cover
Contact Name
Anita Nurgufriani
Contact Email
jurnalbahasatsb@gmail.com
Phone
+6285338894705
Journal Mail Official
jurnalbahasatsb@gmail.com
Editorial Address
Jalan Pendidikan Taman Siswa No. 1 Palibelo, Bima, NTB 84173
Location
Kota bima,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
JURNAL PENDIDIKAN BAHASA
Published by STKIP Taman Siswa Bima
ISSN : 20880316     EISSN : 26850133     DOI : https://doi.org/10.37630/jpb
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Bahasa STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Jurnal ini merupakan wadah bagi pegiat pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Redaksi menerima artikel dan laporan penelitian mengenai inovasi dan perkembangan dalam pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, seperti: Pendidikan bahasa Indonesia; Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA); Pengajaran dan pembelajaran; Bahasa dalam pendidikan; Linguistik; Pengembangan kurikulum bahasa; Tes bahasa; Sastra dalam dunia pendidikan dan pengajarannya.
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol 9 No 2 (2019): JURNAL PENDIDIKAN BAHASA" : 4 Documents clear
Jurnal STRATEGI MAHASISWA DENGAN MENULIS TEKS DRAMA DALAM MENARIK PERHATIAN PESERTA DIDIK YANG MENGALAMI KESULITAN BELAJAR DENGAN BERMAIN PERAN Sri Hardiningsih Hanafi; Muh. Rijalul Akbar
JURNAL PENDIDIKAN BAHASA Vol 9 No 2 (2019): JURNAL PENDIDIKAN BAHASA
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus (PABK) merupakan mata kuliah pilihan yang ada di program studi PGSD. Salah satukebutuhan khusus yang terjadi pada anak yaitu kesulitan belajar. Salah satu strategi yang dilakukan dalam mengatasi kesulitan belajar pada anak sekolah dasar adalah strategi yang dilakukan guru sekolah dasar dengan mendata tokoh lokal Mbojo yang ditulis dalam teks drama kemudian dilakukan dengan bermain peran yang dilakukan oleh peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskripsi kuantitatif yang bertjuan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa dalam menulis teks drama sebagai strategi dalam menangani anak berkebutuhan khusus dengan metode bermain peran (role playing).Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang dipilih berdasarkan purposive sampling dengan kriteria yang diinginkan peneliti. Penelitian ini dilakukan dengan pengisian instrumen yang telah divalidasi oleh expert jugjement. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum mahasiswa mampu menulis teks drama. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan: bahwa hasil tes yang dinilai dari instrumen penelitian, mahasiswa mampu menulis teks drama dengan cukup baik, hal ini ditunjukkan dalam hasil dimana 77% dengan skor nilai 59-69 dengan jumlah 11 mahasiswa mampu menulis teks drama. Sedangkan 23% dengan skor nilai 70-80 dengan jumlah 4 mahasiswa mampu menulis teks drama dengan baik
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PUISI SISWA KELAS III MELALUI METODE SIMULASI DI SDN SAMILI KECAMATAN WOHA KABUPATEN BIMA Mulyadi Mulyadi
JURNAL PENDIDIKAN BAHASA Vol 9 No 2 (2019): JURNAL PENDIDIKAN BAHASA
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Keberhasilan pembelajaran puisi dapat diukur dari keterjalinan peragaan dengan pendengar. Oleh karena itu, keberhasilan dalam pembacaan puisi harus menguasai keterampilan berbicara dengan baik. Kondisi riil di SDN Samili, melalui pembelajaran puisi menunjukkan kemampuan yang rendah maka solusi yang ditawarkan melalui metode simulasi dengan penelitian tindakan kelas. Masalah dalam penelitian adalah (1) apakah dengan metode simulasi dapat meningkatkan aktivitas belajar puisi pada siswa kelas III SDN Samili (2) apakah dengan metode simulasi dapat meningkatkan kemampuan simulasi pada siswa kelas III SDN Samili. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas belajar puisi melalui metode simulasi pada siswa kelas III SDN Samili, menunjukkan hasil baik. Kemampuan puisi melalui metode Simulasi pada siswa kelas III SDN Samili menunjukkan hasil baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan (1) metode simulasi dapat dipertimbangkan untuk diterapkan dalam pembelajaran membaca puisi (2) untuk menciptakan proses pembelajaran yang lebih bervariasi guru perlu memadu metode Simulasi dengan metode lain dan, (3) hasil penelitian ini hendaknya ditindaklanjuti penelitian berikutnya dengan lebih banyak menyiapkan variasi peran untuk dilaksanakan siswa.
Kemampuan Literasi Anak Usia 8-9 Tahun di Kelurahan Rabangodu Selatan Kecamatan Raba Kota Bima Mardian Andriani; Rusdin
JURNAL PENDIDIKAN BAHASA Vol 9 No 2 (2019): JURNAL PENDIDIKAN BAHASA
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kemampuan literasi dasar memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan seorang anak, terutama untuk kesuksesan akademisnya. Hasil observasi yang telah dilakukan diketahui bahwa masih banyak anak usia sekolah yang belum membaca dengan lancar, dimana kemampuan baca anak masih terbata-bata dan suka salah dalam menyambung kalimat. Sementara untuk menulis ada sebagian anak yang masih salah menulis kembali apa yang dibacanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perkembangan literasi anak usia 8-9 Kelurahan Rabangodu Selatan Kecamatan Raba Kota Bima. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian merupakan anak usia 8-9 tahun sebanyak 185 orang. Pengambilan sampel menggunakan purposive Sampling sampel sehinga di dapat sebanyak 31 sampel. Analisa Data menggunakan statistik deskriptif berupa tabel distribusi frekuensi. Hasil penelitian diketahui bahwa semua anak usia 8-9 tahun memiliki perkembangan literasi yang tidak sesuai dengan umurnya. Sesuai dengan hasil penelitian disarankan bagi orang tua untuk meluangkan waktu menemani anak belajar supaya dapat membantu dalam mengembangkan kemampuan literasinya terutama dalam kemampuan membaca dan memahami isi bacaan, menulis dan berhitung sehingga anak tidak hanya mendampat pendampingan dari guru ketika sekolah saja
The Analysis of Students’ Politeness In Interaction on Facebook at the Fourth Semester Students of the English Education Program of Stkip Taman Siswa Bima Wulandary Putri Buana Sakti; Ramli
JURNAL PENDIDIKAN BAHASA Vol 9 No 2 (2019): JURNAL PENDIDIKAN BAHASA
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The aims of this research are: (1) The politeness used by students of fourth semester at STKIP Taman Siswa Bima in interaction on social networking Facebook. (2)The factors influenced students’ politeness in interaction. This research investigates how are the politeness used by students in their interaction in Basecamp group on Facebook. This research is descriptive research; This research used the primary data taken by the scrip of the students’ interaction on Facebook that will be analyzed in this research. Also, researcher used recording of interview. The result of this research showed that there were 62 Extracts among 9 conversations used by students, the researcher found 15 were used Bald on Record, 26 used Positive Politeness, 15 used Negative Politeness, and 6 used Off-record. Positive politeness was dominated among other kinds of politeness, which is oriented by the speaker toward the positive face or the positive self-image of the hearer that the speaker claims for himself. The speaker can satisfy the addressee’s positive face wants by emphasizing that speaker wants what the hearer’s wants. The use of Bald-on record which is chosen by students also. By using this politeness, the addressee possible to easy catch the speaker mean, so misunderstanding can be avoided. Only a very small number of participants are applying off-record. The second result that there are 3 factors that influenced students’ politeness at the students fourth semester of English Education Program of STKIP Taman Siswa Bima. The factors are : (1)Social Statues, students use polite utterances when they speak to theirs lecturers; (2) Situation; students use polite utterances depend on formal and informal situation, and (3) Gender, there are different utterances of female and male students and when they talk each others. Male students use polite utterances when they talk to female students because they have sensitive feeling

Page 1 of 1 | Total Record : 4