cover
Contact Name
Anita Nurgufriani
Contact Email
jurnalbahasatsb@gmail.com
Phone
+6285338894705
Journal Mail Official
jurnalbahasatsb@gmail.com
Editorial Address
Jalan Pendidikan Taman Siswa No. 1 Palibelo, Bima, NTB 84173
Location
Kota bima,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
JURNAL PENDIDIKAN BAHASA
Published by STKIP Taman Siswa Bima
ISSN : 20880316     EISSN : 26850133     DOI : https://doi.org/10.37630/jpb
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Bahasa STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januariā€“Juni dan Juli-Desember. Jurnal ini merupakan wadah bagi pegiat pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Redaksi menerima artikel dan laporan penelitian mengenai inovasi dan perkembangan dalam pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, seperti: Pendidikan bahasa Indonesia; Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA); Pengajaran dan pembelajaran; Bahasa dalam pendidikan; Linguistik; Pengembangan kurikulum bahasa; Tes bahasa; Sastra dalam dunia pendidikan dan pengajarannya.
Articles 2 Documents
Search results for , issue "Vol 10 No 1 (2020): JURNAL PENDIDIKAN BAHASA" : 2 Documents clear
Deixis And Maxim In EFL Classroom Videos Fitri Ningsi; Ramli; Reynaldi Saputra
JURNAL PENDIDIKAN BAHASA Vol 10 No 1 (2020): JURNAL PENDIDIKAN BAHASA
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The aim of this research is to investigate the use of deixis by teachers and the floating of maxim in EFL classroom videos. It is hopefully will be useful for the institution where the researcher studies, for other students, other researchers, or readers in general. This research uses descriptive qualitative method. There are four videos which were used as source of data. In collecting the data, the researcher transcribes the videos, classify the data based on types of deixis and maxim. After all of the data were collected, the researcher analyze the data and draw the conclusion. The result of this research can be seen as follows: (1) There are found 996 deixis used by teachers in EFL classroom videos, which consist of 617 person deixis, 217 discourse deisis, 124 temporal deixis, 24 spatial deixis, and 14 social deixis. (2) There are found 119 maxims floated in the videos, which consist of 68 maxim of quantity floated, 28 maxim of relation floated, 14 maxim of quality floated, and 9 maxim of manner floated. Those results show that the most dominant type of deixis used is Person Deixis, and the most dominant type of maxim floated is Maxim of Quantity.
Analisis Efektivitas Pelaksanaan Pembelajaran di Tengah Pandemik Covid-19 pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa SDN Inpres Kalampa II Woha Kabupaten Bima Mulyadi Mulyadi
JURNAL PENDIDIKAN BAHASA Vol 10 No 1 (2020): JURNAL PENDIDIKAN BAHASA
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Desain penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Informan dalam penelitian ini yaitu peserta didik dan Guru bahasa Indonesia SDN Inpres Kalampa II Woha. Fokus penelitian ini yaitu pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia dengan metode pembalajaran daring dan atau luring di tengah wabah Covid-19. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, dan observasi. Teknik analisis yaitu reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perubahan metode pembelajaran konvensional yang dilakukan secara diskusi, tanya jawab dan tatap muka secara langsung antara guru dan peserta didik menjadi pembelajaran dengan metode luring akibat pandemik wabah Covid -19 menimbulkan masalah baru diantaranya, pelaksanaan pembelajaran kurang kondusif, kesulitan guru dalam mentransfer materi pelajaran kepada peserta didik. Selanjutnya kesulitan peserta didik dalam memahami materi pelajaran khususnya materi sastra, keterbatasan sebagian peserta didik dan/atau orang tua peserta didik dalam membeli hanphone dan data internetan mengharuskan guru menggunakan metode luring dalam proses pembelajaran. Untuk menghadapi kendala tersebut, guru bahasa Indonesia SDN Rada Bolo berusaha untuk memberikan materi secara bertahap dengan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti untuk membantu peserta didik dalam memahami materi yang ada.

Page 1 of 1 | Total Record : 2