cover
Contact Name
Agustinus Lambertus Suban
Contact Email
agustinus2304@gmail.com
Phone
+6285239123988
Journal Mail Official
agustinus2304@gmail.com
Editorial Address
Jl. Kesehatan no. 03 Maumere- Flores - NTT
Location
Kab. sikka,
Nusa tenggara timur
INDONESIA
Increate
Published by Universitas Nusa Nipa
ISSN : 23389214     EISSN : 30465362     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal In Create - Inovasi dan Kreasi dalam Teknologi Informasi adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Teknik Informatika Universitas Nusa Nipa. Jurnal ini memuat artikel-artikel hasil penelitian, pengembangan, dan penerapan teknologi informasi yang inovatif dan kreatif. Jurnal ini bertujuan untuk menyebarluaskan hasil-hasil karya ilmiah di bidang teknologi informasi yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan dunia ilmu pengetahuan. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini memiliki nomor ISSN 2338-9214 dan terindeks di Google Scholar. Jurnal ini juga memiliki situs web resmi yang dapat diakses di sini. Journal title : In Create (Inovasi dan Kreasi dalam Teknologi Informasi) Abbreviation : Increate ISSN : 2338-9214 (print) Frequency : 2 issues/year (Jan, Juni)
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 7 No. 1 (2021): Jurnal In Create : Inovasi dan Kreasi dalam Teknologi Informasi" : 7 Documents clear
MEDIA PEMBELAJARAN MENGENAL ANGKA , HURUF, BENTUK DAN WARNA BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF Mega Oktavia; Febriyanti Alwisye Wara; Yanter Wilve Baly Woda
Increate - Inovasi dan Kreasi dalam Teknologi Informasi Vol. 7 No. 1 (2021): Jurnal In Create : Inovasi dan Kreasi dalam Teknologi Informasi
Publisher : Increate - Inovasi dan Kreasi dalam Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Teknologi telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari semua aspek kehidupan manusia. Perkembangan teknologi komputer yang pesat telah membuat perangkat komputer mampu menampilkan informasi dalam bentuk multimedia. Multimedia dapat digunakan untuk membuat presentase belajar yaitu media pembelajaran yang lebih interaktif. Namun kurangnya media dalam bentuk alat peraga yang menarik dan multiguna pada Paud Sion dan dalam masa pandemik yang mengharuskan anak – anak belajar dari rumah membuat minat anak – anak dalam belajar menurun, untuk itu penulis tertarik untuk membuat Media Pembelajaran Mengenal Angka, Huruf, Bentuk Serta Warna berbasis Multimedia Interaktif yang bertujuan membantu anak – anak Paud Sion dalam belajar dan menjadi alat peraga tambahan bagi guru Paud Sion.Perancangan media pembelajaran dibuat semenarik mungkin, dengan memasukan unsur media seperti teks, suara, animasi, gambar, audio, video, dan penggunaan warna – warna cerah disetiap tampilannya, dan berdasarkan uji user yang telah dilakukan dari hasil presentase kuisioner, bayaknya guru dan anak – anak yang menjawab setuju pada setiap pertanyaan mencapai (100%), maka dapat disimpulkan bahwa Aplikasi Media Pembelajaran Interaktif Mengenal Huruf, Angka, Bentuk dan Warna bisa digunakan dan dapat diterima di Paud Sion dengan harapan dapat menarik minat belajar anak untuk mengenal angka, huruf, bentuk serta warna. Kata Kunci : Multimedia Interaktif, Media Pembelajaran (Mengenal Angka, Huruf, Bentuk Serta Warna )
PEMERATAAN PENYEBARAN INFORMASI KESEHATAN PADA PUSKESMAS HABIBOLA MENGGUANAKAN APIK (APLIKASI PENGOLAHAN INFORMASI KESEHATAN) BERBASIS SMS-GATEWAY Yosafat Pati Koten; Margaretha PN Rozady; Faustin Roswita
Increate - Inovasi dan Kreasi dalam Teknologi Informasi Vol. 7 No. 1 (2021): Jurnal In Create : Inovasi dan Kreasi dalam Teknologi Informasi
Publisher : Increate - Inovasi dan Kreasi dalam Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Salah satu penekanan angka meningkatnya penyakit pada masyarakat adalah penyampaian informasi Kesehatan tentang penyakit tertentu sejak dini. Penyebaran informasi Kesehatan diharapkan merata kepada semua lapisan masyarakat agar semuanya memperoleh manfaat secara langsung. Topografi pemukiman masyarakat di desa khususnya desa-desa di kecamatan kloangpopot berbukit-bukit dan berjauhan jarak antar desa. Hal ini menjadi salah satu masalah bagi petugas puskesmas dalam menyebarkan informasi Kesehatan yang hanya terbatas pada pengumuman langsung melalui pengeras suara. Untuk mengatasi permasalahan ini maka kami mengembangkan sebuah aplikasi pengolahan informasi Kesehatan (APIK) berbasis sms gateway. Penyebaran informasi dapat dilakukan oleh operator kepada masyarakat melalui sms gateway pada server APIK dan juga masyarakat dapat melakukan konsultasi Kesehatan berkaitan dengan penyakit-penyakit umum kapan saja dan di mana saja. System APIK akan membalas sms warga secara otomatis (auto replay). Keluaran dari sistem APIK ini adalah operator dapat membuat pelaporan berupa laporan kosultasi warga, laporan data-data informasi Kesehatan dari masa ke masa, laporan data warga yang mendaftar untuk berobat, laporan data-data gejala-gejala penyakit, dan laporan informasi Kesehatan terbaru. Penyampaian informasi Kesehatan dengan system APIK mencapai hampir seluruh (85%) warga kecamatan kloangpopot per keluarga. Kata kunci : APIK (Aplikasi Pengolahan Informasi Kesehatan), SMS Gateway, Sistem Informasi, informasi Kesehatan.
APLIKASI MULTIMEDIA PEMBALAJARAN HURUF DAN ANGKA UNTUK ANAK - ANAK Theresia Wihelmina Mado; Yohanes Jibrail Mado; Gusti .
Increate - Inovasi dan Kreasi dalam Teknologi Informasi Vol. 7 No. 1 (2021): Jurnal In Create : Inovasi dan Kreasi dalam Teknologi Informasi
Publisher : Increate - Inovasi dan Kreasi dalam Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Proses pembalajaran pada anak dimulai sejak dini, Anak-anak umumnya memiliki keterbatasan pengetahuan tergantung pada informasi yang diterimanya. Visualisasi cenderung digunakan untuk menerima informasi dan mengingatnya dalam otak. Pada umumnya anak-anak memiliki daya imajinasi yang cukup tinggi, sehingga dalam menyampaikan materi pembelajaran tentang suatu materi yang diberikan harus memperhatikan aspek nyata yang dapat menumbuhkan imajinasi, agar dapat dibayangkan hal yang sesungguhnya terjadi atau bentuk nyata yang dapat digambarkan melalui visualisasi. Huruf dan angka adalah hal yang paling dasar dan utama yang wajib dipelajari dan ketahui oleh anak – anak, pengemasan metode belajar yang dipakai juga diharapkan mampu menarik minat anak, sehingga anak tidak mudah bosan atau jenuh selama proses belajar. untuk itulah diperlukan sebuah aplikasi multimedia yang akan membantu proses berlajar anak. Pembuatan aplikasi ini banyak menggunakan animasi, gambar serta ditambahkan suara sehingga mempermudah anak untuk mengingat kembali apa yang dipelajari Kata Kunci: Media pembelajaran, Multimedia
ANALISA TARIF ANGKUTAN PEDESAAN KECAMATAN PAGA-TERMINAL MADAWAT DI KABUPATEN SIKKA Rudolfus Stephen; Anastasia Merdekawati Noralita Soludale
Increate - Inovasi dan Kreasi dalam Teknologi Informasi Vol. 7 No. 1 (2021): Jurnal In Create : Inovasi dan Kreasi dalam Teknologi Informasi
Publisher : Increate - Inovasi dan Kreasi dalam Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pada dasarnya kita menyadari bahwa tarif angkutan pedesaan terkadang tidak sesuai dengan apa yang diharapkan oleh sebagian masyarakat. Salah satu permasalahan yang sering dihadapi oleh pemakai jasa angkutan pedesaan adalah besarnya tarif yang harus dibayar untuk melakukan perjalanan. Dari pihak pengusaha angkutan pedesaan biaya yang harus dikeluarkan untuk mengoperasikan angkutan pedesaan pada tingkat pelayanan tertentu. Sedangkan dari pihak pengguna (user) memberikan keuntungan yang besar bagi penyedia jasa, sehingga operator memberikan kenyamanan kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisa Tarif angkutan pedesaan trayek Kecamatan Paga-Terminal Madawat di Kabupaten Sikka, menggunakan metode Forum Studi Transportasi Perguruan Tinggi (FSTPT) dan metode Dinas Lalu Lintas Angkutan Jalan (DLLAJ), serta membandingkan Tarif yang berlaku saat ini dengan kedua metode tersebut. Berdasarkan hasil analisa Tarif menunjukan tarif berdasarkan metode FSTPT adalah Rp 12.500,- perpenumpang sekali perjalanan dan Tarif berdasarkan metode DLLAJ adalah Rp 12.000,- perpenumpang sekali perjalanan dengan jarak 43 km.hasil analisa dari kedua metode tersebut sama dengan tarif yang diberlakukan oleh Pemerintah Kabupaten Sikka. Akan tetapi tarif yang diberlakukan oleh pemilik kendaraan berbeda dengan ketentuan tarif yang berlaku, yakni Rp.15.000,- untuk penumpang umum dan Rp.10.000,- untuk penumpang pelajar. Kata Kunci : Angkutan Umum, Biaya Opersional Kendaraan, Tarif, FSTPT, DLLAJ
APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN IPA KELAS V MENGGUNAKAN METODE MDLC (MULTIMEDIA DEVELOPMENT LIFE CYCLE) STUDI KASUS SDK MARIA FERRARI MAUMERE Hilarius Alfan; Febriyanti Alwisye Wara; Imelda Dua Reja
Increate - Inovasi dan Kreasi dalam Teknologi Informasi Vol. 7 No. 1 (2021): Jurnal In Create : Inovasi dan Kreasi dalam Teknologi Informasi
Publisher : Increate - Inovasi dan Kreasi dalam Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Media pembelajaran adalah alat bantu pada proses belajar baik di dalam maupun di luar kelas, komponen sumber belajar atau wahana fisik yang mengandung materi intruksional yang dapat meransang pola belajar siswa. Salah satunya adalah mata pelajaran IPA pada materi sistem pernapasan, sistem peredaran darah, sistem pencernaan, konsep perpindahan kalor, pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud benda, siklus air. Proses Perancangan aplikasi media pembelajaran dengan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) merupakan salah satu metodologi pengembangan perangkat lunak. Metodologi pengembangan multimedia sendiri tardapat enam tahap, yaitu: concept ,design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Hasil yang diperoleh dari aplikasi media pembelajaran IPA kelas V menggunakan metode MDLC berbasis android dapat meningkatkan minat belajar siswa dan mempermudah proses pembelajaran. Dari hasil uji coba rata-rata kepuasan user sebesar 75% mengatakan amat baik, 22,5 % mengatakan baik dan 2,5 % mengatakan cukup baik. Media pembelajaran berbasis android ini dapat mempermudah dan menarik minat belajar siswa kelas V, serta menumbuhkan motivasi belajar siswa dalam memahami materi IPA. Kata kunci: media pembelajaran, android, MDLC, IPA, metodologi
MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR DI SMK NEGERI 3 MAUMERE Maria Yunita; Febriyanti Alwisye Wara; Nur Hadi
Increate - Inovasi dan Kreasi dalam Teknologi Informasi Vol. 7 No. 1 (2021): Jurnal In Create : Inovasi dan Kreasi dalam Teknologi Informasi
Publisher : Increate - Inovasi dan Kreasi dalam Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dunia pendidikan saat ini hidup dalam dunia media, dimana kegiatan pembelajaran dituntut bergerak lebih maju dengan sistem penyampaian materi pembelajaran yang lebih modern dengan pemanfaatan multimedia. Metode pembelajaran secara konvensional yang terjadi di SMK Negeri 3 Maumere pada mata pelajaran KJD cenderung membuat siswa merasa malas, bosan dan jenuh saat mendengarkan guru menyampaikan materi melalui tampilan slide power point dan modul cetak. Agar dapat mendukung hasil belajar dan motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, maka penulis membuat aplikasi media pembelajaran tambahan bagi guru dan siswa dengan menggunakan Metode MDLC. Tujuan dari media pembelajaran ialah meningkatkan minat belajar serta lebih memahami materi KJD. Media pembelajaran dapat meningkatkan minat belajar siswa yang dilihat dari hasil rekapitulasi penyebaran kuesioner dengan perolehan 30% responden (guru) sangat setuju, 63% responden (guru) setuju, 7% responden guru tidak setuju, 36,13% responden (siswa) sangat setuju, 56,6% responden (siswa) setuju, dan 7,27% responden (siswa) tidak setuju. Kata Kunci : Multimedia, Media Pembelajaran, Minat Belajar, Metode Pembelajaran, Materi
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN STATUS PENDUDUK PENERIMA BANTUAN PERUMAHAN PADA DESA UMAUTA KABUPATEN SIKKA MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) Yosafat Pati Koten; Engelbertus Lewar
Increate - Inovasi dan Kreasi dalam Teknologi Informasi Vol. 7 No. 1 (2021): Jurnal In Create : Inovasi dan Kreasi dalam Teknologi Informasi
Publisher : Increate - Inovasi dan Kreasi dalam Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Desa Uma uta merupakan sebuah desa pada kecamatan Bola Kabupaten Sikka yang mempunyai jumlah penduduk 1.665 jiwa. Berbagai macam program pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa khususnya dalam memberikan bantuan perumahan bagi penduduk yang kurang mampu namun dalam kenyataannya parameter kriteria yang disyaratkan dari Kabupaten tidak dapat terjangkau oleh penduduk setempat. Pemerintah desa menetapkan dalam rapat bersama untuk menentukan kriteria minimal yang dapat dialokasikan bantuan perumahan kepada warga desa yang kurang mampu. Untuk menghindari adanya kegiatan kolusi maka dibutuhkan sebuah sistem pendukung keputusan (SPK) untuk membantu kepala desa dalam menentukan prioritas penduduk desa yang berhak memperoleh bantuan perumahan. SPK yang dibangun dengan menggunakan Bahasa pemrograman visual basic dan berbasis desktop dengan menerapkan metode simple additive weighting (SAW). Sistem berkerja dengan sangat sederhana yakni operator menginput keadaan rumah penduduk dan selanjutnya sistem akan menentukan prioritas penduduk secara berurutan yang akan mempeoleh bantuan perumahan. Luaran dari sistem ini akan menampilkan urutan prioritas penduduk yang mempunyai peluang terbesar untuk mendapatkan bantuan perumahan yang diurutkan dari urutan satu dan seterusnya. Urutan 1 artinya penduduk yang mempunyai prioritas tertinggi untuk mendapatkan bantuan perumahan. Dengan adanya SPK untuk menentukan prioritas penduduk yang memperoleh bantuan perumahan ini dapat membantu meringankan pekerjaan pemerintah desa, meningkat efisiensi dan meminimalisir peluang terjadinya nepotisme. Kata kunci ; SPK, SAW, penduduk desa, bantuan perumahan.

Page 1 of 1 | Total Record : 7