURI DI KECAMATAN MARUSU Asri Muliani; Andi Muttaqin; Muhammad Idris
RESPON JURNAL ILMIAH MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI Vol. 2 No. 4 (2021)
Publisher : UNIVERSITAS MUSLIM INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33096/respon.v2i4.56

Abstract

Indonesia sebagai negara kepulauan yang mempunyai potensi untuk mengembangkan industri pariwisata yang besar, sebab industri pariwisata di Indonesia telah berkembang pesat. Pentingnya pengembangan potensi pariwisata bagi daerah Kabupaten Maros sesuai dengan visi daerah untuk menjadikan Maros sebagai daerah wisata. Tujuan penelitian untuk mengetahui gambaran tentang bagaimana Pola komunikasi pariwisata oleh Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Maros beserta Pemerintah Desa Nisombalia dan masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan pola komunikasi pariwisata sejauh ini sudah berjalan lancar, karena adanya kemajuan tentang pengembangan potensi pantai kuri.. Terdapat juga beberapa dukungan baik dari pemerintah daerah ataupun pemerintah setempat selalu memfasilitasi mayarakat dengan mengadakan sebuah pelatihan kepada masyarakat Dusun Kuri Caddi untuk memanfaatkan SDM yang ada.

Page 1 of 1 | Total Record : 5