cover
Contact Name
Bukhori Muslim
Contact Email
bukhorimuslim079@gmail.com
Phone
+6287864313361
Journal Mail Official
jurnalistrendi@unwmataram.ac.id
Editorial Address
Jalan Kaktus No 1-7 Mataram
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnalistrendi: Jurnal Linguistik, Sastra dan Pendidikan
ISSN : 25274465     EISSN : 25490524     DOI : https://doi.org/10.51673/trendi
Core Subject : Education,
Jurnalistrendi: Jurnal Linguistik, Sastra, dan Pendidikan, diterbitkan oleh Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Nahdlatul Wathan Mataram, bertujuan untuk menerbitkan berbagai laporan penelitian, studi literatur dan tulisan ilmiah tentang fonetik, fonologi, morfologi, sintaksis, analisis wacana, pragmatik, antropolinguistik, bahasa dan budaya, dialektologi, dokumentasi bahasa, linguistik forensik, linguistik sejarah komparatif, linguistik kognitif, linguistik komputasional, linguistik korpus, neurolinguistik, pendidikan bahasa, penerjemahan, perencanaan bahasa, psikolinguistik, sosiolinguistik, sastra modern dan daerah, sastra lisan, sastra anak, pembelajaran bahasa dan sastra, pengembangan media dan metode pembelajaran bahasa Indonesia dan inggris. Terbit secara berkala dua kali setahun pada bulan April dan November. Setiap artikel yang dimuat di Jurnalistrendi: Jurnal Linguistik, Sastra dan Pendidikan melalui proses reviwu yang mendalam. Penulis diundang untuk mengirimkan naskah yang termasuk dalam ruang lingkup Kajian linguistik, sastra dan pendidikan Bahasa Indonesia serta Inggris. Silakan baca informasi tentang proses peer-review . Artikel yang diterbitkan di Jurnalistrendi: Jurnal Linguistik, Sastra dan Pendidikan akan melalui proses peer-review double-blind. Oleh karena itu, keputusan diterima atau tidaknya artikel ilmiah tersebut menjadi hak Dewan Redaksi berdasarkan rekomendasi dari peer reviewer.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 2 (2018)" : 5 Documents clear
Interferensi Fonologi dan Leksikon Bahasa Malaysia dalam Berbahasa Indonesia pada Tindak Tutur Mantan Tenaga Kerja Indonesia di Kabupaten Lombok Timur Bukhori Muslim; Syukrina Rahmawati
Jurnalistrendi : Jurnal Linguistik, Sastra dan Pendidikan Vol 3 No 2 (2018)
Publisher : Universitas Nahdlatul Wathan Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk interferensi fonologi dan leksikon bahasa Malaysia dalam berbahasa Indonesia pada tindak tutur mantan TKI di Kabupaten Lombok Timur. Adapun metode yang digunakan untuk memecahkan permasalahan yaitu metode kualitatif deskriptif, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan teknik sadap, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya teknik analisis data yaitu analisis deskriptif. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini bahwa interferensi fonologi yang terjadi dalam tuturan mantan TKI di Kabupaten Lombok Timur berupa, interferensi perubahan fonem vokal /a/ menjadi /e/ seperti pada kata [kita] dalam BI menjadi [kIte] dalam BM. Interferensi fonologis yang lain yaitu pelesapan fonem vokal seperti pada kata [sedikit] dalam BI berubah menjadi [sikit] pada BM, dalam hal ini terjadi pelesapan fonem vokal /e/. selain dalam bentuk perubahan dan pelesapan fonem vokal ditemukan juga pelesapan fonem konsonan seperti pada kata [kerja] dalam BI berubah menjadi [keje] dalam bahasa Malaysia, terjadi penghilangan konsonan /r/. Selain interferensi fonologi ditemukan juga interferensi dalam bentuk leksikon dalam tuturan mantan TKI di Kabupaten Lombok Timur seperti penyebutan [motor] dalam BI berubah menjadi [gusting] dalam BM, [belok] dalam BI berubah menjadi [pusing] dalam BM. Interferensi fonologi dan leksikon dalam tuturan mantan TKI disebabkan karena rendahnya penguasaan terhadap bahasa Indonesia sebelum berangkat ke Malayasia sebagai TKI sehingga bahasa Malaysia dijadikan sebagai bahasa kedua setelah bahasa daerah (sasak).
Media Luar Ruang di Kabupaten Bojonegoro: Tinjauan Kesalahan Berbahasa dan Pembelajaran Bahasa di SMP Hima Nur Kasanah; Agus Darmuki; Cahyo Hasanudin
Jurnalistrendi : Jurnal Linguistik, Sastra dan Pendidikan Vol 3 No 2 (2018)
Publisher : Universitas Nahdlatul Wathan Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan berbahasa Indonesia yang terdapat pada penulisan media luar ruang di Kabupaten Bojonegoro dan mendeskripsikan kesesuaian hasil analisis kesalahan berbahasa pada penulisan media luar ruang di Kabupaten BojonegorodapatdigunakansebagaibahanpembelajaranbahasaIndonesiadiSekolahMenegah Pertama.Penelitianinimenggunakan pendekatandeskriptifkualitatif.Kehadiran penelitisebagai alat (instrumen) pengumpul data yang utama. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui metode simak, dengan teknik pembacaan intensif dan pencatatan. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang meliputi, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dengan teknik ketekunan pengamatan.Berdasarkan hasil analisis data diperoleh dua kesimpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama bentuk kesalahan berbahasa banyak dijumpai yang belum atau tidak sesuai dengan kaidah penulisan bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai Panduan Umum Ejaan Bahasa Indonesia adalah pemakaian huruf, kata, tanda baca, unsur seraan dan istilah asing. Kedua hasil penelitian ini sesuai apabila digunakan sebagai bahan materi ajar mata pelajaran bahasaIndonesiadijenjangSekolahMenengahPertama.
Pembelajaran Bahasa Indonesia (Unsur Serapan) Bahasa Digital Komputer dalam Upaya Melestarikan Bahasa Ibu di Kampus STMIK Mataram Zul Hairi
Jurnalistrendi : Jurnal Linguistik, Sastra dan Pendidikan Vol 3 No 2 (2018)
Publisher : Universitas Nahdlatul Wathan Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Masalah utama yang dikaji pada penelitian ini adalah bagaimana bahasa digital komputer dalam upaya melestarikan bahasa ibu. Berdasarkan kelogisan permasalahan dalam penelitian ini yaitu untuk mengajarkan kepada mahasiswa/mahasiswi terhadap bahasa ibu (bahasa Indonesia) yang sudah diserap ke dalam bahasa digital komputer, untuk mengetahui bahasa yang mendominasi di dalam bahasa komputer. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif berdasarkan teori Mediamorfosis. Metode pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi, dan teknik catat. Adapun penganalisisan data dilakukan dengan teknik pengumpulan data dan hasil penganalisisan data menggunakan metode deskripsi, menguraikan dan menggambarkan data yang telah dikumpulkan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa 112 unsur serapan kosa kata dari 495 data yang telah dikumpulkan dari berbagai aplikasi dan program. 112 kosa kata tersebut diantaranya unsur serapan yang diadopsi sebanyak 19 kosa kata atau 16.96%, adaptasi sebanyak 92 atau 82.155 dan terjemahan sebanyak 1 atau 0.89%. Kemunculan keseluruhan dari presentase proses adaptasi, adopsi dan terjemahan bahasa digital komputer berjumlah 112 atau 22.62% yang sudah diserap, sedangkan jumlah presentase kemunculan yang belum diserap sebanyak 383 atau 77.38%. Oleh sebab itu, proses unsur serapan dalam bahasa digital komputer sangat kecil jika di bandingkan dengan bahasa yang belum diserap kedalam bahasa Indonesia, hal ini akan berdampak pada pergeseran bahasa ibu satu arah yang disebabkan oleh dominasi bahasa asing dalam menyebutkan aplikasi dan program yang terjalin di Kampus STMIK Mataram.
Penguasaan Kosakata Bahasa Asing pada Anak TK dengan Metode Drilling Verbalisasi Kata Lalu Wira Jayadi; Nani Suryanirmala
Jurnalistrendi : Jurnal Linguistik, Sastra dan Pendidikan Vol 3 No 2 (2018)
Publisher : Universitas Nahdlatul Wathan Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pemebelajaran bahasa bahasa asing pada jenjang pendidikan anak usia dini atau TK cenderung lebih menekankan anak mengerti tentang bahasa, bukan agar anak didik mampu menggunakan bahasa yang dipelajari. Untuk meminimalisasi kebiasaan ini, metode pengajaran bahasa asing harus ditata ulang. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan metode pengajaran bahasa asing yang cukup efektif yaitu metode drilling. Data dalam penelitian ini berupa kosakata bahasa asing yang diajarkan pada siswa TK IT Anak Sholeh Kediri. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi yaitu mengamati proses pembelajaran bahasa asing (bahasa Arab dan Inggris) yang diverbalisasikan secara terus menerus oleh guru dan anak didik. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis kualitatif komparatif. Artinya semua data yang terkumpul dianalisis dan dibandingkan. Dari analisis tersebut dapat dilihat kelas kata yang paling dominan dikuasai anak didik.
Peningkatan Hasil Belajar Seni Musik Siswa Menggunakan Strategi Pembelajaran CTL (Contextual Teaching Learning) Endang Sriningsih
Jurnalistrendi : Jurnal Linguistik, Sastra dan Pendidikan Vol 3 No 2 (2018)
Publisher : Universitas Nahdlatul Wathan Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivtas strategi pembelajaran CTL dalam meningkatkan kemampuan siswa memainkan alat musik recorder sesuai dengan notasi musik dan profesionalisme guru dalam meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SMPN 4 Mataram selama 3 bulan dari bulan Agustus- November 2017 dengan objek penelitian siswa kelas IX tahun pelajaran 2017/2018. Sumber data dalam penelitian ini yaitu hasil belajar siswa, cara guru mengajar, dan hasil observasi dari guru ke siswa dan dari observer ke guru pada setiap siklus. Teknik analisis data secara kualitatif dengan melihat penyempurnaan-penyempurnaan pada setiap siklus pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran CTL dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memainkan alat musik recorder sesuai dengan notasi musik. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai dari siklus I ke II dan siklus II ke III sebagai berikut: data hasil observasi observer terhadap guru mengalami peningkatan 13,51% dan 7,14%, data hasil observasi guru terhadap siswa terkait dengan aktivitas siswa mengalami peningkatan 10,71% dan 9,67%, data hasil tes tertulis mengalami peningkatan 23,18% dan 14,11%, dan data hasil tes praktek mengalami peningkatan 19,69% dan 10,12%.

Page 1 of 1 | Total Record : 5