cover
Contact Name
Albert Kurniawan Purnomo
Contact Email
albertkurniawan@unnur.ac.id
Phone
+6281224355173
Journal Mail Official
penulis.senja86@gmail.com
Editorial Address
Pajajaran 219 Bandung.
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
SOSIERA
ISSN : -     EISSN : 29646456     DOI : https://doi.org/10.56244/sosiera.v2i1.
Jurnal ini dikelola secara profesional oleh lembaga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (LPPM) Universitas Nurtanio. Jurnal Sosial, Ekonomi dan Humaniora adalah jurnal nasional, yang didedikasikan untuk publikasi hasil penelitian yang berkualitas dibidang Sosial, Ekonomi dan Humaniora.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2023): Jurnal Ilmiah Sosiera Edisi Desember" : 5 Documents clear
PENGGUNAAN INDIKATOR MYERS-BRIGGS TYPE INDICATOR (MBTI) UNTUK PENEMPATAN KARYAWAN MEMANFAATKAN SISTEM PAKAR METODE FORWARD CHAINING Faisal Ikhram; Nopi Ramsari
Jurnal Sosial, Ekonomi dan Humaniora Vol. 2 No. 1 (2023): Jurnal Ilmiah Sosiera Edisi Desember
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Nurtanio Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56244/sosiera.v2i1.670

Abstract

Penempatan karyawan merupakan bagian dari tugas fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia. Penempatan pada bidang kerja yang tepat dan sesuai dengan bakat dan kepribadian karyawan, akan mampu meningkatkan motivasi, produktivitas dan kepuasan kerja. Model indicator Myers Briggs Type Indicator (MBTI), yang membagi preferensi kepribadian manusia menjadi 16 tipe, dapat digunakan sebagai dasar menentukan penempatan Karyawan. Penelitian ini bertujuan menawarkan cara menentukan posisi karyawan yang sesuai dengan bakat dan kepribadiaannya menggunakan aplikasi sistem pakar. Sistem Pakar dalam penelitian ini menggunakan metode penalaran Forward Chaining yang mana pengguna memilih fakta yang sesuai terlebih dahulu, lalu dibuat konklusi atas fakta yang telah dipilih sebelumnya. Hasil penelitian mempermudah akses bagi pimpinan yang ingin melakukan tes kepribadian karyawannya dan mengurangi biaya, karena tes kepribadian dapat dilakukan tanpa menghadirkan seorang pakar. Pengumpulan data dilakukan dengan berbagai metode, antara lain: metode studi kepustakaan, wawancara dan browsing.
ANALISIS PERBEDAAN KEBERHASILAN BELAJAR MATA KULIAH MATEMATIKA EKONOMI DITINJAU DARI SEGI WAKTU PELAKSANAAN PERKULIAHAN Vini Rizqi
Jurnal Sosial, Ekonomi dan Humaniora Vol. 2 No. 1 (2023): Jurnal Ilmiah Sosiera Edisi Desember
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Nurtanio Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56244/sosiera.v2i1.697

Abstract

Pendidikan merupakan modal utama yang harus dimiliki seorang pelamar pekerjaan, dengan latar pendidikan yang baik memungkinkan mereka untuk memperoleh pekerjaan yang lebih baik. Alasan ini menjadi salahsatu pendorong bagi para pekerja untuk melanjutkan pendidikan walaupun mereka sudah mempunyai pekerjaan. Memfasilitasi hal tersebut Universitas Nurtanio membuka program kelas regular sore yang ditujukan untuk para pekerja ingin kuliah. Matematika ekonomi merupakan salahsatu mata kuliah wajib yang harus ditempuh mahasiswa akuntansi semester satu. Secara umum, mata kuliah ini mempelajari bagaimana menggunakan bahasa matematika dalam menggambarkan suatu permasalahan ekonomi berdasarkan teori ekonomi yang berlaku. Objek dalam penelitian ini adalah 29 mahasiswa kelas regular pagi dan mahasiswa kelas reguler sore semester satu tahun akademik 2022/2023 jurusan akuntansi Universitas Nurtanio Bandung. Pengambilan sampel menggunakan Teknik sampel jenuh yaitu seluruh populasi dijadikan sebagai objek penelitian. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil pengujian dengan uji independent t-test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,051 yang lebih besar dari 0,050, sehingga dapat disimpulakan bahwa tidak adanya perbedaan keberhasilan belajar mahasiswa dalam mata kuliah matematika ekonomi walaupun mereka belajar di pagi hari atau pun di sore hari. Perbedaan waktu pelaksanaan perkuliahan tidak menghambat mahasiswa untuk memperoleh keberhasilan belajar di dalam kelas.
PENERAPAN KONSEP DASAR MATEMATIKA DALAM EKONOMI Nonon Dherian Rizky; Vini Rizqi
Jurnal Sosial, Ekonomi dan Humaniora Vol. 2 No. 1 (2023): Jurnal Ilmiah Sosiera Edisi Desember
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Nurtanio Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56244/sosiera.v2i1.736

Abstract

Konsep-konsep dasar matematika dalam ekonomi merupakan materi penting pada pembelajaran matematika ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji konsep-konsep dasar matematika dalam ekonomi sebagai penunjang dan referensi dalam aktifitas pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian menggunakan studi review literatur. Berdasarkan kajian yang dilakukakan ada enam pokok bahasan konsep-konsep dasar matematika dalam ekonomi yaitu : Hubungan fungsi permintaan dan penawaran dibangun berdasarkan ide matematis dengan melihat variabel berdasarkan konsep fungsi linier, masalah permintaan dan penawaran.
PENGARUH KINERJA DOSEN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NURTANIO BANDUNG Asep Mulyana; Fotuho Waruwu
Jurnal Sosial, Ekonomi dan Humaniora Vol. 2 No. 1 (2023): Jurnal Ilmiah Sosiera Edisi Desember
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Nurtanio Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56244/sosiera.v2i1.737

Abstract

Judul dari penelitian ini adalah Pengaruh Kinerja Dosen terhadap Kepuasan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Nurtanio Bandung, Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui dan mengkaji pengaruh kinerja dosen terhadap Kepuasan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Nurtanio Bandung. Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Ekonomi Universitas Nurtanio Bandung dengan sampel mahasiswa sebanyak 38 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, metode yang bersifat deskriptif agar meningkatkan kinerja dosen dan pengembangan keprofesian berkelanjutan untuk meningkatkan kepuasan mahasiswa pengaruh Kinerja Dosen terhadap Kepuasan Program Studi Akutansi Fakultas Ekonomi Universitas Nurtanio Bandung adalah 74,8 %. Sisanya sebesar 25,2 % dimana merupakan variable diluar penelitian.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN NASABAH BANK NUSAMBA KK SOREANG Asep Rukmana
Jurnal Sosial, Ekonomi dan Humaniora Vol. 2 No. 1 (2023): Jurnal Ilmiah Sosiera Edisi Desember
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Nurtanio Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56244/sosiera.v2i1.738

Abstract

Kualitas pelayanan dan kualitas produk merupakan elemen penting yang harus diperhatikan untuk menciptakan kepuasan nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah, pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan, dan pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk secara simultan terhadap kepuasan pelanggan nasabah Bank Nusamba KK Soreang. Penelitian ini merupakan penelitian survey, menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini para nasabah Bank Nusamba KK Soreang. . Ukuran sampel penelitian yang diambil sebanyak 94 orang ditentukan dengan rumus Slovin, selanjutnya analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket sebagai alat. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) kualitas pelayanan di Bank Nusamba KK Soreang dalam kategori baik (2) kualitas produk di Bank Nusamba KK Soreang dalam kategori baik (3) kualitas produk memiliki pengaruh yang signifikan (30,25%) terhadap kepuasan nasabah. (4) Kualitas Produk memiliki pengaruh yang signifikan (12,32%) terhadap kepuasan nasabah. (5) kualitas pelayanan dan kualitas produk secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan (66,90%) terhadap kepuasan nasabah Bank Nusamba KK Soreang.

Page 1 of 1 | Total Record : 5