cover
Contact Name
M Rusli B
Contact Email
mruslib@gmail.com
Phone
+6285242908070
Journal Mail Official
pusdig.id@gmail.com
Editorial Address
Perumahan Griya Lumandi Permai Blok B19, Kec. Wara Selatan, Palopo
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Bagi Masyarakat
ISSN : -     EISSN : 28087224     DOI : https://doi.org/10.54065/28087224
Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Bagi Masyarakat (IPMAS) merupakan Jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pustaka Digital Indonesia. Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Bagi Masyarakat adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel tentang pengabdian kepada masyarakat dalam perspektif multidisiplin ilmu. Jurnal ini merupakan wadah untuk para akademisi, praktisi, dan masyarakat untuk mengeksplorasi isu-isu dan praktik yang berkaitan dengan Hilirisasi Hasil Penelitian, implementasi teknologi tepat guna, dan kebijakan tentang pemberdayaan masyarakat. Fokus Kajian & ruang lingkup, Seperti (1) Pelatihan dan Penerapan Teknologi Tepat Guna, (2) Pemberdayaan Masyarakat Mitra (Petani, Nelayan, UMKM, dll), (3) Pemberdayaan Masyarakat Mitra Non Profit (Sekolah, PKK, Komunitas, dll), (4) Pengembangan Desa/Wilayah Berbasis Science Techno Park, (5) Inovasi Kewirausahaan, Digital Marekting, E Commerece, (6) Pengembangan Produk Unggulan Daerah, dll
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 3 (2023): Desember 2023" : 6 Documents clear
Virtual Reality Based Hypermedia Training for Teachers of MAN 2 Model Makassar Uyunnasirah Hambali; Ratu Yulianti Natsir; Nasir Nasir
Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Bagi Masyarakat Vol. 3 No. 3 (2023): Desember 2023
Publisher : Pustaka Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54065/ipmas.3.3.2023.302

Abstract

This Community Service Activity (PKM) aims to; (1) provide an introduction to teachers at MAN 2 Model Makassar regarding Virtual Reality learning media as an alternative IT-based learning media, and (2) train MAN 2 Model Makassar teachers to be able to utilize Virtual Reality-based learning media. The methods applied in this service program are the presentation method, the demonstration method, and the practical method. The presentation method is applied in the introduction of hypermedia software using the millers lab application, its benefits, and its application in making virtual reality-based media, demonstration methods regarding program operations and practical methods where teachers practice directly making learning media according to their respective subjects with the use of media-based virtual reality
Implementasi Konsep Manajemen Pariwisata di Desa Wisata Herbal Sebagai Alternatif Usaha Pariwisata Purbakala Sumpang Bita Muhammad Zaid; A. Zam Immawan Alam; A. Aztri Fithrayani Alam
Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Bagi Masyarakat Vol. 3 No. 3 (2023): Desember 2023
Publisher : Pustaka Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54065/ipmas.3.3.2023.306

Abstract

Pendampingan proyek ini merupakan implementasi dari hasil penelitian sebelumnya terkait desa wisata, khususnya Kecamatan Balocci sebagai bentuk implementasi desa wisata herbal sebagai wisata alternatif menuju inovasi konsep wisata hilir. dari desa wisata herbal. Hasil pendampingan proyek ini dapat memperkuat desa wisata berbasis homestay di Kecamatan Balocci dengan penguatan manajemen homestay sehingga daya tarik wisata semalam meningkat sesuai standar keramahtamahan, kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan tata cara lingkungan dan kesehatan di era adaptasi dengan kebiasaan baru dan pasca-pandemi. Mengangkat, menciptakan, dan menjual potensi wisata alam, agro, herbal, dan budaya, melalui pendampingan dalam mengeksplorasi, mengemas, dan menyajikan daya tarik wisata sebagai sesuatu yang dapat dilihat. Memberdayakan dan menanamkan nilai-nilai kualitas pelayanan prima pemandu wisata lokal dalam eksplorasi ekowisata sebagai sesuatu yang harus dilakukan. Pemberdayaan pengelola desa wisata dan masyarakat desa dalam mengembangkan produk wisata berdasarkan prinsip Sapta Pesona, termasuk mengembangkan dan mengemas produk oleh-oleh Kecamatan Balocci sebagai sesuatu yang dapat dibeli, sehingga wisatawan mendapatkan pengalaman wisata yang menyeluruh. Kebaruan tulisan ini adalah dalam menerapkan inovasi hilirisasi konsep wisata menjadi desa wisata herbal sebagai wisata alternatif.  
Assistance in Preparing Independent Curriculum Digital Teaching Modules for Teachers at SDN 291 Lobi Bulukumba Muhiddin Palennari; Saparuddin Saparuddin; Hartono Hartono; Faisal Faisal
Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Bagi Masyarakat Vol. 3 No. 3 (2023): Desember 2023
Publisher : Pustaka Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54065/ipmas.3.3.2023.357

Abstract

The implementation of the independent curriculum is more focused on essential material and developing student competencies that are adapted to the phase. This changes the learning process system which previously still tended to be cognitive or rote and minimally touched on affective and psychomotor aspects. Apart from that, learning methods must be interactive, simple and essentially digital-based. This concept is presented in the form of an independent curriculum Digital Teaching Module. The capacity of UPT SPF SDN 291 Lobi Bulukumba teachers to create Digital Teaching Modules for the Merdeka curriculum on their own can be enhanced through mentoring activities. As demonstrated by the PKM implementation evaluation results, which indicate an improvement in teachers' ability to create self-contained curricular teaching modules with previous mentoring was given to multiple teachers, mentoring activities can help teachers become more proficient at creating separate educational modules for the curriculum. Upon implementing mentorship, the percentage of teachers who could develop self-directed curricular teaching modules increased to 26 instructors (87%), from just 6 teachers (21%) before. There was an increase in teacher ability by 20 people (66%). Meanwhile, PKM's achievement targets are: 1) Increasing teachers' knowledge and skills ability to assemble online course materials for self-directed learning, (2) articles at the Makassar State University National Seminar, (3) publication of activities on online print media, and (4) publication in video form which was uploaded on the YouTube channel
Membangun Desa Digital untuk Meningkatkan Pelayanan dan Kemandirian Masyarakat Desa Pasca Pandemi Covid-19 Ririn Anggraini; M Rusli Baharuddin; Andi Wafda
Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Bagi Masyarakat Vol. 3 No. 3 (2023): Desember 2023
Publisher : Pustaka Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54065/ipmas.3.3.2023.358

Abstract

Fokus Permasalahan terhadap Desa Digital yaitu 1) Sistem pemasaran dan manajemen produk. Tata kelola Badan Usaha Milik Desa masih bersifat manual, sehingga produknya kurang dikenal dan kurang laku. 2) Sistem pelayanan yang masih dilakukan secara manual sehingga menyulitkan masyarakat khususnya dalam bidang surat menyurat, dan 3) Sistem informasi keuangan desa selam ini masih belum terbuka kepada masyarakat. Salah satu upaya pengabdian tim dalam mewujudkan desa digital ini adalah dengan memberikan pelatihan dana bantuan kepada masyarakat dan pegawai pemerintah desa Bajo mengenai pengelolaan pasar online, sistem pelayanan, dan sistem administrasi desa. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam pengelolaan pasar online, sistem pelayanan, dan sistem administrasi desa melalui aplikasi Android. Kegiatan pengabdian ini dilakukan melalui tahapan kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Dari kegiatan ini tim pengabdian mengembangkan dan membangun aplikasi layanan surat berbasis Android, aplikasi website desa, dan aplikasi sistem jual beli online sebagai media promosi produk BUMDes.
Pendampingan Pengembangan Pemasaran Digital di Desa Wisata Rinding Allo Siti Fatimah; Siti Khaeratul Mukarramah
Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Bagi Masyarakat Vol. 3 No. 3 (2023): Desember 2023
Publisher : Pustaka Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54065/ipmas.3.3.2023.360

Abstract

Desa Wisata merupakan salah satu desa penyangga yang terletak di sebelah Kota Wisata Tana Toraja. Desa wisata ini mempunyai potensi wisata yang sangat besar untuk dikembangkan. Pihak pengelola sudah melakukan promosi melalui media sosial Instagram namun belum maksimal. Desa Wisata juga memiliki website, namun sudah tidak dikelola lagi sehingga tidak bisa diakses oleh wisatawan. Dapat disimpulkan kondisi promosi dan pemasaran Desa Wisata terhenti dan tidak dilakukan lagi. Tujuan dari pengabdian ini adalah bantuan pelatihan dan promosi dengan memanfaatkan website dan media sosial. Dalam pengabdian ini, metode yang digunakan adalah pelatihan dan pendampingan. Hasil pelatihan dan pendampingan menunjukkan pemahaman yang lebih baik tentang manajemen media sosial. Pihak pengelola dapat mengelola website. Website ini digunakan sebagai sarana promosi dan berbagi informasi terkait kegiatan pariwisata di Desa Wisata. Pihak pengelola memiliki pengetahuan tentang konten Instagram, informasi lengkap di halaman utama, dan upaya menambah wawasan dengan iklan berbayar.
Pelatihan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Daya Saing Produk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Herman Alimuddin; Asriana Abdullah; Firdha Razak
Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Bagi Masyarakat Vol. 3 No. 3 (2023): Desember 2023
Publisher : Pustaka Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54065/ipmas.3.3.2023.361

Abstract

Digital Marketing telah berkembang dengan cepat sejak penggunaan Internet meningkat. Jumlah penggunaan ini didorong oleh ketersediaan telepon seluler murah. Namun, pelaku bisnis, misalnya Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) seringkali tidak tahu tentang Digital Marketing. Mayoritas BUMDes di Kabupaten Pangkep percaya bahwa Digital Marketing adalah tempat transaksi terjadi. Namun, ini tidak benar karena Digital Marketing menggunakan semua sumber daya Internet untuk mempromosikan produk BUMDes. Sumber daya yang dimiliki BUMDes mencakup website pemasaran dan platform media sosial BUMDes. Untuk Digital Marketing, media sosial tidak hanya digunakan untuk BUMDes, tetapi juga dimiliki oleh pekerja BUMDes. Penjualan produk BUMDes di Kabupaten Pangkep meningkat sebagai hasil dari meningkatnya jangkauan promosi produk.

Page 1 of 1 | Total Record : 6