cover
Contact Name
Marianus Hendrilensio Sanga
Contact Email
marianus.sanga@pnk.ac.id
Phone
+6285333078033
Journal Mail Official
marianus.sanga@pnk.ac.id
Editorial Address
Jln. Adisucipto, Kota Kupang, 85258, Indonesia
Location
Kota kupang,
Nusa tenggara timur
INDONESIA
Bisman : Jurnal Bisnis dan Manajemen
ISSN : 24772801     EISSN : 30476747     DOI : https://doi.org/10.32511/bisman.v8i1
Core Subject : Economy,
As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in management and science, especially in business administration (MBA). The journal welcomes original theoretical and empirical investigations about business and management. The papers may represent a variety of theoretical perspectives and different methodological approaches. The major criteria in the review and the selection process concern the significance of the contribution to the area of business and management. 1) Finance & Accounting 2) Operations and Information management 3) Marketing Management 4) Strategic management/ Organizational 5) Human resource management 6) Entrepreneurship 7) Digital Business
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 01 (2020): Juni" : 13 Documents clear
PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KEPUASAN KERJA PEGAWAI PADA BADAN KESATUAN BANGSA DAN POLITIK KABUPATEN BIMA Fajrianti Nurfadli; Firmansyah Kusumayadi
Bisman - Jurnal Bisnis & Manajemen Vol 5 No 01 (2020): Juni
Publisher : P3M- Politeknik Negeri Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan menganalisis pengaruh budaya organisasi terhadap kepuasan kerja pegawai pada Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Bima. Jenis penelitian yang digunakan adalah asosiatif, dengan sampel 51 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh. Instrumen peneitian menggunakan kuesioner dengan pengukuran skala likert. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, kusioner, wawancara dan studi pustaka. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, regresi linier sederhana, korelasi sederhana, Uji determinasi dan uji t (dua pihak). Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa budaya organisasi memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja pegawai yang dibuktikan dengan nilai uji t sebesar 10,437 dan Sig 0,000. Tingkat pengaruh budaya organisasi terhadap kepuasan kerja pegawai pada Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Bima adalah sangat kuat.
ANALISIS EFEKTIVITAS DAN KONTRIBUSI RETRIBUSI RUMAH POTONG HEWAN (RPH) TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH KOTA KUPANG Thapenes Roy Appah; Janri D. Manafe; Krysler Kaleb Adoe
Bisman - Jurnal Bisnis & Manajemen Vol 5 No 01 (2020): Juni
Publisher : P3M- Politeknik Negeri Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Skripsi ini berjudul Analisis Efektivitas dan Kontribusi Retribusi Rumah Potong Hewan Kupang terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Kupang. Masalah yang akan di kaji dalam skripsi ini adalah Bagaimana tingkat Efektifitas dan Kontribusi Retribusi Rumah Potong Hewan (RPH) terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Kupang?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat efektivitas dan kontribusi retribusi rumah potong hewan terhadap pendapatan asli daerah Kota Kupang. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat efektivitas dan kontribusi retribusi rumah potong hewan berpengaruh terhadap pendapatan asli daerah Kota Kupang dimana tingkat efektivitas cukup efektif terhadap pendapatan asli daerah Kota Kupang serta tingkat kontribusi retribusi rumah potong hewan Kota Kupang sangat baik bagi pendapatan asli daerah Kota Kupang.
PERBEDAAN KEPUASAN KERJA KARYAWAN CV. AUTO NUSA ABADI KUPANG BERDASARKAN JOB DESCRIPTIVE INDEX (JDI) Frengki Mail; Krysler Kaleb Adoe; Robert Noach
Bisman - Jurnal Bisnis & Manajemen Vol 5 No 01 (2020): Juni
Publisher : P3M- Politeknik Negeri Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kepuasan kerja karyawan CV. Auto Nusa Abadi Kupang berdasarkan Job Decriptive Index (JDI) dan apakah ada perbedaan kepuasan kerja karyawan CV. Auto Nusa Abadi Kupang berdasarkan job descriptive index. Data yang digunakan adalah data kuantitatif dengan sampel sebanyak 25 orang, teknik pengambilan sampel dengan cara propotional random sampling yaitu pengambilan sampel dengan mempertimbangkan unsur-unsur atau kategori dalam penelitian yaitu berdasarkan job descriptive index yang menekankan pada aspek kepuasan kerja berupa pekerjaan, gaji, promosi, supervisi dan rekan kerja. Teknik analisis data yang digunakan setelah data dikumpulkan yaitu analisis deskriptif dan analisis of varience (Anova). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kepusan kerja karyawan CV. Auto Nusa Abadi Kupang adalah cukup puas yaitu sebesar 84,6 berada pada rentang 66–85. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kepuasan kerja karyawan dari lima aspek kepuasan kerja karyawan secara signifikan atau secara nyata f hitung adalah 11,667 dengan probabilitas (sig.) 0,000. Jika dilihat dari jumlah analisis varience (within and between) maka perbedaan kepuasan kerja karyawan CV. Auto Nusa Abadi Kupang berdasarkan job descriptive index (JDI) maka kepuasan kerja karyawan khususnya gaji, supervisi dan rekan kerja saja yang berbeda sedangkan untuk pekerjaan dan promosi dari hasil analisis data dan pembahasan menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan kepuasan kerja karyawan.
ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK TAHU DI PONDOK LABU JAKARTA SELATAN Jenji G. A; Heni Nastiti; Rosali C. S
Bisman - Jurnal Bisnis & Manajemen Vol 5 No 01 (2020): Juni
Publisher : P3M- Politeknik Negeri Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengendalian kualitas proses produksi tahu pada Sentra Produk Tahu di Pondok Labu Jakarta Selatan, mengidentifikasikan faktor-faktor yang menyebabkan kerusakan produksi tahu dan faktor utama yang paling mempengaruhi kualitas produksi tahu di Pondok Labu Jakarta Selatan serta mengkaji pengendalian kualitas pada Sentra Produk Tahu tersebut terkendali atau tidak. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui pengamatan langsung dan wawancara pada Sentra Produk Tahu yang ditetapkan secara purposif, sedangkan data sekunder sebagai data pendukung. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Diagram Pareto, Diagram Sebab-Akibat dan Grafik Kendali/ Statistic Quality Control (SQC) untuk mengetahui apakah hasil proses produksi tahu masih berada dalam batas kendali. Dari hasil penelitian produksi tahu yang dihasilkan masih berada dalam batas kendali, faktor yang menyebabkan masalah mutu yang dihasilkan atara lain, dari pemilihan bahan baku, belum adanya sistem produksi yang tertulis dan baku yang digunakan, tidak adanya pemeliharaan pada mesin dan peralatan produksi yang rutin dilakukan, kebersihan ruangan dari asap dan debu, serta ketelitian atau kehati-hatian tenaga kerja dalam bekerja.
ANALISA PENGGUNAAN PUBLIC FIGURE SEBAGAI ENDORSER DAN ASOSIASI MERK PRODUK MINUMAN BERENERGI Jappy P Fanggidae
Bisman - Jurnal Bisnis & Manajemen Vol 5 No 01 (2020): Juni
Publisher : P3M- Politeknik Negeri Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan public figure sebagai endorser terhadap asosiasi merek dari konsumen untuk produk minuman berenergi. Penelitian ini berlangsung selama kurang lebih dua bulan yakni bulan Agustus hingga Oktober 2019 yang dilaksanakan di Kota Kupang. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dengan desain riset yang digunakan yaitu deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah para konsumen di Kota Kupang yang pernah menyaksikan iklan produk minuman berenergi. Metode sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Non-probability sample dengan mengambil sampel secara Convenience sampling. Dari hasil analisis kolerasi diperoleh hasil bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara penggunaan public figure sebagai endorser dengan asosiasi merek
PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SOUVENIR TENUN IKAT NTT Septia S Dioh
Bisman - Jurnal Bisnis & Manajemen Vol 5 No 01 (2020): Juni
Publisher : P3M- Politeknik Negeri Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh factor kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian produk tenun ikat NTT yang berlokasi di kota kupang dan bertempat di toko souvenir Ina Ndao 2 TDM. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survei yang digunakan untuk menghasilkan data dan menjelaskan tentang bagaimana pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian dan menggunakan analisis kuantitatif dengan rumus regresi linier berganda. Teknik sampel yang digunakan adalah sampling insidential dengan 40 responden. Dari hasil analisis regresi diperoleh hasil bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara variabel kualitas produk dan harga dengan keoutusan pembelian produk tenun ikat NTT.
MODEL STRATEGI PENGEMBANGAN KOMPETENSI SUMBERDAYA MANUSIA PADA SEKTOR PARAWISATA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KINERJA PERHOTELAN DI KOTA KUPANG Maria C.B Manteiro
Bisman - Jurnal Bisnis & Manajemen Vol 5 No 01 (2020): Juni
Publisher : P3M- Politeknik Negeri Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model strategi pengembangan kompetensi SDM pada sektor parawisata sebagai upaya meningkatkan kinerja perhotelan di Kota Kupang. Penelitian ini berlangsung selama kurang lebih empat bulan yakni bulan Agustus hingga Nopember 2019 yang dilaksanakan di Kota Kupang. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif dengan desain riset yang digunakan yaitu deskriptif. pengumpulan data primer dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara, survey, expert justification, dan FGD. Pengumpulan data sekunder dilakukan melalui desk study. Populasi dalam penelitian ini adalah manajer, karyawan front office dan tatagraha hotel, pramusaji dan cook/koki dan konsumen/pelanggan hotel berbintang 3 dan 4. Metode sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive Sampling. Dari hasil analisis Terdapat beberapa hal penting berkaitan dengan kompetensi SDM sektor hotel dan restoran yaitu: 1)Persaingan dengan tenaga kerja asing,2) Tuntutan standarisasi layanan/kompetensi,3) Tuntutan sertifikasi profesi.4)Optimalisasi Lembaga pendidikan dan pelatihan Berkaitan dengan hal tersebut di atas strategi yang dapat dilakuakn dengan peningkatan kompetensi sektor parawisata kinerja perhotelan: (1).Strategi Peningkatan kapasitas kelembagaan, (2). Strategi Peningkatan kompetensi SDM melalui pelatihan, dan (3) Strategi Peningkatan kompetensi SDM melalui program sertifikasi dan standarisasi Model Peningkatan Kompetensi SDM Sektor Hotel dan Restoran sangat ditentukan oleh tiga faktor,yaitu : industri, kebijakan pemerintah, dan institusi pendidikan
PENGARUH KOMPETENSI PENGELOLA KEUANGAN, PENGALAMAN KERJA DAN PENGUASAAN SIKD PADA SKPD DI KOTA KUPANG Melda Mariana Poeh
Bisman - Jurnal Bisnis & Manajemen Vol 5 No 01 (2020): Juni
Publisher : P3M- Politeknik Negeri Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk meneliti pengaruh kompetensi pengelola keuangan, pengalaman kerja dan penguasaan sistem keuangan daerah terhadap kualitas laporan keuangan pada SKPD di Kota Kupang. Penelitian ini dilatarbelakangi fakta bahwa laporan keuangan memberikan informasi yang bermanfaat bagi para pengguna apabila laporan keuangan berkualitas yaitu memenuhi indikator relevan, andal, dapat dibandingkan dan dapat dipahami. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Yang menjadi objek pada penelitian ini terdiri dari 13 Dinas, 8 Badan dan 2 Bagian satuan kerja perangkat daerah di kota kupang. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan kriteria dan pertimbangan tertentu karena tidak semua SKPD menyusun laporan keuangan. Metode analisis yang digunakan analisis deskriptif dan uji asumsi klasik, uji asumsi klasik terdiri dari uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas, uji autokorelasi. Uji hipotesis yang digunakan yaitu analisis regresi linear, uji f dan uji t. Hasil penelitian dan pengujian menunjukan bahwa (1) kompetensi pengelola keuangan berpengaruh positif dan cukup signifikan terhadap kualitas laporan keuangan (2) pengalaman kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas laporan keuangan (3) penguasaan sistem informasi keuangan daerah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas laporan keuangan.
PENGARUH DIFERENSIASI DAN INOVASI PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA MAMACHI KOTA BIMA Muhammad Al Maraghi; Irma Mardian
Bisman - Jurnal Bisnis & Manajemen Vol 5 No 01 (2020): Juni
Publisher : P3M- Politeknik Negeri Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Mamachi melakukan diferensiasi produk dan juga melakukan inovasi untuk setiap produk baik dari segi bentuk dan motif.Namun khir-akhir ini terjadi fluktuasi penjualan yang yang cenderung menurun.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh diferensiasi dan inovasi produk terhadap loyalitas pelanggan Mamachi Kota Bima. Jenis penelitian yang digunakan yaitu asosiatif, lokasi penelitian di UKM Mamachi Kota Bima yang beralamat di Jl.Gatot Soebroto.Sadia 2 Kota Bima bulan Oktober 2019 – Februari 2020. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pelanggan yang pernah membeli produk Mamachi.Sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 orang.Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dengan skala likert.Aadapapun jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan sumber data penelitian yaitu data primer.Teknik pengumpulan data yaitu observasi, kuesioner dan studi pustaka. Analisis meliputi uji validitas dan reliabilitas kuesioner, uji asumsi klasik dan analisis data menggunakan regresi linear berganda, korelasi, determinasi, uji F dan uji t. Hasil analisis menunjukkan diferensiasi produk tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, inovasi produk juga tidak berpengaruh signifikan pada loyalitas konsumen.Demikian pula secara bersama-sama diferensiasi dan inovasi produk tidak berpengaruh signifikan pada loyalitas pelanggan.
PERANAN WORD OF MOUTH, KUALITAS PRODUK DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO FASHION BANDUNG JEANS Hamzah Nazarduin; Stella Yulien Sahetapi Engel
Bisman - Jurnal Bisnis & Manajemen Vol 5 No 01 (2020): Juni
Publisher : P3M- Politeknik Negeri Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahu pengaruh word of mouth (WOM), Kualitas Produk, dan Lokasi terhadap keputusan pembelian Konsumen pada toko Fashion Bandung Jeans, Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode sampling aksidental. Jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 75 konsumen yang mengunjungi toko. Fashion Bandung Jeans yang terletak di Jln. Franseda Kompleks Perumahan Arta Graha Kota Kupang.Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakananalisisregresi linier berganda. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukan bahwa jika setiap variabel independen (Variabel Word of Mouth, Kualitas Produk, L:okasi) mengalami perubahan akan akan di ikuti perubahan pada variabel dependen (Keputusan Pembelian). Kondisi ini menunjukan bahwa variabel word of mouth, kualitas produk, dan lokasi berpengaruh terhadap keputusan pembelian. HasilUji T menunjukan bahwa secara parsial variabe word of mouth, kualitas produk, lokasi berpengaruh terhadap keputusan pembelian, HasiUjiF menunjukanbahwasecara simultan variabe word of mouth, kualitas produk, lokasi berpengaruh secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian. Variabel yang lebih dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian adalalh variabel word of mouth.

Page 1 of 2 | Total Record : 13