cover
Contact Name
Henni Somantik
Contact Email
garuda@apji.org
Phone
+628115697744
Journal Mail Official
danang@apji.org
Editorial Address
Jl. Ngedang Desa Tebedak Kecamatan Ngabang, Kab. Landak, Provinsi Kalimantan Barat, 78357
Location
Kab. landak,
Kalimantan barat
INDONESIA
Jurnal Dikmas
ISSN : 28307909     EISSN : 28307836     DOI : 10.55606
URNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT yang mencakup pada bidang dengan focus dan scope:Pendidikan Pelayanan Rohani Manajemen Gereja Hukum Humaniora Komunikasi Pertanian Perkebunan
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 1 (2022): Juni : Jurnal DIKMAS" : 4 Documents clear
PENGARUH KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN TERHADAP PERTUMBUHAN ROHANI PESERTA DIDIK DI SDN 07 TUBANG RAENG KECAMATAN JELIMPO KABUPATEN LANDAK Rialestari Rialestari; Meryantje Anabokay; Esau Yesyurun Tang
Jurnal DIKMAS Vol. 4 No. 1 (2022): Juni : Jurnal DIKMAS
Publisher : Biro Pengelolaan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarat SETIA Ngabang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55606/dikmas.v4i1.52

Abstract

Kreativitas guru PAK memiliki pengaruh besar terhadap pertumbuhan rohani peserta didik. Oleh karena itu diperlukan pengajaran karena melalui pengajaran yang kreatif, inovatif dan inspiratif untuk dapat memberi pemahaman yang mudah dimengerti oleh peserta didik. Itu sebabnya guru PAK perlu melihat kebutuhan peserta didik dengan harapan bahwa dasar-dasar iman Kristen dapat betul-betul dipahami dan diterapkan dalam kehidupan peserta didik. Tujuan penelitian ini ialah guru PAK perlu mengajar, membimbing, memperkenalkan Tuhan kepada peserta didik, dan membentuk karakter peserta didik sehingga karakternya seperti karakter Kristus dalam pribadinya. Metodologi penelitian yang digunakan ialah metodologi penelitian kuantitatif dengan pendekatan wawancara, penyebaran angket, dan kepustakaan. Dari hasil perhitungan, diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,301 dan signifikansi pada α = 0,05. Melalui hasil pengujian hipotesis untuk melihat keberartian korelasi yang diperoleh t hitung = 4,812 > t tabel = 3,065. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan, kreativitas guru PAK dengan pertumbuhan rohani peserta didik di SDN 07 Tubang Raeng. Dari hasil perhitungan, diperoleh koefisien detrminasi sebesar 0,350 atau sebesar 35% sedangkan 65% dipengaruhi oleh faktor-faktor yang lain yang tidak diteliti oleh penulis. Hal ini berarti bahwa varibel kreativitas guru PAK berpengaruh terhadap pertumbuhan rohani peserta didiK di SDN 07 Tubang Raeng Kecamatan Jelimpo Kabupaten Landak.
TANGGUNG JAWAB GEMBALA SIDANG DALAM MEMBIMBING KERUKUNAN HIDUP JEMAAT DI GSJA ANUGERAH SP IV JANGKANG KABUPATEN SANGGAU Veronika Pina; Henni Somantik; Markus Amid; Eliantri Putralin
Jurnal DIKMAS Vol. 4 No. 1 (2022): Juni : Jurnal DIKMAS
Publisher : Biro Pengelolaan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarat SETIA Ngabang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55606/dikmas.v4i1.53

Abstract

Tanggung jawab gembala sidang dalam membimbing kerukunan hidup jemaat GSJA Anugerah SP IV Jangkang sangat dibutuhkan dalam hidup berjemaat, karena jemaat merupakan bagian dari masyarakat luas yang harus hidup rukun. Tujuan penelitian untuk mendorong gembala Sidang dalam membimbing kerukunan hidup jemaat di GSJA Anugerah SP IV Jangkang supaya jemaat tetap hidup dalam kerukunan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Menggunakan metode kualitatif deskriptif karena data dan informasi yang diperoleh kata atau narasi kemudian dapat dideskripsikan, dinarasikan, dan dijelaskan agar maknanya semakin jelas. Sumber data berasal dari para informan yaitu gembala sidang, majelis jemaat, dan anggota jemaat GSJA dan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil temuan data dari penelitian ini adalah: (1) Gembala sidang memotivasi jemaat agar hidup rukun; (2) gembala sidang dapat mengunjungi Jemaat GSJA Anugerah SP IV Jangkang; (3) gembala sidang mengajar jemaat agar hidup percaya kepada Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat; (4) harapan gembala sidang agar seluruh anggota jemaat dapat menguasai diri dari dosa, selalu berdoa, dan mendukung gembala dalam pelayanan. Kesimpulan: gembala sidang GSJA Anugerah SP IV Jangkang telah melaksanakan tanggung jawabnya dengan baik dalam membimbing dan mengarahkan jemaat berdasarkan pengajaran Yesus Kristus.
JESUS CHIEF EXECUTIVE OFFICER DALAM KONTEKS MANAJEMEN MODERN DAN IMPLIKASINYA BAGI ORANG MUDA KATOLIK Fransiskus Janu Hamu
Jurnal DIKMAS Vol. 4 No. 1 (2022): Juni : Jurnal DIKMAS
Publisher : Biro Pengelolaan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarat SETIA Ngabang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55606/dikmas.v4i1.153

Abstract

This community service report reviews the concept of Jesus' Chief Executive Officer (CEO) in the context of modern management and its relevance to young Catholics. Through research and literature studies, we investigate how management principles such as leadership, decision-making, empowerment, and service reflected in the teachings and actions of Jesus can be applied in the daily lives of young Catholics. In modern management, which is often oriented towards material success, involving Jesus as the example of chief executives provides an alternative view that reinforces spiritual and ethical values in their decision-making and work. Using modern management principles inspired by the teachings of Jesus can provide guidance and inspiration for young Catholics as they build careers and serve others. In this context, Jesus' leadership, which is based on service, empowerment, and love, becomes a relevant model for young Catholics who wish to integrate the values of the Catholic faith into their professional world. This report provides new insights into how young Catholics can apply management principles that are morally and spiritually meaningful, and support their personal development as responsible public servants.
TATA KELOLA SEKOLAH ALAM KEBUN TUMBUH MENUJU SEKOLAH YANG BERKUALITAS Dita Rahmaditiani Junaidi; Evi Satispi; Aldira Lindawati; Dalila Afif
Jurnal DIKMAS Vol. 4 No. 1 (2022): Juni : Jurnal DIKMAS
Publisher : Biro Pengelolaan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarat SETIA Ngabang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55606/dikmas.v4i1.278

Abstract

This research is motivated by the success of phenomenon educational institution based on nature that serve as one of the alternative educational institutions in Indonesia. The success of the phenomenon came from from the ability of sekolah alam to shape and transform the sought-after core values. This research aims to explain the process of forming and transforming core values based on environmental uniqueness and local wisdom at Sekolah Alam Kebun Tumbuh (SAKT) which conducted in August – December 2021, and located in the middle of an urban area. Researcher used a qualitative approach with data collection techniques, interviews, and documentation as well as analysis using interactive model qualitative techniques which included data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of the research indicate that all educational and learning activities in sekolah Alam carried out with an integrative holistic approach with nature as a place, source, and learning media in the context of cognitive processes, awareness, enlightenment, empowerment, character building and children's behavior. The core values developed by Sekolah Alam Kebun Tumbuh are based on five values, includes noble character, critical thinking, leadership, entrepreneurial spirit, and toughness. These core values are the hallmark and differentiator from Sekolah Alam Kebun Tumbuh from other sekolah alam as well as the brand image of Sekolah Alam Kebun Tumbuh. In addition, it continues to embody the three dimensions of core values in general, namely curriculum, methods, environment and physics.

Page 1 of 1 | Total Record : 4