cover
Contact Name
Ludovikus Bomans Wadu
Contact Email
actualinsight21@gmail.com
Phone
+6281233597270
Journal Mail Official
jurnalrhizome@gmail.com
Editorial Address
Jalan Abdurahman Saleeh Blok GJ2 Kedungkandang Kota Malang Jawa Timur, Malang, Provinsi Jawa Timur, 65148
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Rhizome: Jurnal Kajian Ilmu Humaniora
Published by Actual Insight
ISSN : 27764850     EISSN : 27755851     DOI : https://doi.org/10.56393/rhizome.v1i1.28
Rhizome: Jurnal Kajian Ilmu Humaniora adalah jurnal penelitian yang bergerak sebagai jaringan akar keilmuan yang merambah di bidang ilmu-ilmu humaniora, termasuk di bidang antropologi, linguistik, seni klasik & kontemporer, sosial-politik, tradisi lisan, filologi, sastra. Rhizome menyediakan ruang kajian bagi dosen, akademisi, peneliti, praktisi, dan mahasiswa untuk menyebarkan ilmu berupa artikel penelitian empiris dan teoritis, studi kasus, dan kajian pustaka. Jurnal ini juga mengundang para profesional di dunia pendidikan, penelitian, dan kewirausahaan untuk berpartisipasi dalam menyebarluaskan ide, konsep, teori baru, atau perkembangan ilmu-ilmu kemanusiaan.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 2 (2023): Juli" : 5 Documents clear
Kesetaraan Hak Warga Negara Dalam Pemaknaan Sila Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab Dinar Yuliani; Dinie Anggraeni Dewi
Rhizome : Jurnal Kajian Ilmu Humaniora Vol. 3 No. 2 (2023): Juli
Publisher : Actual Insight

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/rhizome.v1i4.232

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kesetaraan hak warga negara Indonesia dalam pemaknaan sila kemanusiaan yang adil dan beradab. Fokus penelitian ada pada upaya warga negara mewujudkan kesetaraan yang telah ada dalam Pancasila. Kemanusiaan yang adil dan beradab menandaskan bahwa nilai keadilan dan nilai keberadaban menjadi dua poin eksplisit yang menjadi dasar terbentuknya pemahaman tentang kesetaraan. Maka, penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif untuk memberi gambaran tentang kesetaraan hak dalam diri warga negara. Temuan penelitian ini yaitu, pertama, kesetaraan hak warga negara didasarkan pada adanya perlakuan adil. Hal ini didasarkan pada kenyataan bahwa poin yang mendasar yang harus diterima bahwa warga negara Indonesia dengan latar belakang apapun perlu mendapatkan perlindungan, walaupun ada perbedaan di antara warga negara. Temuan kedua, dengan pemenuhan kesetaraan hak  warga negara, maka terwujud manusia yang beradab. Dengan nilai yang beradab, warga negara bisa bersama-sama hidup dalam kedamaian. Rekomendasi penelitian ini adalah adanya bentuk-bentuk konkret dalam ruang-ruang pembelajaran agar nilai keadilan dan nilai yang beradab bisa diajarkan terus-menerus sehingga menjadi kebiasaan.
Implementasi Pancasila Secara Komprehensif Menghadapi Tantangan Zaman Teknologi Izha Fardan Nur Faujan; Dinie Anggraeni Dewi
Rhizome : Jurnal Kajian Ilmu Humaniora Vol. 3 No. 2 (2023): Juli
Publisher : Actual Insight

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/rhizome.v1i12.276

Abstract

Urgensi implementasi nilai-nilai Pancasila  harus segera direalisasikan dengan banyaknya penyimpangan-penyimpangan moral di kehidupan sehari-hari bangsa Indonesia. Arus globalisasi yang deras dan juga perkembangan teknologi menjadi faktor penting terjadinya penyimpangan-penyimpangan ini. Pancasila  pun di zaman modern ini sudah sering dianggap kuno dan perlahan-lahan ditinggalkan rakyatnya. Artikel ini bertujuan untuk memaparkan bahwa Pancasila  sangat berperan penting dalam kemajuan teknologi dan menuju manusia Indonesia yang lebih modern. Metode yang dipakai dalam pembuatan artikel ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Dan sumber-sumber data yang diperlukan berasal dari buku, jurnal, dan artikel rujukan. Pengimplementasian Pancasila  sangat dibutuhkan, apalagi dengan adanya globalisasi yang membawa dampak buruk pada generasi muda Indonesia. Meskipun generasi-generasi muda merupakan kaum melek teknologi, tetapi jika mereka tidak memiliki karakter Pancasila  dan jiwa nasionalisme, maka semuanya akan sia-sia. Sehingga penerapan Pancasila  secara menyeluruh benar-benar diperlukan untuk tetap mengarahkan generasi muda bangsa tetap pada jalur Pancasila  yang berkarakter.
Urgensi Teori Falsifikasi bagi Guru Untuk Menanggapi Berita Hoaks di Media Sosial Ida Ayu Putu Oka
Rhizome : Jurnal Kajian Ilmu Humaniora Vol. 3 No. 2 (2023): Juli
Publisher : Actual Insight

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/rhizome.v1i4.431

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan urgensi dari teori falsifikasi bagi guru untuk menanggapi berita hoaks di media sosial. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan studi kasus. Hasil penelitian menemukan bahwa pertama berita hoaks terjadi karena kemajuan teknologi ini yang membuat warga negara mendapatkan informasi di media sosial. Kedua yaitu tentang urgensi teori falsifikasi Karl Popper dalam menanggapi berita hoaks. Guru, jika mendapatkan berita yang belum jelas asalnya dan belum terbukti kebenarannya, kemudian dia mencari kebenaran tersebut dengan cara verifikasi itu sebenarnya kebenaran yang dicari belum bisa dikatakan kebenaran mutlak karena kebenaran tersebut hanya berupa keyakinan yang memadai yang menganggap bahwa berita itu benar. Ketiga, keunggulan falsifikasi Karl Popper jika digunakan guru untuk menanggapi berita hoaks, maka dapat sangat membantu guru untuk menanggapi suatu berita yang belum jelas akan kebenarannya. Teori falsifikasi menjelaskan kebenaran proposisi suatu ilmu yang ada tidak dapat sepenuhnya ditentukan melalui uji verifikasi, tetapi melalui upaya penyangkalan atas kebenarannya dengan berbagai percobaan yang sistematis.
Transisi Pudarnya Pandemi Covid-19: Dari Masa Normal Baru ke Masa Normal Normal dalam Paradigma Keilmuan Jamaludin Solihin
Rhizome : Jurnal Kajian Ilmu Humaniora Vol. 3 No. 2 (2023): Juli
Publisher : Actual Insight

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/rhizome.v1i5.463

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripasikan adanya transisi dari memudarnya pandemi Covid-19 dalam paradigma keilmuan. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Studi kasus secara sederhana diartikan sebagai proses penyelidikan atau pemeriksaan secara mendalam, terperinci, dan detail pada suatu peristiwa tertentu atau khusus yang terjadi. Hasil penelitian menemukan bahwa pertama, pandangan Thomas Kuhn mengenai paradigma dari teori keilmuan dapat implementasikan dalam menganalisis new normal menuju kenormalan yang sesungguhnya. Kedua, pemikiran Thomas Kuhn menjelaskan paradigma dari keilmuan merupakan sebuah bagian dari teori lama yang pernah digunakan oleh ilmuan sebagai inspirasi dalam praktik ilmiah sebagai acuan dari riset. Keterkaitan tersebut menjelaskan bahwa paradigma yang lama memang sudah tidak dapat digunakan apabila tidak bisa menjawab permasalahan-permasalahan yang terjadi, sehingga diperlukan sebuah paradigma baru yang mampu menjawab permasalahan-permasalahan terjadi. Ketiga, konsep new normal yang merupakan sebuah tambahan dari kekurangan-kekurangan dari kebijakan sebelumnya bisa menyelesaikan permasalahan yang ada menuju situasi normal-normal yaitu situasi normal yang sesungguhnya.
Teachers’ Strategies in Online Speaking Class at Junior High School in Malang Umi Tursini; Ayu Sintya Triani
Rhizome : Jurnal Kajian Ilmu Humaniora Vol. 3 No. 2 (2023): Juli
Publisher : Actual Insight

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/rhizome.v3i2.1379

Abstract

For students, mastering English communicative skills is difficult. The COVID-19 pandemic has forced students to study online. Teachers must be able to adapt and present online learning strategies that suit the needs of students. This study aimed to find out the teachers’ teaching strategies and to explore the teachers’ difficulties in implementing teaching strategies in online speaking class at junior high school in Malang. A descriptive qualitative design in the form of a case study was used as the research design. The participants involved in this study were three English teachers at Kartika IV-8 Middle School Malang and Taman Siswa Malang Junior High School. Two instruments used in this study include observation and interviews. The data analysis process included data condensation, data display and drawing and verification of conclusions. The results of this study indicated that teachers used a variety of online speaking class teaching strategies such as discussion, simulation, and asking questions. The teachers also experienced several obstacles in implementing strategies in online speaking classes. In group discussions, teachers found it difficult to manage time and monitor student activities. The internet connection made it difficult for the teachers. In the simulation strategy, it was also difficult for teachers to monitor and assess student work. The teachers also found problems when applying the questioning strategy. This strategy could not be followed by all students. As a result, other students tended to be silent.

Page 1 of 1 | Total Record : 5