cover
Contact Name
Ludovikus Bomans Wadu
Contact Email
actualinsight21@gmail.com
Phone
+6281233597270
Journal Mail Official
kontruksisosial@gmail.com
Editorial Address
Jalan Abdurahman Saleeh Blok GJ2 Kedungkandang Kota Malang Jawa Timur, Malang, Provinsi Jawa Timur, 65148
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Konstruksi Sosial: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial
Published by Actual Insight
Konstruksi Sosial: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial adalah jurnal penelitian dengan akses terbuka dengan peer-review cepat, yang menerbitkan karya dari berbagai bidang, termasuk antropologi, kriminologi, ekonomi, pendidikan, geografi, sejarah, linguistik, ilmu politik, psikologi, kebijakan sosial, pekerjaan sosial, sosiologi, dan sebagainya. Jurnal ini menerima naskah dengan menggunakan metodologi yang paling sesuai dengan pertanyaan penelitian, baik itu teoritis, empiris / arsip, analitik data besar, eksperimental, survei lapangan, wawancara, dan sejenisnya.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 3 (2022): Juli" : 5 Documents clear
Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Wawasan Kebangsaan di Era Global Lisnawati Suargana; Dinie Anggraeni Dewi
Konstruksi Sosial : Jurnal Penelitian Ilmu Sosial Vol. 2 No. 3 (2022): Juli
Publisher : Actual Insight

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/konstruksisosial.v1i9.238

Abstract

Bangsa Indonesia selaku negara yang tidak dapat menjauhi tantangan globalisasi. Dengan berpegang pada Pancasila, generasi muda bisa mempertahankan jati diri serta eksistensinya. Penelitian ini berisi tentang apabila memelihara semangat nasionalisme dalam benak generasi muda semenjak masa anak-anak akan membuat mereka lebih tangguh terhadap pengaruh negatif serta pergantian moral yang menjadi- jadi di masa globalisasi. Jadi, dengan memantapkan moralitas serta etika lewat pembelajaran Pancasila, generasi muda Indonesia bakal lebih siap buat menghadapi globalisasi serta mempertahankan fakta diri Indonesia di saat yang bersamaan. Nilai kebudayaan yang jadi ciri bangsa Indonesia, semacam gotong-royong, silahturahmi, ramah-tamah dalam warga jadi keistimewaan dasar yang bisa menjadikan masing-masing orang warga Indonesia untuk mencintai serta melestarikan kebudayaan bangsa sendiri. Tetapi ciri masyarakat Indonesia yang diketahui selaku masyarakat yang ramah serta sopan-santun di saat ini mulai pudar semenjak masuknya budaya asing ke Indonesia yang tidak bisa dipilih dengan baik oleh warga Indonesia. Hingga, dalam hal ini pemerintah mempunyai peranan berarti buat mempertahankan nilai-nilai kebudayaan Indonesia dalam kehidupan masyarakatnya.
Perlindungan Hak Asasi Manusia di Lingkungan Sekolah Muhammd Arrifky Komaruddiansyah
Konstruksi Sosial : Jurnal Penelitian Ilmu Sosial Vol. 2 No. 3 (2022): Juli
Publisher : Actual Insight

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/konstruksisosial.v1i9.1328

Abstract

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan Hak Asasi Manusia yang ada di sekolah. Hak Asasi Manusia dilandasi dengan suatu kebebasan tiap orang dalam memastikan jalur hidupnya, tentuya Hak asasi pula tidak lepas dari kontrol wujud norma- norma yang ada. Hak- hak ini berisi tentang kesamaan ataupun keselarasan tanpa membeda- bedakan suku, kalangan, generasi, jabatan, agama serta lain sebagainya antara tiap manusia yang hakikatnya merupakan bersama makhluk ciptaan Tuhan. Terpaut tentang hakikat Hak Asasi Manusia, hingga sangat berarti selaku makhluk ciptaan Tuhan wajib melindungi serta menghormati hak asasi manusia. Pertumbuhan Hak Asasi Manusia masih banyak wujud pelanggaran Hak Asasi Manusia yang kerap ditemui, terlebih dalam area sekolah. Penegakan Hak Asasi Manusia tidak cuma dicoba oleh Pemerintah, pejabat ataupun orang penting yang lain. Pelajar menegakkan Hak Asasi Manusia sanggup buat belajar serta berbuat guna menegakkan Hak Asasi Manusia. Tidak hanya di area keluarga saja, kita pula dapat melaksanakannya dilingkungan sekolah. Banyak perihal berarti yang dapat kita jalani di sini yang malah dapat membuat kita lebih mengerti dengan upaya penegakan Hak Asasi Manusia di area sekolah.
Hak Anak Penyandang Disabilitas untuk Sekolah dan Berpendidikan Muhammad Fadhil Al Faiq
Konstruksi Sosial : Jurnal Penelitian Ilmu Sosial Vol. 2 No. 3 (2022): Juli
Publisher : Actual Insight

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/konstruksisosial.v1i9.1329

Abstract

Hak Asasi Manusia adalah hak-hak yang dimiliki semua manusia. Setiap Anak penyandang Disabilitas juga memiliki Hak Untuk belajar sama seperti Anak anak pada umumnya untuk belajar. Tujuan Penelitian ini untuk memperoleh bagaimana anak anak disabilitas mendapatkan Hak belajar dan Sekolah dan meminimalkan sekolah untuk anak disabilitas. Metode penelitian yang digunakan Hukum Normatif (legal research) dengan megkaji perundang undangan Nasional . Hasil penelitian ini dapat dijelaskan tentang Hak Sekolah untuk anak disabilitas kurang di perhatikan dan merupakan tindakan pengabaian oleh pemerintah. Sekolah Pendidikan untuk anak disabilitas biasa disebut Sekolah Luar Biasa sangat berpengaruh untuk anak anak disabilitas dan biasa ada juga sekolah inklusi biasa sekolah yang menerima anak disabilitas. Anak penyandang Disabilitas juga merupakan anggota masyarakat dan mempunyai hak untuk berada di sekolah dan mereka juga berhak mendapatkan dukungan seperti anak anak pada umumnya
Diskriminasi dalam Kehidupan Beragama di Indonesia Muhammad Hanif Ihsani
Konstruksi Sosial : Jurnal Penelitian Ilmu Sosial Vol. 2 No. 3 (2022): Juli
Publisher : Actual Insight

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/konstruksisosial.v1i9.1330

Abstract

Indonesia merupakan negara multikultural yang mana memiliki keberagaman akan suku, bangsa, ras, budaya, bahasa dan agama. Keberagaman ini merupakan salah satu ciri masyarakat Indonesia yang dibanggakan, dan berpotensi untuk mengancam kehidupan berbangsa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persoalan yang dialami oleh agama minoritas di Indonesia dan upaya apa yang seharusnya dilakukan guna mengatasi masalah. Metode yang digunakan yaitu pendekatan penelitian normatif deskriptif dengan menekankan pada analisis data pada sumber-sumber data. Informasi diperoleh dari jurnal-jurnal penelitian. Teknik yang digunakan yaitu melacak berbagai jurnal yang relevan dengan penelitian ini. Untuk analisa data digunakan metode analisis isi yaitu menarik kesimpulan yang sahih dari sebuah dokumen. Prinsip keberagamaan masing-masing kelompok mudah menimbulkan konflik seperti diskriminasi. Di beberapa wilayah di Indonesia konflik bernuansa agama kerap muncul sebagai respon atas dinamika politik, sosial dan ekonomi yang turut serta mengitari kehidupan sosial masyarakat. Perbedaan tersebut jikalau tidak diantisipasi akan menjadi pemicu konflik yang berujung pada kekerasan bahkan pertumpahan darah.
Upaya Meminimalisasi Kekerasan di Sekolah dengan Penerapan Sekolah Ramah Hak Asasi Manusia Muhammad Yasri Fauzil Adhim
Konstruksi Sosial : Jurnal Penelitian Ilmu Sosial Vol. 2 No. 3 (2022): Juli
Publisher : Actual Insight

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/konstruksisosial.v1i9.1331

Abstract

Setiap orang pada dasarnya memiliki hak asasi manusia yang melekat sejak dilahirkan dalam kehidupannya, maka dari itulah hak asasi manusia ini sangat wajib sekali untuk dihormati, dijunjung tinggi, dan dilindungi oleh negara, serta pemerintah, demi melindungi dan menghormati suatu harkat dan martabat seorang manusia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengurangi maupun menghapus kekerasan di sekolah dengan memberi para siswa pengetahuan tentang hak asasi manusia. Penelitian menggunakan metode Normatif Literatur Studi dengan mencari bermacam-macam referensi di jurnal nasional. Hasil dari penelitian ini adalah menjabarkan beberapa upaya dari sekolah untuk mewujudkan sekolah ramah hak asasi manusia. Usaha menegakkan hak asasi manusia pihak sekolah harus melakukannya dengan memberikan fungsi dan pemahaman tentang hak asasi manusia itu sendiri, dan memberikan pembelajaran tentang moral dalam kesadaran hak asasi manusia. Upaya ini memerlukan dukungan yang baik antara siswa, guru, pemimpin sekolah, wali siswa, warga, dan pemerintah sehingga memberikan manfaat untuk perubahan yang lebih bagi pendidikan di Indonesia. Hasil penelitian digunakan sebagai masukan bagi siswa-siswi untuk mengetahui pentingnya penerapan hak asasi manusia di lingkungan sekolah mereka.

Page 1 of 1 | Total Record : 5