cover
Contact Name
Albert Kurniawan Purnomo
Contact Email
albertkurniawan@unnur.ac.id
Phone
+6281224355173
Journal Mail Official
penulis.senja86@gmail.com
Editorial Address
Pajajaran 219 Bandung.
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
SOSIERA
ISSN : -     EISSN : 29646456     DOI : https://doi.org/10.56244/sosiera.v2i1.
Jurnal ini dikelola secara profesional oleh lembaga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (LPPM) Universitas Nurtanio. Jurnal Sosial, Ekonomi dan Humaniora adalah jurnal nasional, yang didedikasikan untuk publikasi hasil penelitian yang berkualitas dibidang Sosial, Ekonomi dan Humaniora.
Articles 10 Documents
MODULATION IN THE TRANSLATION OF SOME ABSTRACTS IN MANNERS JOURNAL VOL.1 NO.1: A SEMANTIC STUDY tina merlina
Jurnal Sosial, Ekonomi dan Humaniora Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Ilmiah Sosiera Edisi Juni
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Nurtanio Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56244/sosiera.v1i1.489

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui modulasi dari Jurnal Manners Vol1. No 1, terkait terjemahan pada abstrak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penulis mengambil data dari beberapa abstrak di Jurnal Manners Vol.1, No.1. Untuk mengindentifikasi modulasi dalam terjemahan abstrak di Jurnal Manners Vol.1, No.1, penulis menggunakan teori dari Newmark (1998). Dari penelitian tersebut, penulis menemukan modulasi pada terjemahan Abstrak di Jurnal Manners Vol.1, No1. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Modulasi menyebabkan perubahan sudut pandang, namun pesannya masih sama seperti dalam bahasa sumber. Di dalam penelitian ini penulis menemukan tiga jenis modulasi yaitu part for the whole modulation, one part for another, dan cause for effect. Untuk penelitian selanjutnya dapat menggunakan terjemahan novel atau jurnal lain seperti jurnal social dan politik dan jurnal bereputasi lainnya.
PENGARUH MOTIVASI KERJA, KOMPENSASI FINANSIAL DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN BAGIAN AKUNTANSI faisal ikhram
Jurnal Sosial, Ekonomi dan Humaniora Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Ilmiah Sosiera Edisi Juni
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Nurtanio Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56244/sosiera.v1i1.490

Abstract

Kinerja akuntan adalah prestasi kerja seorang akuntan, atas tugas-tugas yang dibebankan kepadanya.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kinerja karyawan pada bagian akuntansi dipengaruhi faktor-faktor motivasi kerja, kompensasi finansial dari perusahaan dan komitmen organisasional.  Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel probability sampling dengan teknik simple random sampling. Jumlah sampling sebanyak 45 orang karyawan bagian akuntansi yang tersebar di wilayah kota Cimahi dan Bandung. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa hipotesis pertama yaitu motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan bagian akuntansi, hipotesis kedua yaitu kompensasi finansial tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan bagian akuntansi, dan hipotesis ketiga yaitu komitmen organisasional tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan bagian akuntansi.  
Peranan Manajemen Logistik Dalam Proses Penerimaan (Inbound) Barang Pada PT. Sky Light Multitrada Tangerang anna christina Ikasari; asep mulyana
Jurnal Sosial, Ekonomi dan Humaniora Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Ilmiah Sosiera Edisi Juni
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Nurtanio Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56244/sosiera.v1i1.492

Abstract

  Sky Light Multitrada didirikan pada tahun 1997 sebagai PT. Mak Tans Nusa Indah. Mengubah nama menjadi PT. Sky Light Multitrada pada tahun 2010. Menjadi bagian dari Darta Corp pada tahun 2014 dibawah naungan PT. Darta Logistik. Pada dasarnya PT. Sky light Multitrada merupakan perusahaan jasa produk antara lain proses ekspor impor, custom clearance, door to door service, penanganan rush handling, proyek kargo dan gudang berikat, Ditemukannya permasalahan yang terjadi pada proses penerimaan barang dari gudang Lini 1 ke Gudang Tempat Penimbunan Sementara (TPS) yaitu pelaksanaan yang tidak sesuai, pelabelan dari dokumen yang tidak sama dengan barang. Proses penerimaan barang belum dilaksanakan dengan baik, karena masih terdapat beberapa kendala pada pelaksanaan penerimaan barang oleh checker gudang. Pembuatan label di PT. Sky Light Multitrada sampai saat ini masih dilakukan dengan cara manual oleh karena itu sering terjadi kesalahan yang dilakukan pemantauan oleh pihak checker gudang. Pengecekan fisik oleh checker inbound barang tersebut sudah rusak ketika proses unloading dilakukan, rusaknya barang yang diakibatkan oleh transporter disebut origin damage. Faktor pengawasan menjadi salah satu penyebab terjadinya kesalahan tersebut. Metode yang di gunakan adalah metode deskriptif di mana masalah yang dijumpai, diurai dan dibahas sehingga di dapatkan kesimpulan akhir. Secara garis besar teknik yang di gunakan adalah teknik pengumpulan data seperti observasi dan wawancara Pengambilan dokumen dan barang sesuai dengan yang ada di Pemberitahuan Impor Barang (PIB) dan melakukan pengecekan ulang (double check). Penanganan harus dilakukan jika terjadi kesalahan pada pelabelan yaitu jika barang belum dikirim atau masih berada dalam daerah impor segera diganti label tersebut dengan yang benar oleh pihak gudang tempat penimbunan sementara. Barang harus melalui pengecekan double check fisik oleh checker inbound agar tidak terjadi kekeliruan barang dengan dokumen.
TINGKAT PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI BANDUNG (Studi Kasus Pada Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bandung Tahun 2020) toto heryanto
Jurnal Sosial, Ekonomi dan Humaniora Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Ilmiah Sosiera Edisi Juni
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Nurtanio Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Tingkat Partisipasi Masyarakat Dalam Pemilihan Bupati Dan Wakil Bupati Bandung Tahun 2020, untuk mengetahui apa saja faktor-faktor penghambat serta upaya dalam mengatasi hambatan tersebut.Berdasarkan hasil data yang diperoleh dan melalui proses analisis, didapatkan kesimpulan bahwa Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung telah melakukan upaya-upaya dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bandung tahun 2020. Tingkat partisipasi masyarakat sebesar 72,18% meningkat 9,28% jika dibandingkan dengan Pilkada sebelumnya tetapi masih belum mencapai target yang ditetapkan oleh pemerintah yaitu 77,5%.
Strategi Kebijakan Pengembangan Material Center Perkakas Pertanian Di Desa Mekarmaju Kecamatan Pasirjambu Kabupaten Bandung Dalam Menunjang Program Seribu Kampung maman suherman
Jurnal Sosial, Ekonomi dan Humaniora Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Ilmiah Sosiera Edisi Juni
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Nurtanio Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56244/sosiera.v1i1.494

Abstract

Material   Center   Perkakas   Pertanian   merupakan   sebuah   inovasi   di   Desa   Mekarmaju Kecamatan Pasirjambu yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa bertujuan untuk memperbaiki perekonomian serta mensejahterakan masyarakat, yaitu dengan mewadahi dan membina seluruh Industri  Kecil  Menengah  serta  elemen   masyarakat  khususnya  yang  terlibat  dalam  pembuatan kerajinan pandai besi. Namun dalam pengelolaannya terdapat beberapa masalah diantaranya, keberadaan Material Center dan produk yang dihasilkannya belum dikenal luas oleh masyarakat terutama pengguna. kerjasama dengan pihak ketiga  untuk saluran distribusi produk terbatas hanya oleh satu partner usaha dan kendala regenerasi untuk kelanjutan usaha. Tujuan penelitian yaitu untuk menganalisis strategi kebijakan yang dilakukan untuk pengembangan Material Center Perkakas Pertanian di Desa Mekarmaju Kecamatan Pasirjambu Kabupaten Bandung dalam menunjang Program Seribu Kampung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data diperoleh dari para informan yang ditetapkan untuk dianalisis dengan teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strenghts (kekuatan) yang dimiliki oleh Material Center adalah memiliki produk unggulan khususnya produk pertanian dan setelah diresmikannya Material Center yaitu dapat membantu pendapatan masyarakat. Weaknesses (Kelemahan) Material  Center terlihat dengan belum adanya rencana untuk melakukan kerja sama dengan perusahaan lain dikarenakan masih tahap perdana serta media yang digunakan untuk promosi masih menggunakan Website Desa. Adapun  beberapa  kendala  yaitu  sulitnya mendapatkan pekerja muda untuk regenerasi,  sehingga  jarang  yang  ingin menjadi pengrajin dan adanya kesulitan permodalan. Oportunities (Peluang) yang ada yaitu Material Center tidak hanya memproduksi satu produk saja melainkan masih banyak produk pertanian lainnya sehingga harus adanya pembaharuan (Modernisasi) untuk mengikuti trend yang ada saat ini agar lebih berdaya  saing.  Adapun Threats (Ancaman)  yang dihadapi  oleh  Material  Center  yaitu  dalam hal permodalan, bahan baku dan pengerjaannya yang masih dilakukan oleh IKM masing-masing secara tradisional. Demi keberlanjutan (sustainable) usaha peneliti mengajukan saran agar dalam jangka pendek dan menengah melakukan regenerasi pekerja dan untuk jangka panjang melakukan inovasi perluasan pasar melalui platform digital. Kata Kunci : Strategi Kebijakan Pengembangan, Material Center, Perkakas Pertanian.
PENGGUNAAN INDIKATOR MYERS-BRIGGS TYPE INDICATOR (MBTI) UNTUK PENEMPATAN KARYAWAN MEMANFAATKAN SISTEM PAKAR METODE FORWARD CHAINING Faisal Ikhram; Nopi Ramsari
Jurnal Sosial, Ekonomi dan Humaniora Vol. 2 No. 1 (2023): Jurnal Ilmiah Sosiera Edisi Desember
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Nurtanio Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56244/sosiera.v2i1.670

Abstract

Penempatan karyawan merupakan bagian dari tugas fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia. Penempatan pada bidang kerja yang tepat dan sesuai dengan bakat dan kepribadian karyawan, akan mampu meningkatkan motivasi, produktivitas dan kepuasan kerja. Model indicator Myers Briggs Type Indicator (MBTI), yang membagi preferensi kepribadian manusia menjadi 16 tipe, dapat digunakan sebagai dasar menentukan penempatan Karyawan. Penelitian ini bertujuan menawarkan cara menentukan posisi karyawan yang sesuai dengan bakat dan kepribadiaannya menggunakan aplikasi sistem pakar. Sistem Pakar dalam penelitian ini menggunakan metode penalaran Forward Chaining yang mana pengguna memilih fakta yang sesuai terlebih dahulu, lalu dibuat konklusi atas fakta yang telah dipilih sebelumnya. Hasil penelitian mempermudah akses bagi pimpinan yang ingin melakukan tes kepribadian karyawannya dan mengurangi biaya, karena tes kepribadian dapat dilakukan tanpa menghadirkan seorang pakar. Pengumpulan data dilakukan dengan berbagai metode, antara lain: metode studi kepustakaan, wawancara dan browsing.
ANALISIS PERBEDAAN KEBERHASILAN BELAJAR MATA KULIAH MATEMATIKA EKONOMI DITINJAU DARI SEGI WAKTU PELAKSANAAN PERKULIAHAN Vini Rizqi
Jurnal Sosial, Ekonomi dan Humaniora Vol. 2 No. 1 (2023): Jurnal Ilmiah Sosiera Edisi Desember
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Nurtanio Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56244/sosiera.v2i1.697

Abstract

Pendidikan merupakan modal utama yang harus dimiliki seorang pelamar pekerjaan, dengan latar pendidikan yang baik memungkinkan mereka untuk memperoleh pekerjaan yang lebih baik. Alasan ini menjadi salahsatu pendorong bagi para pekerja untuk melanjutkan pendidikan walaupun mereka sudah mempunyai pekerjaan. Memfasilitasi hal tersebut Universitas Nurtanio membuka program kelas regular sore yang ditujukan untuk para pekerja ingin kuliah. Matematika ekonomi merupakan salahsatu mata kuliah wajib yang harus ditempuh mahasiswa akuntansi semester satu. Secara umum, mata kuliah ini mempelajari bagaimana menggunakan bahasa matematika dalam menggambarkan suatu permasalahan ekonomi berdasarkan teori ekonomi yang berlaku. Objek dalam penelitian ini adalah 29 mahasiswa kelas regular pagi dan mahasiswa kelas reguler sore semester satu tahun akademik 2022/2023 jurusan akuntansi Universitas Nurtanio Bandung. Pengambilan sampel menggunakan Teknik sampel jenuh yaitu seluruh populasi dijadikan sebagai objek penelitian. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil pengujian dengan uji independent t-test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,051 yang lebih besar dari 0,050, sehingga dapat disimpulakan bahwa tidak adanya perbedaan keberhasilan belajar mahasiswa dalam mata kuliah matematika ekonomi walaupun mereka belajar di pagi hari atau pun di sore hari. Perbedaan waktu pelaksanaan perkuliahan tidak menghambat mahasiswa untuk memperoleh keberhasilan belajar di dalam kelas.
PENERAPAN KONSEP DASAR MATEMATIKA DALAM EKONOMI Nonon Dherian Rizky; Vini Rizqi
Jurnal Sosial, Ekonomi dan Humaniora Vol. 2 No. 1 (2023): Jurnal Ilmiah Sosiera Edisi Desember
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Nurtanio Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56244/sosiera.v2i1.736

Abstract

Konsep-konsep dasar matematika dalam ekonomi merupakan materi penting pada pembelajaran matematika ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji konsep-konsep dasar matematika dalam ekonomi sebagai penunjang dan referensi dalam aktifitas pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian menggunakan studi review literatur. Berdasarkan kajian yang dilakukakan ada enam pokok bahasan konsep-konsep dasar matematika dalam ekonomi yaitu : Hubungan fungsi permintaan dan penawaran dibangun berdasarkan ide matematis dengan melihat variabel berdasarkan konsep fungsi linier, masalah permintaan dan penawaran.
PENGARUH KINERJA DOSEN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NURTANIO BANDUNG Asep Mulyana; Fotuho Waruwu
Jurnal Sosial, Ekonomi dan Humaniora Vol. 2 No. 1 (2023): Jurnal Ilmiah Sosiera Edisi Desember
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Nurtanio Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56244/sosiera.v2i1.737

Abstract

Judul dari penelitian ini adalah Pengaruh Kinerja Dosen terhadap Kepuasan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Nurtanio Bandung, Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui dan mengkaji pengaruh kinerja dosen terhadap Kepuasan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Nurtanio Bandung. Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Ekonomi Universitas Nurtanio Bandung dengan sampel mahasiswa sebanyak 38 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, metode yang bersifat deskriptif agar meningkatkan kinerja dosen dan pengembangan keprofesian berkelanjutan untuk meningkatkan kepuasan mahasiswa pengaruh Kinerja Dosen terhadap Kepuasan Program Studi Akutansi Fakultas Ekonomi Universitas Nurtanio Bandung adalah 74,8 %. Sisanya sebesar 25,2 % dimana merupakan variable diluar penelitian.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN NASABAH BANK NUSAMBA KK SOREANG Asep Rukmana
Jurnal Sosial, Ekonomi dan Humaniora Vol. 2 No. 1 (2023): Jurnal Ilmiah Sosiera Edisi Desember
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Nurtanio Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56244/sosiera.v2i1.738

Abstract

Kualitas pelayanan dan kualitas produk merupakan elemen penting yang harus diperhatikan untuk menciptakan kepuasan nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah, pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan, dan pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk secara simultan terhadap kepuasan pelanggan nasabah Bank Nusamba KK Soreang. Penelitian ini merupakan penelitian survey, menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini para nasabah Bank Nusamba KK Soreang. . Ukuran sampel penelitian yang diambil sebanyak 94 orang ditentukan dengan rumus Slovin, selanjutnya analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket sebagai alat. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) kualitas pelayanan di Bank Nusamba KK Soreang dalam kategori baik (2) kualitas produk di Bank Nusamba KK Soreang dalam kategori baik (3) kualitas produk memiliki pengaruh yang signifikan (30,25%) terhadap kepuasan nasabah. (4) Kualitas Produk memiliki pengaruh yang signifikan (12,32%) terhadap kepuasan nasabah. (5) kualitas pelayanan dan kualitas produk secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan (66,90%) terhadap kepuasan nasabah Bank Nusamba KK Soreang.

Page 1 of 1 | Total Record : 10