cover
Contact Name
Eka Saptaning Pratiwi
Contact Email
saptaningmaarif@gmail.com
Phone
+6285736009826
Journal Mail Official
journal@stitmubo.ac.id
Editorial Address
STIT Muhammadiyah Bojonegoro (Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muhammadiyah Bojonegoro) Alamat: Jalan Dr. Setyo Budi No.03, Klangon, Kec. Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur 62113
Location
Kab. bojonegoro,
Jawa timur
INDONESIA
At-Thufail : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
ISSN : -     EISSN : 30260280     DOI : -
Core Subject : Education,
urnal Ath- Thufail merupakan Jurnal berkala yang terbit dua kali dalam satu tahun yaitu bulan Maret dan September yang diterbitkan oleh LPPM STIT Muhammadiyah Bojonegoro. Jurnal Ath- Thufail menyajikan kajian ilmiah tentang pendidikan islam, inovasi pendidikan, dan pemikiran pada anak usia dini dalam bentuk : Hasil Penelitian, Gagasan Konseptual, Kajian Kepustakan, serta pengalaman praktis. Dewan redaksi menerima kontribusi berupa tulisan tentang komunikasi intelektual keagamaan khususnya agama islam anak usia dini dari para akademisi, dosen, maupun peneliti berupa artikel yang belum pernah dipublikasikan Jurnal dapat diakses secara terbuka sehingga semua konten tersedia bebas diakses tanpa biaya, baik pada pengguna atau lembaganya. Pengguna yang diizinkan untuk membaca, mendownload, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, dan mensitasi teks lengkap dari artikel tanpa harus meminta izin terlebih dahulu dan penerbit, atau penulis.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 12 Documents
Permainan Tradisional Engklek Dalam Menstimulasi Perkembangan Motorik Kasar Anak Sriyanti; Aulia Singa Zanki
Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol. 1 No. 1 (2023): At-Thufail : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muhammadiyah Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisa permainan tradisional engklek sebagai media stimulasi perkembangan motorik kasar anak di KB Harapan Bunda Prayungan Sumberrejo Bojonegoro.Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, dengan metode pembahasan induksi dan deduksi. Pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data secara kualitatif, dengan cara pengumpulan data, reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan permainan tradisional engklek:1)Dilaksanakan rutin terjadwal,2)Anak di beri kebebasan bermain di luar jam main. Stimulasi perkembangan motorik kasar melalui permainan engklek dengan: 1)Setting permainan lebih menarik dan seru,2)Aturan main mudah dipahami anak, 3)Memberi Reward 4)Mengarahkan anak saat main,5)Memberi kebebasan anak untuk main bersama. Penerapan permainan tradisional engklek untuk menstimulasi perkembangan motorik kasar anak cukup signifikan karena:1)Guru membuat penilaian perkembangan motorik kasar anak 2)Guru membuat rencana kegiatan harian tertulis dalam permainan tradisonal engklek
MENINGKATKAN KINERJA GURU PAUD DALAM MENGAJAR MELALUI REWARD DAN PUNISHMENT DI KB. YAPPASRAH Aulia Singa Zanki; Sriyanti
Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol. 1 No. 1 (2023): At-Thufail : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muhammadiyah Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan reward and punishment oleh Kepala Kepala sekolah mampu meningkatkan kinerja guru dalam mengajar di KB. Yappasrah. Penelitian ini berawal dari permasalahan rendahnya tanggungjawab guru dalam melaksanakan tugasnya. Sebagian guru tingkat disiplinnya rendah dan tidak membuat administrasi mengajar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada guru-guru KB. Yappasrah yang berjumlah 4 (empat) orang guru. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa lembar observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dalam penelitian dianalis dengan menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua kali siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa setelah diadakan penerapan tindakan berupa reward dan punishment, pada siklus I sudah ada peningkatan kinerja guru dari pertemuan 1 ke pertemuan 2 namun masih belum mampu mencapai nilai minimal yang ditetapkan. Namun, setelah dilakukan reward and punishment lebih ditingkatkan maka pada siklus II sudah seluruh guru mampu meningkatkan kinerjanya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan reward dan punishment dapat meningkat kinerja guru dalam proses belajar mengajar di KB. Yappasrah.
Taman indrya : Implementasi Konsep Pendidikan Anak Usia Dini Ki Hadjar Dewantara Eka Saptaning Pratiwi1; Giska Enny Fauziah; Miftakhul Rizal M
Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol. 1 No. 1 (2023): At-Thufail : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muhammadiyah Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran secara mendalam mengenai implementasi konsep pendidikan anak usia dini Ki Hadjar Dewantara di Taman Indrya. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan dengan sumber primer buku dari Ki Hadjar Dewanntara dengan judul Taman Indrya (Kindergarten) yang merupakan buku cetakan kedua dari Taman Indrya Taman Siswa yang diterbitkan tahun 1959. Serta sumber sekunder berupa data-data tertulis baik itu buku-buku, hasil kajian dan penelitian, maupun sumber lain yang mengkaji tentang konsep pendiikan anak usia dini dari masa ke masa di Indonesia. Hasil penelitan ini menunjukkan adanya perbedaan tujuan diadakannya pendidikan anak usia dini mulai dari masa kolonial Belanda yang mempersiapkan anak usia dini untuk melanjutkan ke jenjang sekolah dasar dan akan dijadikan sebagai pegawai di berbagai sektor pemerintahan, sampai pada pendidikan anak usia dini yang dikonsepkan oleh Ki Hadjar Dewantara yang bertujuan untuk membina anak usia lahir sampai dengan usia tujuh tahun sesuai dengan tahap perkembangan anak usia dini, serta memperkenalkan anak usia dini dengan kebudayaan Indonesia
Implementasi Shalat Dhuha Dalam Pengembangan Karakter Religus Anak Di TK Kartika IV-47 Bojonegoro Novi Dyah Ayu Putri; Eka Saptaning Pratiwi
Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol. 1 No. 1 (2023): At-Thufail : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muhammadiyah Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran secara mendalam mengenai bagaimana penerapan shalat dhuha dalam mengembangkan karakter religius anak usia dini di TK Kartika IV-47 Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan enis studi kasus. Teknik pengupulan data menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan shalat dhuha dalam mengembangkan karakter religius anak di TK Kartika IV-47 dilakukan setiap hari pukul 08.00 – 09.00 WIB yang diikuti oleh semua peserta didik dari kelompok A dan kelompok B. Penerapan tersebut dilakukan setiap hari dengan tujuan agar anak-anak lebih cepat menghafal do’a ketika shalat dan surat-surat pendek. Setelah kegiatan shalat dhuha selesai anak-anak diminta untuk menghafalkan surat-surat pendek beserta do’a-do’a harian guna mendukung pengembangan karakter religius anak.
PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN MATEMATIS LOGIS ANAK USIA DINI Mimbar Oktaviana; Aulia Singa Zanki
Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol. 1 No. 1 (2023): At-Thufail : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muhammadiyah Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Media pembelajaran merupakan hal utama yang wajib ada saat pembelajaran pada Anak Usia Dini, dengan adanya media pembelajaran anak lebih mudah memahami dan mengerti tentagn suatu materi yang ingin disampaikan. Matematis Logis sebagai salah satu aspek perkembangan Anak Usia Dini berfungsi dalam pengolahan angka dan kemampuan berfikir logis. Kemampuan dasar ini yang menjadi bekal anak untuk menempuh tahap pendidikan selanjutnya perlu mendapatkan perhatian khusus. Pengembangan media untuk membantu meningkatkan kemampuan Matematis Logis perlu di kembangkan agar dapat membatu mengembangkan kemampuan matematis logis Anak Usia Dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Monopoli yang menyenangkan dan dapat dimaksimalkan untuk meningkatkan kecerdasan matematis logis anak usia dini. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg & Gall dengan 4 tahap yaitu analisis produk, pengembangan produk awal, validasi ahli dan revisi, uji coba lapangan skala kecil dan revisi produk Hasil penelitian didapat dari hasil uji validitas dari ahli materi, ahli media, ahli praktisi yang kemudian diolah untuk melihatt kelayakan media. Dari hasil uji coba ahli dengan ahli materi diperoleh hasil sebesar 82,75%, hasil ahli media mencapai 84,50%. Kemudian juga dari hasil uji coba skala kecil dengan meminta menilaian dua orang praktisi diperoleh rerata sebesar 87,28% dan 75,82%. Selanjutnya rata rata dari semua presentase hasil validasi adalah 82,59%%. berdasarkan hasil uji coba dilapangan dapat disimpulka bahwa media pengembangan monopoli dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan matematis logis anak usia dini.
IMPLEMENTASI SMART PARENTING UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA DALAM MEMBANGUN KARAKTER RELIGIUS TK MUSLIMAT NU KHADIJAH 1 KEPUH Siti Makhmudah
Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol. 1 No. 2 (2024): Ath-Thufail: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Volume 1 Nomor 2 Maret 2024
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muhammadiyah Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59829/9at7jg18

Abstract

Smart Parenting di sekolah TK Muslimat NU Khadijah I Kepuh cukup intens kerap menghadirkan topiktopik tentang bagaimana membangun anak dan keluarga yang islami. Dalam rumusan masalahBagaimanakah Implementasi Smart Parenting Untuk Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa DalamMembangun Karakter Religius Di Lembaga Tk Muslimat Nu Khadijah I Kepuh. Tujuannya daridiadakannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan Kecerdasan Spiritual hingga membentuk karakterreligius pada siswa TK Muslimat NU Khodijah Tahun pelajaran 2020/2021 dengan model ImplementasiSmart Parenting. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di TKMuslimat NU Khadjiah 1 Kepuh pad tanggal 11 januari – 11 Februari 2021. Subyek penelitian yang akandijadikan penelitian adalah siswa bersama wali murid kelas TK B yang berjumlah 17 Laki-laki, 8 orangperempuan. Sedangkan obyek penelitian ini adalah dapat mengembangkan karakter religius pada siswa.Data mengenai meningkatkan karakter religius yang dikumpulkan dengan menggunakan lembar angketyang diberikan kepada oprang tua berupa kuesioner. Analisis data yang dilakukan pada penelitian inimenggunakan analisis data deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di TK MuslimatNU Khadijah I Kepuh khususnya pada anak kelompok B. Maka peneliti menyimpulkan bahwa SmartParenting yang didapatkan di sekolah dapat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan kecerdasanspiritual dalam mengembangkan karakter pada siswa kelompok B TK Muslimat NU Khadijah I KepuhTahun ajaran 2020/2021.
MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DI PAUD Nurul Qomariah Nurul; Eka Saptaning Pratiwi; Hidayatu Munawaroh
Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol. 1 No. 2 (2024): Ath-Thufail: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Volume 1 Nomor 2 Maret 2024
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muhammadiyah Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59829/ym6ep712

Abstract

The condition of nations in the world in recent years has been in conflict with the moral decline in society, so it is not surprising that various cases related to this have arisen, such as bullying, brawls, environmental destruction and others, starting from young children who can become perpetrators or pun. as victims to elderly adults. This is what makes education experts concerned about the condition of the nation and then brings up the character of education as an answer to these problems, with the aim of improving moral values ​​in society which starts with implementing the character of education in schools, including PAUD institutions as the first formal institutions. . which lays the foundation of character for early childhood. Implementation of managed character education in the learning and habituation of school children, with the hope of forming character through their activities at school.
Belajar Di Rumah: Bermain Sains Menggunakan Loose Parts Bagi Anak Usia Dini Di Taman Baca Ciha Atik Wartini; Maharani
Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol. 1 No. 2 (2024): Ath-Thufail: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Volume 1 Nomor 2 Maret 2024
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muhammadiyah Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59829/eqp4k036

Abstract

Learning loss menjadi salah satu dampak pandemi covid-19 bagi dunia pendidikan. Pencegahan learning loss dapat dilakukan oleh fasilitator dengan cara memahami inovasi pengembangan konsep pembelajaran sains pada anak usia dini, dengan bermain menggunakan media/material lepas, karena media yang digunakan mudah ditemukan di rumah dan lingkungan sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat pemahaman fasilitator/ orangtua dan pendidik tentang belajar di rumah: bermain sains menggunakan loose parts bagi anak usia dini di Taman Baca Ciha Ngawi. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara dan observasi. Subjek penelitiannya adalah fasilitator dengan objek penelitian belajar di rumah: bermain sains menggunakan loose parts bagi anak usia dini di Taman Baca Ciha Ngawi. Hasil penelitian yaitu, fasilitator mempunyai pemahaman yang baik tentang belajar dirumah: bermain sains menggunakan loose parts dan juga mampu mengaplikasikannya pada kegiatan bermain di rumah dan di Taman Baca Ciha. Inovasi pembelajaran sains ini dapat menjadi salah satu program pembelajaran di rumah dan lembaga pendidikan yang menyenangkan dan memerdekakan.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK MELALUI KEGIATAN BERNYANYI DI TK KARTIKA IV-47 BOJONEGORO Novi Dyah Ayu Putri
Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol. 1 No. 2 (2024): Ath-Thufail: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Volume 1 Nomor 2 Maret 2024
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muhammadiyah Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59829/nkg4xp61

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran secara mendalam mengenai bagaiamana cara meningkatkan kemampuan berbahasa anak di TK Kartika IV-47 Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lembaga TK Kartika IV-47 pada setiap harinya dalam mengembangkan bahasa anak melalui kegiatan bernyanyi. Hal itu terlihat dari sebelum bel masuk, lembaga sudah membunyikan musik yang menarik anak untuk bernyanyi, kemudian senam dengan lagu yang mudah diingat dan dihafal oleh anak, dilanjutkan dengan kegiatan baris-berbaris dimana pada saat baris berbaris guru mengajak anak untuk bernyanyi lagu wajib nasional dan daerah pada setiap harinya. Selain itu, terdapat kegiatan bernyanyi seperti sebelum do’a mau belajar dan pulang sekolah, mengenalkan keagamaan pada anak melalui bernyanyi dan bernyanyi lagu sesuai dengan tema setiap minggunya. 
Pengaruh Kegiatan 3M Media Kain Flanel terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun di TK Ihyaul Ulum Lamongan Dwi Aminatus Saadah
Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol. 1 No. 2 (2024): Ath-Thufail: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Volume 1 Nomor 2 Maret 2024
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muhammadiyah Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59829/7bz5ym97

Abstract

Penelitian Pre Eksperimental desaign dengan jenis one group pretest posttest ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan 3M media kain flanel terhadap kemampuan motoric halus anak usia 5-6 tahun di TK Ihyaul Ulum Lamongan. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B di TK Ihyaul Ulum Lamongan yang berjumlah 16 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknis anailisis data menggunakan Wilcoxon Matched Pairs Test. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh Thitung =0 dan Ttabel Untuk N=16 dengan taraf signifikan 5% sebesar 30, maka (0<30). Data tersebut menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian kegiatan 3M media kain flanel berpengaruh. Hal ini dikarenakan kegiatan 3M media kain flanel dilakukan sesuai dengan tahapannya. Selain itu, kain flanel yang digunakan kongkret, aman karena bentuknya halus dan tebal yang dpaat melatih ketangkasan jari anak, dan tidak cepat rusak serta menarik bagi anak. Jadi dapat disimpulkan bahwa kegiatan 3M media kain flanel berpengaruh terhadap kemampuan motoric halus anak usia 4-5 tahun di TK Ihyaul Ulum Lamongan. 

Page 1 of 2 | Total Record : 12