cover
Contact Name
M Rusli B
Contact Email
mruslib@gmail.com
Phone
+6285242908070
Journal Mail Official
pusdig.id@gmail.com
Editorial Address
Perumahan Griya Lumandi Permai Blok B19, Kec. Wara Selatan, Palopo
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Bagi Masyarakat
ISSN : -     EISSN : 28087224     DOI : https://doi.org/10.54065/28087224
Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Bagi Masyarakat (IPMAS) merupakan Jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pustaka Digital Indonesia. Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Bagi Masyarakat adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel tentang pengabdian kepada masyarakat dalam perspektif multidisiplin ilmu. Jurnal ini merupakan wadah untuk para akademisi, praktisi, dan masyarakat untuk mengeksplorasi isu-isu dan praktik yang berkaitan dengan Hilirisasi Hasil Penelitian, implementasi teknologi tepat guna, dan kebijakan tentang pemberdayaan masyarakat. Fokus Kajian & ruang lingkup, Seperti (1) Pelatihan dan Penerapan Teknologi Tepat Guna, (2) Pemberdayaan Masyarakat Mitra (Petani, Nelayan, UMKM, dll), (3) Pemberdayaan Masyarakat Mitra Non Profit (Sekolah, PKK, Komunitas, dll), (4) Pengembangan Desa/Wilayah Berbasis Science Techno Park, (5) Inovasi Kewirausahaan, Digital Marekting, E Commerece, (6) Pengembangan Produk Unggulan Daerah, dll
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 1 (2023): April 2023" : 6 Documents clear
Inovasi Pengolahan Limbah Sekolah melalui pembuatan Pupuk Organik Cair Bagi MGMP Biologi Kabupaten Selayar Syamsiah Syamsiah; St. Fatmah Hiola; Hilda Karim; Nurhayati Nurhayati; Andi Faridah Arsal
Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Bagi Masyarakat Vol. 3 No. 1 (2023): April 2023
Publisher : Pustaka Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54065/ipmas.3.1.2023.270

Abstract

Peningkatan kemampuan profesional harus didasarkan pada kebutuhan atau masalah nyata yang dihadapi oleh guru dalam proses pembelajaran baik di dalam kelas maupun di lingkungan sekitarnya. Forum pertemuan guru di kelompok musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) adalah kelompok yang sangat strategis untuk meningkatkan kompetensi dan kinerja guru terkait dengan peran mereka, yakni melalui pelatihan dalam pemanfaatan limbah di sekitarnya (rumah dan lingkungan sekolah) menjadi produk yang ramah lingkungan, yaitu pupuk organik. Permasalahan tugas yang harus diselesaikan oleh tim pengabdian kepada masyarakat dan kelompok MGMP Biologi adalah 1) bagaimana memanfaatkan limbah sekolah menjadi pupuk organik; 2) adanya keterampilan membuat pupuk organik yang dimiliki kelompok MGMP Biologi; 3) pengetahuan ini dapat dijadikan salah satu bahan pengajaran di sekolah. Metode yang digunakan berupa metode survey, ceramah, demonstrasi, unjuk kerja, dan diskusi. Hasil yang dicapai adalah: Pelatihan pembuatan pupuk organik yang diberikan, dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta, sehingga dapat diterapkan di keseharian baik di rumah ataupun di sekolah. Dari 20 jumlah peserta yang hadir, 90% lebih telah memiliki pemahaman, pengetahuan, dan keterampilan untuk mengubah sampah sekolah menjadi pupuk organik.
Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Yoghurt Bagi Ibu PKK Desa Sicini Khaerunnisa Khaerunnisa; Sitti Saenab; Siti Zahrah; Faisal Faisal; Nani Kurnia
Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Bagi Masyarakat Vol. 3 No. 1 (2023): April 2023
Publisher : Pustaka Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54065/ipmas.3.1.2023.273

Abstract

Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan melatihkan keterampilan ibu PKK dalam pembuatan yoghurt serta memberikan informasi tentang manfaat yoghurt dan peluang usaha. Kegiatan dilakukan dengan memberikan materi serta melakukan praktik pengolahan susu menjadi olahan pangan yaitu yoghurt. Metode dalam pelatihan ini adalah ceramah, diskusi, tanya jawab, dan pelatihan dalam pembuatan yoghurt. Diikuti oleh 20 orang peserta ibu PKK Desa Sicini. Hasil yang didapat setelah pelatihan ini yaitu peserta antusias dan paham cara membuat yoghurt, sehingga masyarakat dapat mengaplikasikan dan diharapkan dan dapat menjadi usaha bersama untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama dilingkungan kecamatan parigi
Optimizing the Freedom Teaching Platform Application (PMM) Through the Cluster PAUD Learning Community Jumarniati Jumarniati; Fitriani Fitriani
Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Bagi Masyarakat Vol. 3 No. 1 (2023): April 2023
Publisher : Pustaka Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54065/ipmas.3.1.2023.295

Abstract

Dedication program public this to give experience to Head Schools and PAUD Teachers in use independent platform application teach. Activity devotion done by the author Work The same Department of Education and Culture, City of Pare Pare. Problems main partners is an unprepared institution in accessing PMM applications and uses existing features inside. Objective from activity this is to share information related to the Merdeka Teaching Platform Application and participants capable access and complete topic as well as module until understanding method upload action real. Main partner in devotion This is Community Fostered PAUD Group Ujung sub district and sub district afternoon. Method accompaniment This consists of stage analysis needed partners, mentoring PMM optimization and evaluation achievement activity. Assistance results obtained that participants can access the Merdeka Mengajar Platform, have account study, do topics as well as existing modules in the PMM application as well know how to upload reports.
Augmented Reality (AR) Application Usage Training to Improve Teacher Digital Literacy at SMP Negeri 1 Jeneponto Riskawati Riskawati; Hendra Baharuddin
Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Bagi Masyarakat Vol. 3 No. 1 (2023): April 2023
Publisher : Pustaka Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54065/ipmas.3.1.2023.304

Abstract

SMPN 1 Jeneponto get help a total of 63 Gadget Units (Tablets) brands evercoss from government with goal to get used by internal teachers learning. However Not yet utilized with ok. this because internet network at school the No support and digital literacy teachers greatly low. Solution from problem the is increase teacher 's ability deep digital literacy utilization of Gadgets (Tablets) for learning media both offline and online with implementing Augmented Reality (AR) for optimizing Gadgets (tablets) as learning media in form activity training and mentoring. Activity results training This is there is enhancement about understanding importance teachers' ICT literacy and understanding of AR as a learning medium innovative by 95.6%. Enhancement Teacher's Digital Literacy is 87% and deep teacher skills using AR of 78.2%. This result proves that existing training and mentoring can increase teacher digital literacy at SMP Negeri 1 Jeneponto. Through activity, it is expected that the teachers are up to date on development technology and make an effort to increase one of them is professionalism through understanding Digital Literacy and implementing it in activity learning  
Pelatihan Aplikasi Webmap Sebagai Upaya Penanggulangan Banjir Pada Sektor Pertanian Desa Jambu Kecamatan Bajo Kabupaten Luwu Baso Amir; Fitriani Fitriani; Ariani Amri
Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Bagi Masyarakat Vol. 3 No. 1 (2023): April 2023
Publisher : Pustaka Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54065/ipmas.3.1.2023.307

Abstract

Kondisi alam semakin tidak pasti dan sulit diprediksi akibat perubahan pola curah hujan dan iklim. Curah hujan yang berlebihan dapat menyebabkan banjir yang merugikan sektor pertanian. Banjir merupakan tantangan alam yang sering dihadapi di sektor pertanian. Tantangan tersebut dihadapi sebagian besar lahan pertanian di Luwu, termasuk di Desa Jambu. Dampak banjir pada lahan sawah di lokasi tertentu yang semakin meluas dan intensif dari tahun ke tahun menimbulkan kerugian yang cukup besar bagi petani. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memetakan lahan pertanian yang terkena banjir secara partisipatif dengan bantuan aplikasi Webmap. Metode pelaksanaan kegiatan ini meliputi tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap monitoring dan evaluasi. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa peserta sangat antusias dengan program kegiatan ini, terbukti dengan respon positif berupa kehadiran 96% peserta pelatihan dan aktifnya kegiatan diskusi selama sosialisasi dan pelatihan berlangsung. Usai pelatihan, para peserta juga mengharapkan tindak lanjut berupa pendampingan dari tim pengabdi untuk meningkatkan keterampilan dengan aplikasi Webmap di bidang lain. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi solusi yang dapat ditawarkan untuk memberikan sistem peringatan dini berbasis pemetaan sehingga penyampaian informasi tentang banjir dapat lebih cepat tersampaikan kepada masyarakat khususnya masyarakat yang memiliki mata pencaharian pertanian untuk mewaspadai bencana banjir.
Lokakarya Pembelajaran Daring Berbasis Learning Manajemen Sistem melalui Kursus Digital Muhammad Zulham; Sukmawati Sukmawati; Besse Herdiana
Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Bagi Masyarakat Vol. 3 No. 1 (2023): April 2023
Publisher : Pustaka Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54065/ipmas.3.1.2023.363

Abstract

Perhatian utama dalam pelatihan Teknologi Informasi (TI) adalah bahwa pelatihan berbasis TI berfokus pada aspek teknis atau aspek point and click dari platform sistem manajemen pembelajaran (LMS) dan perangkat lunak peningkat pedagogi tanpa memperhatikan isi kursus. Pendekatan Lokakarya Pelatihan Kursus Digital (LPKD) yang dibahas dalam artikel ini mengatasi masalah ini dengan mendukung pendekatan yang mengutamakan konten. Pendekatan LPKD merupakan sebuah inisiatif di Universitas Cokroaminoto Palopo yang bertujuan untuk mendukung lembaga melalui proses transisi dari kursus tatap muka (F2F) ke pengajaran Daring. Staf pengajar yang berpartisipasi mengikuti seminar selama seminggu dengan konten kursus tradisional dan pulang dengan konten digital yang dialihkan ke platform LMS yang sesuai. Artikel ini dimaksudkan untuk merangsang refleksi tentang perlunya program dan kegiatan pengembangan profesional yang sistematis untuk membantu Dunia pendidikan tinggi dalam proses transisi dari kursus tradisional ke Daring.

Page 1 of 1 | Total Record : 6