cover
Contact Name
Azuwandri
Contact Email
azuwandri24@gmail.com
Phone
+6282289598493
Journal Mail Official
azuwandri24@gmail.com
Editorial Address
Jl. Cimanuk KM. 6,5 Kota Bengkulu.
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
Jurnal Administrasi Bisnis Nusantara
ISSN : -     EISSN : 28281136     DOI : 10.56135
Jurnal Administrasi Bisnis Nusantara was first published in January 2022 and is published twice a year, in January and July. The editor invites writers and researchers to contribute research articles or conceptual articles in the field of Administration and Business. The editor has the right to change or improve the writing that is published as long as it does not interfere with the intent and content. The opinions expressed in this journal are entirely those of the authors of the articles or do not necessarily reflect the opinions of the publishers and editors.
Articles 30 Documents
Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Pembelian Pelanggan Tiara Santika; Ovita Ovita; Azuwandri Azuwandri
Jurnal Adminitrasi Bisnis Nusantara Vol 1 No 1 (2022): Januari
Publisher : STIA Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sebarapa besar pengaruh bauran pemasaran terhadap pembelian pelanggan baik secara parsial maupun secara simultan dan manakah dari variabel bauran pemasaran yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian dan pelanggan. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari responden yang pernah menggunakan atau sedang menggunakan surat kabar atau pun iklan . Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bauran pemasaran yang terdiri dari pelanggan, harga,distribusi/tempat dan promosi secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian pelanggan . Secara parsial, hanya harga dan distribusi/tempat yang berpengaruh signifikan terhadap keputusa pembelian produk atau pun berlanganaan pada pelanggan di rakyat bengkulu (RB). harga merupakan variable yang paling dominan pengaruhnya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bauran pemasaran yaitu surat kabar dan iklan , harga, distribusi/tempat dan promosi mampu mempengaruhi konsumen untuk membuat keputusan berpelanggan
Analisis Strategi Promosi pada PT. Astra Honda Motor Dhea Putri Lestari; Gustini Gustini; Ovita Charolina
Jurnal Adminitrasi Bisnis Nusantara Vol 1 No 1 (2022): Januari
Publisher : STIA Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi promosi di PT. Asra Honda Motor. Peneliti juga melakukan metode deskriptif kualitafif yaitu dengan cara pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Strategi promosi di PT.AHM ialah: (1). Promosi akhor bulan, (2).promosi potongan angsuran, (3). Dan promosi hari-hari besar. Dengan menggunakan media Periklanan, Personal Selling, Publisitas, Sales promotion, dan Direct Marketing.Dan dapat diisimpulkan berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa cara dan pelaksanaan strategi promosi pada PT.Astra Honda Motor dengan media-media Periklanan, Personal Selling, Publisitas, Sales promotion dan direct marketing lebih efektif dan meningkatkan pelanggan maupun penjualan
Dampak “Positif” Covid 19 terhadap Peningkatan Ekonomi Warga di Perumnas Tebak Rapak Melalui Usaha Rumahan edwarman edwarman; Muhamammad Bima Eka Putra
Jurnal Adminitrasi Bisnis Nusantara Vol 1 No 1 (2022): Januari
Publisher : STIA Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this study is to determine the positive impact of covid 19 on improving the economy of the community, especially in Tebak Rapak housing estate. Many obstacles are quite heavy and for a long time that all humanity has to overcome, which is the Covid19 pandemic.. The first information about the emergence of this pandemic came from China. According to the Chinese government, the origin of the virus that causes Covid19 came from a wet market selling animals commonly eaten by Chinese people such as mice, bats, etc. (Handayani, 2020: 120). Ultimately, this virus spreads and kills human souls, social systems, economies and others. This study uses descriptive method with qualitative approach to obtain data and information. The researchers will try to analyze data obtained from multiple sources to see how the community's economy has performed during the pandemic, especially in terms of the impact that communities, especially residents residents of the Tebak Rapak complex feel. The researchers used four techniques to analyze the data, namely observation, interview, document, and then the data from observations, interviews and documents will be triangulated. The result of this study is that facing article 19, the community can gain positive impacts: 1) from the economic sector where housewives achieve economic improvement: through activities Promising home businesses are businesses that can be run from home without the need to work outside. 2) You do not need to have a large capital, nor do you need to rent a store, you can sell because this can be your home business. 3) You don't need to meet many people in person, so you can still use government-recommended health care protocols, reducing the spread of the COVID19 virus
Analisis Lingkungan Kerja Dan Pengawasan Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Kantor Camat Talang Empat Kabupaten Bengkulu Tengah By Kasdi; Rudi Hartono
Jurnal Adminitrasi Bisnis Nusantara Vol 1 No 1 (2022): Januari
Publisher : STIA Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The aim of this research is to determine the relationship between work environment and job satisfaction of office workers in Talang Empat district in Bengkulu Tenga province and determine the relationship between supervision and job satisfaction. office workers from Talang Empat District to Bengkulu Central District Party Committee. Nowadays, the management aspect of an organization is necessary to achieve the goals of the organization optimally. Monitoring is one of the management functions that must be performed to ensure that the implementation of activities is in accordance with the established plans to achieve the objectives. In addition to trying to create a good working environment for employees working there, creating a feeling of comfort and enjoyment for employees, this can be seen by the existence of adequate and clean facilities. in the workplace and colleagues can support each other and can communicate well to increase employee job satisfaction The type of research used is explanatory research. Research results on the relationship between work environment and employee job satisfaction with the Spearman rank correlation value of 0.692 is a close relationship because it is in the range of 0.600 0.799 and the hypothesis test the theory has a significant value of 0.002 etlt; 0.05 H01 Rejected Ha1 Accepted This means that work environment has a significant relationship with job satisfaction of Talang Empat District Headquarters, Bengkulu District Center. Although the results of the study show that there is a significant relationship between supervision and employee job satisfaction with a Spearman rank correlation value of 0.750, this is a close relationship because it is located in the range of 0.600 0.799 and hypothesis testing is known to have a value of 0.001 etlt; 0.05 for H02 is eliminated. Ha2 is accepted
Pegaruh Partisipasi Anggota Terhadap Keberhasilan Koperasi Simpan Pinjam Di Desa Pengurung Kabupaten Kaur Samsul Akmal; By Kasdi
Jurnal Adminitrasi Bisnis Nusantara Vol 1 No 1 (2022): Januari
Publisher : STIA Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

With the development of business activities, so that the management of cooperatives is carried out professionally, it will be even greater. Professional management requires the existence of a good accountability system and relevant and reliable information for decision-making in planning and controlling cooperatives. One of these efforts is the development of the information system needed to grow cooperatives through accounting, in particular formulating financial accounting standards for cooperatives in the preparation of their financial statements. To measure the success of cooperatives, it is necessary to have a participation test and a market test, both of which illustrate that cooperatives must have a potential competitive advantage with others. capacity building and the role of cooperatives in Pengurung Village, Kinal District, Kaur Regency. in accordance with the interests of society in general, and the interests of members in particular
Kinerja Operator Dalam Penerapan Sidalih di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkulu Tengah Yendi Burdady; Faridah Faridah; Ovita Charolina
Jurnal Adminitrasi Bisnis Nusantara Vol 1 No 2 (2022): Juli
Publisher : STIA Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penggunaan teknologi informasi sangat dibutuhkan dalam membantu mencapai tujuan organisasi. Pada sektor pemerintahan untuk mendukung kinerja operasional, salah satu upaya yaitu dekembangkannya sistem informasi terintegrasi dalam lingkup tertentu yang menghubungkan pengolaan sistem informasi antar unit, bagian atau tempat dengan memanfaatkan akses internet. Untuk mendukung kegiatan pemerintah tersebut maka lembaga KPU mempersiapkan sebuah sistem berbasis teknologi  yang digunaka yaitu Sistem Informasi Data Pemilih di KPU. Pada sistem sidalih ini proses yang paling sering dilakukan adalah proses pemutakhiran data yang tugasnya adalah untuk membersihkan data invalid dan menghindari data pemilih ganda yang selama ini menjadi beban dalam setiap pemilu dan pemilihan karena begitu banyak data yang harus operator input. Mulai dari daftar data pemilih, menyimpan, pemutakhiran data, daftar pemilih sementara, daftar pemilih hasil perbaikan dan daftar pemilih tetap.Hasil penelitian menggambarkan bahwa kinerja Operator dalam penerapan sidalih di Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bengkulu Tengah ditinjau dari aspek disiplin kerja, stress kerja, kepemimpinan dan lingkungan kerja berjalan dengan baik, dan Faktor penghambat dari kinerja operator dalam penerapan sidalih di Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bengkulu Tengah yaitu masih terdapatnya kendala pengambilan data dari desa yang melibatkan PPS dan PPK dari setiap desa yang di kumpulkan melalui PPK, pekerjaan pemutakhiran data pemilih ini memiliki  waktu di tahapan pemilu yang jelas sehingga membutuhkan kerjasama yg baik antar jajaran petugas di bawah, selain itu kendala juga ada di aplikasi sidalih itu sendiri yang sering mengalami eror pada saat pengoperasianya secara bersamaan.
Manajemen Bumdes Merpas Berjaya Pada Pengelolaan Pantai Laguna Untuk Meningkatkan Pendapatan Asli Desa Merpas Kecamatan Nasal Kabupaten Kaur Sudriyanti Putri
Jurnal Adminitrasi Bisnis Nusantara Vol 1 No 2 (2022): Juli
Publisher : STIA Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pandemi Covid-19 mempengaruhi kebiasaan hidup dan perekonomian secara luar biasa, Pandemi Covid-19 menimbulkan efek negatif dari masalah kesehatan, sosial dan berlanjut ke ekonomi baik level nasional  maupun level internasional. Pembatasan kegiatan yang sangat ketat yang diikuti dengan pola hidup yang berubah tersebut membuat masyarakat stress dan bosan. Sehingga mencari suasana baru untuk menenangkan tekanan tekanan yang ada. Keinginan liburan tanpa banyak bertemu orang lain pun mengubah tren layanan paket wisata,wisatawan mencari tempat wisata yang baru yang belum ramai dikunjungi banyak orang, wisatawan lebih mencari tempat wisata yang alami, terbuka, memiliki ruang gerak untuk jaga jarak yang cukup serta mencari tempat wisata baru dan pantai adalah salah satu alternative berlibur yang tepat dimasa pandemic ini. Desa Merpas memiliki destinasi wisata bahari yang indah yakni pantai Laguna. Sebagai lembaga perekonomian di desa Merpas BUMdes Merpas Berjaya diharapkan dapat efektif membangun pariwisata desa berbasis komunitas, sehingga dapat meningkatkan daya saing potensi wisata pantai Laguna serta meningkatkan angka kunjungan pantai Laguna. Hal ini akan menjadi efek domino dalam meningkatkan taraf ekonomi masyarakat Desa Merpas. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui manejemen BUMDEs Merpas Berjaya pada pengelolaan pantai Laguna dalam meningkatkan Pendapatan asli Desa Merpas. Jenis metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif,yaitu tipe penelitian menggunakan metode wawancara atau observasi secara mendalam ke subjek penelitian. Hasil penelitian menggambarkan bahwa manejemen BUMDes sudah berjalan tetapi belum terlaksana dengan baik denganberbagai kekurangan BUMDEs, Belum Memahami Wewenang Desa dalam pengelolaan BUMDes dan Lemahnya Kemampuan Manajerial baik dari pimpinan BUMDes itu sendiri maupun unsur pendukung lainnya. Dari awal berdirinya BUMDes Merpas Berjaya unit kepariwisataan telah menyumpang sebanyak Rp 15.000.000 untuk pendapatan asli desa dengan rentan waktu Januari – Mei 2022.
Strategi Manajemen KPSPAMS Tirta Mulya Dalam Penerapan Iuran Pelanggan Air Minum Untuk Desa Keberlanjutan PAMSIMAS Rudi Hartono
Jurnal Adminitrasi Bisnis Nusantara Vol 1 No 2 (2022): Juli
Publisher : STIA Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Achieving the SDG's target of providing access to drinking water for the entire community requires effort and hard work from the government. Several drinking water infrastructure development programs have been launched by the government to meet basic service needs for the community, especially in rural areas. However, in the development phase of the construction phase, the developed Village SPAM experienced different developments. This study aims to determine the sustainability of the community based rural drinking water supply system and the factors that influence it sustainability of the system. This research uses a qualitative approach with a case study method. The research design used is an olistic multicase study with two research villages, namely Piji Village and Gintungan Village. The results of the Continuation of SPAM in Mekar Jaya Village since 2017 have become part of one of the BUMDES business units in Mekar Jaya Village. Home connected services have grown from SR 50 at the start of operations to SR 235 in 2018. And in inkind since PAMSIMAS 1 support from HID and PAMSIMAS III. Likewise, they also accept that the residents are willing to pay the water usage fee of Rp. 1.500/m3 and a management fee of Rp. 2,000/month. The community did not object because they considered it the amount of water they received.
Pengaruh Disiplin Kerja, Pendidikan dan Pelatihan Terhadap Pegawai Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kaur By Kasdi; Edwarman Edwarman
Jurnal Adminitrasi Bisnis Nusantara Vol 1 No 2 (2022): Juli
Publisher : STIA Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk Mengetahui dan Menganalisis Pengaruh Kinerja Pegawai Badan Penanggulangan Bencana Daerah Terhadap Pelatihan di Kabupaten Kaur, Kinerja Pegawai Badan Penanggulangan Bencana Daerah Terhadap Pendidikan dan Pelatihan di Kabupaten Kaur. Sampel penelitian 47 Orang yaitu Seluruh Pegawai di BPBD kabupaten kaur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya variable signifikan dan korelasi positif antara Pendidikan dan Pelatihan Berpengaruh Terhadap Kinerja Pegawai. Selanjutnya, hasil juga Disiplin Kerja Berpengaruh Terhadap Kinerja pegawai. Diharapkan Memberikan alternatif sehubungan dengan variabel-variabel dalam yang dapat meningkatkan kinerja Pegawai Pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kaur.
Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Keterlibatan Kerja Terhadap Kinerja Perawat Di RSUD Harapan dan Doa Kota Bengkulu Amrullah Amrullah
Jurnal Adminitrasi Bisnis Nusantara Vol 1 No 2 (2022): Juli
Publisher : STIA Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional dan keterlibatan kerja berpengaruh signifikan dan positif terhadap kinerja perawat pada RSUD Kota Bengkulu baik secara simultan maupun individu. Penerapan kepemimpinan transformasional yang profesional berpengaruh terhadap peningkatan kinerja perawat. Demikian juga, keterlibatan kerja yang tinggi berpengaruh terhadap kinerja perawat yang tinggi. Lebih lanjut, hasil studi menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional berpengaruh signifikan namun pengaruh yang diberikan lebih rendah dibandingkan keterlibatan kerja. Peningkatan keterlibatan pekerjaan perawat juga difasilitas oleh pimpinan dengan memberikan kesempatan untuk mengikuti pelatihan peningkatan keterampilan, seperti IPCN (Infection Prevention Control Nurse). Berdasarkan hasil penelitian, penulis memberikan saran hendaknya pimpinan dapat meningkatkan frekuensi pelatihan dan jumlah peserta yang diikutkan, terutama bagi perawat yang belum pernah mengikutinya. Pimpinan juga dapat memfasilitasi buku-buku atau modul khusus yang dibutuhkan perawat sesuai dengan tugas fungsinya, seperti modul pembelajaran keperawatan medikal bedah, modul keperawatan komunitas, modul keperawatan dasar, modul komunikasi dalam keperawatan, modul dokumentasi keperawatan dan modul lainnya yang dapat membantu pelaksanaan tugas perawat.

Page 1 of 3 | Total Record : 30