cover
Contact Name
Aksa Noya
Contact Email
jilkompattimura@gmail.com
Phone
+6281248586420
Journal Mail Official
jilkompattimura@gmail.com
Editorial Address
Jl. Ir. M. Putuhena, Poka-Ambon
Location
Kota ambon,
Maluku
INDONESIA
Jurnal Ilmu Komunikasi Pattimura
Published by Universitas Pattimura
ISSN : 29627230     EISSN : 2830473X     DOI : https://doi.org/10.30598
Jurnal Ilmu Komunikasi Pattimura merupakan situs akademis yang berisi kumpulan artikel ilmiah, dengan fokus aspek keilmuan ilmu komunikasi. Ilmu Komunikasi menjadi salah satu cabang keilmuan yang sangat penting, mengingat tanpa komunikasi manusia tidak dapat berinteraksi satu sama lain. Jurnal Ilmu Komunikasi Pattimura secara spesifik bertujuan untuk menjawab tantangan manusia di era modernisasi, dengan berkembangnya teknologi, maka literasi digitalisasi begitu bermanfaat demi mewujudkan individu atau kelompok yang cerdas, dan kreatif dalam menggunakan platform media massa dan new media. Berikut dibawah ini mekanisme proses editorial and publishing.  Jurnal Ilmu Komunikasi Pattimura merupakan jurnal akademik yang berkaitan dengan kajian teori dan praktik komunikasi. Jurnal Ilmu Komunikasi Pattimura didedikasikan untuk menerbitkan karya asli dalam konteks umum Media Baru dan Teknologi Komunikasi, Komunikasi Budaya, Hubungan Masyarakat, Komunikasi Konflik, Media, dan Jurnalisme.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 1 (2024): Jurnal Ilmu Komunikasi Pattimura" : 7 Documents clear
Ketidaksempurnaan yang Menarik Lebih Banyak Orang: Bagaimana The Pratfall Effect Bekerja dalam Viral Baso A Fung Di Bali 2023 Nurul Fadhillah S
Jurnal Ilmu Komunikasi Pattimura Vol 3 No 1 (2024): Jurnal Ilmu Komunikasi Pattimura
Publisher : Department of Communication Science, University of Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/JIKPvol3iss1pp441-459

Abstract

The Pratfall Effect menjadi pendekatan psikologis yang bisa dimanfaatkan untuk menambah citra positif dari sebuah brand. Bekerja atau tidaknya pendekatan ini bisa dilihat dari interaksi publik, misalnya di media sosial Instagram dan TikTok. Kejadian yang melibatkan Jovi Andhiguna sebagai seorang content creator dan Baso A Fung sebagai brand yang lama, membuat opini publik bersirkulasi. Penelitian ini menganalisis 13 tangkap layar yang secara garis besar memperlihatkan bagaimana kasus Jovi dan Baso A Fung bisa viral, bagaimana mereka menyelesaikannya, dan tanggapan pengguna media sosial atas tindakan keduanya. Hasilnya, The Pratfall Effect bekerja dalam studi kasus Jovi yang mengonsumsi kerupuk babi di gerai Baso A Fung. Hal ini bisa berhasil sebab Jovi dan Baso A Fung sama-sama mencitrakan dirinya positif selama ini. Ketika kasus tersebut viral, publik yang tadinya kecewa dengan Baso A Fung, sekarang memberikan respon positif karena tindakan yang diambil oleh Baso A Fung dan Jovi dalam menyelesaikannya dinilai membuat kepercayaan masyarakat lebih meningkat lagi.
Pengaruh Komunikasi Pemasaran Lemonilo Terhadap Peningkatan Brand Awareness Produk Mi Instan Lemonilo di Komunitas Fandom NCTZEN Ambon (Studi Kasus Penggunaan Brand AmbassadorNCT Dream) Setia Marpaung; Rosdawiyah Rahawarin
Jurnal Ilmu Komunikasi Pattimura Vol 3 No 1 (2024): Jurnal Ilmu Komunikasi Pattimura
Publisher : Department of Communication Science, University of Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/JIKPvol3iss1pp460-472

Abstract

Studi ini bertujuan untuk menguji dan mengevaluasi pengaruh strategikomunikasi pemasaran Lemonilo, khususnya melalui penggunaan Brand AmbassadorNCT Dream, terhadap kesadaran merek Mi Instan Lemonilo di komunitas fandomNCTzen Ambon. Metode analisis regresi sederhana digunakan untuk mengevaluasihubungan antara variabel Komunikasi Pemasaran (X) dan Brand Awareness (Y).Responden yang terlibat dalam penelitian ini berjumlah 58 orang, dimana mayoritasmenunjukkan tingkat kesadaran merek yang tinggi terhadap produk Mi InstanLemonilo. Uji Validitas menggunakan teknik korelasi Pearson Product Moment dan UjiReliabilitas Alpha Cronbach dengan bantuan SPSS 23. Hasil analisis regresimenunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara variabel KomunikasiPemasaran dan Brand Awareness (F = 52.52, p < 0.05). Nilai koefisien determinasi (RSquare) sebesar 0.484 menunjukkan bahwa sekitar 48.4% variasi dalam BrandAwareness dapat dijelaskan oleh Komunikasi Pemasaran. Mayoritas responden(91.4%) dapat dengan mudah mengenali logo atau kemasan Mi Instan Lemonilo, dansebagian besar juga dapat mengingat iklan atau promosi terkait (86.2%). Studi iniPengaruh Komunikasi Pemasaran Lemonilo terhadap Peningkatan Brand Awareness Produk Mi Instan Lemonilo di KomunitasFandom NCTzen Ambon memberikan dasar yang kuat untuk pengembangan strategi komunikasi pemasaranlebih lanjut, terutama menggunakan selebriti sebagai Brand Ambassador untukmeningkatkan kesadaran merek di kalangan komunitas penggemar. Kesimpulan daripenelitian ini adalah bahwa upaya komunikasi pemasaran, khususnya melalui BrandAmbassador, secara positif memengaruhi kesadaran merek Mi Instan Lemonilo dikalangan komunitas fandom NCTzen Ambon. Temuan ini mendukung pentingnyapenggunaan strategi komunikasi yang tepat dalam membangun kesadaran merek dipasar yang spesifik, seperti yang terjadi dalam komunitas fandom pada tingkat lokal.Penelitian ini memberikan kontribusi dalam konteks pengembangan strategikomunikasi pemasaran yang lebih efektif dalam komunitas penggemar danpenggunaan selebriti sebagai Brand Ambassador.Kata-kata kunci : Komunikasi Pemasaran; Brand Ambassador; Brand Awareness; Mi InstanLemonilo, NCTzen Ambon.
Pengaruh Kecanduan Penggunaan Tiktok Terhadap Fear of Missing Out Trifosa Sella Lesnussa; Ronald Alfredo
Jurnal Ilmu Komunikasi Pattimura Vol 3 No 1 (2024): Jurnal Ilmu Komunikasi Pattimura
Publisher : Department of Communication Science, University of Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/JIKPvol3iss1pp484-492

Abstract

Pengaruh Kecanduan Penggunaan Tiktok Terhadap Fear Of Missing Out (Studi Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Angkatan 2021-2023 Univeristas Pattimura Ambon), Pembimbing I: Bapak Said Lestahulu, S.Sos, M.Si & Pembimbing II: Bapak Ronald Alfredo, S.Sos, M.I.Kom Penelitian ini yang bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kecanduan Penggunaan Tiktok Terhadap Fear Of Missing Out (Studi Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Angkatan 2021-2023 Univeristas Pattimura Ambon). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitaif yang dilaksanakan di fakultas ilmu social dan ilmu politik universitas pattimura ambon. Pengambilan data primer dilakukan melalui penyebaran kuesioner terhadap 81 orang mhasiswa ilmu komunikasi universitas pattimura ambon yang terdiri dari angkatan 2021-2023. Pada penelitian ini teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling serta menggunakan teknik analisis data yaitu analisis regresi sederhana dengan menggunakan SPSS (Statistical Product Service Solution) versi 27 for windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai F sebesar 16,266 nilai R sebesar 0,413 nilai R square sebesar 0,171 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p>0,01). Hal ini berarti ada pengaruh kecanduan penggunaan tiktok terhadap fear of missing out, yaitu sebesar 17,1% sedangkan 82,9% dipengaruhi hal lain di luar penelitian. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan hipotesis (H1) pada penelitan ini diterima. Hal ini berarti ada pengaruh kecanduan penggunaan tiktok terhadap fear of missing out pada mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2021-2023 Universitas Pattimura Ambon. Kata Kunci : TikTok, Fear of Missing Out, Mahasiswa
Pemanfaatan Media Zoom dalam Kompetisi Debat Bahasa Inggris: Studi Kasus Pada National University Debating Championship Tahun 2023 Rahmat Alamin Maba; Said Lestaluhu; Muhammad Iqbal Husein
Jurnal Ilmu Komunikasi Pattimura Vol 3 No 1 (2024): Jurnal Ilmu Komunikasi Pattimura
Publisher : Department of Communication Science, University of Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/JIKPvol3iss1pp473-483

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara terhadap enam responden yang terdiri dari dua orang Pendebat, Juri, Konsultan Teknis, Pelatih, dan Liaison Officer. Selain itu, observasi dan dokumentasi juga dilakukan ketika seleksi wilayah berlangsung. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa meskipun terdapat beberapa kendala seperti stabilitas jaringan internet, perangkat keras yang kurang memadai, dan peserta yang tidak tertib, kegiatan yang dilaksanakan melalui Zoom tetap bisa berjalan lancar sampai selesai. Dapat disimpulkan bahwa Pemanfaatan Zoom dalam National University Debating Championship Tahun 2023 efektif karena memiliki fitur-fitur yang mendukung proses pelatihan dan perlombaan, membantu panitia mencapai tujuan acara, dan memberikan akses bagi Perguruan Tinggi dengan anggaran terbatas.
Strategi Promosi Objek Wisata Pantai Matakus Oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Kepulauan Tanimbar Kecamatan Tanimbar Selatan Jhon Rien Moriolkosu; Fatmawati Rumra
Jurnal Ilmu Komunikasi Pattimura Vol 3 No 1 (2024): Jurnal Ilmu Komunikasi Pattimura
Publisher : Department of Communication Science, University of Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/JIKPvol3iss1pp507-517

Abstract

Abstract: This research is a qualitative descriptive research that aims to find out how the promotion strategy of the Tanimbar Islands Regency Tourism Office in promoting Matakus Beach. This research was carried out at the Tourism Office of Tanimbar Islands and Matakus Beach with data collection techniques in the form of observation, interviews, and also some documentation, as well as data analysis techniques using qualitative technique models according to Miles and Huberman consisting of data reduction, data presentation and conclusions. The results showed that the promotion strategy carried out by the Tanimbar Islands Regency Tourism Office in promoting matakus beach attractions was in accordance with the promotion mix theory. Where they use methods of Advertising, Sales Promotion, Direct Marketing, and Public Relations in promoting matakus beach. However, there are several methods that have not been used by the tourism office, namely personal sales and also the obstacles faced, namely costs and human resources that are still lacking in the tourism office so that the methods used have not run effectively. But in the future the tourism office will update it all so that the promotion of matakus beach attractions can run well.
Strategi Humas Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Maluku Tenggara dalam Pengelolaan Informasi Publik Febyyola Welmina Kilmanun; Yustina Sopacua
Jurnal Ilmu Komunikasi Pattimura Vol 3 No 1 (2024): Jurnal Ilmu Komunikasi Pattimura
Publisher : Department of Communication Science, University of Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/JIKPvol3iss1pp518-538

Abstract

The Department of Communication and Informatics (Diskominfo) of Southeast Maluku Regency plays a crucial role in supporting local governance and development. They focus on ensuring easy access to information for the public, especially in areas with limited internet coverage or low literacy rates. Diskominfo employs various strategies, including social media, digital platforms, as well as subscription-based radio and television stations. They are also responsible for providing public information services through various online platforms and seven public service applications. The information management process involves stages of collection, clarification, documentation, and distribution with principles of accurate news writing. Despite efforts to improve information access and public services, Diskominfo still faces several challenges such as telecommunication network blank spots, limited infrastructure, and the public's lack of knowledge about government information. To address these challenges, strategic issues such as expanding networks in blank spot areas, enhancing monitoring and evaluation, implementing electronic-based public service systems, and improving human resource capacity must be considered. Diskominfo of Southeast Maluku Regency continues to strive to ensure relevant and accurate information is available to the public, with the hope of supporting the development and empowerment of all layers of society in the region. Keywords: Strategies, Information Management System, Online, Diskominfo.
Representasi Eksploitasi Seksualitas Remaja Perempuan dalam Serial Euphoria Agisna Yuni; Antasari Bandjar
Jurnal Ilmu Komunikasi Pattimura Vol 3 No 1 (2024): Jurnal Ilmu Komunikasi Pattimura
Publisher : Department of Communication Science, University of Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/JIKPvol3iss1pp493-506

Abstract

Penelitian yang dilakukan terhadap serial TV Euphoria ini merupakan penelitian wacana kritis yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk representasi eksploitasi seksualitas remaja perempuan dalam serial tersebut dengan menganalisis berbagai elemen audio-visualnya. Analisis ini menggunakan kajian semiotika Roland Barthes sebagai teori maupun metode. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang di dapat melalui observasi dari objek penelitian yakni berupa rekaman video original dari serial Euphoria season 1 yang berjumlah 8 episode dan data sekunder berupa literatur seperti jurnal, artikel dan sebagainya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa representasi eksploitasi seksualitas remaja perempuan ditampilkan secara audio/verbal berupa dialog dan narasi. Sedangkan tampilan visual berupa adegan-adegan yang menunjukkan bagian tubuh yang bernilai seksual seperti dada, kemaluan dan pantat. Representasi semacam ini merupakan representasi yang mengutamakan Male Gaze yang pada akhirnya menjadi representasi dominan dalam serial ini. Tubuh perempuan dianggap memiliki nilai ekonomi sehingga dijadikan objek seksual adalah ideologi serial Euphoria. Kata kunci : Media, Eksploitasi ; Seksualitas ; Remaja Perempuan

Page 1 of 1 | Total Record : 7