cover
Contact Name
Marianus Hendrilensio Sanga
Contact Email
marianus.sanga@pnk.ac.id
Phone
+6285333078033
Journal Mail Official
marianus.sanga@pnk.ac.id
Editorial Address
Jln. Adisucipto, Kota Kupang, 85258, Indonesia
Location
Kota kupang,
Nusa tenggara timur
INDONESIA
Jurnal Bisnis Dan Manajemen: Bisman
ISSN : 24772801     EISSN : 30476747     DOI : https://doi.org/10.32511/bisman.v8i1
Core Subject : Economy,
As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in management and science, especially in business administration (MBA). The journal welcomes original theoretical and empirical investigations about business and management. The papers may represent a variety of theoretical perspectives and different methodological approaches. The major criteria in the review and the selection process concern the significance of the contribution to the area of business and management. 1) Finance & Accounting 2) Operations and Information management 3) Marketing Management 4) Strategic management/ Organizational 5) Human resource management 6) Entrepreneurship 7) Digital Business
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 02 (2016): Desember" : 7 Documents clear
ANALISIS KELAYAKAN INVESTASI PENGGANTIAN AKTIVA TETAP PADA CV. PUJA DI KUPANG Indawati J Nino
Bisman - Jurnal Bisnis & Manajemen Vol 2 No 02 (2016): Desember
Publisher : P3M- Politeknik Negeri Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Investasi yang dilakukan dalam berbagai bidang bisnis (usaha), sudah barang tentu memerlukansejumlah modal (uang), di samping keahlian lainnya. Modal yang digunakan untuk membiayaisuatu bisnis, mulai dari biaya pra-investasi, biaya investasi dalam aktiva tetap, hingga modal kerja(Kasmir dan Jakfar, 2007: 85). Suatu rencana investasi, diharapkan dapat memberikan manfaatdalam waktu yang relatif panjang. Oleh karena itu memerlukan pertimbangan-pertimbangan matangdalam pengambilan keputusannya. Pedoman penilaian suatu investasi atau yang dikenal dengankriteria investasi yang paling sering digunakan adalah: (1) Payback period yaitu metode yanglebih mengutamakan investasi yang menghasilkan aliran kas lebih cepat, (2) Net Present Valueyaitu metode yang digunakan untuk menghitung selisih antara besarnya nilai sekarang daripenerimaan kas yang akan diterima, (3) Profitability Index yaitu menghitung perbandingan PresentValue of Cash flow dengan initial Investment (Umar Husein, 2007:197-202). CV. PUJA yangberada di Jl. Sunan Gunung Jati No.21, Kel.Solor Kupang merupakan sebuah perusahaan yangbergerak di bidang advertising yang beroperasi selama 9 tahun dari tahun 2006. Jasa yang ditawarkan CV. PUJA dalam bidang advertising adalah jasa pembuatan konsep dan percetakan.CV. PUJA memiliki aktiva tetap seperti Printer Digital Phaeton UD-3208 H, Printer Laser, MesinCetak Besar Ryobi 480K-NP, Mesin Cetak Kecil Thomson dan Komputer. Namun peralatanoperasional yang ada tersebut sudah mengalami keusangan sehingga perusahaan menilai perluuntuk melakukan penggantian mesin baru, untuk mengatasi hal tersebut dan selain adanya alasankeusangan aktiva tetap lama maka ada pula alasan lain yang mendorong perusahaan untukmelakukan investasi pengganti aktiva tetap. Berdasarkan alasan itu maka penulis melakukanpenelitian ini. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui “Bagaimanakah tingkatkelayakan investasi pengganti aktiva tetap pada CV. PUJA di Kupang”.Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diketahui pada perhitungan penilaiankelayakan investasi, adalah sebagai sebagai berikut, 1). Payback Period dari investasi lama yaitu2 tahun 6 bulan, sedangkan pada investasi baru menghasilkan Payback Period 1 tahun 9 bulan.Dan hal ini menggambarkan bahwa investasi baru lebih layak karena memiliki waktu pengembalianinvestasi yang lebih cepat dari pada investasi lama. 2). Net Present Value dari investasi barusebesar Rp. 102.886.168 dan Net Present Value dari investasi lama sebesar Rp. 59.096.534, yangartinya jika dilihat dari nilai NPV itu sendiri maka NPV dari investasi baru lebih besar dari padaNPV dari investasi lama karena memiliki tingkat pengembalian (Rate of return) yang berbeda,namun pada investasi baru tingkat pengembalian (Rate of return) sebesar 32% , sedangkan padainvestasi lama menghasilkan tingkat pengembalian (Rate of return) hanya sebesar 18% saja.Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa investasi baru lebih layak dari pada investasi lama.3). Profitability Index (PI) dari investasi lama sebesar 1,1 dan Profitability Index dari investasibaru adalah sebesar 1,3. Hal tersebut menyiratkan bahwa kadua investasi tersebut sama-samamenghasilkan keuntungan bagi perusahaan. Dan pada metode ini mengukur kelayakan investasinya melalui perbandingan antara present value of cashflow dengan nilai investasi dan pada perhitunganpresent value of cashflow pada masing-masing investasi tersebut menggunakan tingkatpengembalian (Rate of return) yang berbeda pula, sehingga jika dari hal tersebut dapat ditarikkesimpulan bahwa PI pada investasi baru lebih layak dengan tingkat pengembalian yang lebihbesar dari pada PI pada investasi lama yang menghasilkan tingkat pengembalian yang lebih kecil.Maka secara keseluruhan dari hasil perhitungan penilaian kelayakan investasi tersebut, makadapat ditarik kesimpulan akhir bahwa investasi baru yang akan dilakukan oleh perusahaan tersebutlayak untuk menggantikan investasi lama.
PERAN CUSTOMER SATISFACTION DALAM MEMEDIASI PENGARUH SIM TERHADAP REPUTASI PERGURUAN TINGGI Nur Elfi Husda
Bisman - Jurnal Bisnis & Manajemen Vol 2 No 02 (2016): Desember
Publisher : P3M- Politeknik Negeri Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aimed to examine the effect of Information Management System to customersatisfaction and reputation as well as see if there is a direct or indirect influence of the ManagementInformation System and reputation by using Structural Equation Modeling. Samples was studentsof Management as many as 360 of private universityin the city of Batam. The results showed thatthe Management Information System to significantly affect customer satisfaction, customersatisfaction significantly affect the standing, Management Information Systems significantly affectthe standing, Management Information Systems indirect effect on the reputation through customersatisfaction.
MODEL PENGEMBANGAN DESA WISATA BERBASIS KEARIFAN LOKAL SEBAGAI STRATEGI PENGENTASAN KEMISKINAN DI KABUPATEN ROTE NDAO NUSA TENGGARA TIMUR Maria CB Manteiro
Bisman - Jurnal Bisnis & Manajemen Vol 2 No 02 (2016): Desember
Publisher : P3M- Politeknik Negeri Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pulau Rote adalah salah satu pulau di wilayah Nusa Tenggara Timur yang memiliki obyek danpotensi wisata alam dan budaya yang unik dan menarik. Pengentasan kemiskinan melaluipengembangan pariwisata yang berorientasi potensi setempat penting guna peningkatan pendapatandan kesejahteraannya. Pemberdayaan masyarakat miskin melalui pendekatan dan penyadaranmasyarakat diperlukan agar mereka dapat menggunakan dan memiliki akses control dalampengembangan desa wisata. Pulau Rote adalah salah satu pulau di wilayah Nusa Tenggara Timuryang memiliki obyek dan potensi wisata alam dan budaya yang unik dan menarik yang dapatmendatangkan banyak wisatawan baik local maupun mancanegara. Tetapi hal ini sangat disayangkandengan potensi alam yang begitu kaya tetapi masyarakat local masih hidup dalam kemiskinan.Berbagai upaya pengentasan kemiskinan telah dilakukan oleh pemerintah salah satunya adalahpengembangan desa wisata berbasisi kearifan lokal.Populasi penelitian ini adalah semua kepala rumah tangga yang terlibat dalam kegiatanpengembangan Desa Feapopi, Desa Kuli, dan Desa Sotimori. Sampel penelitian ditentukan secarapurposive, di masing-masing desa wisata ditentukan jumlah sampel penelitian sebanyak 60 orangresponden.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa belum adanya pengembangan desa wisata berbasiskearifan local yang maksimal sebagai upaya pengentasan kemiskinan untuk mengatasiketidakberdayaan masyarakat miskin yang disebabkan oleh keterbatasan akses, kurangnyapengetahuan dan keterampilan, terperangkap dalam kemiskinan (poverty trap) danketidakberdayaan masyarakat. Oleh sebab itu diperlukan pengembangan lebih lanjut untukmewujudkan kemandirian masyarakat di 3 (tiga) Desa tersebut, terutama meningkatkan keterlibatandan peran serta secara aktif masyarakat pada berbagai kegiatan peningkatan pendapatan dankesejahteraan serta adanya pemanfaatan Desa wisata oleh masyarakat maupun pemerintah setempat.Strategi pengembangan desa wisata berbasis kearifan lokal di Kabupaten Rote Ndao perlumemperhatikan hal-hal antara lain Pemasaran paket desa wisata yang menunjukkan nilai jual desatersebut, pengelolaan desa wisata yang berkelanjutan dan menjaga kelestarian desa wisata itusendiri sebagai bagian dari potensi desa wisata tersebut. Desa Wisata Feapopi dapat dijadikanalternatif model pengembangan desa wisata alam dan budaya, Desa Wisata Kuli dijadikan alternatifmodel pengembangan desa wisata alam dan Desa Wisata Sotimori dijadikan alternatif modelpengembangan desa wisata alam dan budaya. Saran bagi pemerintah setempat perlu adanya masterplan untuk penyusunan sinergi antara pemerintah tingkat provinsi, kabupaten, kecamatan, dan
PERBEDAAN PERSEPSI KARYAWAN BERDASARKAN JENIS KELAMIN TERHADAP TIPE KEPEMIMPINAN TRANSAKSIONAL DAN TRANSFORMASIONAL (STUDI PADA PT INDOFOOD SUKSES MAKMUR SEMARANG) Micrets Agustina Silaya
Bisman - Jurnal Bisnis & Manajemen Vol 2 No 02 (2016): Desember
Publisher : P3M- Politeknik Negeri Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Today’s life is no longer featured by simplicity as past times, rather it is filled by diversitiesand changes of new way of thinking. Leadership practices based on past theories are no longerable in creating a more fundamental change and what is more needed today is change of behavior,values, and motivation. This fundamental change is essential due to their increasing needs. Inorder to respond those needs, thus a kind of leadership theory was developed that is known astransactional and transformational leadership.In addition to leader, employees have their own important role in running the life oforganization’s business and become active players in every organization’s activities. As we knowthat in general from since birth, men and women are treated differen.Those differences and characteristics will be brought into the working world, and by thepresence of those differences indeed will cause different employee’s perception (point of view)with others, even though they are put together in a same work environment.Therefore, this research has an objective to analyze difference in perception based on genderrelated to transactional and transformational leadership. Research sample was 98 employees ofPT. Indofood Sukses Makmur. Data was collected through questionnaire dissemination. Researchresults showed that there was no difference in perception based on gender.
PENGARUHCAPITAL ADEQUACY RATIO(CAR), LOAN TO DEPOSIT RATIO(LDR) DANNON PERFORMING LOAN(NPL) TERHADAPRETURN ON ASSETS (ROA) PADA SEKTOR PERBANKAN DI BURSA EFEK INDONESIA Jontro Simanjuntak
Bisman - Jurnal Bisnis & Manajemen Vol 2 No 02 (2016): Desember
Publisher : P3M- Politeknik Negeri Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Bank sebagai lembaga keuangan yang bekerja dengan dana masyarakat yang dipercayakankepadanya, sangat berkepentingan dengan hasil analisis, agar kontrol terhadap optimalisasi sumberdan penempatan dana masyarakat (Asset and Liability Management/ALMA) dapat terusdipertahankan dan ditingkatkan.Jenis ratio keuangan yang diperlukan setiap perusahaan berbedatergantung aktivitas dan usaha pokok dari perusahaan tersebut. Return on assets(ROA) merupakansalah satu rasio profitabilitas yang dapat mengukur kemampuan perusahaan dalam menghasilkanlaba dari aktiva yang digunakan. Capital Adequacy Ratio(CAR) adalah rasio kecukupan modalyang berfungsi menampung risiko kerugian yang kemungkinan dihadapi oleh bank.LDR adalahrasio keuangan perusahaan perbankan yang berhubungan dengan aspek likuiditas.Non PerformingLoan(NPL) atau kredit bermasalah merupakan salah satu indikator kunci untuk menilai kinerjafungsi bank. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis yaitu PengaruhCapital Adequacy Ratio(CAR), Loan to Deposit Ratio (LDR) dan Non Performing Loan (NPL)terhadapReturn on assets(ROA)pada sektor perbankan di Bursa Efek Indonesia. Hubungan variabel dalam penelitian adalahhubungan klausal, yaitu hubungan yang bersifat sebab akibat. Berdasarkan kriteria yang ditetapkanmaka, didapatkan jumlah perusahaan perbankan yang memenuhi kriteria sebagai sampel sebanyak23 perusahaan perbankan dengan 5 tahun pengamatan tahun 2010-2014.Metode pengumpulandata yang digunakan dalam penelitian ini adalahobservasi non partisipanyaitu metodepengumpulan data dengan cara membaca, mengamati, mencatat, dan mempelajari uraian-uraiandari laporan keuangan tahunan. Analisis ini diolah menggunakan program SPSS. Teknik analisisregresi linear berganda.Hasil penelitian secara partial seluruh variabel bebas CAR, LDR, dan NPLberpengaruh terhadap ROA.Hasil penelitian secara simultan variabel CAR, LDR, dan NPLberpengaruh terhadap ROA.
PENGARUH KEMUDAHAN DAN KUALITAS INFORMASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ONLINE DI SITUS D'BC NETWORK ORIFLINE (Studi Pada Masyarakat Fatufeto Kota Kupang) Hamzah Nazarudin; Yunita Pela
Bisman - Jurnal Bisnis & Manajemen Vol 2 No 02 (2016): Desember
Publisher : P3M- Politeknik Negeri Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Judul penelitian ini adalah pengaruh kemudahan dan kualitas informasi terhadap keputusanpembelian secara online di situs D'BC Network Orifline oleh masyarakat Fatufeto Kupang. Apakahkemudahan dan kualitas informasi berpengaruh terhadap keputusan pemeblian secara online disirus D'BC Network Orifline.com. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruhkemudahan dan kualitas informasi terhadap keputusan pembelian.Populasi dalam penelitian ini adalah para pengguna online yaitu konsumen di Kelurahan Fatufetoyang pernah melakukan pembelian secara on line di situs D'BC Orifline. Menurut pendapat sakaranPersyaratan sampel yang digunakan tidak kurang dari 30 dan tidak lebih dari 500 responden,sehingga sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 39 orang. Teknik pengumpulan datamelalui interview, kuesioner, dan kepustakaan. Data di analisis menggunakan metode analisiskualitatif dan kuantitatif.Hasil penelitian menunjukan bahwa presentase sumbangan pengaruh variabel independen,yaitu kemudahan dan kualitas informasi terhadap keputusan pembelian secara online sebesar 0.549%sedangak sisanya 45,1% di pengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian.Dengan demikian variabel kemudahan (X1) adalah variabel yang paling dominan berpengaruhterhadap keputusan konsumen dalam melakukan pembelian. Apabila Orifline memberikankemudahan informasi produk maka konsumen akan semakin cenderung melakukan keputusanpembelian seacara online.
LITERASI DAN INKLUSI KEUANGAN SERTA INDEKS UTILITAS UMKM DI PADANG Rika Desiyanti
Bisman - Jurnal Bisnis & Manajemen Vol 2 No 02 (2016): Desember
Publisher : P3M- Politeknik Negeri Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pemahaman dan melek keuangan sangat dibutuhkan dalam dunia usaha. Begitu juga denganpemahaman terhadap produk-produk keuangan usaha yang dibutuhkan oleh masyarakat danUMKM/usaha mikro kecil menengah dalam menjalankan dunia bisnisnya. Literasi keuangan,perencanaan keuangan, produk-produk keuangan dan pembiayaan usaha /inklusi keuangan sangatpenting dan dibutuhkan oleh UMKM untuk meningkatkan usahanya, yang pada akhirnya akanmeningkatkan perekonomian Indonesia. Sampel penelitian ini adalah 100 orang yang diambilkandari populasi UMKM Padang. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian inibertujuan untuk mengetahui literasi keuangan yang terdiri dari perencanaan keuangan dan tujuankeuangan UMKM. Juga meneliti inklusi keuangan beserta indeks utilitas (produk keuanganperbankan, asuransi, pembiayaan, pegadaian, pasar modal dan dana pensiun).

Page 1 of 1 | Total Record : 7