cover
Contact Name
Dadang Juandi
Contact Email
dadang.juandi@upi.edu
Phone
-
Journal Mail Official
sigmadidaktika@upi.edu
Editorial Address
Ruang Publikasi, Lantai 3, Gedung FPMIPA A (JICA), Universitas Pendidikan Indonesia Jl. Dr. Setiabudhi No. 229, Bandung 40154 Jawa Barat - Indonesia.
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
SIGMA DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Matematika
ISSN : 22527435     EISSN : 29873894     DOI : -
Core Subject : Education,
Diterbitkan sejak Juli 2012 oleh Program Studi Pendidikan Matematika - Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam - Universitas Pendidikan Indonesia, bekerja sama dengan Himpunan Peneliti dan Pendidik Matematika Indonesia (HiPPMI). Terbit dua kali setahun pada bulan Januari dan Juli. Dalam satu volume terdapat dua nomor berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian dan atau pembelajaran dalam bidang pendidikan matematika.
Articles 3 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2018)" : 3 Documents clear
ANALISIS HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN MATEMATIKA DENGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA Endang Istikomah; Ratu Sarah Fauziah; Edi Irawan; Mahmudin Mahmudin
SIGMA DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 6, No 1 (2018)
Publisher : SIGMA DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/sigmadidaktika.v6i1.48409

Abstract

This study aims to analyze the relationship between mathematical anxiety, and students' mathematics learning outcomes. This research is a correlational study using linear correlation and multiple linear correlation. Data analysis was carried out using the SPSS 21 program. Data was taken from 113 respondents who were students of the Mathematics Education Study Program 2017/2018 school year. The independent variable in this study is mathematical anxiety (X) and the dependent variable is students' mathematics learning outcomes (Y). The results of the study showed that there was a relationship between mathematics anxiety and the mathematics learning outcomes of the sixth semester students in the MNA subject with a significance level of  0. 001 and the R value was 0.299.
ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA SMP KELAS IX DITINJAU DARI GAYA BELAJAR Hermanto Hermanto
SIGMA DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 6, No 1 (2018)
Publisher : SIGMA DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/sigmadidaktika.v6i1.51400

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematika siswa kelas IX SMP Negeri 3 Wawotobi dengan gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Responden dalam penelitian ini adalah sebanyak 6 orang siswa dengan masing-masing 2 orang untuk setiap gaya belajar yang dipilih berdasarkan hasil angket gaya belajar dan pertimbangan guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, tes, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan ini adalah model Miles and Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil temuan berdasarkan analisis data menunjukkan: 1) Kemampuan literasi matematika siswa visual masih rendah pada kompetensi komunikasi, representasi serta penalaran dan argumen dan lebih unggul pada kompetensi matematisasi, merancang strategi, penggunaan simbol, bahasa formal dan penggunaan operasi. 2) Kemampuan literasi matematika siswa auditorial masih rendah pada kompetensi representasi, penalaran dan argumen, dan unggul dalam kompetensi komunikasi, matematisasi, merancang strategi, dan penggunaan simbol, bahasa formal dan penggunaan operasi. 3) Kemampuan literasi matematika siswa kinestetik unggul dalam kompetensi penggunaan simbol, bahasa formal dan penggunaan operasi dan masih rendah pada kompetensi komunikasi, matematisasi, representasi, penalaran dan argumen, serta merancang strategi.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SMP KELAS VII rani sugiarni; Iqbal Rizki Maulana
SIGMA DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 6, No 1 (2018)
Publisher : SIGMA DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/sigmadidaktika.v6i1.51732

Abstract

Abstrak. Penelitian ini dilatar belakangi karena rendahnya pemahaman matematis siswa SMP. Untuk meningkatkan pemahaman matematis, perlu diadakan penelitian menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatan pemahaman matematis siswa SMP lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional, mengetahui sikap siswa terhadap pembelajaran menggunakan Jigsaw. Metode penelitiannya adalah Quasi Eksperimen dengan Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilakukan di salah satu SMP Negeri yang ada di daerah cianjur dan dilaksanakan pada tanggal 04 Maret 2016 sampai dengan 08 April 2016. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VII SMP. Pengambilan sampel dilakukan secara nonprobability sampling dengan teknik sampling purposive diperoleh kelas VII A sebagai kelas kontrol dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument tes berupa soal uraian dan instrument non tes berupa angket skala sikap. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji perbedaan / persamaan dua rata-rata, dan presentase skala sikap. Hasilnya, peningkatan pemahaman matematis siswa SMP dengan  Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw lebih baik dibandingkan dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional, sikap siswa positif terhadap pembelajaran menggunakan Jigsaw.Abstract. This research is motivated by the low mathematical understanding of junior high school students. To improve mathematical understanding, it is necessary to conduct research using the Jigsaw-type cooperative learning model. This study aims to determine whether the application of the Jigsaw Type Cooperative Learning Model can improve the mathematical understanding of junior high school students better than conventional learning models, to determine students' attitudes toward learning using Jigsaw. The research method is Quasi Experiment with a Nonequivalent Control Group Design. This research was conducted in one of the public junior high schools in the Cianjur area and was carried out on March 4, 2016, to April 8, 2016. The population is all seventh-grade students of SMP. Sampling was done by non-probability sampling with purposive sampling technique obtained class VII A as the control class and class VII B as the experimental class. Data collection was carried out using a test instrument in the form of description questions and a non-test instrument in the form of an attitude scale questionnaire. Data analysis used normality test, homogeneity test, difference/similarity test of two averages, and percentage of an attitude scale. As the result, the increase in the mathematical understanding of junior high school students with the application of the Jigsaw Cooperative Learning Model is better than those using conventional learning models, and students' attitudes are positive towards learning using Jigsaw.

Page 1 of 1 | Total Record : 3