cover
Contact Name
Ahmad Mushollin
Contact Email
colin.ahmad@gmail.com
Phone
+6285733183665
Journal Mail Official
jurnalstaika@gmail.com
Editorial Address
JL. Raya Daendels, Paciran, Paciran, Kec. Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur 62264
Location
Kab. lamongan,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Staika: Jurnal Penelitian dan Pendidikan
ISSN : -     EISSN : 27981266     DOI : 10.62750/staika
Staika Journal is a journal that publishes research articles in the form of development, qualitative, quantitative research, literature studies, theory applications, and critical analysis studies in the field of Islamic education. The scope of this journal discusses Islamic education which includes current issues, problems, policies and educational practices, as well as offering novelty and practical implications in the development of education, both primary, secondary and higher education.
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 2 (2020): STAIKA (Jurnal Penelitian dan Pendidikan Agama Islam)" : 4 Documents clear
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DEMONTRASI TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA BIDANG STUDI AQIDAH AKHLAQ PADA SISWA KELAS VIII SMP PONDOK PESANTREN AL IKHLAS SEDAYULAWAS BRONDONG LAMONGAN Zunaidah
Jurnal Staika: Jurnal Penelitian dan Pendidikan Vol 3 No 2 (2020): STAIKA (Jurnal Penelitian dan Pendidikan Agama Islam)
Publisher : STAI Muhammadiyah Paciran Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode Demonstrasi pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq di SMP Pondok Pesantren Al Ikhlas Sedayulawas, bagaimana prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq di SMP Pondok Pesantren Al Ikhlas Sedayulawas, adakah pengaruh penggunaan metode Demonstrasi terhadap Prestasi Siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq di SMP Pondok Pesantren Al Ikhlas Sedayulawas dan apabila ada pengaruh maka sejauh mana pengaruh penggunaan metode Demonstrasi terhadap Prestasi Siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq di SMP Pondok Pesantren Al Ikhlas Sedayulawas. Penelitian ini menggunakan metode diskriptif kuantitatif. Sedangkan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Pondok Pesantren Al Ikhlas Sedayulawas yang berjumlah 20 siswa, dikarenakan jumlah populasi kurang dari 100 maka peneliti mengambil seluruh populasi untuk menjadi sampel jadi penelitain ini termasuk penelitian populasi. Setelah penelitian ini dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa : 1). Penerapan strategi Pembelajaran Demonstrasi pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq di kelas VIII SMP Pondok Pesantren Al Ikhlas Sedayulawas dikategorikan baik berdasarkan hasil perhitungan dari observasi yang mendapatkan nilai 3,49 dan hasil perhitungan angket yang mendapatkan nilai 85,56%. 2). Prestasi belajar siswa di SMP Pondok Pesantren Al Ikhlas Sedayulawas dikategorikan Amat baik berdasarkan perhitungan nilai rata-rata raport yang mendapat nilai nilai rata-rata 85,83. 3). Ada pengaruh antara penerapan strategi Pembelajaran Demonstrasi terhadap prestasi belajar siswa di SMP Pondok Pesantren Al Ikhlas Sedayulawas berdasarkan perhitungan dari rxy = 0,758 dibandingkan dengan r tabel dengan db = 34 - 2 = 31 diperoleh angka 5% = 0,468 dan 1% = 0,590.dengan demikian nilai rxy lebih besar daripada nilai r tabel. Maka Ha diterima dan Ho ditolak.
PENGARUH PELAJARAN AQIDAH AKHLAK TERHADAP KEMAMPUAN BERINTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS XI MA MUHAMMADIYAH 13 ENTREPRENEUR SIDODADI KRANJI PACIRAN LAMONGAN TAHUN 2019/2020 Mushollin Ahmad
Jurnal Staika: Jurnal Penelitian dan Pendidikan Vol 3 No 2 (2020): STAIKA (Jurnal Penelitian dan Pendidikan Agama Islam)
Publisher : STAI Muhammadiyah Paciran Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Manusia adalah makhluk sosial yang selalu melakukan interaksi antara individu satu dengan yang lain. Interaksi sosial merupakan syarat mutlak individu untuk melangsungkan kehidupan dan untuk memenuhi kebutuhannya, akan tetapi Kemampuan berinteraksi sosial individu berbeda-beda antara yang satu dengan yang lain. Interaksi sosial melibatkan diri dan lingkungan sekitarnya. Sebagaimana cara interaksi sosial individu yang dilakukan remaja berbeda-beda antara remaja yang satu dengan remaja yang lain. Hal tersebut biasanya berkenaan dengan pola pikir dan kapasitas remaja tersebut dalam memandang dirinya sehingga ia merasa mampu melakukan sesuatu hal atau sebaliknya. Kita dapat melihat bahwa ada remaja yang melakukan interaksi sosial dengan  kurang baik (kasar/arogan) dan ada pula remaja yang berinteraksi sosial dengan cara yang baik (mudah bergaul dan sopan). Interaksi sosial yang baik akan mudah diterima oleh lingkungannya tetapi sebaliknya jika melakukan interaksi sosial kurang baik akan sulit diterima oleh lingkungannya. Sebab itu pendidikan pelajaran aqidah akhlak bertujuan untuk menumbuhkan pola tingkah laku atau berinteraksi sosial siswa yang bulat melalui latihan kejiwaan, kecerdasan, penalaran, perasaan dan indera. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: a) Apakah ada pengaruh pelajaran aqidah akhlak terhadap kemampuan berinteraksi sosial siswa kelas XI  MA Muhammadiyah 13 Entrepreneur Sidodadi Kranji Paciran Lamongan; b) Seberapa besar pengaruh pelajaran akidah akhlaq terhadap kemampuan berinteraksi sosial siswa kelas XI MA Muhammadiyah 13 Entrepreneur Sidodadi Kranji Paciran Lamongan. Metode penelitian: 1) Pendekatan dan jenis penelitian, penelitian ini meneliti pengaruh variable bebas terhadap variable terikat dimana variable bebas adalah pelajaran akidah akhlaq (variable x) mempengaruhi variable terikat yaitu kemampuan berinteraksi sosial (variable y), Penelitian dengan mensurvei populasi yang berjumlah 33 orang. 2) Populasi Dan Sampel, adalah siswa MA Muhammadiyah 13 Entrepreneur kelas XI, adapun sampel 15 siswa. 3) Tempat Penelitian, kelas XI MA Muhammadiyah 13 Entrepreneur terletak di dusun Sidodadi Des. Kranji Kec. Paciran Kab. 4) Instrumen penelitian (wawancara, dan Angket). 5) Teknik Pengumpulan Data dengan metode: a) Observasi; b) wawancara; c) Dokumentasi; dan d) Angket. 6) Teknik Analisa Data, dimaksudkan untuk mengkaji dalam kaitannya dengan kepentingan penguji hipotesis penelitian yang telah peneliti rumuskan, maka data yang berhasil di kumpulkan selama penelitian yang diseleksi, dikelompokkan dan disajikan dianalisis. Hasil penelitian ini mencakup: 1) Ada pengaruh pelajaran aqidah akhlak terhadap kemampuan berinteraksi sosial siswa kelas XI MA Muhammadiyah 13 Entrepreneur Sidodadi Kranji Paciran Lamonga; 2) Bahwa pelajaran akidah akhlak berpengaruh terhadap kemampuan berinteraksi sosial siswa kelas XI MA Muhammadiyah 13 Entrepreneur Sidodadi Kranji Paciran Lamongan menunjukkan tingkat yang sedang dengan korelasi product moment sebesar 0,510 yang terletak antara interprestasi nilai r yaitu 0,40 sampai 0,599.
PENGARUH DZIKIR PAGI DAN AYAT KURSI DALAM UPAYA PENGENDALIAN DIRI SISWA-SISWI TAMAN PEMBINAAN ANAK SHOLEH (TAPAS) III AL IHSAN BLIMBING, PACIRAN, LAMONGAN yusuf wibisono
Jurnal Staika: Jurnal Penelitian dan Pendidikan Vol 3 No 2 (2020): STAIKA (Jurnal Penelitian dan Pendidikan Agama Islam)
Publisher : STAI Muhammadiyah Paciran Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perubahan sosial yang serba cepat sebagai konsekuensi modernisasi mempengaruhi nilai-nilai kehidupan masyarakat sehingga dapat menimbulkan kerusakan mental dan kepribadian, terlebih pada anak-anak. Dampak lain yang tampak jelas, yakni adanya perubahan gaya hidup yang menganggap usang nilai-nilai moral, etika dan agama. Agar  mampu bertahan dari kerusakan mental dan dapat mengendalikan diri dengan baik, maka diperlukan nilai-nilai agama yang berdasar pada Al-Qur’an dan As-Sunnah. Dzikir adalah salah satu ajaran agama yang sangat penting agar anak selalu ingat kepada Allah, dengan mengingatNya, hatinya akan menjadi tenang, dan mampu mengendalikan diri dari nafsu dan syahwatnya. Sehingga ia menjadi seorang muslim yang membawa manfaat  bagi dirinya, keluarga, masyarakat, negara dan agamanya, dunia dan akhirat. Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan di atas, maka penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui secara mendalam tentang pelaksanaan bacaan dzikir pagi dan ayat kursi di Taman Pembinaan Anak Sholeh (TAPAS) III Al-Ihsan Blimbing Paciran Lamongan dan apakah ada pengaruh yang ditimbulkan dalam pelaksanaan bacaan dzikir pagi dan ayat kursi tersebut terhadap pengendalian diri siswa-siswi Taman Pembinaan Anak Sholeh (TAPAS) III Al-Ihsan Blimbing Paciran Lamongan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan, sedangkan pendekatan yang digunakan adalah deskriptif-kualitatif. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Penulis menganalisis data dengan memaparkan dan menafsirkan data yang diperoleh, kemudian dianalisis secara intensif. Dari hasil penelitian, dapat penulis simpulkan bahwa penerapan bacaan dzikir pagi dan ayat kursi yang dilakukan oleh Taman Pembinaan Anak Sholeh (TAPAS) III Al-Ihsan Blimbing Paciran Lamongan adalah dengan membacanya secara lantang sebelum mereka memulai pelajaran sekolah. Adapun bacaan dzikir pagi yang dibaca adalah surat Al-Fatihan sebanyak 1 kali, surat Al-Ikhlas sebanyak 3 kali, surat Al-Falaq sebanyak 3 kali, surat An-Naas sebanyak 3 kali, do’a menuntut ilmu sebanyak 1 kali, do’a pagi hari sebanyak 1 kali kemudian ditutup dengan membaca ayat kursi sebanyak 1kali. Dari hasil penelitian, bacaan dzikir pagi dan ayat kursi tersebut ternyata sangat berpengaruh terhadap pengendalian diri, yang meliputi pengendalian emosi, pengendalian kognitif dan pengendalian perilaku siswa-siswi Taman Pembinaan Anak Sholeh (TAPAS) III Al-Ihsan Blimbing Paciran Lamongan.
PERANAN PENDIDIKAN AKHLAK DALAM PEMBINAAN KEPRIBADIAN SISWA MI MUHAMMADIYAH 12 BETIRING SUMBERAGUNG BRONDONG LAMONGAN Zakhiru Rahma Zaha
Jurnal Staika: Jurnal Penelitian dan Pendidikan Vol 3 No 2 (2020): STAIKA (Jurnal Penelitian dan Pendidikan Agama Islam)
Publisher : STAI Muhammadiyah Paciran Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan akhlak merupakan permasalahan yang selalu menjadi tantangan manusia dalam sepanjang sejarahnya. Dalam pembentukan kepribadian muslim, pendidikan akhlak sangat berperan penting dalam kehidupan sehari hari yang mampu mewarnai segala sikap dan perilakunya baik ketika berhubungan dengan manusia maupun ketika berhubungan dengan alam sekitar, terlebih lagi dalam berhubungan dengan Allah SWT. Menuju keselamatan dunia dan akhirat. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Peranan pendidikan akhlak dalam pembinaan kepribadian siswa yaitu membimbing, mendidik, menumbuhkan dan menanamkan kebiasaan berakhlak mulia pada anak didik. dalam proses pembinaan kepribadian siswa melaui pendidikan akhlak dilakukan guru dengan cara memaksimalkan proses pembelajaran yang dikaitkandengan akhlak siswa. (2) metode yang digunakan pendidikan akhlak dalam membina kepribadian siswa antara lain metode pembiasaan, paksaan dan teguran. (3) faktor pendukung dalam pembinaan kepribadian siswa ialah dengan adanya fasilitas, kegiatan ekstrakulikuler, dan orang tua. Sedangkan faktor penghambatnya ialah kurang adanya kesadaran dari anak didik, dan lingkungan keluarga. (4) usaha yang dilakukan untuk mengatasi hambatan pendidikan akhlak dalam pembinaan kepribadian siswa ialah dengan melalui pendekatan secara umum maupun personal kepada siswa dan berusaha meningkatkan komunikasi serta kerja sama dengan wali murid anak didik. (5) pendidikan akhlak memberi pengaruh yang positif terhadap kepribadian anak didik dengan demikian bisa dikatakan bahwa pembinaan kepribadian siswa melalui pendidikan akhlak sudah terlaksana dengan baik, artinya dengan adanya pendidikan akhlak kepribadian siswa menjadi lebih baik, lebih sopan, lebih bertanggungjawab atas semua perilaku dari perbuatannya baik dilingkungan sekolah maupun diluar sekolah.

Page 1 of 1 | Total Record : 4