cover
Contact Name
Ari Wibowo
Contact Email
arhyhikmal88@gmail.com
Phone
+6285255984116
Journal Mail Official
arhyhikmal88@gmail.com
Editorial Address
Universitas Sawerigading Makassar
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Sigma: Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Matematika Sawerigading
ISSN : 28283643     EISSN : eISSN282     DOI : -
SigMa: Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Matematika Sawerigading merupakan jurnal peer review yang diterbitkan oleh Prodi Pendidikan Matematika Universitas Sawerigading Makassar. Jurnal ini bertujuan untuk memfasilitasi diskusi berupa akademis tentang pembelajaran dan pendidikan matematika, hasil penelitian karya tulis ilmiah, konsep , berbagai dan aplikasi dalam pembelajaran dan pengajaran, serta ilmu dalam pendidikan
Articles 15 Documents
Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share Di Kelas Va Sd Negeri 001 Mehalaan suci yanti
Sigma: Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Matematika Sawerigading Vol. 1 No. 1 (2022): Maret
Publisher : Sigma: Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Matematika Sawerigading

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa pada pokok bahasan bilangan bulat melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share di kelas VA SDN 001 Mehalaan Kabupaten Mamasa Provinsi Sulawesi Barat. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Ciri utama dari penelitian tindakan kelas yakni adanya tindakan-tindakan (aksi) tertentu untuk memperbaiki proses belajar di kelas. Prosedur penelitian tindakan kelas ini direncanakan minimal 2 siklus, dengan tiap siklus dilaksanakan sesuai dengan perubahan yang ingin dicapai pada faktor-faktor yang diselidiki. Berdasarkan hasil dan pembahasan, disimpulkan bahwa prestasi belajar matematika siswa kelas VA SDN 001 Mehalaan pada pokok bahasan bilangan bulat dapat ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share. Peningkatan ini dilihat dari hasil tes awal ke tes tindakan siklus I yaitu dari 6% menjadi 9%, dari siklus I ke siklus II yaitu dari 9% menjadi 64%, dan dari siklus II ke siklus III yaitu dari 64% menjadi 94% siswa yang memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan 75. Atau meningkat secara berturut-turut sebesar 3% menjadi 55% kemudian menjadi 30%. Dari segi proses, ketercapaian pelaksanaan skenario model pembelajaran kooperatif Tipe Think-Pair-Share mengalami peningkatan dari siklus I, siklus II ke siklus III berturut-turut sebesar 65,06%, 93,49% dan 97,62%.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGUASAAN MATERI PERKALIAN DASAR 1 SAMPAI 5 MENGGUNAKAN METODE MATEMATIKA JARI PADA SISWA KELAS II SDIT BOMBANG TALLUNA BIRA MAKASSAR TAHUN PELAJARAN 2020/2021 nerry pananrang
Sigma: Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Matematika Sawerigading Vol. 1 No. 1 (2022): Maret
Publisher : Sigma: Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Matematika Sawerigading

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai Peningkatan kemampuan penguasaan materi perkalian dasar pada siswa Kelas II SDIT Bombang Talluna Bira untuk perkalian dasar 1 sampai 5 yang diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dan mempermudah guru dalam menyampaikan materi perkalian demi kelancaran proses pembelajaran. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Peneliti berperan sebagai penyaji bahan pelajaran, sedangkan wali kelas sebagai pengamat. Dalam Penelitian Tindakan Kelas ini, digunakan teknik matematika jari untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan berhitung perkalian siswa. Model yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model Kemis & Mc Taggart dalam bentuk spiral yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Adapun data yang dikumpulkan melalui pre-test, post-test dan observasi dan dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Upaya yang dilaksanakan dalam meningkatkan kemampuan menghitung perkalian dasar 1 sampai 5 dilakukan dengan membaginya ke dalam 2 siklus. Sebelum tindakan nilai rata-rata kelas jauh di bawah nilai KKM yaitu 33,33 setelah tindakan pada siklus 1 terjadi peningkatan menjadi 78,89. Kemudian dilanjutkan siklus 2 dengan nilai rata-rata 95,56 dengan predikat siswa tuntas keseluruhan. Adapun kecepatan siswa dalam menyelesaikan soal juga mengalami peningkatan, data pada tahap awal sebelum tindakan rata-rata waktu penyelesaian soal tercatat 18,6 menit, setelah tindakan pada siklus 1 terjadi peningkatan nilai rata-rata kecepatan menjadi 8,7 menit. Selanjutnya hasil kecepatan rata-rata penyelesaian soal pada siklus 2 meningkat menjadi 6,44 menit. Keseluruhan 100% siswa mampu mencapai nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 70 dan dinyatakan tuntas.
Analisis Perbedaan Kinerja Guru Yang Sudah Sertifikasi dan Yang Tidak Sertifikasi di UPT SPF SD Inpres Perumnas Kota Makassar nurul islamiyah
Sigma: Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Matematika Sawerigading Vol. 1 No. 1 (2022): Maret
Publisher : Sigma: Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Matematika Sawerigading

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja guru yang sudah sertifikasi dan yang tidak sertifikasi serta perbedaan yang signifikan antara guru yang sudah sertifikasi dan yang tidak sertifikasi di UPT SPF Inpres Perumnas Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 27 Guru dengan instrumen angket kemudian diolah dengan teknik analisis data statistik deskriptif dan uji analisis statistik inferensial. Hasil uji analisis deskriptif pada kinerja guru yang sudah sertifikasi (X1) dan yang tidak sertifikasi (X2). Hasil dari nilai rata-rata hasil kinerja guru (mean) untuk guru yang sudah sertifikasi (X1) dengan rata-rata 85.38 dan guru yang tidak sertifikasi (X2) dengan rata-rata 83.71. dengan demikian terdapat perbedaan secara deskriptif statistik. Hasil analisis data diperoleh nilai sig. 0,029. Ternyata nilai sig. 0,029 lebih kecil dari nilai probabilitas 0,05 atau nilai 0,029 < 0,05. Maka H0 ditolak dan H1 diterima.
Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Savi (Somatis, Auditory, Visual Dan Intelektual) Pada Siswa Kelas Viiia Smp Kartika Xx-3 Makassar klemens albaron
Sigma: Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Matematika Sawerigading Vol. 2 No. 1 (2023): Maret
Publisher : Sigma: Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Matematika Sawerigading

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini secara operasional adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIIa SMP Kartika XX-3 Makassar dalam pembelajaran matematika melalui pembelajaran pendekatan SAVI (Somatis, Auditory, Visual dan Intelektual). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas ( Classroom Action Research) yang dilaksanakan selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu: perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (action), pengamatan (observation) dan refleksi (reflection). Berdasarkan hasil penelitian yang berlangsung selama dua siklus dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas VIII A SMP Kartika XX-3 Makassar. Hal ini terlihat dari peningkatan skor rata-rata tes hasil belajar dari siklus I sebesar 32,24 menjadi 67,89 pada siklus II. Pada siklus I terdapat 3 siswa (7,89%) sedangkan pada siklus II terdapat 3 siswa (7,89%) pula tapi bukan dari siswa yang sama.untuk penguasaan materi berada pada kategori baik, pada siklus I tidak ada siswa (0%) dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 27 siswa (71,05%). Untuk penguasaan materi yang berada pada kategori sangat baik, pada siklus I tidak ada siswa (0%) sedangkan pada siklus II menjadi 2 siswa (5,26%)
PENINGKATAN KETUNTASAN BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS VIII2 SMP NEGERI 1 PALLANGGA KABUPATEN GOWA Nuranna; nana Harlina Haruna; risnawati
Sigma: Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Matematika Sawerigading Vol. 1 No. 2 (2022): September
Publisher : Sigma: Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Matematika Sawerigading

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SMP Negeri 1 Pallangga Kabupaten Gowa yang bertujuan untuk meningkatkan ketuntasan belajar matematika siswa melalui pendekatan kontekstual. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas VIII2 SMP Negeri 1 Pallangga Kabupaten Gowa pada Tahun Pelajaran 2006/2007 yang berjumlah 45 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dan lembar observasi. Data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil yang diperoleh setelah diberikan tindakan yaitu: (1) pada siklus I, jumlah siswa yang tuntas dalam belajar matematika sebanyak 15 orang (33,33%), (2) pada siklus II, jumlah siswa yang tuntas dalam belajar matematika sebanyak 39 orang (86,67%). Hal ini menunjukkan adanya peningkatan ketuntasan belajar matematika siswa dari Siklus I ke Siklus II, dan (3) sikap siswa terhadap pembelajaran yang dilakukan cenderung mangalami perubahan kearah yang lebih baik. Dari hasil penelitian ini, secara umum dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan ketuntasan belajar matematika siswa Kelas VIII2 SMP Negeri 1 Pallangga Kabupaten Gowa setelah dilaksanakan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual.
PENINGKATAN KETUNTASAN BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN REALISTIK PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI BALANG BODDONG MAKASSAR muhdaniar; Muh. Rusli Al; Nurhidayah
Sigma: Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Matematika Sawerigading Vol. 1 No. 2 (2022): September
Publisher : Sigma: Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Matematika Sawerigading

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan di SD Negeri Balang Boddong Makassar yang bertujuan untuk meningkatkan ketuntasan belajar matematika siswa melalui pendekatan realistik. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas IV SD Negeri Balang Boddong Makassar pada tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 29 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dan lembar observasi. Data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil yang diperoleh setelah pelaksanaan tindakan adalah: (1) pada Siklus I, jumlah siswa yang tuntas dalam belajar matematika sebanyak 11 orang (37,93%), (2) pada Siklus II, jumlah siswa yang tuntas belajar matematika sebanyak 25 orang (86,21%). Hal ini menunjukkan adanya peningkatan ketuntasan belajar matematika siswa dari Siklus I ke Siklus II, dan (3) sikap siswa terhadap pembelajaran yang dilakukan cenderung mengalami perubahan ke arah yang lebih baik. Dari hasil penelitian ini, secara umum dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan ketuntasan belajar matematika siswa Kelas IV SD Negeri Balang Boddong Makassar setelah dilaksanakan pembelajaran dengan pendekatan realistik.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA RAKYAT MELALUI MEDIA AUDIO PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 52 WELONGE KECAMATAN MARIORIAWA KABUPATEN SOPPENG ita; Isnani Arianti
Sigma: Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Matematika Sawerigading Vol. 1 No. 2 (2022): September
Publisher : Sigma: Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Matematika Sawerigading

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Peningkatan hasil belajar siswa dalam keterampilan menyimak cerita rakyat melalui media audio pada siswa kelas V SD Negeri 52 Welonge Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng. Masalah penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa dalam menyimak cerita rakyat melalui media audio pada siswa kelas V SDN 52 Welonge Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng?. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam keterampilan menyimak cerita rakyat dengan menggunakan media audio pada siswa kelas V SDN 52 Welonge Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng.pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri atas II siklus meliputi tahap rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penggunaan media audio dalam menyimak cerita rakyat. Subjek penelitian Siswa kelas V SDN 52 Welonge Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng, sebanyak 18 orang sebanyak 7 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan yang terdaftar pada tahun ajaran 2011/2012 semester genap. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kuantitatif untuk nilai hasil belajar siswa dalam bentuk persentase dan teknik analisis kualitatif untuk mengamati kegiatan guru dan siswa dan pengambilan photo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus pertama hasil belajar menyimak cerita rakyat melalui media audio siswa kelas V pada kategori rendah sebagian besar tidak tuntas pembelajarannya. Kemudian pada siklus kedua, hasil belajar menyimak cerita rakyat siswa kelas V meningkat menjadi kategori sangat tinggi dan tuntas pembelajarannya. Jadi, dengan menggunakan media audio dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyimak cerita rakyat.
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISTIK DENGAN METODE DIALOG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA KRISTEN KONDOSAPATA MAKASSAR rezeki amaliah; Elentrius Jali Bonis Bentah Bonis Bentah; Muh. Yahya
Sigma: Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Matematika Sawerigading Vol. 1 No. 2 (2022): September
Publisher : Sigma: Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Matematika Sawerigading

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Latar belakang penelitian ini, strategi dan metode pembelajaran yang diterapkan di sekolah belum maksimal meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran konstruktivistik dengan metode dialog terhdap hasil belajar biologi materi sistem gerak manusia pada siswa kelas XI SMA Kristen Kondosapata Makassar. Penelitian ini merupakan Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang terdiri dari kelas XI MIA yang berjumlah 19 siswa dan XI IIS yang berjumlah 22 siswa. Adapun jumlah populasi dalam penelitian ini berjumlah 41 siswa dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IIS sebagai kelas kontrol. Sebelum pengujian hipotesis, terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas. Dari pengujian ini diperoleh bahwa sampel berasal dari populasi yang memiliki varians yang homogen dan berdistribusi normal. Dari analisis data diperoleh nilai rata-rata pretes pada kelas eksperimen 41,37 dan rata-rata nilai postes 75,32 dengan selisih rata-rata kenaikan hasil belajar 33,95. Pada kelas kontrol nilai rata-rata pretes 34,09 dan nilai rata-rata postes 68,91 dengan selisih rata-rata kenaikan hasil belajar 34,82. Dari analisis data dengan menggunakan uji t diperoleh nilai , < 0,05. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran konstruktivistik dengan metode dialog berpengaruh terhadap hasil belajar biologi materi sistem gerak manusia pada siswa kelas XI SMA Kristen Kondosapata Makassar.
MAKNA SIMBOL PADA PERAYAAN JEPE SYURA DI PULAU BARRANG LOMPO KECAMATAN SANGKARRANG KOTA MAKASSAR (PENDEKATAN SEMIOTIK) kartina; Isnani Arianti; sulfiani masri
Sigma: Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Matematika Sawerigading Vol. 1 No. 2 (2022): September
Publisher : Sigma: Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Matematika Sawerigading

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Masalah utama dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah Makna Simbol Pada Perayaan Jepe Syuradi Pulau Barrang Lompo Kecamatan Sangkarrang Kota Makassar Pendekatan Semiotik. Penelitian ini bertujuaan untuk mengkaji informasi mengenai Makna Simbol pada Perayaan JepeSyura di Pulau Barrang Lompo Kecamatan Sangkarrang Kota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian lapangan. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif. Data kualitatif diperoleh berdasarkan data yang diteliti yang berkaitan dengan masalah yang menjadi fokus penelitian. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan teknik wawancara, simak catat, studi pustaka, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian Makna Simbol Perayaan Jepe Syura di Pulau Barrang Lompo Kecamatan Sangkarrang Kota Makassar menggunakan Pendekatan Semiotik yang terdapat simbol benda dan simbol suasana pada Jepe Syura.
PENINGKATAN MODEL PEMBELAJARAN KONTRUKTIVISME NOVICK MELALUI KEMAMPUAN MEMECAHAN MASALAH ARITMATIKA ippank samad; Ari Wibowo Hikmal
Sigma: Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Matematika Sawerigading Vol. 2 No. 1 (2023): Maret
Publisher : Sigma: Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Matematika Sawerigading

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan Model Kontruktivisme Novick dalam memecahan masalah matematika aritmatika sosial pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Campalagian. Prosedur pelaksanaan penelitian tindakan kelas melalui tahapan perencanaan (Planning), pelaksanaan Tindakan (Action), Pengamatan (Observing, dan refleksi (Reflection). Dalam proses pembelajaran siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, dalam menerapkan Model Kontruktivisme Novick dalam memecahan masalah matematika aritmatika social. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai tes akhir siswa. Pada siklus I dimana rata-rata nilai tes akhir kemampuan pemecahan masalah siswa adalah siswa yang tuntas sebanyak 9 orang 39,13% dan siswa yang belum tuntas sedangkan sebanyak 14 orang atau 60,87% belum tuntas.sedangkan pada siklus II rata-rata nilai tes hasil kemampuan pemecahan masalah sisiwa adalah sebanyak 21 orang atau 91,30% dan siswa yang belum tuntas sebanyak 2 orang atau 8,70%. Disamping itu sebagian besar memiliki sikap disiplin, jujur, tanggung jawab serta kerjasama dalam pembelajaran sudah meningkat dari siklus I ke siklus II. Hasil ini telah melampaui kriteria ketuntasan klasika di VII SMP Negeri 3 Campalagian yaitu 85%. Ini menunjukkan bahwa dalam menerapkan Model Kontruktivisme Novick dalam memecahan masalah matematika aritmatika meningkat.

Page 1 of 2 | Total Record : 15