cover
Contact Name
Mukhamad Khumaidi Usman
Contact Email
jurnal.nozzle@poltekharber.ac.id
Phone
+628919579264
Journal Mail Official
jurnal.nozzle@poltekharber.ac.id
Editorial Address
Tim Redaksi NOZZLE : Journal Mechanical Engineering Program Studi D3 Teknik Mesin Politeknik Harapan Bersama Jl. Mataram No.9, Pesurungan Lor, Kec. Margadana, Kota Tegal, Jawa Tengah 52147 Email : jurnal.nozzle@poltekharber.ac.id
Location
Kota tegal,
Jawa tengah
INDONESIA
Nozzle : Journal Mechanical Engineering
ISSN : 23016957     EISSN : 2776219X     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Nozzle : Jurnal Teknik Mesin (p-ISSN 2301-6957, e-ISSN 2776-219X) menerbitkan artikel penelitian, artikel konseptual, laporan kajian lapangan, praktik terbaik dan kebijakan teknik mesin di kancah nasional dan internasional (Lihat Fokus dan Ruang Lingkup ). Artikel jurnal ini diterbitkan setiap enam bulan sekali, yaitu pada bulan Januari dan Juli (2 edisi per tahun), dan diterbitkan oleh Politeknik Harapan Bersama Tegal. Editor hanya akan menerima naskah yang memenuhi format yang ditentukan. Nozzle : Journal Mechanical Engineering (p-ISSN 2301-6957, e-ISSN 2776-219X) publishes research articles, conceptual articles, reports field studies, the best practices and policies of mechanical engineering on a national and international stage (See Focus and Scope). The articles of this journal are published every six months, that is in January and July (2 issues per year), and published by the Politeknik Harapan Bersama Tegal. The editors will only accept the manuscripts which meet the assigned format. The journal publishes original papers in the field of Mechine but not limited to, the following scope: Mechine: Electronic Materials, Materials Engineering, Energy Manufacturing, Machinery, Electronic Instrumentation, Automation, Control, Embedded Systems, Mechatronics, Eectric power, Technology, Energy Storage Systems, Transmission, Energy Distribution, New Renewable Energy, and other related topics.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2016): Nozzle : Journal Mechanical Engineering" : 7 Documents clear
RANCANG BANGUN TRAINER POWER WINDOW PADA PINTU DEPAN MOBIL TIMOR Mukhamad Khumaidi Usman; Amin Nur Akhmadi
Nozzle : Journal Mechanical Engineering Vol 5, No 1 (2016): Nozzle : Journal Mechanical Engineering
Publisher : Politeknik Harapan Bersama Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30591/nozzle.v5i1.805

Abstract

AbstrakDi era moder ini kenyamanan dan keselamatan berkendara impian bagi pengguna kendaraan, dengan mengunakan power window sebagai pembuka kaca pintu mobil secara otomatis, sehingga pengendra tidak harus mengontel lagi, cukup menekan saklar power window kaca pintu dapat naik turun.Tujuan dari rancang bangun power window pintu depan mobil timor untuk menambah dan  meningkatkan kualitas pengajaran secara praktek maupun teori dan menambah teknologi baru untuk mobil timor. Metode penelitian yang digunakan adalah metode interview dan observasi. Proses pembuatan trainer dan aplikasi power window dilakukan dengan teliti supaya hasilnya kuat dan rapi. Langkah awal  mempersiapkan alat dan bahan setalah itu membuat kerangka, papan kelistrikan, tempat dudukan baterai, pemasangan roda Trolly, membuat penutup mekanisme kabel, modifikasi power window jenis mekanisme kabel dan pintu depan sebelah kanan mobil timor dan proses yang terahir instalasi kabel. Setelah trainer dan aplikasi power window selesai di buat, melakukan pengujian kelistrikan dengan menganalisa kinerja power window untuk mengetahui power window dapat bekerja Dengan menekan saklar up dan down kaca pintu dapat naik turun. Pengujian berikutnya pengujian tanpa beban yaitu pengujian dari baterai ke motoran langsung, kebutuhan tegangan untuk naik 12 V sedangkan untuk turun besar tegangan 12 Vdan dengan mengunakan swith, besar tegangan untuk kaca pintu naik 11 V dan turun membutuhkan besar tegangan 12 V. Pengujian yang terakhir mengukur kecepatan naik turun kaca pintu power window, kaca naik di butuhkan waktu 5,23 detik dan turun 3,48 detik. Kata kunci : proses pembuatan trainer, analisa dan perbaikan kerusakan   komponen pada power window dan pengujian power window.
TROUBLE SHOOTING SISTEM PENGISIAN PADA KENDARAAN PROTOTYPECAN AM Fiki Firdaus
Nozzle : Journal Mechanical Engineering Vol 5, No 1 (2016): Nozzle : Journal Mechanical Engineering
Publisher : Politeknik Harapan Bersama Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30591/nozzle.v5i1.801

Abstract

Abstrak          Sistem pengisian sangat penting pada kendaraan untuk itu diperlukan sistem pengisian yang memproduksi tenaga listrik untuk mengisi kembali baterai sekaligus mendukung kinerja baterai mensuplai kebutuhan listrik ke sistem yang membutuhkannya pada saat kendaraan dihidupkan. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan trouble shooting sistem pengisian agar kita mengetahui masalah yang ada dalam sistem pengisian pada sepeda motor Honda Astrea Grand.Penelitian ini menggunakan metode analisa data pada kendaraan prototype Camel Ibate menggunakan sistem pengisian AC yang berfungsi merubah energi gerak menjadi energi listrik. Listrik yang dihasilkan merupakan arus bolak balik (AC). Salah satu ciri kerusakan pada sistem pengisian pada sepeda motor yaitu lampu depan mudah putus. Ciri lainnya adalah baterai mudah lemah. Jika starter dan klakson tidak bekerja dengan baik, itu disebabkan karena baterai lemah. Maka tak salah lagi berarti baterai tidak mendapat suplai listrik dari sistem pengisian. Bila baterai sudah berumur lebih dari 2 tahun,  memang berarti baterainya yang sudah rusak. Tapi bila baterai masih baru tapi tekor terus, berarti sistem pengisian yang tidak berjalan dengan baik. Kerusakan untuk kasus ini biasanya disebabkan alternator/sepul kelistrikan yang sudah rusak. Masalah lainnya adalah : Tidak ada arus listrik dalam posisi kontak ON penyebabnya baterai mati atau kabel baterainya lepas, sekering  utama putus. Tenaga listrik lemah dalam posisi kunci kontak ON penyebabnya baterai lemah atau kabelnya kendor. Tenaga listrik eror sistem penyebabnya hubungan kabel baterai dan kabel sistem pengisian longgar/kendor, ada hubungan singkat pada sistem penerangan. Tenaga listrik lemah dalam posisi mesin hidup penyebabnya baterai tidak terisi penuh dan kerusakan pada sisitem pengisian. Kata Kunci : Sistem pengisian, Sumber listrik, Baterai
RANCANG BANGUN RANGKA TRAINER SISTEM KEMUDI TOYOTA AVANZA Ahmad Faoji; Wawan Junaidi Usman
Nozzle : Journal Mechanical Engineering Vol 5, No 1 (2016): Nozzle : Journal Mechanical Engineering
Publisher : Politeknik Harapan Bersama Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30591/nozzle.v5i1.807

Abstract

AbstrakUntuk meletakkan komponen-komponen sistem kemudi Toyota Avanza tahun 2010 dibutuhkan rangka yang kuat. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan rangka yang kuat dan mampu menahan beban yang bekerja saat pengoperasian trainer sistem kemudi Toyota Avanza. Pada dasarnya terdapat tiga kriteriutama dalam rancangan suatu rangka yaitu keamanan, kenyamanan, dan ekonomis. Penelitian ini menggunakan dongkrak hidraulik kapasitas 2 ton dengan asumsi sesuai beban yang bekerja pada kendaraan. Bahan yang digunakan pada rangka trainer sistem kemudi Toyota Avanza tahun 2010 adalah besi hollow 36 dan besi hollow 25 x 5.Hasil penelitian rangka trainer sistem kemudi Toyota Avanza tahun 2010 didapatkan tegangan tekan maksimum rangka utama sebesar 308,36 N/mm2, sedangkan tegangan tekan yang terjadi lebih kecil yaitu sebesar 85,306 N/mm2, tegangan lentur maksimum rangka utama sebesar 231,27 N/mm2, sedangkan tegangan lentur yang terjadi lebih kecil yaitu sebesar 127,96 N/mm2. Pada rangka landasan didapatkan tegangan tekan maksimum rangka landasan sebesar 327,16 N/mm2, sedangkan tegangan tekan yang terjadi lebih kecil yaitu sebesar 75,096 N/mm2, tegangan lentur maksimum rangka landasan sebesar 490,47 N/mm2, sedangkan tegangan lentur yang terjadi lebih kecil yaitu sebesar 103,4 N/mm2. Dari data diatas dapat disimpulkan bahwa rangka trainer sistem kemudi Toyota Avanza tahun 2010 aman. Kata kunci : kekuatan rangka, rangka trainer sistem kemudi, tegangan tekan, tegangan lentur.
MODIFIKASI BODY MOBIL LISTRIK TUXUCI 2.0 POLITEKNIK HARAPAN BERSAMA Agus Suprihadi
Nozzle : Journal Mechanical Engineering Vol 5, No 1 (2016): Nozzle : Journal Mechanical Engineering
Publisher : Politeknik Harapan Bersama Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30591/nozzle.v5i1.802

Abstract

AbstrakMobil listrik harus dilengkapi dengan bodi, untuk melindungi pengemudi maupun penumpang dari gangguan lingkungan dan cuaca. Mobil listrik Tuxuci generasi pertama memiliki spesifikasi panjang 2400 mm, lebar 1300 mm dan berat total bodi yakni 16,1 kg. Dengan spesifikasi tersebut mobil listrik Potachi generasi pertama memiliki beberapa kekurangan diantaranya yakni ukurannya terlalu panjang dan terlalu berat karena menggunakan material yang kurang tepat yakni menggunakan plat besi 0,5 mm untuk bodi bagian samping dan fiberglass 4 lapis pada bagian depan dan belakang bodi. Maka dari itu modifikasi bodi mobil listrik Potachi dilakukan dengan merubah panjang menjadi 2100 mm dan lebar menjadi 1300 mm serta berat total bodi menjadi 7 kg sebagai upaya untuk menutupi kekurangan-kekurangan pada bodi mobil listrik Potachi generasi pertama,Dalam proses modifikasi bodi mobil listrik potachi dengan bahan fiberglass.awalnya mobil listrik Tuxuci 2.0 Politeknik Harapan Bersama memiliki dimensi dengan panjang 2400 mm dan lebar 1300 mm serta memiliki berat total 220 kg. Berat total ini dihasilkan salah satunya dari bagian bodi yang memiliki berat keseluruhan yakni 16,1 kg, berat ini dihasilkan dari jumlah total yakni bodi bagian depan 2,7 kg, bodi bagian samping 10,2 kg dan bodi bagian belakang 3,2 kg. Kata kunci: Bodi, fiberglass, modifikasi.
ANALISA DEBIT AIR MESIN PENYIRAM BAWANG MERAH DENGAN REMOTE CONTROL Sigit Sujito Budhi
Nozzle : Journal Mechanical Engineering Vol 5, No 1 (2016): Nozzle : Journal Mechanical Engineering
Publisher : Politeknik Harapan Bersama Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30591/nozzle.v5i1.808

Abstract

Abstrak          Usaha perbaikan kerja untuk mengurangi kelelahan petani, mempercepat waktu penyiraman dan meringankan biaya produktifitas bawang merah yang masih menggunkan penyiraman secara manual dapat dilakukan dengan perancangan alat kerja yang hendaknya bersifat sederhana namun dapat memberikan keuntungan secara nyata terhadap para petani. Perancangan alat kerja tersebut dapat mengurangi tingkat kelelahan para petani, mempercepat waktu dalam melakukan penyiraman dan meringankan biaya produktifitas Motor bakar adalah salah satu jenis dari mesin yang mengubah energi panas menjadi energi mekanik. Motor dua langkah atau 2 tak adalah motor yang proses kerjanya untuk menghasilkan energi membutuhkan 1 kali putaran poros engkol atau 2 kali gerakan piston.melakukan pengujian ini,  membutuhkan bahan yang untuk diujikan agar kami mendapatkan data yang diinginkan, yaitu analisa debit air mesin penyiram bawang merah dengan remote control.melakukan pengujian ini, membutuhkan alat untuk membantu melakukan pengujian ini, diantaranya adalah 2 buah ember, gelas ukur, meteranalat penyiram bawang merah manual  Tachometer, dan stopwatch.eksperimen penelitian terhadap penyiraman secara manual yang dilakukan oleh 3 petani dan dilokasi yang berbeda menghasilkan data penelitian yang menunjukan bahwasanya pada penyiraman luas lahan 1m2 dengan selang waktu rata-rata petani 17 detik, membutuhkan debit air 14 liter, eksperimen penelitian terhadap penyiraman menggunakan mesin peyiram bawang menggunakan remote control dengan penyiraman luas lahan 1m2 dengan selang waktu rata-rata petani 17 detik, menghasilkan debit air rata-rata 14,05 lite Kata Kunci : Mesin penyiram, Remote control
PENGARUH PENGGUNAAN KNALPOT STANDART DENGAN RACING TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR SEPEDA MOTOR MIO GT SOUL TAHUN 2012 Syarifudin Syarifudin
Nozzle : Journal Mechanical Engineering Vol 5, No 1 (2016): Nozzle : Journal Mechanical Engineering
Publisher : Politeknik Harapan Bersama Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30591/nozzle.v5i1.803

Abstract

AbstrakPada umumnya knalpot racing banyak digunakan untuk lomba balapan motor, dikarenakan knalpot racing tidak ada hambatan dalam system pembuan gan gas sisa pembakaran sehingga performa dan tenaga yang dihasilkan lebih besar, tetapi sekarang ini tidak hanya pembalap yang menggunakan knalpot racing pengendara motor biasa juga banyak yang menggunakan knalpot racing, selain untuk meningkatkan performa / tenaga mesin juga sebagai tren modifikasi motor saat ini,  tetapi dari segi suara dan bahan bakar tentunya ada pengaruhnya yang sangat signifikan Semakin pesatnya perkembangan dunia otomotif dan kreatifitas pemilik kendaraan bermotor untuk memodifikasi kendaraanya salah satunya dengan memodifikasi knalpot motor agar yang bertujuan untuk mendapatkan performa mesin lebih maksimal dan tampilan yang berbeda dari yang lainnya. Penggunaan knalpot yang tidak standart tentunya sangat berpengaruh pada kendaraan itu sendiri termasuk dari suara dan konsumsi bahan bakarnya. Dimana suara mesin motor lebih keras dibandingkan dengan knalpot racing dan konsumsi bahan bakar juga lebih boros atau meningkat sekitar 90% untuk yang menggunakan knalpot racing dibandingkan dengan knalpot standar. Pada pengujian knalpot racing didapatkan data pada kecepatan 1000 Rpm konsumsi bahan bakarnya 75 ml selama 60 detik, jadi konsumsi bahan bakar untuk menggunakan knalpot racing lebih besar 90% dibandingkan dengan knalpot standart. Hal ini dikarenakan knalpot standar memiliki skat untuk menahan sisapembakaran yang belum sempurna tetap berada di tabung silinder dan akan di bakar lagi untuk langkah usaha. Kata kunci : knalpot standart, knalpot racing, motor mio.
INSTALASI WIRING CONTROLLER MOBIL LISTRIK TUXUCI Faqih Fatkhurrozak
Nozzle : Journal Mechanical Engineering Vol 5, No 1 (2016): Nozzle : Journal Mechanical Engineering
Publisher : Politeknik Harapan Bersama Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30591/nozzle.v5i1.804

Abstract

AbstrakMobil listrik adalah mobil yang digerakan dengan motor listrik, menggunakan energy listrik yang disimpan dalam baterai .Mobil listrik pertama kali dikenalkan oleh Robert Anderson  dari skotlandia pada tahun 1832-1839, mobil listrik diciptakan untuk mengatasi habisnya minyak buni di dunia, sekaligus mobil ini mengacu prinsip ramah lingkungan (Go Green) .Untuk membuat mobil listrik kita perlu pengetahuan dan teknologi yang dibutuhkan salah satunya yaitu komponen controller yang berfungsi mengatur arus listrik yang mengalir ke motor listrikPerkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang begitu cepat telah mempengaruhi perkembangan segala produk termasuk diantaranya kendaraan dengan menggunakan energy listrik karena kendaraan ini dinilai yang paling ramah lingkungan sesuai dengan program Negara – Negara di dunia untuk menyelamatkan bumi dan generasi berikutnya. Teknologi otomotif menja di semakin penting untuk dikuasai dan dikebangkan. Sumber daya manusia yang mampu menguasai dan mengembangkan teknologi otomotif makin dibutuhkan. Dengan perkembangan teknologi tersebut kita perlu mencoba untuk membuat instalasi wiring controller mobil listrik khususnya Potachi, dan bagaimana cara kerja dari system kelistrikan tersebut. Instalasi wiring controller merupakan proses merangkai komponen kelistrikan pada sebuah mobil listrik, cara kerjanya yaitu dengan mengirimkan arus listrik ke komponen baterai menuju komponen controller untuk mengatur dan mensuplay jumlah arus listrik yang akan dikirim ke komponen motor listrik. Kata kunci : wiring controller, mobil listrik.

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2016 2016