cover
Contact Name
Fardanto Setyatama
Contact Email
intertech@ubhara.ac.id
Phone
+62318285602
Journal Mail Official
intertech@ubhara.ac.id
Editorial Address
Jl. A. Yani no. 114 Surabaya
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
INTER TECH
ISSN : -     EISSN : 29878357     DOI : https://doi.org/10.54732/intertech
Tujuan dari INTER TECH adalah mempublikasikan hasil riset maupun penelitian akademik di bidang Teknik Sipil, Teknik Elektro, dan Teknik Informatika. INTER TECH terbuka untuk para penulis, peneliti, atau akademisi yang ingin berkontribusi dan fokus terhadap perkembangan teknologi serta ilmu pengetahuan di bidang-bidang berikut ini: Stuktur Bangunan, Material, Optimasi, Transportasi, Bahan Jalan, Rekayasa Pelaksanaan konstruksi, Hidroteknik, Geoteknik, Data Mining, Algoritma, Komputasi Mobile, Otomasi, Sistem Tenaga, Green Technology, Jaringan Komputer Lanjut, Image Processing, Computer Vision, Teknologi Robotika, Sistem Pendukung Keputusan, Big Data, Data Sains, Internet of Things, Network Security, Virtual Reality, dsb
Articles 17 Documents
Program Aplikasi FEM Untuk Analisis Struktur Rangka Baja 2D Dini Eka Wati; Mohammad Ghozi
INTER TECH Vol 1 No 1 (2023): INTER TECH
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Bhayangkara Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54732/i.v1i1.1007

Abstract

Rangka batang merupakan susunan elemen yang membentuk segitiga atau kombinasi segitiga sehingga membentuk struktur rangka yang stabil. Untuk mendapatkan desain struktur yang optimal diperlukan metode analisis dan desain struktur yang tepat dan mudah. Metode keseimbangan titik simpul dan metode cremona merupakan metode statika yang pada umumnya digunakan untuk menganalisa struktur rangka batang, namun menjadi cukup rumit apabila metode ini diterapkan pada rangka batang statis tak tentu yang lebih kompleks karena perpindahan titik simpul yang telah berdeformasi cukup sulit untuk didapat. Di lain pihak metode elemen hingga dapat dengan mudah diaplikasikan pada struktur statis tertentu maupun statis tak tentu. Program aplikasi FEM dibuat untuk proses analisis struktur dengan menggunakan metode elemen hingga, menggunakan program Visual Basic V.6.0 kemudian akan digunakan untuk menganalisa 5 model struktur rangka baja 2D. Model struktur rangka baja yang sudah disiapkan akan dianalisa menggunakan program aplikasi FEM, dan kemudian hasil analisa tersebut akan dibandingkan dengan hasil analisa menggunakan program SAP2000 untuk mendapatkan prosentase perbandingan hasil analisa dari kedua program. Dari hasil analisa yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa analisa struktur menggunakan program aplikasi FEM memerlukan waktu yang lebih singkat daripada program SAP2000, serta prosentase perbandingan hasil analisanya untuk analisa displacement joint pada sumbu X antara 0 % sampai dengan 5,5482 %, sedangkan pada sumbu Y antara 0 % sampai dengan 5,5448 %. Untuk perbandingan hasil analisa member force adalah 0%. Untuk perbandingan hasil analisa joint reaction pada sumbu X dan Y adalah 0 %. Dan untuk perbandingan hasil analisa member stress adalah 0 %.
Desain PLC Dengan Sistem Proteksi Dua Conveyor Dyah Ratna Kusuma M; Puguh Dewantoro; Fahmi Fuadi M; Rizaldi Abdillah
INTER TECH Vol 1 No 1 (2023): INTER TECH
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Bhayangkara Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54732/i.v1i1.1018

Abstract

Conveyor atau mesin kompeyor merupakan peralatan sederhana yang dapat bergerak dari satu tempat ke tempat lain sebagai alat angkut barang tertentu untuk kapasitas kecil sampai besar. Conveyor dijadikan sebagai alat transportasi yang cepat dan efisien. PLC (Programmable Logic Controller) merupakan perangkat elektronika yang mengontrol proses sinyal input dan output (digital/analog) sebuah mesin.
Pengaruh Penambahan Crumb Rubber (Cr) Terhadap Parameter Marshall Pada Campuran Lapis Aspal Beton (LASTON) Untuk Lalu Lintas Sedang Anik Budiati
INTER TECH Vol 1 No 1 (2023): INTER TECH
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Bhayangkara Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54732/i.v1i1.1019

Abstract

Penggunaan karet ban bekas (Crumb Rubber) sebagai bahan tambah merupakan salah satu alternative untuk mengurangi penggunaan bahan aspal disamping mengurangi pencemaran lingkungan. Hadiwiyono (2012), meneliti pengaruh penambahan parutan ban karet terhadap marshall. Prosentase kadar aspal yang digunakan 7% sampai 9% aspal yang dicampur dengan 20%, 21% dan 22% serbuk karet ban bekas. Dari hasil uji stabilitas marshal didapatkan nilai optimun penetrasi dan daktilitas pada kadar aspal 7% dengan serbuk ban 22%, hasil uji penetrasi menunjukan angka rata-rata 65 memenuhi persyaratan SNI 06-2456-1991) dan nilai daktilitas rata-rata 68,1, nilai ini tidak memenuhi persyaratan SNI 2432-2011 (≥100 cm). Berdasarkan hal diatas didapatkan hasil bahwa penambahan CR mempunyai pengaruh yang dapat meningkatkan nilai Volumetrik dan Marshall . Hasi penelitian ini ini dilanjutkan dengan kadar CR yang berbeda, dan didapatkan hasil terbesar dari test volumetrik didapatkan nilai MQ 497,3 kg/mm pada varian nomor 11 dengan kadar aspal 5,8% dan CR 4%, nilai VIM 3,13% pada varian nomor 11 dengan kadar aspal 5,8% dan CR 4% dan nilai VMA 19,42% pada varian nomor 8 dengan kadar aspal 5,8% dan CR 3%. Dan untuk nilai terbesar test marshall didapatkan nilai stabilitas 1180,80 kg pada varian nomor 8 dengan kadar aspal 5,8% dan CR 3%, nilai flow 2,69 mm .Varian tersebut telah memenuhi spesifikasi SNI Bina Marga 2010 Rev 3 untuk lalu lintas sedang.
Produktivitas Tenaga Kerja Pada Pekerjaan Rangka Atap Baja Ringan Daerah Surabaya Muhammad Fachul Riski; Achmad Yulianto
INTER TECH Vol 1 No 1 (2023): INTER TECH
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Bhayangkara Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54732/i.v1i1.1020

Abstract

Baja ringan merupakan logam campuran jenis baja yang di dalamnya terdapat beberapa unsur metal, bahan ini setelah dingin dibentuk dengan melakukan proses ulang komposisi atom dan molekulnya sampai menjadi baja yang ringan dan fleksibel (Nugroho, 2015). Rangka atap baja ringan sudah banyak digunakan untuk mengganti rangka atap kayu, hal ini dilakukan untuk menghindari kerusakan material kayu karena adanya rayap. Sumber daya manusia merupakan salah satu faktor yang penting dalam menentukan produktivitas pekerjaan rangka atap baja ringan. Oleh karena itu dibutuhkan sumber daya manusia yang mempunyai kompetensi di bidangnya dalam pemasangan rangka atap baja ringan untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas pekerjaan tersebut. Untuk itu perlu dilakukan kajian untuk menentukan produktivitas pekerja pada pekerjaan rangka atap baja ringan. Dalam penentuan tingkat produktivitas tenaga pekerja pada pekerjaan atap baja ringan, dipilih beberapa proyek perumahan di kota Surabaya. Dari Hasil Uji T didapatkan nilai rata-rata produktivitas pekerja adalah 9,581 ± 1,716 pada uji satu sisi dengan tingkat keyakinan 95 % dan standar error 0,702, untuk nilai rata-rata LUR (Labor Utilization Rate) adalah 72,801 ± 2,303 pada uji satu sisi dengan tingkat keyakinan 95 % dan standar error 1,175.
Analisis Produktivitas Tenaga Kerja Pemasangan Dinding Bata Ringan Dengan Metode Work Sampling Pada Pembangunan Rusun Surabaya Bagus Dwipurwanto
INTER TECH Vol 1 No 1 (2023): INTER TECH
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Bhayangkara Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54732/i.v1i1.1021

Abstract

Pekerjaan pemasangan bata ringan merupakan pekerjaan yang paling membutuhkan waktu dan kerapian dalam bekerja. Dibutuh tenaga kerja yang terampil dan rapi pada saat pelaksanaan. Studi kasus ini dilakukan untuk mengetahui nilai produktivitas dan Labor Utilization Rate (LUR) pada Pembangunan Rusun Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah work sampling dengan observasi lapangan selama empat minggu. Hasil yang diperoleh dari rekapitulasi seluruh pengamatan ini ialah bahwa rata-rata nilai produktivitas pekerjaan pemasangan dinding bata ringan di Pembangunan Rusun Surabaya adalah 1.247 m²/orang-jamdengan nilai produktivitas yang diperoleh dari seluruh observasi berkisar antara 1.125 m²/orang-jam hingga 1.344 m²/orang-jam. Hasil dari analisis produktivitas pada pekerjaan pemasangan dinding bata ringan pada proyek pembangunan rusun di Kota Surabaya menunjukkan bahwa pekerjaan nampak telah dilakukan secara efektif, hal tersebut dapat dilihat dari presentase LUR yang lebih dari 50% yaitu sebesar 57.98%.
Studi Perilaku Sistem Dinding Geser Pelat Baja (Steel Plate Shear Wall) Dengan Menggunakan Modifikasi Reduce Beam Section (RBS) Dan Pelat Baja Mutu Rendah Mochamad Ridwan
INTER TECH Vol 1 No 1 (2023): INTER TECH
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Bhayangkara Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54732/i.v1i1.1022

Abstract

Dinding baja pelat geser atau Steal Plate Share Wall (SPSW) adalah struktur pendukung lateral dengan tiga elemen, yaitu pelat, balok atau pembatas horizontal, dan kolom atau pembatas vertikal. SPSW panel solid membutuhkan kolom dan balok yang besar untuk menahan gaya aksial dan momen guling yang terjadi. SPSW dengan RBS pada pelat baja dilakukan sedemikian rupa sehingga semua proses peleburan dan engsel plastis terjadi pada bagian RBS tersebut. Cara menambahkan RBS pada penampang balok adalah dengan mengurangi luas sayap pada jarak tertentu dari titik tumpuan. Selain itu, pengurangan luas permukaan juga memiliki efek mengurangi momen kolom dan mengendalikan deformasi inelastis kolom. Perangkat lunak Abagus 6.10 digunakan dalam produksi.
Analisis Hasil Pengujian Sondir Untuk Mengetahui Kapasitas Dukung Dan Penurunan Pondasi Tiang Pancang Dan Bore Pile Terhadap Variasi Dimensi Di Lokasi Ubhara Surabaya Agus Mahmudi
INTER TECH Vol 1 No 1 (2023): INTER TECH
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Bhayangkara Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54732/i.v1i1.1023

Abstract

Universitas Bhayangkara Surabaya akan melakukan perluasan bangunan dengan membangun bangunan yang sudah ada menjadi lebih luas, yakni pada gedung Graha Bhayangkara, langkah awal perencanaan adalah melakukan penyelidikan tanah dengan bantuan alat uji sondir. Data tanah yang diperoleh dari hasil uji sondir dianalisa untuk menjadi grafik sondir, dari grafik tersebut dilakukan analisa lanjutan yakni investigasi data tanah untuk mengetahui jenis tanahnya, dari jenis tanah akan dilakukan analisa daya dukung bore pile. Dari grafik sondir akan dilakukan analisis daya dukung pondasi tiang. Dan dari daya dukung pondasi akan dilakukan analisis penurunan pondasinya. Antara daya dukung tanah dan penurunan pondasi berhubungan erat dengan beban struktur bangunan yang dibangun diatasnya. Analisis dilakukan menggunakan metode Mayerhof dan metode Vesic. Dari hasil penelitian, untuk investigasi tanah jenis tanahnya lempung kelanauan sampai kedalaman 11 m, dan selebihnya jenis tanahnya adalah pasir kelanauan. Analisis daya dukung pondasi tunggal untuk tiang pancang berat daya dukungnya sebesar 39.912 kg dengan variasi diameter tiang menunjukkan semakin besar diameternya daya dukungnya semakin besar. Sedangkan penurunan yang terjadi sebesar 0,04 cm
Analisa Perbandingan Daya Dukung Pondasi Bored Pile Berdasarkan Data Sondir Dan Pile Driving Analyzer Test Pada Proyek Pengembangan Gedung J Universitas Kristen Petra Surabaya Agus Mahmudi; May Tirta Hartoni Putri; Tri Wardoyo
INTER TECH Vol 1 No 2 (2023): INTER TECH
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Bhayangkara Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54732/i.v1i2.1051

Abstract

ABSTRAK Daya dukung merupakan kemampuan tanah untuk memikul tekanan atau beban maksimum yang diizinkan untuk bekerja pada pondasi. Untuk menentukan daya dukung pondasi digunakan metode statis (sondir) dan metode dinamis (PDA Test). Penelitian ini menggunakan 4 metode berdasarkan data sondir yaitu Metode Aoki dan De Alencar, Metode Price dan Wardle, Metode Meyerhof, dan Metode Philipponnat. Metodologi pengumpulan data dilakukan dengan pengambilan data dari pihak proyek, serta melakukan penelitian kepustakaan. Lokasi pondasi boredpile yang digunakan dalam penelitian ini berlokasi di Gedung J – Universitas Kristen Petra Surabaya. Berdasarkan hasil penelitian ini didapatkan hasil dari perhitungan daya dukung berdasarkan data sondir yang paling mendekati dengan PDA Test. Hasil analisis memperlihatkan Daya Dukung Ultimate dari yang terendah dan yang tertinggi pada metode statis (data sondir) adalah Meyerhof (98,390 ton) dan Aoki dan De Alencar (34,943 ton) pada Titik S2 ; Meyerhof (91,333 ton) dan Aoki dan De Alencar (31,761 ton) pada Titik S4. Data uji PDA memberikan nilai daya dukung sebesar 93 ton pada Titik S2 dan 99 ton pada Titik S4. Nilai rasio antara uji sondir dan uji PDA yang paling mendekati nilai 1 adalah Metode Meyerhof sebesar 0,982 pada Titik S2 dan 0,993 pada Titik S4. Kata kunci : Daya dukung pondasi boredpile, sondir, dan PDA Test. ABSTRACT Bearing capacity is the ability of the soil to carry the maximum pressure or load that is allowed to act on the loudspeaker. To determine the carrying capacity, a static method is used based on sondir data and a dynamic method based on PDA Test data. This study used 4 methods based on sondir data, namely the Aoki and De Alencar Methods, the Price and Wardle Methods, the Meyerhof Methods, and the Philipponnat Methods. The data collection methodology is carried out by collecting data from the project, as well as conducting library research. The location of the boredpile loudspeakers used in this study is located on Jl. Siwalankerto No. 121-131 Surabaya to be precise in Building J – Petra Christian University Surabaya. Based on the results of this study, the results obtained from the calculation of carrying capacity based on sondir data are closest to the PDA Test. The results of the analysis of the disclosure of Ultimate Carrying Capacity from the lowest and highest on the static method (sondir data) are Meyerhof (98,390 tons) and Aoki and De Alencar (34,943 tons) at Point S2 ; Meyerhof (91,333 tonnes) and Aoki and De Alencar (31,761 tonnes) at Point S4. PDA test data gives a carrying capacity value of 93 tons at Point S2 and 99 tons at Point S4. The value ratio between the sondir test and the PDA test that is closest to the value of 1 is the Meyerhof method of 0.982 at Point S2 and 0.993 at Point S4. Keywords : Bored pile bearing capacity, Cone Penetration Test, and PDA Test.
Transformasi Pemantauan Energi: Kontrol Daya Listrik 3 Fasa Dengan Antarmuka Grafis Pengguna (GUI) Secara Langsung Erik Wahyu Pratama; Agus Kiswantono; Saidah
INTER TECH Vol 1 No 2 (2023): INTER TECH
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Bhayangkara Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54732/i.v1i2.1058

Abstract

Graphical user interface is a subset of HCI in the form of interaction between humans and machines through a graphical user interface. GUI is used by various fields of engineering, electronics, economics and even medicine. The development of graphic hardware has triggered various fields to visualize various models in order to increase knowledge. This systematic review aims to provide clear information about the influence of the graphical user interface on monitoring voltage, current, and frequency. Testing the ESP32 microcontroller that has been carried out shows that the output voltage at condition 1 averages a value of 3.5 V and when at condition 0, the output voltage is 0.38 V. Designing a 3-phase electricity monitoring system equipped with a power controller using a desktop application in real time, this is made for efficient use of electricity and control in electrical safety systems in an industry
Uji Eksperimental Kuat Tekan Beton K-300 Dengan Menggunakan Material Kali Oba Dan Substitusi Fly Ash (Abu Terbang Batu Bara) Budiman A. Majid; Dede Sumarna; Ilham Konong
INTER TECH Vol 1 No 2 (2023): INTER TECH
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Bhayangkara Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54732/i.v1i2.1059

Abstract

Kota Sofifi Provinsi Maluku Utara memiliki cukup banyak potensi dalam hal material baik agregat kasar dan halus yang digunakan dalam pencampuran beton, Salah satu tempat yang digunakan untuk mengambil material adalah Kali Oba, dengan bahan tambah Fly Ash PLTU Tidore. Penggnaan Fly Ash bertujuan mengurangi dugaan pencemaran udara oleh limbah bahan berbahaya dan beracun B3 dari hasil pembakaran batu bara dan juga di pergunakan sebagai bahan tambah pembuatan beton. Penilitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kuat tekan beton dengan bahan material kali oba dan substitusi fly ash dari PLTU Tidore serta pengaruhnya terhadap penggunaan semen. Variabel terikat adalah pengujian beton K-300 sebagai bahan uji beton normal dan variasi Fly ash. Pengujian di lakukan di laboraturium BPJN Maluku Utara sebanyak 20 benda uji kubus pada uumur 28 hari. Kuat tekan beton K 300 umur 28 hari sebesar 300 kg/m2. Sedangkan beton normal yang dicapai yaitu 273 kg/cm2, fly ash 10% yaitu 262 kg/cm2, fly ash 20% yaitu 235 kg/cm2, dan fly ash 30% yaitu 224 kg/cm2. Jadi penggunnaan Fly Ash sangat berpengaruh pada mutu beton, sehingga kualitasnya tidak memenuhi Kualifikasi Mutu Beton K300.

Page 1 of 2 | Total Record : 17