cover
Contact Name
Nurul Arifiyanti
Contact Email
nurularifiyanti@uny.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jpafip@uny.ac.id
Editorial Address
Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Yogyakarta, 55281, Indonesia
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Anak
ISSN : 23026804     EISSN : 25794531     DOI : 10.21831
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Pendidikan Anak is research, study and analysis related to early childhood include; development of moral and religious values, physical motor development, emotional social development, cognitive development, language development, artistic and creative development, parenting, parenting, management institution of early childhood education, early child development assessment, child development psychology, child empowerment, learning strategy, Educational tool play, instructional media, innovation in early childhood education and various fields related to Early Childhood Education.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Pendidikan Anak" : 10 Documents clear
Program “SAHABAT” Sebagai Salah Satu Program Alternatif Penanganan Bullying Pada Anak Usia Dini Iswatun Khasanah
Jurnal Pendidikan Anak Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpa.v2i2.3049

Abstract

Permasalahan anak khususnya bullying seringkali terjadi di Tk. terdapat beberapa faktor yang mempengaruhunya, diantaranya karena faktor lingkungan. Anak melakukan bullying karena meniru atau imitasi dari lingkungan terdekatnya. Penanganan bullying dirasa masih belum optimal. Pelaku dan korban perlu diberikan pendampingan secara intensif. ’’Program SAHABAT” Sebagai Salah Satu Alternatif Penanganan Bullying Pada Anak Usia Dini (Usia 5-6 Tahun) bertujuan untuk memberikan pengetahuan bagi guru dan orang tua mengenai penanganan bullying dan cara mengaplikasikannya. Dengan adanya Program SAHABAT guru dan orang tua dapat memperkuat wawasan dan pemahaman serta mengaplikasikan program SAHABAT sebagai salah satu altenatif dalam menangani bullying pada anak, sehingga perkembangan sosial emosional anak dapat berkembang dengan baik. Kata Kunci: program sahabat, bullying, anak usia dini
Peningkatan Kemampuan Membaca Dengan Papan Flanel Huruf Pada Anak Kelompok B TK Asih Sejati Depok Sleman Yogyakarta - Suratmi
Jurnal Pendidikan Anak Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpa.v2i2.3045

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan flanel huruf untuk meningkatkan keterampilan membaca pada anak kelompok B TK Asih Sejati di Depok, Sleman, Yogyakarta pada 2010-2011. Subjek penelitian ini berjumlah 25 anak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi. Instrumen penilaian memiliki validitas isi untuk mengukur tujuan sesuai dengan indikator dasar keterampilan peningkatan kemampuan baca TK (PKBTK) dan untuk menentukan tingkat keandalan penelitian yang dilakukan oleh dua pengamat, yaitu peneliti dengan guru lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan papan flanel huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca dibandingkan dengan menggunakan media lainnya. Sebelum tindakan nilai rata-rata mencapai 36 %, dan setelah tindakan mencapai 64%. Katakunci: papan flanel huruf, keterampilan membaca
Pemanfaatan Video Clip Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini - Muthmainnah
Jurnal Pendidikan Anak Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpa.v2i2.3050

Abstract

Proses pembelajaran akan berlangsung dengan efektif apabila didukung dengan berbagai perencanaan termasuk pemilihan dan pemanfaatan media pembelajaran. Media pembelajaran digunakan untuk membantu proses pemahaman informasi dan penyampaian pesan-pesan pembelajaran. Pemilihan media yang tepat dapat mempengaruhi keberhasilan belajar anak. Ragam media antara lain media audio, visual, dan audiovisual. Dalam pembelajaran di PAUD, umumnya pendidik lebih memilih menggunakan media visual dan audio visual karena sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik perkembangan anak yang belajar melalui benda konkret. Media audiovisual dinilai lebih menarik untuk anak karena memiliki wama, gambar yang bergerak, variasi suara dan alur cerita. Salah satu contoh media audiovisual adalah video clip. Video clip memiliki keunggulan dari sisi kemenarikan tampilan. Apabila media yang digunakan menarik, diharapkan anak-anak lebih menunjukkan minat dan perhatian, sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai. Kata kunci; video clip, keterampilan sosial, anak usia dini
Empati Sebagai Dasar Pembentukan KarakterAnak Usia Dini Riana Mashar
Jurnal Pendidikan Anak Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpa.v2i2.3040

Abstract

Pendidikan anak usia dini dewasa ini masih banyak menekankan pada proses kognitif. Penekanan pembentukan karakter dari aspek kognitif saja, belum cukup membuat anak memiliki karakter yang diharapkan. Aspek afeksi melalui peningkatan kemampuan anak berempati merupakan salah satu upaya yang dapat dikembangkan orang dewasa di sekitar anak untuk membentuk karakter yang lebih baik. Kata kunci: empati, pembentukan karakter
Pembelajaran Keaksaraan Untuk Anak Usia Dini Sulastri Yusro
Jurnal Pendidikan Anak Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpa.v2i2.3046

Abstract

Membaca buku atau menulis cerita adalah khayalan penting untuk anak berusia empat tahun. Pada banyak kasus, kemampuan untuk membaca dan menulis itu terjadi pada anak. Sebagai pendidik, harapan kita pada anak adalah mereka senang menjadi pembaca dan penulis sepanjang hayat. Ada perbedaan antara anak yang didrill terns menerus dibandingkan anak yang dibolehkan untuk melakukan percobaan dengan huruf, kata dan menulis dalam lingkungan keaksaraan yang bebas tekanan. Kesabaran menuntun minat membaca dan menulis pada usia empat tahun akan menentukan semakin kaya minatnya dengan buku-buku di usia 21 tahun. Kata kunci: pembelajaran, keaksaraan, anak usia dini
Pemilihan Nilai Karakter dalam Cerita Anak dan Teknik Penceritaannya Enny Zubaidah
Jurnal Pendidikan Anak Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpa.v2i2.3041

Abstract

Pendidikan Karakter atau Pendidikan Budi Pekerti idealnya diterapkan sejak Anak Usia Dini (AUD), namun bukan berarti terlambat jika pendidikan karakter ini diterapan di seluruh tingkat satuan pendidikan. Dengan pendidikan karakter, diharapkan peserta didik tumbuh dan berkembang menjadi manusia yang memiliki nilai-nilai karakter yang baik. Untuk itu, guru AUD hendaklah memiliki kompetensi sebagai guru AUD. Dapat mengajar peserta didiknya melalui cara yang benar dan baik sehingga paserta didik kelak bukan hanya memiliki kepandaian, namun juga memiliki nilai-nilai karakter yang baik pula. Cerita Anak (CA) adalah sesuatu yang memiliki makna bagi anak apabila dapat memberi kebermanfaatan. Kebermanfatannya itu karena CA memiliki amanat yang mampu mengemban ajar an moral yang berupa nilai-nilai pendidikan karakter, sehingga bermakna bagi anak. Makna CA itulah yang merupakan salah satu sajian materi yang dapat diberikan kepada AUD di sekolah. Untuk itu, jika guru dapat memilih CA dengan baik dan menceritakannya dengan baik pula, peserta didik akan mampu menghayati, memahami, dan mampu mengapresiasi isi cerita yang diperdengarkan tersebut secara baik pula. AUD walaupun masih berada pada masa sebelum operasional konkrit, namun dalam pembelajarannya pun tetap digunakan melalui pendekatan komprehensif dengan metode keteladanan yang konkrit. Metode ini lebih sesuai diterapkan pada peserta didik tingkat AUD melalui CA dan perilaku nyata dalam kehidupan sehari-hari. Kata kunci: nilai karakter, cerita anak, teknik bercerita, anak usia dini
Permainan Bola Estafet Sebagai Media Pembelajaran Pada Anak Usia Dini - Syamsidah
Jurnal Pendidikan Anak Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpa.v2i2.3047

Abstract

Pembelajaran pada anak usia dini tidak pemah lepas dengan permainan, sesuai prinsip pembelajaran pada anak usia dini, bermain seraya belajar atau belajar seraya bermain. Tujuan dari permainan adalah untuk menyampaikan pembelajaran, namun anak tidak merasa terbebani untuk belajar, karena dilaksanakan dengan bermain. Melalui bermain ada beberapa bidang pengembangan untuk anak usia dini yang terstimulasi. Salah satu permainan yang dapat diberikan untuk anak usia dini adalah permainan bola estafe, dimana dalam permainan itu dilaksanakan secara kelompok. Alat yang dipergunakan adalah bola dari daun kelapa. Anak dengan semangat, bergembira melakukan tugas, apalagi ditambah janji guru jika yang juara akan diberi reword/hadiah yang menari. Diharapkan dengan berbagai permainan pembelajaran tersampaikan dengan baik dan hasilnya akan meningkat. Dengan menggali berbagai permaianan sebagai wahana penyampaian pembelajaran dapat meningkatkan semangat belajar anak dan dapat menampak perbendaharaan permaianan di lembaga. Kata Kunci: meningkatkan, kegiatan belajar mengajar, permainan bola estafet
Membaca dan Menulis Permulaan Untuk Anak Usia Dini Martha Christianti
Jurnal Pendidikan Anak Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpa.v2i2.3042

Abstract

Tujuan pengembangan bahasa untuk anak usia dini adalah agar anak mampu berkomunikasi dengan orang lain. Komunikasi tersebut dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti membaca dan menulis. Dengan demikian, belajar membaca dan menulis sudah dapat diawali sejak usia dini yaitu kesadaran literasi dan eksplorasi dengan lingkungan. Ada beberapa kesiapan yang mempengaruhi anak untuk dapat membaca yaitu kesiapan fisik, kesiapan perceptual, kesiapan kognitif, kesiapan linguistik, kesiapan afektif, dan kesiapan lingkungan. Beberapa kegiatan bermain dapat dirancang pendidik untuk mengembangkan membaca dan menulis permulaan anak disesuaikan dengan tahapan membaca dan menulis dari para ahli. Kata Kunci: baca-tulis permulaan
Memenuhi Hak Anak Berkebutuhan Khusus Anak Usia Dini Melalui Pendidikan Inklusif Sri Muji Rahayu
Jurnal Pendidikan Anak Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpa.v2i2.3048

Abstract

Hak anak adalah bagian dari hak asasi manusia yang wajib dijamin, dilindungi, dan dipenuhi oleh orang tua, keluarga, masyarakat, pemerintah, dan negara. Hak anak yang wajib dipenuhi diantaranya adalah hak untuk memperoleh pendidikan dan pengajaran. Anak berkebutuhan khusus usia dini juga berhak mendapatkan layanan pendidikan. Anak berkebutuhan khusus usia dini yang ada di masyarakat belum semuanya mendapatkan layanan di pendidikan anak usia dini. Hal ini disebabkan karena keberadaan pendidikan anak usia dini belum mampu memberikan pelayanan sesuai dengankebutuhannya. Untuk memberikan pelayanan anak berkebutuhan khusus usia dini, maka pendidikan anak usia dini yang telah ada seharusnya dapat menerima dan melayani anak berkebutuhan khusus. Pelayanan pendidikan anak usia dini yang memberikan pelayanan bersama-sama antaraanak yang tidak mengalami hambatan dan anak berkebutuhan khusus disebut pendidikan anak usia dini inklusif. Pendidikan inklusif adalah sistem pendidikan yang menyertakan semua anak secara bersama-sama dalam suatu iklim proses pembelajaran dengan penyelenggaraan pendidikan yang memberikan kesempatan kepada semua anak secara bersama-sama dalam suatu iklim proses pembelajaran dengan layanan pendidikan yang layak dan sesuai kebutuhan individu siswa tanpa membedakan anak dari latar belakang suku, ras, status sosial, kemampuan ekonomi, status politik, bahasa, geografis, jeniskelamin, agama/kepercayaan, dan perbedaan kondisi fisik atau mental. Kata kunci: hak anak, anak berkebutuhan khusus usia dini, pendidikan inklusif
Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Media Snader Game Risah Arijani
Jurnal Pendidikan Anak Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpa.v2i2.3044

Abstract

Upaya untuk membantu anak usia dini agar tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya adalah dengan memberikan stimulasi yang tepat dan aman khususnya saat mengajarkan pembaca permulaan. Fakta riil di lapangan menunjukkan bahwa sebagian orang tua dan pendidik masih terns melakukan praktik-praktik pengajaran yang memaksa anak. Sebagian orang tua masih memilih antara bermain dan belajar, sehingga ada pengaturan waktu bermain dan belajar. Belajar diartikan sebagai aktivitas produktif dan bermain diartikan sebagai aktivitas tak produktif. Padahal melalui bermain itulah anak bisa belajar. Salah satu kegiatan bermain sambil belajar adalah melalui snader game. Bagi anak-anak media pembelajaran permainan akan sangat menyenangkan dan mudah untuk dipahami, karena media pembelajaran dalam bentuk snader game mampu melatih kemampuan membaca permulaan anak dan memotivasi anak untuk belajar dan bersosialisasi. JCata Kunci: kemampuan membaca permulaan, snader game

Page 1 of 1 | Total Record : 10