cover
Contact Name
Marianus Hendrilensio Sanga
Contact Email
marianus.sanga@pnk.ac.id
Phone
+6285333078033
Journal Mail Official
marianus.sanga@pnk.ac.id
Editorial Address
Jln. Adisucipto, Kota Kupang, 85258, Indonesia
Location
Kota kupang,
Nusa tenggara timur
INDONESIA
Bisman : Jurnal Bisnis dan Manajemen
ISSN : 24772801     EISSN : 30476747     DOI : https://doi.org/10.32511/bisman.v8i1
Core Subject : Economy,
As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in management and science, especially in business administration (MBA). The journal welcomes original theoretical and empirical investigations about business and management. The papers may represent a variety of theoretical perspectives and different methodological approaches. The major criteria in the review and the selection process concern the significance of the contribution to the area of business and management. 1) Finance & Accounting 2) Operations and Information management 3) Marketing Management 4) Strategic management/ Organizational 5) Human resource management 6) Entrepreneurship 7) Digital Business
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 8 No 2 (2023): Desember" : 7 Documents clear
Analisis Pengaruh Penerapan PSAK 46 terhadap Laporan Keuangan pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia Wilhelmina Muni
Bisman - Jurnal Bisnis & Manajemen Vol 8 No 2 (2023): Desember
Publisher : P3M- Politeknik Negeri Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32511/bisman.v8i2.1193

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan PSAK 46 terhadap laporan keuangan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek Indonesia. Analisis data yang digunakan adalah metode kuantitatif. Penelitian ini mengambil populasi perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) yang bergerak dalam industri barang konsumsi dengan sampel perusahaan tahun 2011-2012. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Menggunakan metode statistik deskriptif dan uji regresi linier sederhana dengan menggunakan alat bantu SPSS (statistical product and service solution). Sumber data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan keuangan perusahaan manufaktur yang go public dan terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2011-2012 yang telah dipublikasikan. Data tersebut diperoleh dari Pusat Referensi Pasar Modal Bursa Efek Indonesia (BEI) yaitu www.idx.co.id. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai t-hitung kurang dari t-tabel (uji sisi/pihak kiri), dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi, pengaruh dari penerapan PSAK No. 46 terhadap aktiva pajak tangguhan pada laporan keuangan tidak lebih dari 10%.
Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pelanggan Menginap pada Aston Kupang Hotel & Convention Center Dimas Bagus Prakoso; Marianus Hendrilensio Sanga
Bisman - Jurnal Bisnis & Manajemen Vol 8 No 2 (2023): Desember
Publisher : P3M- Politeknik Negeri Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32511/bisman.v8i2.1201

Abstract

Persaingan industri perhotelan dan penginapan semakin kompleks. Untuk dapat terus kompetitif, perusahaan dituntut agar meningkatkan kualitas pelayanan kepada para pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pelanggan menginap di Aston Kupang Hotel & Convention Center tahun 2023. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 60 responden dengan menggunakan sampling incidental. Studi ini menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Kuesioner digunakan sebagai alat pengumpulan data dan dianalisis menggunakan teknik regresi linear sederhana. Pengolaan data dalam studi ini dibantu dengan program SPSS 16. Berdasarkan hasil analisis regresi linear sederhana diperoleh persamaan Y: 14.212 + 0,414. Hasil penelitian membuktikan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pelanggan menginap pada Aston Kupang Hotel & Convention Center. Implikasinya: 1) Meskipun koefisien determinasi kualitas pelayanan rendah, namun hal ini masih dapat menjadi masukan bagi manajemen Aston Kupang Hotel untuk terus meningkatkan pelayananan yang ada. 2) Rendahnya koefisien determinasi kualitas pelayanan mengindikasikan perlu adanya penelitian berikutnya untuk memperhitungkan faktorfaktor lain yang mempengaruhi keputusan pelanggan menginap di hotel seperti fasilitas, harga dan nilai tambah, lokasi, komunikasi dan informasi.
Strategi Pengembangan Wisata Tematik Taman Nasional Langit Gelap pada Observatorium Nasional Timau di Kecamatan Amfoang, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur Maria Bernadetha Ringa; Maria CB Manteiro; Enos Kabu
Bisman - Jurnal Bisnis & Manajemen Vol 8 No 2 (2023): Desember
Publisher : P3M- Politeknik Negeri Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32511/bisman.v8i2.1191

Abstract

Teropong Bintang Timau adalah sebuah teropong bintang yang dibangun oleh Pemerintah Pusat, di bawah Badan Riset dan Inovasi Nasional, yang bertujuan sebagai pemantau antariksa atau benda benda langit, yang dibangun di bawah kaki Gunung Timau, Kecamatan Amfoang Tengah, Kabupaten Kupang Nusa Tenggara Timur. Teropong bintang ini adalah yang terbesar di Asia Tenggara, dan dibangun untuk menggantikan teropong bintang yang selama ini berada di Lembang, Jawa Barat. Selain berfungsi sebagai Wisata Tematik Malam Gelap, kawasan teropong bintang dapat menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat sekitar kawasan observatorium, maupun bagi pemerintah daerah Kabupaten Kupang. Beradasarkan penelitian yang dilakukan dengan menggunakan analisis SWOT, maka strategi yang perlu diterapkan yaitu strategi agresif. Oleh karena itu, strategi utama yang bersifat jangka panjang dalam menata-kembangkan Wisata Tematik Taman Nasional Langit Gelap perlu dilakukan agar dapat membawa dampak kemajuan, baik di bidang ilmu pengetahuan, maupun di bidang pariwisata.
Analisis Penentuan Harga Pokok Produksi dalam Penetapan Harga Jual Produk pada Pabrik Batako JMJ Maulafa Kupang Maria P.R.W. Yau
Bisman - Jurnal Bisnis & Manajemen Vol 8 No 2 (2023): Desember
Publisher : P3M- Politeknik Negeri Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32511/bisman.v8i2.1206

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengklasifikasian biaya yang diterapkan oleh pabrik batako JMJ Maulafa, Kupang dalam penentuan harga jual produk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode full costing, yaitu perhitungan harga pokok produksi yang menghitung semua unsur biaya, sedangkan untuk menentukan harga jual perusahaan menggunakan metode cost plus princing. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa harga jual perusahaan lebih rendah dibandingkan dengan teori atau selisih antara harga jual perusahaan dan harga jual teori yaitu dari tahun 2016 sebesar Rp 141 kemudian tahun 2017 sebesar Rp 102 dan pada tahun 2018 sebesar Rp 65. Sehingga rata – rata harga jual per unit menurut perusahaan sebesar Rp. 2.367 dan rata – rata harga jual per unit menurut teori sebesar Rp. 2.470. Pabrik batako masih mempunyai keuntungan yang kecil karena proses penentuan mark up masih 30% dengan harga jual sebesar Rp. 2.500/ unit. Apabila perusahaan menginginkan keuntungan yang lebih maka perusahaan harus menaikan nilai mark up 40% dengan harga jual Rp. 2.788/ unit.
Analisis Laporan Keuangan PT Delta Djakarta Resvina Situmorang; Marianus Hendrilensio Sanga
Bisman - Jurnal Bisnis & Manajemen Vol 8 No 2 (2023): Desember
Publisher : P3M- Politeknik Negeri Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32511/bisman.v8i2.1190

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis laporan keuangan PT Delta Djakarta menggunakan rasio likuiditas, manajemen aset, manajemen utang dan probabilitas PT. Delta Djakarta tahun 2022. Data yang dikumpulkan berasal dari Laporan keuangan PT Delta Djakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis perbandingan rasio likuiditas, rasio manajemen asset, manajemen utang dan rasio profitabilitas. Hasil penelitian menunjukkan: 1) rasio likuiditas PT Delta Djakarta melebihi rasio rata-rata industri yang menunjukkan bahwa perusahaan memiliki kemampuan melebihi industri dalam melunasi hutang lancar menggunakan aset perusahaan. 2) Rasio manajemen aset tidak cukup bagus; rasio perputaran persediaan berada di bawah rata-rata yang mengindikasikan persediaan perusahaan berputar lambat; rasio DSO (Days Sales Outstanding) cukup bagus meski masih berada di bawah dari kebijakan perusahaan; rasio perputaran aset efisien karena melebihi rata-rata industri yang mengindikasikan PT Delta efisien dalam memanfaatkan aset tetapnya untuk mendukung kegiatan operasional yang menghasilkan penjualan; rasio perputaran total aset menunjukkan PT Delta masih kurang efisien dalam menggunakan asetnya secara keseluruhan. 3) Rasio manajemen utang (rasio utang, DER) PT Delta berada di bawah rasio rata-rata industri. Hal ini sejalan dengan kebijakan konservatif perusahaan terkait utang. 4) Rasio profitabilitas (margin laba operasi, margin laba bersih, tingkat pengembalian aset, kekuatan pendapatan pasar/ BEP, ROE) PT Delta melebihi rasio rata-rata industri yang mengindikasikan perusahaan mampu menghasilkan laba yang lebih baik dibandingkan industri.
Analisis Penyelesaian Kredit Macet pada Koperasi Wanita Mesu Doa Bajawa Yohana Dhiu
Bisman - Jurnal Bisnis & Manajemen Vol 8 No 2 (2023): Desember
Publisher : P3M- Politeknik Negeri Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32511/bisman.v8i2.1207

Abstract

Tujuan studi ini adalah untuk mengevaluasi dan memberikan solusi terkait penyelesaian kredit macet pada Koperasi Wanita (Kopwan) Mesu Doa Bajawa. Subjek penelitian adalah para debitur bermasalah dan pengurus kopwan Wanita Mesu Doa. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara dan sumber tulisan lainnya yang relevan. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil studi yang dilakukan, faktor penyebab terjadinya kredit macet meliputi: karakter nasabah, masalah ekonomi seperti sepi pembeli, hewan ternak terserang penyakit, dan gagal panen yang disebabkan karena faktor cuaca yang tidak menentu. Karena itu, evaluasi penyelesaian kredit macet berupa: Pemberitahuan mengenai jatuh tempo pembayaran bunga atau pokok kredit dan perintah pembayaran utang sudah sesuai SOP kopwan. Solusi terkait kredit macet kopwan Mesu Doa Bajawa dapat dilakukan dengan cara penjadwalan kembali (rescheduling), persyaratan kembali (reconditioning), penataan kembali (restructuring), kombinasi, dan penyitaan jaminan.
Pengaruh Beban Kerja dan Lingkungan Kerja terhadap Kualitas Pelayanan Restaurant di Hotel Movenpick Resort and Spa Jimbaran Bali I Made Pebri Asmara; I Wayan Siwantara; Gede Sedana Wibawa Yasa
Bisman - Jurnal Bisnis & Manajemen Vol 8 No 2 (2023): Desember
Publisher : P3M- Politeknik Negeri Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32511/bisman.v8i2.1208

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh beban kerja dan lingkungan kerja terhadap kualitas pelayanan restaurant di Hotel Movenpick Resort and SPA Jimbaran Bali setelah terjadinya pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data seperti observasi, wawancara, kuesioner dan studi kepustakaan. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian adalah terdapat pengaruh positif dan signifikan antara beban kerja dan lingkungan kerja terhadap kualitas pelayanan restaurant pada Hotel Movenpick Resort & Spa Jimbaran Bali secara parsial. Hubungan koefisien korelasi antara beban kerja dan lingkungan kerja terhadap kualitas pelayanan restaurant dalam kategori kuat. Kemudian, beban kerja dan lingkungan kerja juga berpengaruh secara simultan terhadap kualitas pelayanan restaurant pada Hotel Movenpick Resort & Spa Jimbaran Bali. Implikasinya, setelah masa pandemi COVID-19, manajemen Hotel Movenpick Resort & Spa Jimbaran Bali harus mampu mengelola beban kerja yang diberikan kepada karyawan. Keseimbangan antara beban kerja dengan kemampuan karyawan dapat meningkatkan kualitas kerja dan memberikan kontribusi positif terhadap kinerja karyawan. Sementara itu, lingkungan kerja yang menyenangkan juga diakui sebagai faktor penting dalam meningkatkan kepuasan karyawan dan produktivitas.

Page 1 of 1 | Total Record : 7