cover
Contact Name
Agustinus Lambertus Suban
Contact Email
agustinus2304@gmail.com
Phone
+6285239123988
Journal Mail Official
agustinus2304@gmail.com
Editorial Address
Jl. Kesehatan no. 03 Maumere- Flores - NTT
Location
Kab. sikka,
Nusa tenggara timur
INDONESIA
Increate
Published by Universitas Nusa Nipa
ISSN : 23389214     EISSN : 30465362     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal In Create - Inovasi dan Kreasi dalam Teknologi Informasi adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Teknik Informatika Universitas Nusa Nipa. Jurnal ini memuat artikel-artikel hasil penelitian, pengembangan, dan penerapan teknologi informasi yang inovatif dan kreatif. Jurnal ini bertujuan untuk menyebarluaskan hasil-hasil karya ilmiah di bidang teknologi informasi yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan dunia ilmu pengetahuan. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini memiliki nomor ISSN 2338-9214 dan terindeks di Google Scholar. Jurnal ini juga memiliki situs web resmi yang dapat diakses di sini. Journal title : In Create (Inovasi dan Kreasi dalam Teknologi Informasi) Abbreviation : Increate ISSN : 2338-9214 (print) Frequency : 2 issues/year (Jan, Juni)
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 10 No. 1 (2024): Jurnal In Create" : 6 Documents clear
DESAIN SISTEM E-COMMERCE UNTUK PENINGKATAN PENJUALAN PRODUK PERTANIAN Yohanes Jibrail Mado; Theresia Wihelmina Mado; , Taras Iawan Saputera Wanda
Increate - Inovasi dan Kreasi dalam Teknologi Informasi Vol. 10 No. 1 (2024): Jurnal In Create
Publisher : Increate - Inovasi dan Kreasi dalam Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam era digital saat ini, peran teknologi informasi semakin penting dalam mengoptimalkan potensisektor pertanian. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan Sistem E-Commerce yangdapat meningkatkan penjualan produk pertanian. Desain sistem ini melibatkan integrasi teknologi web untukmemberikan solusi yang inovatif, memudahkan akses pelanggan, dan meningkatkan efisiensi proses penjualan.Implementasi sistem dilakukan melalui uji coba pada lingkungan simulasi dengan melibatkan pemangkukepentingan terkait. Evaluasi kinerja sistem dilakukan dengan mengukur waktu respons, kecepatan transaksi, dankehandalan sistem. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sistem E-Commerce yang dirancang berhasilmeningkatkan penjualan produk pertanian dengan efektif, memberikan kontribusi pada pertumbuhan bisnis danperekonomian lokal. Penelitian ini memberikan pandangan yang jelas tentang potensi penggunaan teknologi webdalam meningkatkan sektor agribisnis melalui peningkatan penjualan produk pertanian secara online. Implikasipraktis dari hasil penelitian ini dapat memberikan arahan bagi pemangku kepentingan di sektor pertanian untukmengadopsi inovasi digital dalam upaya meningkatkan daya saing dan profitabilitas bisnis mereka.
INDEKS KUALITAS INFRASTRUKTUR DRAINASE PERKOTAAN DI KABUPATEN SIKKA Maria Kurniaty Lete; Deddy Imanuel Pau; Yono Putra
Increate - Inovasi dan Kreasi dalam Teknologi Informasi Vol. 10 No. 1 (2024): Jurnal In Create
Publisher : Increate - Inovasi dan Kreasi dalam Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kondisi kawasan Kabupaten Sikka setelah terjadi intensitas hujan sedang dengan durasi yang lama,menyebabkan banyaknya limpasan pada beberapa titik lokasi dan adanya sedimentasi diantaranya plastik, kayudan tanah yang terbawah aliran air ke badan jalan, kondisi seperti ini memberikan kemacetan arus lalu lintaskendaraan pada lokasi tersebut. Salah satu solusi dalam mengatasi permasalahan limpasan dan banjir padalokasi adalah membangun bangunan infrastruktur drainase perkotaan. Jika dianalisis permasalahan limpasanpada beberapa titik di kawasan perkotaan Kabupaten sikka, muncul pertanyaan apakah drainase eksisting yangada di lokasi sudah berfungsi secara optimal dalam menyelesaikan permasalahan limpasan yang ada? Penelitianini urgent untuk memberikan informasi kepada pembaca terkait indeks kualitas infrastruktur drainase pada 3 titiklokasi di Kabupaten Sikka diantaranya drainase kelurahan Kota Uneng, kelurahan Beru, Kelurahan Kabor.Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus/studi lapangan, selanjutnya data diolah dandianalisis menggunakan Microsoft office excel versi 19 dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukanbahwa indeks kualitas infrastruktur drainase pada lokasi pertama Kota uneng sebesar 67%, lokasi keduaKelurahan Beru sebesar 13%, lokasi ketiga Kelurahan Kabor sebesar 14%. Besarnya prosentase indeks kondisidrainase dari ketiga lokasi diperoleh 31%; berdasarkan peraturan Menteri Nomor 12/PRT/M/2015 nilaiprosentase kondisi drainase ini masuk dalam kategori rusak berat.
ANALISIS PENGENDALIAN WAKTU DAN BIAYA MENGGUNAKAN CRITICAL PATH METHOD (CPM) DENGAN APLIKASI MICROSOFT PROJECT 2016 Margaretha Yuneta; Maria Kurniaty Lete; Alfrendo Satriawan Kabupung
Increate - Inovasi dan Kreasi dalam Teknologi Informasi Vol. 10 No. 1 (2024): Jurnal In Create
Publisher : Increate - Inovasi dan Kreasi dalam Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Proses perencanaan hingga pengendalian proyek selama pelaksanaan pekerjaan konstruksi merupakan kegiatanpenting dari suatu proyek. Demi kelancaran jalannya sebuah proyek dibutuhkan manajemen yang akan mengelolaproyek dari awal hingga proyek berakhir, yakni manajemen proyek. Untuk memenuhi permintaan konsumen makadiperlukan penjadwalan proyek yang tepat agar proyek dapat selesai sesuai tenggat waktu yang disepakati. Salahsatu proyek konstruksi yang sedang dilaksanakan adalah Pembangunan Boster SPAM. Dalam pengerjaankonstruksi ini masalah yang sering dihadapi adalah tentang penggunaan waktu yang kurang efektif. Hal inidisebabkan oleh pekerjaan yang tidak tepat waktu sehingga menghambat pekerjaan lainnya yang berhubungandengan pekerjaan tersebut. Maka diperlukan metode untuk mengoptimalisasikan jangka waktu dan meminimasitotal biaya proyek untuk pekerjaan yang bisa dipercepat serta bisa mentargetkan penyelesaian proyekpembangunan tersebut dengan optimal dan tepat waktu.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis perencanaan waktu dan perencanaan biaya yangoptimal pada Pembangunan Boster SPAM menggunakan metode (Critical Path Method) CPM. Lokasi penelitianyakni pada proyek Pembangunan Boster SPAM Perum Korpri Sempaja di Kota Samarinda. Data yangdikumpulkan antara lain: data jenis aktivitas atau kegiatan, data urutan kegiatan, data waktu pelaksanaan proyeknormal, data biaya tiap kegiatan normal proyek, data harga upah, bahan dan alat. Analisa yang dipakai dalampenelitian ini adalah Analisa (Critical Path Method) CPM dengan Aplikasi Microsoft Project 2016.Hasil penelitian menunjukkan dari hasil perhitungan dan penjadwalan, didapatkan Kegiatan yang dapatdipercepat antara lain adalah kegiatan yang berada pada jalur kritis terutama kegiatan-kegiatan utama yaitu A1(Mobilisasi dan Demobilisasi Peralatan, Pengukuran dan pematokan) dan A2 (Pelaporan, Gambar ShopDrawing+Asbuilt Drawing) dari 124 hari menjadi 116 hari Sehingga metode CPM (Critical Path Method)dipercepat dapat menghasilkan durasi lebih cepat 9 hari dari waktu awal. Biaya proyek Pembangunan secarariil perusahaan yaitu dengan biaya Rp. 789,128,263.00 sedangkan bila menggunakan metode CPM (Critical PathMethod) dengan total pekerjaan selama 116 hari (lebih cepat 9 hari dari durasi normal) dengan biaya Rp.801,004,549.00 (mengalami kenaikan biaya sebesar Rp.12.000.000).
PENENTUAN GURU BERPRESTASI DI SMK NEGERI 3 MAUMERE MENGGUNAKAN ALGORITMA ITERATIVE DICHOTOMISER 3 (ID3) Widya Waty; , Fransiska Dua Grengan; Faustina Katharina Ursula Karwayu; Andrikan Vinsensius Sao; Margaretha Rozady
Increate - Inovasi dan Kreasi dalam Teknologi Informasi Vol. 10 No. 1 (2024): Jurnal In Create
Publisher : Increate - Inovasi dan Kreasi dalam Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penentuan guru berprestasi merupakan aspek penting dalam pengembangan pendidikan yang bertujuanuntuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Penilaian kinerja guru tidak hanya mencakup pencapaianakademis siswa tetapi juga melibatkan berbagai aspek, seperti inovasi dalam pengajaran, kontribusi terhadappengembangan kurikulum, partisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler, dan pemberdayaan siswa. Pada penelitianini penentuan guru berprestasi di SMK Negeri 3 Maumere menggunakan algoritma ID3 dengan 6 kriteria yaitupenilaian kinerja guru, disiplin, karya inovatif, publikasi ilmiah, pengembangan diri, pembinaan ekstra danprestasi. penelitian ini bertujuan untuk mengkaji metode dan kriteria yang digunakan dalam menentukan guruberprestasi, serta dampaknya terhadap motivasi dan kinerja guru dalam konteks pendidikan. Hasil dari penelitianini yaitu metode ID3 dapat digunakan sebagai salah satu metode untuk menentukan guru berprestasi terutamamenggunakan software Rapid Miner yang digunakan untuk membantu dan memudahkan sekolah dalammenentukan guru berprestasi di SMK Negeri 3 Maumere dalam rangka mencapai kinerja sekolah secaramaksimal yang berdampak pada peningkatan prestasi peserta didik. Berdasarkan analisis algoritma ID3didapatkan Penentuan prestasi guru dari 6 kriteria didapatkan bahwa kriteria disiplin merupakan kriteria yangpaling berpengaruh terhadap penentuan guru berprestasi di SMK Negeri 3 Maumere
PERANCANGAN SISTEM PRESENSI SISWA-SISWI BERBASIS DESKTOP PADA SMP NEGERI KEWAPANTE Tadeus Dalu Lolan; Alfonsus Alo Api; Theresia Wihelmina Mado
Increate - Inovasi dan Kreasi dalam Teknologi Informasi Vol. 10 No. 1 (2024): Jurnal In Create
Publisher : Increate - Inovasi dan Kreasi dalam Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan Teknologi sekarang sangat pesat menyebabkan banyak kalangan yang mencarialternatif pemecahan masalah di bidang teknologi sistem informasi. Desktop merupakan salah satusarana yang dapat membantu dimana sistem informasi akan menghasilkan nilai lebih dari pada sebuahsistem yang diolah secara manual, juga akan menghasilkan suatu sistem informasi yang efisien danbaik. pada SMP NEGERI KEWAPANTE masih menggunakan cara konvensional yakni mencatat padabuku absen siswa. Hal ini menyebabkan proses presensi memakan waktu lama, selain itu juga tingkatkecepatan akses data saat dibutuhkan menjadi terlambat. Tujuan penelitian pada kerja praktek ini yaknimerancang bangun sistem presensi Siswa-Siswi berbasis Desktop dengan harapan dapat membantuBapak/Ibu guru dalam proses pencatatan data berupa presensi serta mempermudah Bapak/Ibu gurudalam memberikan laporan yang cepat, tepat dan menghemat waktu.
PERANCANGAN APLIKASI MOBILE INTERAKTIF PEMBELAJARAN EKONOMI (SIMEKO) PADA SISWA – SISWI SMP KELAS VIII Febriyanti Alwisye Wara; Yanter Wilve Baly Woda; Claudia B Bada
Increate - Inovasi dan Kreasi dalam Teknologi Informasi Vol. 10 No. 1 (2024): Jurnal In Create
Publisher : Increate - Inovasi dan Kreasi dalam Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini telah merambah ke segala aspek kehidupan sehingga saat ini seolahmasyarakat telah dimanjakan oleh adanya alat-alat yang dapat memberikan kemudahan dalam aktifitassehari-hari. Salah satunya adalah handphone, yang ditandai lahirnya teknologi Smartphone. Kurikulummerdeka belajar bagi siswa – siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) merupakan kurikulum baru yangditerapkan pada jenjang Pendidikan SMP dengan keberagaman pembelajaran intrakurikuler agar siswadapat menyesuaikannya dengan kompetensi dan bakat yang dimiliki. Kurikulum ini juga mempunyai tujuanyaitu mengembalikan otoritas sekolah dan pemerintah daerah untuk mengelolah sendiri pendidikan yangsesuai dengan kondisi didaerahnya serta mempercepat pencapain tujuan Pendidikan nasional danmenyiapkan tantangan global era revolusi 4.0. Ekonomi merupakan salah satu mata pelajaran yangmenduduki peran penting dalam dunia Pendidikan, hal ini terbukti bahwa jenjang pendidikan SekolahLanjutan Tingkat Pertama (SLTP), Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) bahkan sampai Perguruan Tinggi(PT) sebagian besar mempelajarai ilmu ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk perancangan aplikasimobile interaktif pembelajaran ekonomi sebagai upaya untuk mendukung kurikulum merdeka belajar padasiswa – siswi kelas delapan pada Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) perancangan aplikasi mobileinteraktif pembelajaran ekonomi (SIMEKO) fitur yang inovatif. Adapun fitur yang di rancang yaitu materidikemas dengan animasi secara virtual dan video, serta suara. Pada menu Latihan soal dikemas dalambentuk pilihan ganda dengan tampilan yang menarik, selain itu fitur lainnya adalah Game yang dapatmemotivasi siswa untuk belajar sambIl bermain

Page 1 of 1 | Total Record : 6