cover
Contact Name
Muhammad Nasri Katman
Contact Email
attawazun@uin-alauddin.ac.id
Phone
+6281333324689
Journal Mail Official
Muh.nasri@uin-alauddin.ac.id
Editorial Address
Jl. Sultan Alauddin No.63, Romangpolong, Kec. Somba Opu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan 92113
Location
Kab. gowa,
Sulawesi selatan
INDONESIA
AT TAWAZUN: Jurnal Ekonomi Islam
ISSN : -     EISSN : 27757919     DOI : https://doi.org/10.24252/attawazun.v3i2
Core Subject : Religion, Economy,
At Tawazun adalah jurnal ekonomi Islam yang fokus kajian tentang pemikiran ekonomi Islam yang mencakup beberapa bidang kajian seperti jual beli, sewa, gadai, bagi hasil, serta perkembangan transaksi ekonomi seperti jual beli e-commers. Sehingga jurnal ini diharapkan mampu memberikan khasanah pemikiran ekonomi Islam yang uptudate atau kekinian.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2022): APRIL" : 8 Documents clear
Peran Perempuan dalam Meningkatkan Ekonomi Rumah Tangga dengan Konsep Sibaliparriq (Studi Kasus di Desa Bala Kecamatan Balanipa Kabupaten Polewali Mandar)
AT TAWAZUN: Jurnal Ekonomi Islam Vol 2 No 1 (2022): APRIL
Publisher : Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/attawazun.v2i1.23448

Abstract

Kedudukan perempuan dalam sebuah rumah tangga secara umum memiliki wewenang dan tanggung jawab yang berbeda dari pria yang merupakan kepala rumah tangganya. Pemenuhan kebutuhan tangga merupakan tanggung jawab suami, baik hal pemenuhan kebutuhan ekonomi, pendidikan, dan tempat tinggal. Peran perempuan dalam kegiatan ekonomi keluarga dapat dilakukan melalui kegiatan membantu ekonomi rumah tangga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran perempuan dalam meningkatkan ekonomi rumah tangga dengan konsep sibaliparriq dan untuk mengetahui bagaimana peran konsep sibaliparriq terhadap peningkatan ekonomi rumah tangga. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara penulis dapat disimpulkan bahwa dengan adanya peran peran perempuan dapat meningkatkan ekonomi rumah tangga dan peran konsep sibaliparriq menjadikan baik kondisi ekonomi dan sosial masyarakat di Desa Bala menjadi lebih baik.
Analisis Komparatif Pemikir Ekonom Islam Muhammad Abdul Mannan Dan Yusuf Qardhawi Dalam Konsep Konsumsi
AT TAWAZUN: Jurnal Ekonomi Islam Vol 2 No 1 (2022): APRIL
Publisher : Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/attawazun.v2i1.26309

Abstract

ABSTRAK- Konsumsi merupakan seruan dari Allah kepada manusia untuk hidupnya di dunia ini agar dapat menjalankan perannya sebagai khalifah di bumi. Menurut Islam segala amal perbuatan manusia diatur secara umum pada syariah yang tertera dalam Al-Qur’an dan Hadist, maupun yang tidak terdapat pada keduanya, atau terdapat dari sumber-sumber lain yang diakui syari’ah. Islam mengatur bagaimana manusia bisa melakukan kegiatan konsumsi yang membawa guna bagi kemashlahatan hidupnya. Perilaku konsumsi yang sesuai dengan ketentuan Allah SWT dan Rasulullah SAW yang akan menjamin kehidupan manusia yang lebih sejahtera. Hasil penelitian ini memakai alasan bahwa Konsumsi adalah permintaan, kebutuhan konsumen, yang kini dan telah diperhitungkan sebelumnya, merupakan insentif pokok bagi kegiatan-kegiatan ekonominya sendiri Perbedaan antara ilmu ekonomi modern dan ekonomi Islam dalam konsumsi terletak pada cara pendekatannya dalam memenuhi kebutuhan seseorang. Islam tidak mengakui kegemaran materialistis dari pola konsumsi modern. penelitian ini pendekatan historis, yaitu yang artinya penelitian ini lebih mengarah ke biografi dan pemikiran tokoh baik yang masih hidup maupun yang sudah wafat.Kata kunci: Konsep Konsumsi, Muhammad Abdul Mannan, Yusuf Qardhawi, Relevansi
Pengelolaan dan Pemberdayaan Harta Benda Wakaf Berdasarkan Prinsip Maqashid Asy-Syariah (Studi Kasus Desa Pakatto Kabupaten Gowa)
AT TAWAZUN: Jurnal Ekonomi Islam Vol 2 No 1 (2022): APRIL
Publisher : Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/attawazun.v2i1.26949

Abstract

Masyarakat Desa Pakatto cenderung memberikan wakaf hanya berupa tanah dan peruntukkannya hanya untuk membangun sebuah masjid. Peran nazhir dalam mengelola dan memberdayakan harta benda wakaf berdasarkan prinsip Maqashid Asy-Syariah. Masalah pada penelitian ini adalah bagaimana pengelolaan dan pemberdayaan harta benda wakaf di desa Pakatto, bagaimana pengelolaan dan pemberdayaan harta benda wakaf berdasarkan prinsip Maqashid Asy-Syariah di desa Pakatto dan bagaimana pengelolaan dan pemberdayaan harta benda wakaf berdasarkan prinsip Maqashid As-Syariah menyangkut kesejahteraan umat di desa Pakatto. Adapun tujuan untuk mengetahui pengelolaan dan pemberdayaan harta benda wakaf di desa Pakatto berdasarkan prinsip Maqashid Asy-Syariah di desa Pakatto dan pengelolaan dan pemberdayaan harta benda wakaf berdasarkan prinsip Maqashid As-Syariah menyangkut kesejahteraan umat di desa Pakatto. penelitian ini merupakan jenis penelitian Kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dengan sumber data primer (informan penelitian) dan sumber data sekunder. Pengumpulan data dalam penelitian kali ini dilakukan melalui kegiatan observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian adalah nadzir wakaf dari beberapa masjid di desa Pakkato. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah, Reduksi Data (Data Reduction), Penyajian Data (Data Display), Penarikan kesimpulan (Conclusion Drawing/Verification). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan dan pemberdayaan harta benda wakaf di Desa Pakatto belum mampu memenuhi lima prinsip  Maqashid Syariah dalam kaitannya dengan peran nazir dalam mengelola dan memberdayakan harta benda wakaf yang produktif. Pengelolaan wakaf di Desa Pakatto telah mampu meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang cukup baik karena masyarakat mampu berinteraksi sosial dengan baik.
PENGETAHUAN OWNER ONLINE SHOP TENTANG PRAKTEK JUAL BELI FOLLOWERS DI INSTAGRAM DALAM PANDANGAN ISLAM
AT TAWAZUN: Jurnal Ekonomi Islam Vol 2 No 1 (2022): APRIL
Publisher : Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/attawazun.v2i1.27127

Abstract

Penelitian tentang “Pengetahuan Owner Online Shop Tentang Praktek Jual Beli Followers Di Instagram Dalam Pandangan Islam”, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengetahuan owner online shop tentang praktek jual beli followers serta pandangan Islam dalam praktek jual beli followers di instagram. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan menggunakan metode wawancara dan dokumentasi dengan pendekataan deskriptif. Informan dari penelitian ini adalah owner online shop, akademisi, majelis ulama Indonesia (MUI) Makassar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan owner tetang jual beli followers hampir semua owner online shop mengetahui bagaimana mekanisme transaksi jual beli followers, namun mengenai kekurangan dan kelebihan jual beli followers dilihat dari sisi agama masih sangat kurang pemahaman. Sedagkan jual beli followers dalam pandangan Islam itu dilarang karna lebih banyak mudarat nya dari pada manfaat nya, di dalam jual beli followers juga tidak memenuhi syarat dan rukun jual beli. Jual beli followers termasuk gharar, bai najasy karna ada kebohongan penawaran, diantaranya followers yang digunakan dalam transaksi jual beli kebayakan akun robot/ fake, atau terkadang satu orang mengelola lebih dari beberapa akun.
Relasi Pola Kemitraan Petani dan PT. Bumi Surya Selaras Dalam Meningkatkan Pendapatan Petani Kakao Di Kabupaten Polewali Mandar Dalam Perspektif Ekonomi Islam
AT TAWAZUN: Jurnal Ekonomi Islam Vol 2 No 1 (2022): APRIL
Publisher : Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/attawazun.v2i1.27159

Abstract

Al Hadi, H. Abu Azam. Fikih Muamalah Kontemporer. Cet. I, Depok: Rajawali Pers, 2017. Amar, Faozan. Juli 2016. Ekonomi Islam (Suatu Pengantar). Jakarta: Uhamka Press. Fidyansari, Dharma dkk. 2016. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Petani Kakao Bermitra Dengan PT. Mars. Jurnal Perbal, Universitas Cokroaminoto Palopo, Vol. 4, no. 2. Harun. Fiqh Muamalah. 2017. Surakarta: Muhammadiyah University Press,, 2017. Hasan, Akhmad Farroh. “Fikih Muamalah (Klasik hingga Kontemporer). Cet, I; Malang: UIN Maliki Pers. 2018. http://bss-polewali.store https://www.polewaliterkini.net/2017/08/wisatawan-jepang-kunjungi.html Huda, Nurul dkk. 2009. Ekonomi Makro Islam. Jakarta: Prenada Media Group. 2009. Kementerian Agama RI. Mushaf al-Qur’an (al-Qur’an Hafalan, Terjemah, Penjelasan Tematik Ayat. Jakarta: Pustaka Fadilah. 2012. Mardani. 2017. Aspek Hukum Lembaga Keuangan Syariah di Indonesia. Prasetyo, Bayu Aji dkk. 2018. Analisis Kemitraan Peternak Sapi Perah Dengan KUD ‘Mitra Bhakti Makmur’ Untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat (Studi Pada Desa Donowarih, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang). Jurnal Litbang Kebijakan, Vol. 12, no 1. 15. Rahman, Afzalur. 1995. Doktrin Ekonomi Islam. Jakarta: Dana Bakti Wakaf, 1995. Saputra, Gustian Riadi Saputra. Februari 2019. Kemitraan Pengelolaan Pariwisata Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Tasikmalaya Tahun 2017 (Studi Kasus Objek Wisata Gunung Galunggung Kabupaten Tasikmalaya). Jurnal Ilmu Pemerintahan. Vol. 3, no 2. 305-306. Shihab, M Quraish. Tafsir Al-Misbah. Jilid 7. Cet. I; Jakarta: Lentera Hati, 2002. Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1988. Utami, Sri dkk. Februari 2015. Evaluasi Pola Kemitraan Usaha Tani Tebu (Studi Pada PTPN (Persero) PG. Pesantren Baru Kediri). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 2, no 2. 4. Wahyono, Budi. 2017. Analisis Faktor-Faktor Mempengaruhi Pendapatan Pedagang di Pasar Bantul. Yogyakarta: UNY Yogyakarta, Fakultas Ekonomi. 33.
The Effect of Religiosity and Pocket Money on Rational Consumption Patterns
AT TAWAZUN: Jurnal Ekonomi Islam Vol 2 No 1 (2022): APRIL
Publisher : Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/attawazun.v2i1.27733

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui religiusitas dan uang saku terhadap pola konsumsi rasional Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis kuantitatif dengan mengunakan analisis regresi linear berganda. Sumber data yang digunakan adalah data primer. Data primer ini didapatkan dari angket yang di bagikan kepada responden yaitu mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin Makassar. Adapun sampel dalam penelitian ini berjumlah 97 mahasiswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa religiusitas berpengaruh positif dan signifikaan terhadap pola konsumsi rasional sedangkan uang saku berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap pola konsumsi rasional.
Efektifitas Strategi Fundraising Berbasis Online (Studi Kasus: Wahdah Inspirasi Zakat Kota Makassar)
AT TAWAZUN: Jurnal Ekonomi Islam Vol 2 No 1 (2022): APRIL
Publisher : Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/attawazun.v2i1.28661

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas strategi fundraising berbasis online di Wahdah Inspirasi Zakat Kota Makassar, penelitian ini juga ingin mengetahui bagaimana pelaksanaan dan juga seberapa efektif penerapan strategi fundraising berbasis online di Lembaga Wahdah Inspirasi. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan sosiologi, sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder, selanjutnya metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan kepustakaan. Uji keabsahan data yang digunakan ialah metode triangulasi, reduksi data, penyajian data yang selanjutnya melalukan penarikan kesimpulan, pengujian keabsahan data dengan melakukan metode triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya pelaksanaan strategi fundraising online di Wahdah Inspirasi Zakat kota makassar memiliki beberapa fitur yang menarik yang mampu memikat hati masyarakat untuk menjadi donatur tetapnya dan juga dengan adanya penghimpunan dana berbasis online ini mampu meningkatkan penghimpun dananya di tiga tahun belakangan ini walaupun di tengah pendemi covid 19 yang mengakibatkan ruang gerak masyarakat menjadi terbatas.
Pengaruh Dana Pihak Ketiga (DPK), Financial Deposit Ratio (FDR) dan Net Performing Finance (NPF) Terhadap Pembiayaan Mudharabah Bank Syariah Mandiri Indonesia
AT TAWAZUN: Jurnal Ekonomi Islam Vol 2 No 1 (2022): APRIL
Publisher : Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/attawazun.v2i1.28677

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji dan melakukan analisis pengaruh Dana Pihak Ketiga (DPK), Financial Deposit Ratio (FDR), Net Performing Finance (NPF) terhadap pembiayaan Mudharabah. Sumber data penelitian adalah data sekunder dimana metode pengumpulan data menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif atau hubungan antara variabel yang diteliti. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa secara simultan Dana Pihak Ketiga, Financing to Deposit Ratio, dan Non Performing Financing berpengaruh secara simultan terhadap pembiayaan mudharabah pada Bank Syariah Mandiri. Selanjutnya, Dana Pihak Ketiga berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembiayaan mudharabah pada Bank Syariah Mandiri. Financing to Deposit Ratio berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembiayaan mudharabah pada Bank Syariah Mandiri. Selain itu, Non Performing Financing berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembiayaan mudharabah pada Bank Syariah Mandiri.

Page 1 of 1 | Total Record : 8