cover
Contact Name
Endah Retnowati
Contact Email
jurnal_pmat@uny.ac.id
Phone
+6288238794975
Journal Mail Official
jurnal_pmat@uny.ac.id
Editorial Address
Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Pedagogi Matematika
ISSN : -     EISSN : 29874386     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pedagogi Matematika ini menerbitkan karya-karya ilmiah dalam bentuk artikel hasil penelitian empiris, hasil kajian sistematik, resensi jurnal, atau letter-to-editor di bidang pendidikan matematika. Ruang lingkup jurnal ini adalah pendidikan matematika, termasuk pembelajaran, kurikulum, media, teknologi, siswa, guru dan tenaga kependidikan, evaluasi, penilaian, pengembangan, dan kebijakan yang berkaitan dengan mata pelajaran matematika.
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 3 (2023): Jurnal Pedagogi Matematika" : 4 Documents clear
LKPD BERBANTUAN GEOGEBRA BOOK MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH Sri Devi Eka Yuliyanti; Nur Hadi Waryanto
Jurnal Pedagogi Matematika Vol 9, No 3 (2023): Jurnal Pedagogi Matematika
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpm.v9i3.18566

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbantuan Geogebra Book dengan pendekatan kontekstual pada materi segitiga dan segiempat untuk peserta didik kelas VII SMP dan berorientasi pada kemampuan pemecahan masalah yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu model pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahapan pokok, yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu kelas di SMP Negeri yang berlokasi di Kabupaten Sleman. Data pada penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik tes dan non – tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbantuan Geogebra Book dengan pendekatan kontekstual yang dikembangkan memenuhi kriteri valid, praktis dan efektif.
DESKRIPSI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP Anggun Gestiani; Endang Listyani
Jurnal Pedagogi Matematika Vol 9, No 3 (2023): Jurnal Pedagogi Matematika
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpm.v9i3.18113

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa salah satu SMP di Kota Lahat. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif-kualitatif. Sampel dalam penelitian ini diambil 88 siswa kelas VIII. Pengumpulan data yang digunakan adalah instumen tes tertulis dan wawancara. Setelah dilakukan tes tertulis, dipilih subjek untuk diwawancara. Pemilihan subjek wawancara berdasarkan hasil tes tertulis kemampuan berpikir kreatif matematis dan Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif (TKBK) siswa. Analisis data yang dilakukan yaitu (1) Reduksi data, (2) Penyajian data dan (3) Penarikan simpulan (verifikasi). Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa salah satu SMP di Kota Lahat masih sangat rendah dengan rata-rata persentase 20%. Dari 88 siswa yang menjadi sampel, 30 siswa berada di TKBK level 0 (Tidak Kreatif), 35 siswa berada di level 1 (Kurang Kreatif), 19 siswa berada di level 2 (Cukup Kreatif) dan 4 siswa berada di level 3 (Kreatif) serta tidak ada siswa yang berada di level 4 (Sangat Kreatif). (2) Rata-rata persentase tertinggi ada pada indikator fleksibelitas yaitu 39%, indikator kefasihan 33% dan indikator terendah ada di indikator kebaruan yaitu rata-rata persentasenya 15%. (3) Rendahnya kemampuan berpikir kreatif matematis pada siswa disebabkan siswa kurang latihan mengerjakan soal-soal yang memiliki indikator kemampuan berpikir kreatif matematis sehingga masih kurang dalam memahami maksud soal.
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA PADA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA KELAS VII SMP Kartika Puspaningrum; Ali Mahmudi
Jurnal Pedagogi Matematika Vol 9, No 3 (2023): Jurnal Pedagogi Matematika
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpm.v9i3.18322

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Creative Problem-Solving dan pendekatan saintifik pada materi segiempat dan segitiga ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif matematis dan kepercayaan diri siswa Jenis penelitian yaitu eksperimen semu dengan desain pretest-posttest Control Group. Populasi penelitian ini siswa kelas VII salah satu SMP di Kabupaten Banyumas tahun ajaran 2021/2022. Sampel penelitian kelas VII D (eksperimen) dan kelas VII E (kontrol). Instrumen penelitian adalah tes kemampuan berpikir kreatif matematis dan angket kepercayaan diri siswa yang diberikan sebelum dan setelah pembelajaran. Kesimpulan penelitian ini yaitu model pembelajaran Creative Problem-Solving pada materi segiempat dan segitiga efektif sedangkan pendekatan saintifik tidak efektif ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif matematis dan kepercayaan diri siswa.Kata Kunci: creative problem solving, saintifik, kemampuan berpikir kreatif matematis, kepercayaan diri siswa, segiempat dan segitiga
PEMBELAJARAN BANGUN RUANG DALAM GOAL-FREE PROBLEMS SECARA KOLABORATIF Kirana Octaviola; Endah Retnowati
Jurnal Pedagogi Matematika Vol 9, No 3 (2023): Jurnal Pedagogi Matematika
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpm.v9i3.18382

Abstract

Bangun ruang sisi datar termasuk kompetensi pembelajaran dengan tingkat kompleksitas tinggi. Maka dari itu, untuk memaksimalkan membangun konsep dan pengetahuan peserta didik kompetensi pembelajaran bangun ruang sisi datar disajikan dengan memperhatikan kapasitas working memory. Berdasarkan teori muatan kognitif metode goal-free problems dalam penyajian masalah diduga dapat meminimalisir cognitive load dalam pembelajaran matematika khususnya pada bangun ruang sisi datar. Penelitian ini menguji dan mengkaji keefektifan pembelajaran bangun ruang sisi datar dengan goal-free problems secara kolaboratif yang ditinjau dari kemampuan transfer dan muatan kognitif. Penelitian ini menggunakan desain true eksperimen desain satu jalur: 2 strategi pembelajaran (kolaboratif vs. individu), sehingga terbentuk dua kelompok eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII di sebuah SMP Negeri di Banyuwangi. Pengambilan sampel dilakukan secara convenience sampling, dan diperoleh dua kelas berjumlah 64 peserta didik dan dilakukan randomisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: teknik penyajian goal-free problems dengan strategi kolaboratif pada materi geometri terutama pada bangun ruang efektif ditinjau dari kemampuan retensi dan transfer. Pembelajaran yang disajikan dalam goal-free problems dengan strategi kolaboratif pada materi geometri terutama pada bangun ruang ditinjau dari muatan kognitif tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara kelompok kolaboratif dan individu, dikarenakan tidak terdapat efek interaksi.

Page 1 of 1 | Total Record : 4