cover
Contact Name
Zahra Khusnul Lathifah
Contact Email
zahra.khusnul.lathifah@unida.ac.id
Phone
+628997663302
Journal Mail Official
repository.jurnal@unida.ac.id
Editorial Address
Gedung G Lantai 3 Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Djuanda Bogor, Jl. Tol Ciawi No 1 Po Box 35 Bogor 16720, Jawa Barat, Indonesia.
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA
ISSN : -     EISSN : 29867231     DOI : doi.org/10.30997/alkaff.v2i3
AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA is an Indonesian language scientific journal portal published by the Faculty of Islamic Religion and Teacher Education and published four times a year in February, April, June, and December, with an open submission process throughout the year. All submitted manuscripts will go through double-blind peer review and editorial review before being granted acceptance for publication. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA has a mission to disseminate various results of student scientific research as a means of information and knowledge media, especially for students of the Faculty of Islamic Religion and Teacher Education, Djuanda University in the fields of Education, Management of Islamic Education, Language Education Arabic, Islamic economics and finance. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA Studies publishes research articles in Teaching and Learning, Curriculum, Evaluation, Inclusive Learning Innovation, Management of Islamic education, Guidance on educational and institutional management, Arabic Language, Islamic Economics, and finance.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 5 (2023): AL - KAFF: Jurnal Sosial Humaniora" : 8 Documents clear
STRATEGI DIFERENSIASI PENGEMBANGAN JASA PENDIDIKAN Siti Uluwiyah; Hania Pricilia; Luqmanul Hakim; Muhammad Nawawi; Abdul Kholik
AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA Vol. 1 No. 5 (2023): AL - KAFF: Jurnal Sosial Humaniora
Publisher : Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk menjelaskan strategi diferensiasi dalam pengembangan jasa pendidikan di SMK Haspa, mengetahui proses manajemen strategi yang dilakukan berupa perencanaan, implementasi, dan evaluasi pada strategi diferensiasi dalam pengembangan jasa pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan diskripstif dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi yang dilakukan di SMK Haspa. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan: 1) Strategi diferensiasi SMK Haspa terletak pada kompetensi keahlian yang diterapkan yaitu Agribisnis, menerapkan sekolah gratis, dan melakukan program program dengan menyesuaikan kebutuhan siswa. 2) tahap perencanaan strategi yang dilakukan dengan pengembangan visi dan misi, penetapan tujuan, identifikasi lingkungan internal dan eksternal, pemilihan dan penetapan alternatif strategi dan strategi khusus; 3) tahap implementasi strategi dilakukan dengan pengembangan budaya pendukung melalui prodram program yang diterapkan, pemanfaatan sistem informasi dan teknologi dalam pembelajaran serta pemasaran sekolah; 4) tahap evaluasi strategi yang dilakukan dengan peninjauan factor internal dan eksternal secara komprehensif, pengukuran kinerja denganevaluasi program, dan pengambilan tindakan korektif pada program yang terkendala atau tidak sesuai, melalui kegiatan evaluasi dan monitoring yang dilakukan setiap 3 bulan sekali. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pengelola sekolah harus mampu menetapkan strategi diferensiasi layanan keunggulan yang tepat dan didasarkan pada analisis kebutuhan dan kecenderungan masyarakat. Abstract The research was conducted with the aim of explaining the differentiation strategy in the development of educational services at Haspa Vocational High School, knowing the strategy management process carried out in the form of planing, implementing, and evaluating the differentiation strategy in the development of educational services. The method used in this study is a qualitative research method with a descriptive approach using interview, observation, and documentation techniques conducted at SMK Haspa. The results of the research conducted show: 1) Haspa Vocational High School’s differentiation strategy lies in the competency skills applied, namely Agribusiness, implementing free schools, and conducting programs to suit students needs; 2) the strategic planning stage which is carried out by developing a vision and mission, setting goals, identifying the internal and external environment, selecting and determining alternative strategies and specipic strategies; 3) the strategy implementation stage is carried out by developing a supporting culture through implemented programs, utilizing information systems and technology in learning and school marketing; 4)the strategy evaluation stage is carried out by comprehensively reviewing internal and external factors, measuring performance by evaluating programs, and taking corrective action on programs that are constrained or not suitable, through evaluation and monitoring activities which are carried out every 3 months. This study concludes that school administrators must be able to determine the right service excellence defferentation strategy and be based on an analysis of community needs and trends.
HUBUNGAN KEPRIBADIAN GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV SDN CIKUDA 01 Revina Nur Oktaviani; Resti Yektyastuti; Irman Suherman
AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA Vol. 1 No. 5 (2023): AL - KAFF: Jurnal Sosial Humaniora
Publisher : Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan kepribadian guru terhadap minat belajar siswa di SDN Cikuda 01 Kabupaten Bogor pada tahun pembelajaran 2019-2020 jenis penelitian yang di gunakan adalah penelitian kuantitatif yang berdasarkan analisis statistik dengan metode korelasi sederhana. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas IV sebanyak 49 siswa dan sampel yang diambil seluruh siswa tersebut. Kepribadian guru merupakan suatu hal yang menentukan keakraban hubungan guru dengan siswa, yang tercermin dari sikap dan perbuatannya dalam membina dan membimbing siswa. yang dimaksud dalam penelitian ini adalah hubungan saling mempengaruhi yang terjadi antara guru kelas dengan minat belajar siswa di kelas. Minat belajar adalah Kecenderungan individu (siswa) untuk memusatkan perhatian dikarenakan rasa lebih suka dan rasa ketertarikan terhadap suatu objek atau situasi tertentu yang berkaitan dengan proses pembelajaran. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara untuk studi pendahuluan serta menyebarkan angket pada pelaksanaan penelitian. Hasil dari penelitian diperoleh dari pengisian angket dari 49 responden (siswa), pada hasil pengujian uji lineritas didapatkan hasil nilai Fhitung pada tabel di atas diperoleh nilai Fhitung adalah 4.424 dan Ftabel 4.04 maka Fhitung > Ftabel yaitu 4.424 > 4.04 dapat disimpulkan bahwa ada hubungan linear antara kepribadian guru terhadap minat belajar. Selanjutnya dari hasil pengujian hipotesis, penelitian dapat dilanjutkan pada uji parametik.Hasil dari pengujian hipotesis dapat dinilai dari koefisien korelasi sebesar 0.271 dan didapat nilai koefisien determinasi sebesar 0,029 atau 2.9%. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara kepribadian guru terhadap minat belajar dengan keeratan hubungan rendah, kepribadian guru memberikan sumbangan sebesar 2.9% terhadap minat belajar, sedangkan sisanya 97,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dianalisa dalam penelitian ini.
KONSEP KURIKULUM PENDIDIKAN AKHLAK PERSPEKTIF IMAM ABU HAMID AL-GHAZALI DALAM KITAB IHYA ULUMUDDIN Rahmad Syah Dewa; Zahra Khusnul Lathifah; Syukri Indra
AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA Vol. 1 No. 5 (2023): AL - KAFF: Jurnal Sosial Humaniora
Publisher : Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan pada kualitas pendidikan pasca pandemi mengalami kemerosotan yang signifikan. Salah satunya terjadi degradasi moral atau akhlak pada peserta didik, menyempurnakan akhlak merupakan misi ajaran Islam yang harus dilakukan. Banyak daripada ilmuwan Islam yang telah menuliskan konsep pendidikan Akhlak salah satunya Imam Al-Ghazali dalam kitabnya yang berjudul Ihya Ulumuddin. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menjabarkan konsep kurikulum pendidikan akhlak Imam Al-Ghazali dalam kitab Ihya Ulumuddin . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode riset kepustakaan (library research) dengan kitab Ihya Ulumuddin sebagai sumber primer dan analisis konten sebagai teknik analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep akhlak perspektif Imam Abu Hamid Al-Ghazali dimaknai sebagai khuluq, yakni suatu perangai (watak atau tabiat) sumber timbulnya perbuatan-perbuatan tertentu yang melekat kuat dalam jiwa seseorang dan terlihat secara alamiah tanpa perlu direncanakan atau dipikirkan sebelumnya. Adapun konsep pendidikan akhlak perspektif Imam Abu Hamid Al-Ghazali adalah usaha mendorong dan membentuk jiwa manusia guna mendekatkan diri kepada Allah Swt., (akhlakul karimah), yang dilakukan secara sungguh-sungguh dan berkelanjutan. Kemudian, kurikulum pendidikan akhlak Imam Al-Ghazali dalam kitab Ihya ‘Ulumuddin dimaknai sebagai suatu pedoman pendidikan akhlak yang terdiri dari tujuan pendidikan akhlak, materi pendidikan akhlak, metode pendidikan akhlak dan penilaian pendidikan akhlak.
PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN MODEL KONTEKSTUAL DI MUSLIM SUKSA SCHOOL THAILAND Fazriawati Due; Agung Mutaqqien; Agus Mulyana; Imam Kurniawan
AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA Vol. 1 No. 5 (2023): AL - KAFF: Jurnal Sosial Humaniora
Publisher : Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji pembelajaran bahasa Arab dengan Model Kontekstual di Muslim Suksa School Thailand, termasuk pendekatan, metode, strategi, dan pola yang digunakan; mengetahui dan mengkaji kebutuhan dan karakteristik siswa-siswi di Muslim Suksa School Thailand terkait dengan pembelajaran bahasa Arab; mengetahui langkah-langkah pembelajaran bahasa Arab di Muslim Suksa School Thailand. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu menurut model Miles dan Huberman. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian pembelajaran bahasa Arab yang dengan Model Kontekstual (Contextual Teaching And Learning) di Muslim Suksa School Thailand yaitu dilakukan dengan menghubungkan materi akademis dengan konteks kehidupan sehari-hari siswa. Adapun pendekatan yang digunakan yaitu berbasis media (Media Based Appaarch), selanjutnya strategi yang digunakan yaitu terdapat dua pertama berdasarkan unsur bahasa yakni strategi mufrodat dan berdasarkan keterampilan bahasa yakni perpaduan antara empat keterampilan bahasa. Metode yang digunakan yaitu metode Cooperative Learning. Serta pola pembelajaran yang digunakan adalah pola pembelajaran guru dan media. Karakteristik dan kebutuhan siswa terkait dengan pembelajaran bahasa Arab diantaranya yaitu terbiasa berbahasa Thailand (bahasa Ibu), sulit melafalkan bahasa Arab, senang dengan cara belajar yang kreatif (menggunakan media), senang dengan bahasa Arab sebagai bahasa Muslim. Langkah-langkah pembelajaran bahasa Arab di Muslim Suksa School Thailand terbagai menjadi dua diantaranya yaitu langkah perencanaan dan langkah pelaksanaan..
MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MEMBENTUK KEPERCAYAAN DIRI (SELF-CONFIDENCE) PESERTA DIDIK Muhammad Maldi Gunawan; Abdul Kholik; Omon Abdurakhman
AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA Vol. 1 No. 5 (2023): AL - KAFF: Jurnal Sosial Humaniora
Publisher : Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Manajemen kesiswaan adalah pengaplikasian pelayanan yang optimal bagi peserta didik dari proses penerimaan siswa baru hingga penyelesaiannya dalam kegiatan belajar di sekolah (kelulusan). SMP IT YASPIDA adalah sekolah yang berlandaskan visi, misi dan tujuan yang jelas maka dari itu dituntut untuk memberikan pelayanan yang semaksimal mungkin bagi para siswa dari awal pengrekrutmen peserta didik baru, proses kegaiatan belajar mengajar dengan hasil evaluasi dari prestasi akademik dan non akademik, serta pembentukan kepercayaan diri melalui kegiatan pembinaan. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologis, dimana periset hanya mendeskripsikan secara fakta atau fenomena akan gagasan realita bentuk implementasi manajemen kesiswaan dalam membentuk kepercayaan diri peserta didik. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dan guru di SMP IT YASPIDA, tekhnik kumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Dalam penganalisaan data menggunakan model yaitu reduksi data, penyajian data serta verifikasi data. Hasil akhir yang diperoleh yaitu bentuk rekruitmen peserta didik baru berdasarkan SOP yang ditetapkan oleh KEPSEK dan wakil kurikulum, serta membentuk kepercayaan peserta didik melalui kegiatan pembinaan, kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh sekolah seperti ekstrakulikuler dan intrakulikuler yaitu dilakukan dengan melakukan pembinaan terhadap peseta didik yang mempunyai minat dan bakat keterampilan sesuai dengan potensinya. evaluasi kegiatan belajar baik secara akademik maupun non akademik.
MODEL MANAJEMEN PENDIDIKAN INKLUSIF DI SDIT AMALIA BOGOR Rizka Yuninda Maliki; Radif Khotamir Rusli; Siti Pupu Fauziah
AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA Vol. 1 No. 5 (2023): AL - KAFF: Jurnal Sosial Humaniora
Publisher : Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Model Manajemen Pendidikan Inklusif di SDIT Amalia. Skripsi Manajemen Pendidikan Islam. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor, 2017. Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi kualitatif, dengan subjek penelitian meliputi kepala sekolah, koordinator inklusif, guru kelas, dan guru pendamping khusus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) model pendidikan inklusif di SDIT Amalia ini adalah (full inclusion) yaitu, menyertakan peserta didik berkebutuhan khusus untuk menerima pembelajaran di kelas reguler, 2) kurangnya tenaga pendidik khusus untuk mendampingi anak berkebutuhan khusus yang berjumlah 131 siswa berkebutuhaan khusus, 3) kurikulum yang digunakan adalah kurikulum reguler yang dimodifikasi sesuai dengan kemampuan anak berkebutuhan khusus, 4) keterbatasan sarana dan prasarana untuk anak berkebutuhan khusus seperti alat dan buku penunjang ABK yang belum lengkap dan ruangan khusus
PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP WAKTU PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) DI SDN 4 TLAJUNG UDIK Yayuk Astutik; La Ode Amril; Hasan Bisri
AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA Vol. 1 No. 5 (2023): AL - KAFF: Jurnal Sosial Humaniora
Publisher : Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang telah dilakukan dengan cara kolaborasi melalui dua siklus. Teknik pengumpulan data digunakan observasi, tes tertulis, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus pertama peserta didik yang mencapai hasil belajar di atas KKM 65 adalah 21 peserta didik atau sekitar 64%, dan siklus kedua yaitu 28 peserta didik atau sekitar 85%. Berdasarkan kedua siklus menunjukkan ada peningkatan pencapaian ketuntasan belajar setelah menggunakan metode pembelajaran kontekstual atau Contextual Teaching Learning (CTL). Hal ini dikarenakan pembelajaran menggunakan pembelajaran kontekstual lebih menyenangkan dan mudah dipelajari bahkan mudah diingat peserta didik. tahun pelajaran 2015/2016.
INTEGRASI KURIKULUM SEKOLAH FORMAL KE DALAM KURIKILUM PESANTREN (STUDI KASUS DI MADRASAH ALIYAH PESANTREN MODERN DAARUL ’ULUUM LIDO BOGOR) Juhdi Heryadi; Fachrur Razi Amir; Herman Soefi
AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA Vol. 1 No. 5 (2023): AL - KAFF: Jurnal Sosial Humaniora
Publisher : Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dengan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui dan mengkaji Integrasi Kurikulum sekolah formal ke dalam Kurikulum pesantren (Studi Kasus Di Madrasah Aliyah Pesantren Daarul’Uluum Lido) dengan mendeskripsikan hasil temuan peneliti. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pengetahuan karya ilmiah yang dapat digunakan sebagai acuan oleh para akademisi, pemangku kebijakan dan pemerhati pendidikan dalam mencari format atau model pendidikan dan memberikan bahan masukan untuk pengasuh/Ust/Ustzh Pesantren Modern Daarul Uluum Lido sebagai referensi dalam memaksimalkan konten kurikulum pembelajaran dikelas sehingga meningkatkan mutu lulusan yang dihasilkan, terutama dalam pengembangan pendidikan islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Peneltian kualitatif adalah pendekatan penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek alamiah, dimana peneliti adalah sebagai instrument kunci, pengambilan sampel sumber data dilakukan secara purposive dan snowball, teknik Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi,wawancara dan dokumentasi,untuk pengecekan keabsahan data penulis menggunakan triangulasi data, analisis data bersifat induktif/kualitatif dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengintegrasian kurikulum itu berdasarkan pertimbangan teoritis dan praktis. Sementara bentuk pengintegrasian kurikulum Sekolah Formal Ke Dalam Kurikulum Pesantren (Studi Kasus Di Madrasah Aliyah Pesantren Modern Daarul ‘Uluum Lido) berbentuk memadukan materi kemadrasahan ke dalam materi kepesantrenan yang keduanya dilaksanakan dengan sistem klasikal. Sejauh ini, keberhasilan yang telah dicapai oleh lembaga tersebut adalah mencetak lulusan generasi-generasi baru berkualitas manusia yang tangguh, handal, unggul dan mampu berpikir serta bertindak kreatif dan inovatif .yaitu manusia berkualitas secara Spritual dan Intelektualnya. Di samping secara akademik, meningkatnya kemampuan bahasa Arab dan bahasa Inggris peserta didik/Santri.

Page 1 of 1 | Total Record : 8