cover
Contact Name
Eka Saptaning Pratiwi
Contact Email
saptaningmaarif@gmail.com
Phone
+6285736009826
Journal Mail Official
journal@stitmubo.ac.id
Editorial Address
STIT Muhammadiyah Bojonegoro (Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muhammadiyah Bojonegoro) Alamat: Jalan Dr. Setyo Budi No.03, Klangon, Kec. Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur 62113
Location
Kab. bojonegoro,
Jawa timur
INDONESIA
At-Thufail : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
ISSN : -     EISSN : 30260280     DOI : -
Core Subject : Education,
urnal Ath- Thufail merupakan Jurnal berkala yang terbit dua kali dalam satu tahun yaitu bulan Maret dan September yang diterbitkan oleh LPPM STIT Muhammadiyah Bojonegoro. Jurnal Ath- Thufail menyajikan kajian ilmiah tentang pendidikan islam, inovasi pendidikan, dan pemikiran pada anak usia dini dalam bentuk : Hasil Penelitian, Gagasan Konseptual, Kajian Kepustakan, serta pengalaman praktis. Dewan redaksi menerima kontribusi berupa tulisan tentang komunikasi intelektual keagamaan khususnya agama islam anak usia dini dari para akademisi, dosen, maupun peneliti berupa artikel yang belum pernah dipublikasikan Jurnal dapat diakses secara terbuka sehingga semua konten tersedia bebas diakses tanpa biaya, baik pada pengguna atau lembaganya. Pengguna yang diizinkan untuk membaca, mendownload, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, dan mensitasi teks lengkap dari artikel tanpa harus meminta izin terlebih dahulu dan penerbit, atau penulis.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2023): At-Thufail : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini" : 5 Documents clear
Permainan Tradisional Engklek Dalam Menstimulasi Perkembangan Motorik Kasar Anak Sriyanti; Aulia Singa Zanki
At-Thufail Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol. 1 No. 1 (2023): At-Thufail : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muhammdiyah Muhammadiyah Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59829/8ykzd376

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisa permainan tradisional engklek sebagai media stimulasi perkembangan motorik kasar anak di KB Harapan Bunda Prayungan Sumberrejo Bojonegoro.Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, dengan metode pembahasan induksi dan deduksi. Pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data secara kualitatif, dengan cara pengumpulan data, reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan permainan tradisional engklek:1)Dilaksanakan rutin terjadwal,2)Anak di beri kebebasan bermain di luar jam main. Stimulasi perkembangan motorik kasar melalui permainan engklek dengan: 1)Setting permainan lebih menarik dan seru,2)Aturan main mudah dipahami anak, 3)Memberi Reward 4)Mengarahkan anak saat main,5)Memberi kebebasan anak untuk main bersama. Penerapan permainan tradisional engklek untuk menstimulasi perkembangan motorik kasar anak cukup signifikan karena:1)Guru membuat penilaian perkembangan motorik kasar anak 2)Guru membuat rencana kegiatan harian tertulis dalam permainan tradisonal engklek
MENINGKATKAN KINERJA GURU PAUD DALAM MENGAJAR MELALUI REWARD DAN PUNISHMENT DI KB. YAPPASRAH Aulia Singa Zanki; Sriyanti
At-Thufail Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol. 1 No. 1 (2023): At-Thufail : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muhammdiyah Muhammadiyah Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59829/fbxkzh10

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan reward and punishment oleh Kepala Kepala sekolah mampu meningkatkan kinerja guru dalam mengajar di KB. Yappasrah. Penelitian ini berawal dari permasalahan rendahnya tanggungjawab guru dalam melaksanakan tugasnya. Sebagian guru tingkat disiplinnya rendah dan tidak membuat administrasi mengajar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada guru-guru KB. Yappasrah yang berjumlah 4 (empat) orang guru. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa lembar observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dalam penelitian dianalis dengan menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua kali siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa setelah diadakan penerapan tindakan berupa reward dan punishment, pada siklus I sudah ada peningkatan kinerja guru dari pertemuan 1 ke pertemuan 2 namun masih belum mampu mencapai nilai minimal yang ditetapkan. Namun, setelah dilakukan reward and punishment lebih ditingkatkan maka pada siklus II sudah seluruh guru mampu meningkatkan kinerjanya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan reward dan punishment dapat meningkat kinerja guru dalam proses belajar mengajar di KB. Yappasrah.
Taman indrya : Implementasi Konsep Pendidikan Anak Usia Dini Ki Hadjar Dewantara Eka Saptaning Pratiwi1; Giska Enny Fauziah; Miftakhul Rizal M
At-Thufail Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol. 1 No. 1 (2023): At-Thufail : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muhammdiyah Muhammadiyah Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59829/33re5162

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran secara mendalam mengenai implementasi konsep pendidikan anak usia dini Ki Hadjar Dewantara di Taman Indrya. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan dengan sumber primer buku dari Ki Hadjar Dewanntara dengan judul Taman Indrya (Kindergarten) yang merupakan buku cetakan kedua dari Taman Indrya Taman Siswa yang diterbitkan tahun 1959. Serta sumber sekunder berupa data-data tertulis baik itu buku-buku, hasil kajian dan penelitian, maupun sumber lain yang mengkaji tentang konsep pendiikan anak usia dini dari masa ke masa di Indonesia. Hasil penelitan ini menunjukkan adanya perbedaan tujuan diadakannya pendidikan anak usia dini mulai dari masa kolonial Belanda yang mempersiapkan anak usia dini untuk melanjutkan ke jenjang sekolah dasar dan akan dijadikan sebagai pegawai di berbagai sektor pemerintahan, sampai pada pendidikan anak usia dini yang dikonsepkan oleh Ki Hadjar Dewantara yang bertujuan untuk membina anak usia lahir sampai dengan usia tujuh tahun sesuai dengan tahap perkembangan anak usia dini, serta memperkenalkan anak usia dini dengan kebudayaan Indonesia
Implementasi Shalat Dhuha Dalam Pengembangan Karakter Religus Anak Di TK Kartika IV-47 Bojonegoro Novi Dyah Ayu Putri; Eka Saptaning Pratiwi
At-Thufail Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol. 1 No. 1 (2023): At-Thufail : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muhammdiyah Muhammadiyah Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59829/pnknpj63

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran secara mendalam mengenai bagaimana penerapan shalat dhuha dalam mengembangkan karakter religius anak usia dini di TK Kartika IV-47 Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan enis studi kasus. Teknik pengupulan data menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan shalat dhuha dalam mengembangkan karakter religius anak di TK Kartika IV-47 dilakukan setiap hari pukul 08.00 – 09.00 WIB yang diikuti oleh semua peserta didik dari kelompok A dan kelompok B. Penerapan tersebut dilakukan setiap hari dengan tujuan agar anak-anak lebih cepat menghafal do’a ketika shalat dan surat-surat pendek. Setelah kegiatan shalat dhuha selesai anak-anak diminta untuk menghafalkan surat-surat pendek beserta do’a-do’a harian guna mendukung pengembangan karakter religius anak.
PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN MATEMATIS LOGIS ANAK USIA DINI Mimbar Oktaviana; Aulia Singa Zanki
At-Thufail Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol. 1 No. 1 (2023): At-Thufail : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muhammdiyah Muhammadiyah Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59829/3bdpcv91

Abstract

Media pembelajaran merupakan hal utama yang wajib ada saat pembelajaran pada Anak Usia Dini, dengan adanya media pembelajaran anak lebih mudah memahami dan mengerti tentagn suatu materi yang ingin disampaikan. Matematis Logis sebagai salah satu aspek perkembangan Anak Usia Dini berfungsi dalam pengolahan angka dan kemampuan berfikir logis. Kemampuan dasar ini yang menjadi bekal anak untuk menempuh tahap pendidikan selanjutnya perlu mendapatkan perhatian khusus. Pengembangan media untuk membantu meningkatkan kemampuan Matematis Logis perlu di kembangkan agar dapat membatu mengembangkan kemampuan matematis logis Anak Usia Dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Monopoli yang menyenangkan dan dapat dimaksimalkan untuk meningkatkan kecerdasan matematis logis anak usia dini. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg & Gall dengan 4 tahap yaitu analisis produk, pengembangan produk awal, validasi ahli dan revisi, uji coba lapangan skala kecil dan revisi produk Hasil penelitian didapat dari hasil uji validitas dari ahli materi, ahli media, ahli praktisi yang kemudian diolah untuk melihatt kelayakan media. Dari hasil uji coba ahli dengan ahli materi diperoleh hasil sebesar 82,75%, hasil ahli media mencapai 84,50%. Kemudian juga dari hasil uji coba skala kecil dengan meminta menilaian dua orang praktisi diperoleh rerata sebesar 87,28% dan 75,82%. Selanjutnya rata rata dari semua presentase hasil validasi adalah 82,59%%. berdasarkan hasil uji coba dilapangan dapat disimpulka bahwa media pengembangan monopoli dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan matematis logis anak usia dini.

Page 1 of 1 | Total Record : 5