cover
Contact Name
Izzat Pratama
Contact Email
jurnal.swarna@gmail.com
Phone
+6287843305581
Journal Mail Official
jurnal.swarna@gmail.com
Editorial Address
Jl. Tawak-Tawak Karang Sukun, Mataram - NTB
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
ISSN : 2963184X     EISSN : 2963184X     DOI : https://doi.org/10.55681/swarna
SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is a journal that is a scientific forum for community service with the aim of publishing the results of community service activities related to the development and application of science and technology research results, which include concepts, models and its implementation as an effort to increase community participation in development.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 9 (2023): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, September 2023" : 13 Documents clear
PELATIHAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI EDPUZZLE SEBAGAI LEARNING TOOL DI SMP NEGERI 1 GAMBUT Rahmah Rahmah; Herliyani Farial Agoes; Nurfitriah Nurfitriah; Fitriani Hayati; Rahma Pitria Ningsih; Mitra Yadiannur; Sulaiman Sulaiman
SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 2 No. 9 (2023): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, September 2023
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi 45 Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55681/swarna.v2i9.795

Abstract

Kreativitas guru memegang peranan penting dalam pembelajaran tatap muka. Kreatifitas guru dalam menggunakan metode dan media yang bervariasi akan membuat suasana pembelajaran lebih menarik dan tidak membosankan, sehingga diharapkan pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan siswa aktif selama pembelajaran Selain itu, penggunaan media dalam kegiatan mengajar dan belajar bukanlah sekedar kegiatan tambahan, tetapi memiliki fungsi sendiri sebagai alat untuk menciptakan situasi pembelajaran aktif, efektif dan menyenangkan. Seiring perkembangan teknologi, untuk menunjang pembelajaran guru-guru dituntut untuk memanfaatkan teknologi sebagai salah satu media pembelajaran dalam proses belajar mengajar (PBM), hal ini bertujuan untuk meningkatkan mutu PBM. Salah satu pemanfaatan yang dimaksud adalah penggunaan video interaktif sebagai media pembelajaran. Minimnya pemanfaatan teknologi oleh Guru, khususnya penggunaan video interaktif dalam proses pembelajaran menjadi permasalahan dalam kegiatan ini. Solusi atas permasalahan ini adalah Memberikan Pelatihan Penggunaan Teknologi Edpuzzle Sebagai Learning Tool dengan metode ceramah dan tanya jawab. agar guru-guru dapat memaksimalkan pemanfaatan teknologi dalam PBM, sehingga diharapkan juga membawa dampak positif terhadap mutu Pendidikan. Kegiatan ini bermitra dengan SMP 1 Negeri Gambut, bertujuan untuk meningkatkan mutu Kegiatan Belajar mengajar di Sekolah melalui pemanfaatan edpuzzle sebagai salah satu media pembelajaran serta mampu meningkatkan motivasi siswa untuk belajar sehingga dapat meningkatkan prestasinya di kelas.
BRANDING DAN PEMASARAN OLINE PADA USAHA TELUR ASIN DI DESA DONOHARJO, KECAMATAN NGANGLIK, KABUPATEN SLEMAN, DI YOGYAKARTA Aulia Hapsari Juwita; Selfia Bintariningtyas; An Nurrahmawati; Dian Perwitasari; Miftachul Ma'Arif
SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 2 No. 9 (2023): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, September 2023
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi 45 Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55681/swarna.v2i9.846

Abstract

Telur asin adalah olahan telur bebek yang diasinkan. Makanan telur yang memiliki kandungan nutrisi dibandingkan telur ayam. Telur asin banyak digemari oleh masyarakat sebagai salah satu penambah lauk untuk makan. Usaha telur asin dapat dijadikan sebagai salah satu cara untuk memperoleh pendapatan tambahan. Usaha ini berawal dari keterbatasan masyarakat dalam berkegiatan pada saat awal pandemi Covid 19. Inisiatif menjual produk telur asin tersebut di prakarsai oleh ketua RT setempat dan bersifat home industry. Selama 2 tahun ini cara penjualan mitra dengan sistem preorder atau akan disiapkan jika ada permintaan konsumen. Usaha ini terbilang kurang berkembang karena belum memiliki brand dan hanya dipasarkan dilingkungan sekitar sedangkan usaha ini memiliki potensi lebih. Selain itu, Mitra mengaku belum mengetahui bagaimana cara memasarkan produk telur asinnya ini melalui media sosial. Oleh sebab itu, pengabdian ini bertujuan memberikan sosialisasi branding dan pemasaran online usaha telur asin di Desa donoharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta sehingga dapat meningkatkan jumlah penjualan produk di kemudian hari.
PELATIHAN BRANDING KOPI GUNUNG SAWAL BERBASIS WEBSITE TERINTEGRASI DI DESA SUKAMAJU Irfan Nursetiawan; Faizal Haris Eko Prabowo; Dini Yuliani; Asep Abdul Rohman
SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 2 No. 9 (2023): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, September 2023
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi 45 Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55681/swarna.v2i9.848

Abstract

Pelatihan Branding Kopi Gunung Sawal berbasis website terintegrasi di Desa Sukamaju Kecamatan Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan petani kopi dan BUMDes Maju Mandiri dalam memasarkan produk mereka secara daring. Melalui pelatihan ini, mitra akan belajar cara memanfaatkan website sebagai alat branding yang efektif, menciptakan konten menarik, dan membangun identitas merek yang kuat untuk Kopi Gunung Sawal. Dengan pendekatan inovatif ini, mitra dapat meningkatkan visibilitas dan penjualan produk mereka secara nasional maupun internasional, yang pada gilirannya akan mendukung pertumbuhan ekonomi lokal dan kesejahteraan masyarakat. Metode yang digunakan, yakni pelatihan dan Focus Group Discussion yang meliputi: (1) observasi pendahuluan; (2) pelatihan pembuatan konten website; (3) pelatihan strategi pemasaran online; dan (4) evaluasi dan pengembangan.
PERAN MAHASISWA KULIAH KERJA NYATA (KKN) DALAM UPAYA PENINGKATAN KESADARAN MASYARAKAT TERHADAP STUNTING DI KELURAHAN CIGANTANG Siti Nurrahmah; Agnestasia Ramadhani Putri
SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 2 No. 9 (2023): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, September 2023
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi 45 Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55681/swarna.v2i9.853

Abstract

Bentuk dari pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa adalah kuliah kerja nyata (KKN). Dalam usaha untuk mencerdaskan kehidupan bangsa maka salah satu kegiatan yang perlu dilakukan oleh mahasiswa KKN adalah kegiatan dalam bidang pendidikan. Untuk itu dilakukan kegiatan penyuluhan dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan serta kesadaran masyarakat terhadap stunting di Kelurahan Cigantang. Kegiatan penyuluhan yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN Tematik UPI Kampus Daerah Tasikmalaya dengan tema “Si Penting (Mahasiswa Peduli Stunting)”. Kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik dan dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat terhadap stunting di Kelurahan Cigantang.
SOSIALISASI PERSONAL BRANDING DAN DESAIN GRAFIS OLEH MAHASISWA KKN UNIWARA DALAM MENINGKATKAN POTENSI UMKM MASYARAKAT DI KELURAHAN TAPAAN KOTA PASURUAN Siti Khodijah; Najma Jahira; Ummul Karima; Wardatuz Zahroh
SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 2 No. 9 (2023): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, September 2023
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi 45 Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55681/swarna.v2i9.857

Abstract

Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah sarana yang melaluinya ilmu pengetahuan dan teknologi diterapkan dan dikembangkan di luar kelas, dengan batasan waktu, prosedur kerja, dan persyaratan yang ditetapkan. KKN-PPM Perguruan Tinggi merupakan upaya untuk meningkatkan materi pelajaran dan standar pengajaran bagi mahasiswa serta mendapatkan nilai tambah lebih dalam pendidikan tinggi dengan mengadakan sejumlah program kegiatan, salah satunya adalah pemasyarakatan desain grafis dan personal branding. Diharapkan dengan dilaksanakannya sosialisasi ini dapat membangun potensi lokal di lokasi KKN. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan meningkatkan potensi lokal yang ada di wilayah Desa Tapaan. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah para pelaku UMKM dan pemilik usaha di Desa Tapaan. Metode wawancara, observasi, dan dokumentasi digunakan untuk memperoleh data. Metode wawancara ini mencari informasi mengenai UMKM yang dijalani masyarakat dan potensi yang ada di Desa Tapaan. Berdasarkan hasil penelitian, peran KKN merupakan bagian dari pengembangan kompetensi mahasiswa sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, khususnya di Desa Tapaan.
PSIKOEDUKASI UNTUK MENINGKATKAN HIDUP MENJADI LEBIH BAIK DENGAN MEMANAJEMEN WAKTU Pricilia Syanne Gosal; Clarissa Liaupati; Ria Sakinah Waji
SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 2 No. 9 (2023): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, September 2023
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi 45 Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55681/swarna.v2i9.858

Abstract

Masa remaja merupakan masa peralihan dari kanak-kanak. Pada masa remaja, tugas perkembangannya tentu sudah berbeda dari saat individu masih berada di kanak-kanak. Bertambahnya tugas perkembangan individu pada masa remaja membuat beberapa tidak mampu mengatur waktunya dengan baik. Sehingga dilakukan PKM berupa Psikoedukasi pada salah satu SMA swasta di kota Makassar. Solusi yang ditawarkan berupa pemaparan materi mengenai time management dan melakukan praktik step by step melakukan time management. Target luaran kami yaitu peserta mampu mengatur waktunya lebih baik meskipun sedang memiliki banyak tugas, mengatur organisasi, dan kegiatan lain diluar kegiatan akademik. Kegiatan PKM dilakukan pada Jumat, 21 Juli 2023 pukul 14.00- 15.00 WITA. Sebelum melakukan psikoedukasi, dilakukan pre-test terlebih dahulu untuk melihat pengetahuan siswa mengenai time management kemudian akan dibandingkan dengan hasil post-test untuk melihat apakah ada perngaruh dari pemberian psikoedukasi yang dilakukan. Keberhasilan psikoedukasi dapat terlihat pada perbedaan skor dari pre-test dan post-test yang telah diperoleh.
PSIKOEDUKASI TIME MANAGEMENT KEPADA ANGGOTA OSIS SMA ZION MAKASSAR Euodia Mosse; Aesybel Rachel Doping; Ria Sakinah Waji
SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 2 No. 9 (2023): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, September 2023
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi 45 Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55681/swarna.v2i9.859

Abstract

Manajemen waktu merupakan salah satu keterampilan penting kepemimpinan, bahkan merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam menjalankan suatu rencana di dalam organisasi. Permasalahan yang seringkali timbul bagi siswa-siswi SMA Zion Makassar, yaitu banyaknya tugas-tugas yang telah diberikan dari gurunya. Namun dalam hal tersebut memang sering menjadi sebagai sebuah permasalahan bagi anak-anak di jaman yang sekarang ini. Ada juga siswa-siswi yang mengeluh mengenai ujian yang diberikan dari gurunya, mereka mengeluh karena pada saat hari ujian telah tiba, maka masih ada saja tugas yang diberikan. Maka dari itu mereka tidak dapat membagi dan mengatur waktunya dengan baik. Apalagi terhadap siswa-siswi yang mengikuti organisasi sekolah atau yang biasanya disebut sebagai (OSIS). Seringkali mereka merasa terbebani karena adanya tugas-tugas dari guru dan ditambah lagi program kerja kedepannya yang mereka harus jalankan.
IMPLEMENTASI MANAJEMEN FASILITAS DAN KESELAMATAN DI PUSKESMAS CAMPUREJO KOTA KEDIRI Rini Hidayat; Kesi Wahyuwidarti; Nofiyanti Dwi Prihantini; Rossalia Widya Qadrin
SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 2 No. 9 (2023): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, September 2023
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi 45 Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55681/swarna.v2i9.864

Abstract

Puskesmas merupakan salah satu fasilitas pelayanan kesehatan yang bertanggung jawab menyelenggarakan upaya kesehatan baik promotif, preventif, kuratif maupun rehabilitatif di suatu wilayah kerja puskesmas. Salah satu tempat yang digunakan untuk menyelenggarakan upaya pelayanan kesehatan adalah Puskesmas yang menyelenggarakan Pelayanan Kesehatan harus mengutamakan kesehatan, keamanan, keselamatan pasien, petugas, pengunjung, dan lingkungan kerja. Dalam penugasan residensi ini bertujuan untuk memberikan gambaran keseluruhan mengenai implementasi Manajemen Fasilitas dan Keselamatan(MFK)di Puskesmas Campurejo Kota Kediri. Metode pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan memberikan sosialisasi MFK diruang pertemuan Puskesmas Campurejo kota kediri. Yang mana dalam sosialisasi tersebut dilakukan pretes dan post tes untuk mengukur pemahaman peserta dan memberikan umpan balik dengan memberikan bantuan sarana dukung program MFK. Berdasarkan hasil post tes saat sosialisasi ,puskesmas Campurejo sudah memahami manajemen fasilitas keselamatan, akan tetapi masih terdapat beberapa kekurangan sarpras untuk meningkatkan keselamatan baik untuk pasien maupun petugas sendiri. Dengan kondisi tersebut maka penulis ingin menerapkan strategi dalam meningkatkan implementasi manajemen fasilitas dan keselamatan di Puskesmas Campurejo Kota Kediri. Program Manajemen Fasilitas dan Keselamatan (MFK) memperkuat standar fasilitas dan keselamatan. Budaya keselamatan dibangun melalui edukasi berkelanjutan, memastikan aktivitas aman.
EVALUASI PENINGKATAN KEJADIAN MDRO DI RSUD DR ISKAK TULUNGAGUNG: “ Totok Dwi Sanjaya; Siti Rohmawati; Sri Purwatin; Widiastuti Utami; Kethut Chandra
SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 2 No. 9 (2023): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, September 2023
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi 45 Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55681/swarna.v2i9.867

Abstract

Penyakit infeksi paling sering disebabkan oleh bakteri. Pengobatan yang diberikan pada penyakit infeksi akibat bakteri adalah antibiotic. Penggunaan antibiotic yang kurang bijak akan meningkatkan angka terjadinya resistensi. Sedangkan MDRO adalah resistensi terhadap 2 atau lebih antibiotik atau golongan antibiotic. Tujuan residensi ini untuk mengetahui gambaran peningkatan kejadian MDRO di RSUD dr.Iskak Tulungagung dan mencari strategi yang tepat dalam upaya mengatasi hal tersebut. Setelah melakukan analisa masalah dengan fishbone, USG, dan SWOT didapatkan. Faktor-faktor yang mempengaruhi belum optimalnya dalam pencegahan kasus MDRO pada pasien pneumonia di RSUD dr.Iskak Tulungagung yang menjadi prioritas adalah Tidak patuh melaksanakan hand hygiene sesuai 5 moment, Penggunaan antibiotic tidak berdasarkan indikasi, dan Ruangan yang ditemukan bakteri MDRO. Evaluasi dari strategi yang telah dibuat adalah dengan melakukan koordinasi dengan manajemen serta bidang sesuai tugas dan fungsi masing-masing dalam upaya menurunkan angka kasus mdro di rsud dr.iskak Tulungagung.
PERAN MAHASISWA UMRI DALAM MENINGKATKAN PROGRAM PENGELOLAAN DIGITALISASI UNTUK USAHA MITRA UMKM DI DUSUN IV DESA CANDI REJO Miftahur Rachman; Yolanda Shakhira; Ainul Mardiah; Andini Pratami; Firdha Hardianti; Rozalifah Bella Syafitri; Suhaibatul Aslamiah; Anisa Ratna Dila; Anggie Rayanti Sesilia Haro; Nur Ardha Ningsih; Sholihin Sholihin; Akmal Solihul Ibad; Muhammad Irfan Kamil; Raihan Dimas Habiandra
SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 2 No. 9 (2023): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, September 2023
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi 45 Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55681/swarna.v2i9.870

Abstract

KKN Universitas Muhammadiyah Riau di Desa Candi Rejo Kecamatan Pasir Penyu Kabupaten Indragiri Hulu merupakan salah satu bentuk kegiatan pengabdian masyarakat. Kuliah Kerja Nyata dilaksanakan sejak tanggal 24 Juli 2023 hingga tanggal 31 Agustus 2023. Kegiatan terdiri dari program inti, kegiatan desa, dan kegiatan tambahan. Artikel ini membahas program yang dibuat mahasiswa, kegiatan desa dan kegiatan tambahan mahasiswa KKN bersama masyarakat desa. KKN bertujuan untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan, membantu membangun jembatan antara perguruan tinggi dan masyarakat, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk berinteraksi dengan berbagai lapisan masyarakat, mengasah keterampilan komunikasi, kerjasama, kememimpinan, empati dan sebagai proses pembelajaran bagi mahasiswa untuk menggali potensi-potensi desa yang dapat dikembangkan masyarakat. Tujuan utama dari pengabdian ini adalah agar usaha mitra UMKM masyarakat Desa Candi Rejo bisa meningkat dan dengan adanya dukungan atau bantuan pengembangan dari mahasiswa KKN, pelaku UMKM dapat meningkatkan kapasitas mereka dalam mengelola bisnis dan beradaptasi dalam perubahan pasar. Metode pelaksanaan KKN di lokasi terdiri dari observasi, interview, dan dokumentasi. Program kerja dari mahasiswa KKN mendapat dukungan dari berbagai masyarakat desa. Hal tersebut ditunjukkan dalam kegiatan mahasiswa KKN banyak melibatkan masyarakat dari berbagai golongan.

Page 1 of 2 | Total Record : 13


Filter by Year

2023 2023


Filter By Issues
All Issue Vol. 3 No. 7 (2024): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Juli 2024 Vol. 3 No. 6 (2024): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Juni 2024 Vol. 3 No. 5 (2024): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Mei 2024 Vol. 3 No. 4 (2024): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, April 2024 Vol. 3 No. 3 (2024): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Maret 2024 Vol. 3 No. 2 (2024): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Februari 2024 Vol. 3 No. 1 (2024): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Januari 2024 Vol. 2 No. 12 (2023): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Desember 2023 Vol. 2 No. 11 (2023): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, November 2023 Vol. 2 No. 10 (2023): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Oktober 2023 Vol. 2 No. 9 (2023): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, September 2023 Vol. 2 No. 8 (2023): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Agustus 2023 Vol. 2 No. 7 (2023): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Juli 2023 Vol. 2 No. 6 (2023): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Juni 2023 Vol. 2 No. 5 (2023): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Mei 2023 Vol. 2 No. 4 (2023): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, April 2023 Vol. 2 No. 3 (2023): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Maret 2023 Vol. 2 No. 2 (2023): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Februari 2023 Vol. 2 No. 1 (2023): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Januari 2023 Vol. 1 No. 4 (2022): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Desember 2022 Vol. 1 No. 3 (2022): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, November 2022 Vol. 1 No. 2 (2022): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Oktober 2022 Vol. 1 No. 1 (2022): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, September 2022 More Issue