cover
Contact Name
Nurul Arifiyanti
Contact Email
nurularifiyanti@uny.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jpafip@uny.ac.id
Editorial Address
Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Yogyakarta, 55281, Indonesia
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Anak
ISSN : 23026804     EISSN : 25794531     DOI : 10.21831
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Pendidikan Anak is research, study and analysis related to early childhood include; development of moral and religious values, physical motor development, emotional social development, cognitive development, language development, artistic and creative development, parenting, parenting, management institution of early childhood education, early child development assessment, child development psychology, child empowerment, learning strategy, Educational tool play, instructional media, innovation in early childhood education and various fields related to Early Childhood Education.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 11, No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Anak" : 10 Documents clear
Peningkatan Keterampilan Pembuatan Media Pop Up pada Pendidik PAUD Nur Hayati; Muthmainah Muthmainah; Rina Wulandari
Jurnal Pendidikan Anak Vol 11, No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpa.v11i1.49063

Abstract

Media pembelajaran merupakan bagian yang sangat penting dalam kegiatan belajar dan mengajar. Media pembelajaran di PAUD harus menarik dan dapat menstimulasi semua aspek perkembangan anak, salah satunya yaitu media pop up. Kondisi pandemi Covid-19 saat ini menuntut pendidik PAUD lebih kreatif membuat media pembelajaran. Hasil observasi di awal pandemi menunjukkan masih banyak pendidik yang belum terampil mengembangkan media pop up yang disampaikan secara online. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pendidikan PAUD mengembangkan media pop up tiga dimensi yang kemudian melatih mengunggah media pebelajaran secara online di YouTube. Metode penelitian ini menggunakan penelitian Tindakan yang mengacu pada Kemmis dan Taggart yang dilakukan dalam satu siklus karena kondisi pandemi Covid-19 yang tidak memungkinkan mengadakan pertemuan dengan jumlah peserta banyak lebih dari sekali. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Depok Kabupaten Sleman, pengambilan data dilakukan dengan metode observasi yang dilakukan sebelum tindakan, ketika tindakan dan setelah tindakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah diberikan tindakan, subjek mengalami peningkatan pada penguasaan materi yang diberikan yaitu pemahaman tentang media pembelajaran, pembuatan media pop up dan pengelolaan media pembelajaran secara online. Sejumlah 95% subjek penelitian mampu membuat media pop up yang di upload di YouTube. Temuan baru yang diperoleh dari penelitian ini adalah meningkatnya keterampilan guru dalam mengelola media pembelajaran dalam bentuk tiga dimensi yang diunggah ke YouTube. Keterampilan ini menjadi terobosan baru bagi guru dalam mengatasi kesulitan pembelajaran jarak jauh di era pandemi.
Pelaksanaan Pembelajaran Proyek secara Daring (Dalam Jaringan) di Lab School CITTA Ika Budi Maryatun; Nurul Amalia Firdhaus
Jurnal Pendidikan Anak Vol 11, No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpa.v11i1.48984

Abstract

Pembelajaran proyek mulai diterapkan oleh guru karena menjadi pendekatan pembelajaran yang mampu melibatkan anak secara aktif dalam menginvestigasi topik secara mendalam dan konkret. Artikel ini bertujuan untuk menjabarkan pelaksanaan pembelajaran proyek secara daring di Lab School Sekolah CITTA. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan sumber data guru dan anak di sekolah. Data dikumpulkan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi yang kemudian dianalisis menggunakan dua langkah analisis dari lima yang ada model Spradley, yaitu analisis domain dan tema. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi dan perpanjangan keikutsertaan. Hasil penelitian mendapati bahwa pelaksanaan pembelajaran proyek secara daring dilakukan tetap menggunakan tiga langkah, yaitu persiapan terdiri dari pemilihan tema dan mencari informasi, pelaksanaan terdiri dari pembuka/penyapa, kegiatan inti, dan teknik/tampilan, serta evaluasi yang berisi pendokumentasian video dan foto kegiatan anak. Perbedaan dengan pelaksanaan pembelajaran proyek secara luring ada pada penyampaian. Jika luring dilakukan di sekolah dan dibimbing langsung oleh guru, maka pelaksanaan proyek secara daring dilaksanakan menggunakan aplikasi whatsapp¸ voice note, zoom, maupun video sesuai kondisi. Proyek diselesaikan anak di rumah dengan dampingan orangtua. Guru menerima kiriman video, voice note, atau foto kegiatan anak dari orang tua untuk diolah menjadi penilaian. Artikel hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran pelaksanaan pembelajaran proyek dalam kondisi darurat sekalipun.
Peran Lingkungan Sekolah dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini di PAUD Nurul Ikhlas Irhamna Irhamna; Sigit Purnama
Jurnal Pendidikan Anak Vol 11, No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpa.v11i1.46688

Abstract

Pendidikan karakter sangat penting bagi anak karena membentuk anak menjadi pribadi yang lebih baik. Pembentukan karakter anak dipengaruhi oleh faktor  keluarga, masyarakat, dan sekolah. Sekolah merupakan salah satu tempat pembentukan karakter bagi anak. Hal ini disebabkan anak banyak menghabiskan waktunya bersama guru, teman sebaya, maupun orang dewasa lainnya yang ada di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran lingkungan sekolah dalam membentuk karakter pada anak di PAUD Nurul Ikhlas. Penelitian ini menggunakan metode penelitiani deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara dan observasi. Analisis data mengunakan model Miles dan Huberman. Model ini menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembentukan karakter pada anak usia dini di PAUD Nurul Ikhlas dengan cara menegakkan kedisiplinan pada anak, guru terlibat penuh dalam membangun karakter, menjadi contoh yang baik atau teladan bagi anak, menumbuhkan nilai-nilai keutamaan pada diri anak, dan membentuk stategi pembelajaran yang aktif dan menarik.
Literature Review: Motivasi yang Diberikan Kepada Anak Dalam Mengkonsumsi Sayuran Mei Duwi Sartika; Rukiyah Rukiyah; Windi Dwi Andika; Sri Sumarni
Jurnal Pendidikan Anak Vol 11, No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpa.v11i1.45937

Abstract

Sayuran adalah salah satu jenis santapan yang berdampak baik untuk kesehatan anak pada usia. Adanya fenomena empirik yang menggambarkan kurangnya tingkat konsumsi sayuran pada anak usia dini, kebiasaan buruk mengkonsumsi makanan cepat saji semakin merajalela di kalangan anak usia dini. Perlunya motivasi dari orang dewasa yakni orang tua dan juga guru agar anak mau mengkonsumsi sayuran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara teoritik pengaruh motivasi yang diberikan kepada anak agar mau mengkonsumsi sayuran. Metode penelitian menggunakan studi literatur, dilakukan dengan membaca, menganalisis dan menarik kesimpulan. Hasil dari kajian literatur yaitu bahwa sayuran merupakan santapan yang sangat bermanfaat untuk perkembangan anak. Beberapa cara dapat dilakukan dengan pemberian motivasi kepada anak sehingga meningkatkan minat anak dalam mengkonsumsi sayuran.
Penanaman Nilai Agama Katolik Anak Usia Dini Melalui Proyek “Mini Bible” Anastasia Arum Sari Dyahningtyas
Jurnal Pendidikan Anak Vol 11, No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpa.v11i1.46492

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui nilai-nilai agama yang terkandung dalam proyek “Mini Bible” yang dilakukan oleh anak usia dini serta mengetahui dampak positif dalam proyek “Mini Bible”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan pengumpulan data (dokumen). Dokumen yang dikumpulkan berfungsi sebagai data pendukung. Keabsahan data dapat dilihat pada saat melakukan proyek “Mini Bible” yaitu dengan mengecek dan mengobservasi segala aktivitas yang dilakukan oleh pendidik dan peserta didik dalam kegiatan penanaman nilai agama Katolik melalui proyek “Mini Bible” serta melakukan wawancara dengan pendidik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui proyek “Mini Bible” terdapat penanaman nilai agama untuk anak usia dini. Adapun nilai agama yang terdapat dalam proyek “Mini Bible” adalah menumbuhkan iman dan cinta kepada Tuhan, mendorong anak untuk menyembah Tuhan dan menolong anak jadi lebih memiliki iman serta taat kepada Allah. Nilai-nilai inilah yang sangat diperlukan untuk menjadi dasar anak usia dini kelak di dalam menjalankan aktivitas pada tahap usia berikutnya. Secara garis besar ada dampak positif yang dapat berpengaruh besar terhadap perkembangan agama anak yaitu anak menjadi lebih rajin membaca Kitab Suci, lebih rajin berdoa dan lebih mengenal Tuhan.
Pelaksanaan Pembelajaran Seni Rupa di Masa Pandemi Covid-19: Studi Kasus TK/RA Ma’Arif Candran Dwi Wulandari; Ledistar Sumin Naibaho; Lia Amanda Putri; Beata Melati Senja Kirana; Dimas Ganang Ardhianto; Ahmad Haidar
Jurnal Pendidikan Anak Vol 11, No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpa.v11i1.42029

Abstract

Seni rupa merupakan bahasa pertama anak dan salah satu sarana yang menghubungkan anak dengan lingkungan di sekitarnya.  Pembelajaran seni rupa untuk anak-anak menjadi aspek penting bagi dunia pendidikan. Sayangnya, kondisi pandemi Covid-19 yang mengharuskan pembatasan sosial ketat telah membawa tantangan tersendiri bagi pelaksanaan pendidikan khususnya pembelajaran seni rupa. Penelitian ini berusaha menganalisis secara etnografis pelaksanaan pembelajaran seni rupa selama pandemi Covid-19 dengan menitik-beratkan aspek sosio-kultural subjek penelitian yaitu TK/RA Ma’arif Candran. Data dikumpulkan melalui dokumentasi, wawancara, dan observasi. Melalui model analisis data interaktif, disimpulkan bahwa RA Ma’Arif Candran tetap melaksanakan pembelajaran secara luring termasuk pembelajaran seni rupa selama masa pandemi Covid-19 menyesuaikan dengan kondisi dan aturan yang ditetapkan pemerintah. Seluruh aktivitas pembelajaran dilakukan dengan protokol kesehatan ketat. Pelaksanaan pembelajaran seni rupa di masa pandemi Covid-19 tidak sebebas pelaksanaan pada kondisi normal. Interaksi guru dan anak tidak seideal yang diharapkan. Meskipun pembelajaran berjalan dengan relatif kondusif, hasil pembelajaran seni rupa yang dilaksanakan juga dirasa oleh guru tidak bisa optimal. Inovasi- invovasi pembelajaran yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran seni rupa dalam situasi yang mengharuskan pembatasan sosial masih sangat diperlukan.
Perkembangan Fisik Anak Usia Dini Saat Work From Home Selama Pandemi Covid-19 Cahniyo Wijaya Kuswanto; Hesti Rafitasari
Jurnal Pendidikan Anak Vol 11, No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpa.v11i1.48281

Abstract

Covid-19 sangat memberikan dampak bagi perkembangan fisik anak usia dini karena dapat membahayakan kesehatan dengan penyebaran melalui udara yang dihasilkan saat batuk, berbicara dan bersin yang dapat masuk ketubuh melalui mulut, hidung dan mata sehingga Pemerintah menerapkan Work From Home. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan fisik anak usia dini selama work frome home yang terjadi pada saat pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme dengan jenis penelitian survey. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah 25 anak usia dini di Kelurahan Kemiling Raya Kecamatan Kemiling Kota Bandar Lampung. Alat pengumpul data menggunakan wawancara, angket, observasi dan dokumentasi. Sebelum digunakan instrumen angket dan wawancara dilakukan uji keabsahan data menggunakan triangulasi data. Selanjutnya analisis data menggunakan Model Miles and Huberman yang terbagi menjadi tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis dalam perkembangan fisik anak usia dini selama work from home menunjukkan hasil berkembangan dengan baik namun beberapa anak mengalami perkembangan sangat baik.
Pengaruh Kreativitas Guru Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di RA Azzahra Lampung Timur Sefriyanti Sefriyanti; Ibrahim Ibrahim
Jurnal Pendidikan Anak Vol 11, No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpa.v11i1.46415

Abstract

Kemampuan kognitif anak merupakan salah satu aspek perkembangan yang perlu diberikan stimulasi oleh guru dengan menggunakan kreativitasnya selama pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kreativitas guru terhadap kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di RA Azzahra Way Jepara Lampung Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Sampel penelitian ini menggunakan satu kelompok kelas sejumlah 15 anak usia 5-6 tahun dan guru usia 5-6 tahun. Teknik pengambilan data menggunakan tes kemampuan kognitif anak dari hasil kreativitas guru dalam kegiatan pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas data menggunakan Kolmogorov smirnov dan Uji prasyarat menggunakan paired sample T-test melalui aplikasi SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh kreativitas guru terhadap kemampuan kognitif anak. Hasil uji hipotesis analisis paired sample T-test menunjukkan nilai signifikansi 0,0010,005, maka hipotesis diterima artinya terdapat pengaruh kreativitas guru terhadap kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di RA Azzahra.
Permainan Tradisional Gorontalo Ponti dalam Menumbuhkan Nilai-nilai Karakter Anak Usia 5-6 tahun Nur Fauziah Lumbin; Ratih Yakob; Nirmala Daud; Rahmawati Yusuf; Rianti Rianti; Puspa Ardini
Jurnal Pendidikan Anak Vol 11, No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpa.v11i1.41219

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi atas adanya tingkat kecanduan terhadap permainan modern pada anak sangat tinggi sehingga berpengaruh pada kebiasaan dan perilaku anak. Dampak yang terjadi pada anak ketika kecanduan bermain games diantaranya menurunnya nilai karakter yang terbangun pada diri anak karena belum sepenuhnya menyerap informasi dengan baik. Oleh karena itu penting sekali membangun kembali permainan tradisional pada anak untuk menumbuhkan karakter sedini mungkin. Penelitian ini digunakan untuk membangun kembali permainan tradisional di kota Gorontalo berupa permainan Ponti dalam menumbuhkan karakter anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian etnografi dan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Data dianalisis dan dan dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dari uji coba permainan Ponti yang dimainkan oleh dua atau lebih anak usia 5-6 tahun. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa permainan tradisional Gorontalo berupa ponti dapat menumbuhkan karakter anak seperti adanya nilai kebersamaan, nilai sosial, nilai kedisplinan, nilai ketangkasan.
Pengaruh Family Literacy Programs terhadap Perkembangan Keaksaraan Awal Anak Usia Dini Anisa Nur Fauzi; Siti Wahyuningsih; Muhammad Munif Syamsuddin
Jurnal Pendidikan Anak Vol 11, No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpa.v11i1.47918

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi adanya pengaruh family literacy programs terhadap perkembangan keaksaraan awal anak usia dini. Populasi dalam penelitian ini merupakan seluruh anak usia dini yang berusia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Kalisari. Sampel berjumlah 27 anak dipilih secara acak menggunakan teknik pengambilan sampel probability sampling dengan simple random sampling. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif pre-experimental designs dengan bentuk one group before-after (pretest-posttest) design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner untuk mengukur perkembangan keaksaraan awal anak. Uji normalitas menggunakan Kolmogorov-smirnov. Analisis data menggunakan statistik parametrik setelah data dinyatakan normal dengan nilai signifikansi p ≥ 0,05. Uji hipotesis menggunakan paired samples t-test dengan bantuan SPSS 20 for windows. Analisis data menunjukkan hasil sebagai berikut: 1) Terdapat peningkatan nilai rata-rata saat pretest dan posttest pada kelompok eksperimen. Pretest memperoleh nilai rata-rata sebesar 48,59 dan meningkat menjadi 58,96 ketika posttest, 2) Terdapat perbedaan yang signifikan atau nyata antara hasil pretest dan posttest dengan nilai signifikansi p 0,05, sehingga membuktikan adanya pengaruh family literacy programs terhadap perkembangan keaksaraan awal anak usia dini.

Page 1 of 1 | Total Record : 10