cover
Contact Name
Nur Dhani Hendranastiti
Contact Email
nurdhani@ui.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jmui@ui.ac.id
Editorial Address
Lembaga Management, Gd. Mohammad Sadli, Jl. Salemba Raya No. 4, DKI Jakarta 10430
Location
Kota depok,
Jawa barat
INDONESIA
JMUI
Published by Universitas Indonesia
ISSN : 03029859     EISSN : 27762459     DOI : -
Jurnal Manajemen dan Usahawan Indonesia (JMUI) adalah forum diseminasi ilmu bisnis multi-disiplin yang bertujuan untuk menjembatani ilmu dan praktik manajemen dan kewirausahaan di Indonesia. JMUI menerbitkan hasil-hasil penelitian yang berdampak tinggi terhadap teori dan praktik manajemen dan kewirausahaan, baik yang berbentuk makalah konseptual, studi kasus, maupun laporan penelitian empiris. Topik yang dikembangkan dalam publikasi JMUI adalah sebagai berikut: Manajemen Stratejik, Keuangan, Pemasaran, Operasi, Sumber daya manusia, Kewirausahaan, Usaha mikro kecil dan menengah, usaha start-up, perusahaan milik keluarga, dan pembiayaan usaha. Selain itu, JMUI mengutamakan artikel ilmiah yang mengangkat kearifan lokal dan aplikasi konsep-konsep manajemen untuk memecahkan permasalahan dan isu yang dihadapi praktisi usaha di Indonesia. JMUI merupakan open access journal yang diterbitkan dua kali setahun oleh Departemen Manajemen dan Lembaga Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia setiap bulan Mei dan November.
Articles 40 Documents
Pengaruh Kinerja Environmental, Social dan Governance terhadap Kinerja Keuangan Lembaga Keuangan Mikro di Negara Berkembang tahun 2014-2018 Danika, Serafin; Faradynawati, Ida Ayu Agung
Jurnal Manajemen dan Usahawan Indonesia Vol. 45, No. 1
Publisher : UI Scholars Hub

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dalam rangka mengetahui pengaruh dari kinerja Environmental, So- cial and Governance (ESG) terhadap kinerja keuangan dari lembaga keuangan mikro (LKM) yang diukur oleh tingkat return on asset (ROA). Data-data sampel penelitian diperoleh melalui database MIX Market dan The World Bank. Total obvservasi yang digunakan adalah sebanyak 345 unit dari 69 LKM yang beroperasi di 34 negara berkembang dengan periode penelitian sepanjang lima tahun dari 2014-2018. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan metode regresi balanced panel data. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat signifikansi dan hubungan yang positif an- tara variabel independen social dengan kinerja keuangan, sedangkan variabel independen environ- mental maupun governance tidak menunjukkan hasil yang signifikan. Hasil robustness check menun- jukkan hasil yang konsisten bahwa kinerja sosial mempengaruhi kinerja keuangan LKM. Penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi dalam memberikan perspektif baru terkait hubungan antara ESG dan kinerja keuangan dari industri keuangan mikro bagi regulator, akademisi dan LKM.
Anteseden dari Niat Menggunakan TikTok: Studi Kasus Pada Muslim Gen Z di Indonesia Viranti, Dinda Nuur; Aji, Hendy Mustiko
Jurnal Manajemen dan Usahawan Indonesia Vol. 45, No. 1
Publisher : UI Scholars Hub

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi kesenangan, persepsi manfaat, dan persepsi kemudahan penggunaan terhadap niat menggunakan aplikasi TikTok. Penelitian ini meng- gunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pengumpulan data melalui kuesioner online dan di- tentukan dengan menggunakan metode non probability purposive sampling. Data didapatkan den- gan cara menyebar kuesioner secara online kepada 250 responden Muslim Generasi Z yang belum pernah menggunakan aplikasi TikTok. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi manfaat tidak berpengaruh terhadap niat menggunakan aplikasi TikTok, namun persepsi kesenangan konten TikTok berpengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi manfaat, persepsi kemudahan penggunaan dan niat menggunakan aplikasi TikTok. Hasil temuan ini dapat digunakan sebagai referensi penelitian selanjutnya. Teori utama dalam penelitian ini meng- gunakan Technology Acceptance Model (TAM) yang digunakan untuk menjelaskan hubungan antara persepsi kesenangan, persepsi manfaat, persepsi kemudahan penggunaan dan niat menggunakan. Keterbatasan pada penelitian ini adalah variabel niat menggunakan aplikasi TikTok yang menun- jukkan bahwa skor R-Squarenya sebesar 0,488 atau 48,8% sehingga variabel tersebut masih belum dijelaskan dengan baik dan cukup oleh variabel antesedennya. Penelitian ini berkontribusi kepada literatur pada topik penggunaan media sosial dengan mempertimbangkan variabel persepsi kes- enangan, persepsi manfaat dan kemudahan dalam mempengaruhi niat menggunakan TikTok.
Persepsi Risiko dan Motivasi Memiliki Asuransi Bencana Alam: Premi Polis Asuransi Banjir/Properti untuk Warga Berisiko Banjir di Wilayah DKI Jakarta Aristyavani, Inadia
Jurnal Manajemen dan Usahawan Indonesia Vol. 45, No. 1
Publisher : UI Scholars Hub

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini menjelaskan mengapa motivasi individu untuk memiliki asuransi yang berkaitan dengan kerugian yang dapat disebabkan oleh kebencanaan masih rendah. Penelitian ini mengem- bangkan Teori Motivasi Proteksi (TMP) dalam konteks perlindungan asuransi terhadap potensi keru- gian yang disebabkan oleh terjadinya bencana alam. Penelitian ini memilih bencana banjir dan dilakukan di area DKI Jakarta. Populasi dari penelitian adalah warga DKI Jakarta yang tinggal di daerah rawan banjir. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan metode sampel tidak acak, yakni sampel snow-ball, sebanyak 323 orang responden. Motivasi individu untuk membeli polis premi asuransi bencana bisa dijelaskan dengan menggunakan kerangka TMP, dimana tinggi rendah- nya motivasi dipengaruhi oleh tingkat persepsi mengenai risiko. Hasil penelitian ini mempunyai implikasi baik akademis (teoritis) ataupun praktis. Secara akademis, penelitian ini membuktikan bahwa TMP bisa dipergunakan untuk menjelaskan motivasi individu/orang untuk membeli produk asuransi yang terkait dengan risiko kerugian atas bencana banjir. Secara praktis, hasil penelitian ini bisa dipergunakan sebagai dasar referensi para pelaku usaha maupun regulator dan asosiasi ter- kait di sektor industri perasuransian umum nasional dalam pembuatan strategi untuk meningkatkan pemahaman manfaat kebutuhan hingga minat orang untuk memiliki produk asuransi terkait potensi risiko kerugian bencana.
Faktor-Faktor yang Memengaruhi Niat Masyarakat dalam Menggunakan dan Mengadopsi e-Wallet: Studi Kasus Layanan Syariah LinkAja Jannah, Siti Miftahul; Hananto, Arga
Jurnal Manajemen dan Usahawan Indonesia Vol. 45, No. 1
Publisher : UI Scholars Hub

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan teknologi membuat masyarakat beralih dari transaksi dengan cash menjadi tran- saksi tanpa cash karena diyakini lebih efisien dan cepat dalam melakukan transaksi salah satunya dengan menggunakan dompet digital. Layanan Syariah LinkAja sebagai dompet digital bersertifikasi syariah MUI memiliki perkembangan pengguna yang cukup pesat sejak awal diluncurkan pada April 2020. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari perceived usefulness, perceived ease of use, social influence, facilitating conditions, lifestyle compatibility, dan perceived trust ter- hadap intention to use dan adopsi e-wallet Layanan Syariah LinkAja dengan menggunakan model unified theory of acceptance and use of technology (UTAUT). Penelitian ini menggunakan desain riset kuantitatif dengan metode survei secara daring. Menggunakan metode pengambilan sampel non-probability (judgmental sampling), peneliti mendapatkan 212 responden masyarakat Indone- sia beragama Islam yang telah menggunakan Layanan Syariah LinkAja setidaknya dalam tiga bu- lan terakhir. Analisis data pada penelitian ini menggunakan metode Partial Least Square Structural Equation Model (PLS-SEM) dengan SmartPLS 3.0. Penelitian ini menemukan bahwa perceived use- fulness, perceived ease of use, social influence, lifestyle compatibility, dan perceived trust berpen- garuh positif pada intention to use dan adopsi e-wallet. Facilitating conditions berpengaruh negatif pada intention to use dan adopsi e-wallet. Kemudian, penelitian ini juga menemukan bahwa intention to use berhasil memediasi hubungan antara faktor-faktor yang memengaruhi niat masyarakat dan adopsi e-wallet . Peneliti memberikan beberapa implikasi manajerial, seperti perlunya menekankan pada aspek fungsional dan kemudahan penggunaan, serta perlunya meningkatkan akses pembayaran ke produk dan layanan yang menunjang gaya hidup penggunanya.
Peran Mediasi LMX terhadap Pengaruh Organizational Climate dan Trust terhadap Knowledge Sharing dalam Pengembangan Kompetensi Teknis Marhaeni, Karantina; Ardiyanti, Niken
Jurnal Manajemen dan Usahawan Indonesia Vol. 43, No. 2
Publisher : UI Scholars Hub

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this research is to examine the influence of organizational climate, trust and leader-member exchange (LMX) on knowledge sharing, as well as the mediating role of LMX on the impact of organizational climate and trust on knowledge sharing. The research was conducted on operators and technicians as participants in the accelerated competency development program in an oil and gas refinery business. This research was an applied analytical research using an empirical approach with a mixed – method data collection technique between quantitative using a questionnaire and qualitative using an open questionnaire. Data were collected from 419 respondents or represent about ten percent of the randomly selected population. Meanwhile, open questionnaires were distributed to program managers and users. Data was analysed using structural equation modeling (SEM). The findings showed that Fairness and Cognitive Trust had significant effect on knowledge sharing. Meanwhile Affiliation and CognitiveTrust did not fully had significant effect on knowledge sharing. LMX had significant influence on knowledge sharing directly, but MLX did not fully mediate the influence of organizational climate and trust on knowledge sharing. It is expected that this research could be referred by management and HR practitioners in managing knowledge, especially in the process of developing technical competencies especially in the field of oil and gas refinery business.
Pengaruh Customer Engagement di Media Sosial terhadap Brand Intimacy pada Produk Fashion Lokal Indonesia Nawastha, Classica Harsya; Alversia, Yeshika
Jurnal Manajemen dan Usahawan Indonesia Vol. 43, No. 2
Publisher : UI Scholars Hub

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The fashion industry is one of the industries that is constantly expanding and Indonesia is the ninth largest contributor globally. Domestic growth of the fashion industry is supported by the campaign to love local products. Local fashion brands utilize the social media as a channel to communicate directly with their customers to develop a strong customer engagement. Therefore, it is important to know which factors influenced customer engagement, such as advice seeking, self image expression, and fashion involvement. Moreover, customer engagement also plays a role in the formation of brand intimacy. This study develops customer engagement as a second-order construct which consists of consumption, contribution, and creation. The survey was conducted online with 262 respondents which was then analyzed using Partial Least Squares - Structural Equation Modeling (PLS-SEM). The findings show that advice seeking, self-image expression, and fashion involvement infuences customer engagement. Subsequently, customer engagement influences brand intimacy.
Apakah Social Influence Mempengaruhi Intensi Meminjam melalui Peer to Peer Lending Agustina, Melia; Dalimunthe, Zuliani
Jurnal Manajemen dan Usahawan Indonesia Vol. 43, No. 2
Publisher : UI Scholars Hub

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to analyse the relationship between social influence and intention to borrow through peer to peer (P2P) lending platforms by including the factor of trust in platform as a moderating variable. P2P lending is a form of financial technology that facilitates transactions between borrowers (borrowers) and lenders (lenders) online. According to the technology acceptance model, one of the components that can influence a person to adopt new technology is social influence, how- ever, whether social influence is related to a person's intention to borrow through P2P lending platforms, especially in Indonesia, has not been widely discussed. This study uses primary data using regression analysis with the help of SPSS 20 software. Data collection took place from November to December 2018. The unit of analysis was 102 respondents who understood P2P lending. This study found that social influence has a significant positive effect on a person's intention to borrow through P2P lending. On the other hand, it is indicated that the trust factor to the platform also has a positive effect on intentions, although it cannot be said that it has a significant positive effect. What needs to consider is that there are indications that the trust factor in the platform manager is weakening the social influence relationship on borrowing intentions through the P2P lending platform.
Apakah Work-Life Balance dan Komitmen Afektif Memediasi Praktik Sumber Daya Manusia terhadap Kinerja UMK? Desiana, Putri Mega; Cindi, Ramitha Janira
Jurnal Manajemen dan Usahawan Indonesia Vol. 43, No. 2
Publisher : UI Scholars Hub

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Micro and Small Enterprises (MSEs) have an integral role in Indonesian society's growth and development, especially in the economic sector. This study aims to determine the mediating role of work-life balance and affective commitment to human resource practices and its impact on the performance of MSEs. Similar to large organizations, small organizations also implement HR practices, although they are still very simple, affecting the organization's performance. So far, work-life balance and affective commitment have been widely studied in large organizations and are considered essential in improving organizational performance. However, the role of work-life balance in improving small businesses' performance has not been widely studied. This study was conducted with a total of 134 respondents from MSEs in Jabodetabek. The analysis was carried out using structural equation modeling. Some interesting findings were found, the work-life balance, which usually has a positive effect turns out to have a negative and significant effect on the performance of MSEs. The reason is presumably because MSEs owners must do constant monitoring to continue smooth operational activities and increase organizational performance; hence the time spent in the workplace was increased.
Analisis Pengaruh Penerapan Kebijakan Tax Amnesty Pada Abnormal Return Saham LQ-45 Periode Tahun 2015-2019 Winarto, Dellachita Rahardianne; Gandakusuma, Imo
Jurnal Manajemen dan Usahawan Indonesia Vol. 43, No. 2
Publisher : UI Scholars Hub

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this study was to analyze the effect of Tax Amnesty Policy on differences in abnormal return of LQ-45 shares in the period 2015 to 2019. The stock price data was secondary data downloaded from adjusted closed stock price of 30 companies listed as LQ-45 in all observation period from web. The test conducted by Paired Sample t-test to see the significance of differences in abnormal returns and average abnormal returns of shares in the observation period. The results of the test above showed no difference in abnormal returns of the stocks in the period before, during and after the Tax Amnesty held. For the event window before Tax Amnesty implementation, there is no different as well. Meanwhile, the paired sample t-test for event window after the implementation showed a different result. Future study to be conducted by expanding the scope of sample and its independent variables.
Kapasitas Keuangan dan Kesadaran Atas Produk Keuangan: Survei Rumah Tangga Berpenghasilan Rendah di Jabodetabek dan Surakarta, Indonesia Danarsari, Dwi Nastiti; Viverita, Viverita; Husodo, Zaäfri A.
Jurnal Manajemen dan Usahawan Indonesia Vol. 44, No. 1
Publisher : UI Scholars Hub

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to examine the relationship between financial capacity and awareness on financial product for low-income households in Jabodetabek and Surakarta by conducting survey on 1,520 household respondents. The survey results show that saving account and credit for vehicle owner- ship are the two most popular financial products known by the respondents. In addition, the cross- tabulation and chi-square analysis find that Jabodetabek’s respondents, who ever have and are using financial product, mostly have stronger financial capacity. On the other hand, respondents who never have and are not using financial product are those who have weaker financial condition. Moreover, respondents in both regions, who never own and are not having credit for vehicle ownership, mostly have relatively weaker financial capacity. The results indicate that financial capacity is associated with awareness on financial product.

Page 1 of 4 | Total Record : 40