cover
Contact Name
Handy Nur Cahya
Contact Email
handy.nur@dsn.dinus.ac.id
Phone
+6224-3567010
Journal Mail Official
jekobs@feb.dinus.ac.id
Editorial Address
Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Dian Nuswantoro, Semarang Jalan Nakula I No. 5-11, Semarang, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Ekonomi dan Bisnis
ISSN : -     EISSN : 29648866     DOI : -
Core Subject : Economy, Social,
Jurnal Ekonomi dan Bisnis (JEKOBS) adalah media publikasi penelitian empiris ataupun konseptual oleh mahasiswa Jurusan Manajemen dan Akuntansi. Artikel - artikel yang dipublikasikan merupakan publikasi Tugas Akhir mahasiswa dalam menyelesaikan jenjang pendidikan, baik Strata 1, 2, maupun 3. Artikel yang terbit sudah melalui uji proposal, uji lisan dan presentasi, selayaknya ujian akhir pada proses penyusunan Tugas Akhir mahasiswa. Serta, penyusunan standar penulisan karya ilmiah sesuai kedalaman materi mahasiswa pada masing-masing Strata. Jurnal Ekonomi dan Bisnis (JEKOBS) diterbitkan berkala dalam basis 3 bulanan setiap Maret, Juni, September, Desember, serta diterbitkan secara Online pada website: http://publikasi.dinus.ac.id/index.php/JEKOBS Jurnal Ekonomi dan Bisnis (JEKOBS) mempublikasikan Jurnal dalam cakupan bidang keilmuan meliputi: --Management Science Marketing Management Operations Management Financial management Human Resource Management International Business Entrepreneurship --Accounting Sciences Taxation and Public Sector Accounting Accounting information system Auditing Financial Accounting Management accounting Behavioral accounting
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2023): Jurnal Ekonomi dan Bisnis" : 5 Documents clear
Pemeriksaan Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Indomaret (Studi Pada Konsumen Indomaret Semarang) Indra Agung Wijaya; Mahmud Mahmud
Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 2 No. 2 (2023): Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Faculty of Economics and Business Universitas Dian Nuswantoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this research is to examine the effect of corporate social responsibility, social media marketing, store area, sales promotion, and the value of profits experienced on purchasing decisions at Indomaret minimarkets. Research methods use quantitative and information collected from Indomaret consumers. The results of testing the partial t-hypothesis of store environment variables and profit values influence purchasing decisions, while CSR variables, social media marketing variables, and sales promotion variables do not have an influence on purchasing decisions. Determination coefficient value of 0.477 or 47.7%Tujuan dari riset ini utuk menguji pengaruh corporate sosial responsibility, pemasaran media sosial, area toko, promosi penjualan, serta nilai keuntungan yang dialami pada keputusan pembelian di minimarket indomaret. Tata cara riset memakai kuantitatif serta informasi yang di kumpulkan berasal dari konsumen indomaret. Hasil pengujian hipotesis t-parsial variabel lingkungan toko dan nilai keuntungan berpengaruh terhadap keputusan pembelian, sedangkan variabel CSR, variabel pemasaran media sosial, dan variabel promosi penjualan tidak memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian. Nilai koefisiensi determinasi sebesar 0,477 atau 47,7% Keywords:Corporate sosial responsibility, pemasaran media sosial, lingkungan Toko, promosi penjualan, nilai keuntungan
Faktor – Faktor Penentu Keputusan Pembelian Konsumen Pada Alfamart (Studi Pada Konsumen Alfamart Di Kota Semarang) Azhararin Ratu Etria Satu; Mahmud Mahmud
Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 2 No. 2 (2023): Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Faculty of Economics and Business Universitas Dian Nuswantoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this study was to examine the impact of the influence of social responsibility, social media marketing, sales promotion, store area and profit value on the purchasing decisions of Alfamart consumers. The research method uses quantitative research and the data collected comes from Alfamart consumers. The results of the research on the t test prove that the variables of corporate social responsibility, sales promotion, and profit value have an impact on purchasing decisions at Alfamart in Semarang city, while social media marketing and store environment variables do not have an impact on purchasing decisions. Simultaneously the variables of corporate social responsibility, sales promotion, social media marketing, store environment and profit value influence purchasing decisions. The coefficient of determination is 63.8%. Tujuan dalam riset ini guna menguji dampak pengaruh tanggung jawab sosial, pemasaran media sosial, promosi penjualan, lingkungan toko serta nilai keuntungan terhadap keputusan pembelian konsumen Alfamart. Metode penilitian menggunakan penelitian Kuantitatif dan data yang dikumpulkan berasal dari konsumen Alfamart. hasil penelitian pada uji t membuktikan variabel tanggung jawab sosial perusahaan, promosi penjualan, serta nilai keuntungan mempunyai dampak terhadap keputusan pembelian di alfamart di kota Semarang sedangkan di variabel pemasaran media sosial dan lingkungan toko tidak membawa akibat pada keputusan pembelian. Secara simultan variabel tanggung jawab sosial perusahaan, kenaikan pangkat penjualan, pemasaran media sosial, lingkungan toko serta nilai keuntungan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Nilai koefisiensi determinasi sebesar 63,8%.Keywords:Tanggung jawab sosial, Pemasaran media sosial, Promosi penjualan, Lingkungan toko, Nilai keuntungan
Pengaruh Country of Origin, Store Atmosphere dan Lifestyle terhadap Minat Beli pada Toko Miniso di Kota Semarang Marrizka Nurcahya Kurniawati; Imam Nuryanto
Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 2 No. 2 (2023): Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Faculty of Economics and Business Universitas Dian Nuswantoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

More and more retail business competition will result in many choices for customers to choose retail stores that will be used to buy the desired needs. The population used in this study were all Miniso shop customers in Semarang City with a sample of 100 people. The sample selection used a purposive sampling technique. Testing the data using multiple linear regression, the partial t test, simultaneous f test and the coefficient of determination. The data used uses primary data obtained from distributing questionnaires and is measured with a Likert scale of 1 to 5. The results show that: (1) Country of origin has an effect but not significant on purchase intention. (2) Store atmosphere has a significant effect on buying interest. (3) Lifestyle has a significant effect on purchase intention. (4) The country of origin, store atmosphere and lifestyle variables jointly influence purchase intention.Persaingan bisnis retail yang semakin banyak akan mengakibatkan banyaknya pilihan bagi pelanggan untuk memilih toko retail yang akan dijadikan untuk membeli kebutuhan yang diinginkan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini semua pelanggan toko miniso Kota Semarang dengan sampel digunakan 100 orang. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengujian data menggunakan regresi linear berganda, uji t parsial, uji f simultan dan koefisien determinasi. Data yang digunakan menggunakan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuisioner dan diukur dengan skala likert 1 sampai 5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Country of origin berpengaruh tetapi tidak signifikan terhadap minat beli. (2) Store atmosphere berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli. (3) Lifestyle berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli. (4) Variabel country of origin, store atmosphere dan lifestyle secara bersama – sama berpengaruh terhadap minat beli. Keywords:country of originstore atmospherelifestylepurchase intention
Penerapan Quality Function Deployment untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Berdasarkan Kebutuhan Pelanggan Restoran Cepat Saji Omah Gedhi Steak dan Penyet di Kota Kendal Miladia Dliyaul Fitri; Handy Nur Cahya
Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 2 No. 2 (2023): Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Faculty of Economics and Business Universitas Dian Nuswantoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The population in this study were consumers of Omah Gedhi Steak and Penyet Fast Food Restaurants in Kendal City. The samples taken in this study used a purposive sampling technique, with as many as 100 respondents. The data analysis method used comes from primary data sources and additional (secondary) data as part of the Quality Function Deployment (QFD) process. The tests carried out are the Validity Test and Reliability Test using SPSS 24 assistance. Based on the data analysis carried out, conclusions were obtained using the Quality Function Deployment (QFD) method which uses a matrix from the House of Quality (HoQ) which can be used in answering the research questions. The Left Room of the House of Quality shows what are the priority needs of consumers namely the dimensions of "tangible", "reliability", "responsiveness", "assurance", "empathy". The Upper Room of the House of Quality reveals the Technical Response that can be carried out by the company, the company answers 14 attributes of the technical response shown in Table 4.9. The Lower Room is obtained from the sum of the value of the relationship between Consumer Needs and Technical Response, the first priority is occupied by "smile greetings" with a total of 64 point.Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Restoran Cepat Saji Omah Gedhi Steak dan Penyet di Kota Kendal. Sampel yang diambil dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Metode analisis data yang digunakan berasal dari sumber data primer dan data tambahan (sekunder) sebagai bagian dari proses Quality Function Deployment (QFD). Pengujian yang dilakukan adalah Uji Validitas dan Uji Reliabilitas menggunakan pendampingan SPSS 24. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan dengan menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD) yang menggunakan matriks dari House of Quality (HoQ) yang dapat digunakan dalam menjawab pertanyaan penelitian. Ruang Kiri Rumah Berkualitas menunjukkan apa yang menjadi prioritas kebutuhan konsumen yaitu dimensi "tangible", "reliability", "responsiveness", "assurance", "empathy". Ruang Atas House of Quality menunjukkan Technical Response yang dapat dilakukan oleh perusahaan, perusahaan menjawab 14 atribut technical response yang ditunjukkan pada Tabel 4.9. Ruang Bawah diperoleh dari jumlah nilai hubungan antara Kebutuhan Konsumen dan Respon Teknis, prioritas pertama ditempati oleh "salam senyum" dengan total 64 poin.Keywords:Restaurant, Quality Function Deployment, House of Quality, Service Quality,Customer Needs.
Upaya Peningkatan Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Quality Function Deployment pada Kedai Kopi Dreeps Coffee Semarang Muhammad Anassalam; Handy Nur Cahya
Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 2 No. 2 (2023): Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Faculty of Economics and Business Universitas Dian Nuswantoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to identify the attributes of customer satisfaction needed by consumers at the Dreeps Coffee Semarang coffee shop, determine the priority level of consumer needs at the Dreeps Coffee Semarang coffee shop, determine technical actions or responses to meet consumer needs at the Dreeps Coffee Semarang coffee shop and determine priority actions that can be taken Dreeps Coffee Semarang coffee shop in meeting consumer needs. The research sample used the consumers of the Dreeps Coffee Semarang coffee shop, which was determined as many as 100 respondents with a purposive sampling technique because not all samples had standards that matched the phenomenon under study. The data analysis method used in this study is a qualitative method using primary data sources using the Quality Function Deployment (QFD) method at the Dreeps Coffee Semarang coffee shop. The test results obtained by applying the Quality Function Deployment (QFD) method which uses a matrix from the House of Quality (HoQ) or the House of Quality shows several components from the House of Quality that can be used in answering research questions, the components are the Left Room containing consumer needs, the Right Room prioritizes consumer needs, the Upper Room shows the company`s Technical Response, and so on. At the Dreeps Coffee Semarang Coffee Shop, conclusions were obtained regarding the responsiveness variable to determine priority interests, then the company`s Technical Response to priority interests which could be used as priority actions and Roof Space for the Relationship Matrix between Technical Responses. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi atribut kepuasan pelanggan yang dibutuhkan konsumen Kedai kopi Dreeps Coffee Semarang, menentukan tingkat prioritas kebutuhan konsumen pada Kedai kopi Dreeps Coffee Semarang, menentukan tindakan atau respon teknis untuk memenuhi kebutuhan konsumen Kedai kopi Dreeps Coffee Semarang serta menentukan tindakan prioritas yang dapat dilakukan Kedai kopi Dreeps Coffee Semarang dalam memenuhi kebutuhan konsumen. Sampel penelitian menggunakan konsumen Kedai kopi Dreeps Coffee Semarang yang ditetapkan sebanyak 100 responden dengan teknik purposive sampling karena tidak semua sampel memiliki standar yang sesuai dengan fenomena yang diteliti. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan menggunakan sumber data primer dengan metode Quality Function Deployment (QFD) di Kedai kopi Dreeps Coffee Semarang. Hasil pengujian diperoleh hasil penerapan dengan menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD) yang menggunakan matriks dari House of Quality (HoQ) atau Rumah Kualitas memperlihatkan beberapa komponen dari House of Quality yang dapat digunakan dalam menjawab dari pertanyaan penelitian, komponennya adalah Ruang Kiri berisi kebutuhan konsumen, Ruang Kanan memprioritaskan kebutuhan konsumen, Ruang Atas memperlihatkan Respon Teknis perusahaan. Pada Kedai Kopi Dreeps Coffee Semarang, diperoleh kesimpulan mengenai variabel daya tanggap untuk menentukan prioritas kepentingan, kemudian Respon Teknis perusahaan terhadap prioritas kepentingan yang dapat dijadikan sebagai prioritas tindakan dan Ruang Atap untuk Matriks Hubungan antar Respon Teknis. Keywords:coffee shopsquality function deploymenthouse of qualityservice qualitycustomer needs

Page 1 of 1 | Total Record : 5