cover
Contact Name
Fathirma'ruf
Contact Email
fathir.ntb@gmail.com
Phone
+6285253190336
Journal Mail Official
jekas.elrispeswil@gmail.com
Editorial Address
Jln. Abubakar Ahmad, Selaparang, Matua, Kec. Woja, Kab Dompu, Nusa Tenggara Barat, Indonesia, Telp. 085253190336
Location
Kab. dompu,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Evaluasi dan Kajian Strategis Pendidikan Dasar
ISSN : -     EISSN : 30318785     DOI : https://doi.org/10.54371/jekas.v1i2
Core Subject : Education,
Jurnal Evaluasi dan Kajian Strategis Pendidikan Dasar merupakan Jurnal Ilmiah yang dikelola oleh: ELRISPESWIL - Lembaga Riset dan Pengembangan Sumberdaya Wilayah dengan Focus & Scope pada: Inovasi Pembelajaran di SD, Bimbingan dan konseling pendidikan, Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Literasi dan Numerasi di SD, Implementasi Teori & Manajemen Pendidikan di SD, Evaluasi Pembelajaran di SD, Pengembangan Teknik, Model & Perangkat Pembelajaran di SD, Teknologi Pendidikan di SD, Evaluasi dan Pengembangan Kurikulum di SD, Belajar dan Pembelajaran di SD, Desain sistem Pembelajaran di SD, Program dan Kurikulum MBKM di SD, Kajian Strategis Bidang Pendidikan Dasar.
Articles 10 Documents
Faktor Penghambat Pembelajaran Membaca Permulaan pada Siswa Sekolah Dasar Titi Pujiarti; Angga Putra; Kartika Puji Astuti
Jurnal Evaluasi dan Kajian Strategis Pendidikan Dasar Vol. 1 No. 1 (2024): Jurnal Evaluasi dan Kajian Strategis Pendidikan Dasar
Publisher : ELRISPESWIL - Lembaga Riset dan Pengembangan Sumberdaya Wilayah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54371/jekas.v1i1.322

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor penghambat pembelajaran membaca permulaan pada siswa kelas 2 yang meliputi faktor guru, siswa, dan proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di SDN 19 Woja Kelurahan Simpasai Dompu. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Informan yang menjadi fokus penelitian ini yaitu guru wali kelas, siswa dan orang tua siswa. Dengan pengambilan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data melalui hasil dan pembahasan.  Penelitian ini menunjukkan tes membaca permulaan pada 18 orang siswa yang ada di kelas 2, terdapat 6 orang siswa yang sudah lancar membaca, 10 orang masih terbata-bata dan 2 orang masih mengenal huruf hanya beberapa siswa yang mampu membaca dan ada beberapa siswa yang belum mampu membaca. Faktor yang menghambat pembaca permulaan siswa di kelas 2 yaitu faktor anak yang belum mengenal huruf (daya ingat yang lemah) dan kurangnya bimbingan orang tua di rumah. Solusi untuk mengatasi kesulitan dalam membaca permulaan yaitu guru kelas lebih memprioritaskan memberikan pelatihan khusus anak-anak yang mengalami kesulitan, hubungan kerjasama yang baik antara guru dan orang tua siswa, selalu memantau anak dalam belajar membaca, minat siswa harus dikembangkan dan dilatih terus menerus.
Pengembangan Media Pembelajaran Replika Peta Budaya pada Siswa Sekolah Dasar Sulaiman Sulaiman; Surya Damayanti Putri; Auliyaa Siffa
Jurnal Evaluasi dan Kajian Strategis Pendidikan Dasar Vol. 1 No. 1 (2024): Jurnal Evaluasi dan Kajian Strategis Pendidikan Dasar
Publisher : ELRISPESWIL - Lembaga Riset dan Pengembangan Sumberdaya Wilayah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54371/jekas.v1i1.323

Abstract

Media pembelajaran Replika Peta Budaya merupakan alat bantu yang digunakan untuk memudahkan siswa dalam proses pembelajaran, materi memuat berisi gambar rumah adat, pakaian adat, tarian tradisional, dan makanan khas disetiap provinsi di Indonesia untuk siswa kelas IV SDN 12 Dompu. Tujuan Penelitian ini yaitu mengembangkan media pembelajaran replika peta budaya dan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, keefektifan pengembangan media pembelajaran replika peta budaya siswa kelas IV SDN 12 Dompu. Metode penelitian yang digunakan adalah ADDIE (Analisys, Design, Development, implemention, Evaluation). Hasil rekapitulasi kevalidan media pembelajaran replika peta budaya yaitu 84% dengan kategori “sangat valid”. Hasil rekapitulasi kepraktisan media replika peta budaya yaitu 92,5% kategori “sangat praktis”. Hasil rekapitulasi  belajar kognitif siswa dengan nilai ketuntasan klasikal 90%, tes hasil belajar afektif siswa, terdapat 4 orang siswa yang termasuk kategori “Sangat Berkembang” dengan persentase 40%, 4 orang siswa yang termasuk kategori “Berkembang Sesuai Harapan” dengan persentase 40%, 2 orang siswa yang termasuk kategori “Mulai Berkembang” dengan persentase 20%, hasil belajar psikomotor, diketahui bahwa hasil psikomotor siswa terdapat 2 orang siswa termasuk kategori “Sangat Berkembang” dengan persentase 20% dan 5 orang siswa termasuk kategori “Berkembang Sesuai Harapan” dengan persentase 30%.
Pengembangan Media Pembelajaran Kantong Literasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Jama’ah Jama’ah; Angga Putra; Khaerunnisyah Khaerunnisyah
Jurnal Evaluasi dan Kajian Strategis Pendidikan Dasar Vol. 1 No. 1 (2024): Jurnal Evaluasi dan Kajian Strategis Pendidikan Dasar
Publisher : ELRISPESWIL - Lembaga Riset dan Pengembangan Sumberdaya Wilayah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54371/jekas.v1i1.324

Abstract

Media pembelajaran kantong literasi merupakan alat bantu yang digunakan untuk memudahkan siswa dalam proses pembelajaran, materi memuat Tema 7 peristiwa dalam Kehidupan subtema 3 peristiwa mengisi kemerdekaan dengan cara menghargai jasa para pahlawan, keberagaman seni rupa daerah dan menceritakan perjuangan orang tua sebagai wujud penerapan nilai-nilai kepahlawanan serta menuliskan susunan kegiatan upacara bendera untuk siswa kelas V SDN 12 Dompu. Metode penelitian yang digunakan adalah model 4-D yang terdiri atas empat tahap yaitu model pengembangan Define (Pendefinisian), Design (Rancangan), Development (Pengembangan), Disseminate (Penyebarluasan). Hasil rekapitulasi kevalidan media pembelajaran kantong literasi yaitu 83% dengan kategori “sangat valid”. Hasil rekapitulasi kepraktisan media kantong literasi yaitu 88,75% dengan kategori “sangat praktis”. Hasil rekapitulasi belajar kognitif siswa dengan nilai ketuntasan klasikal 86%, tes hasil belajar afektif siswa, terdapat 8 orang siswa yang termaksud kategori “baik sekali” dengan presentase 57%, 4 orang siswa yang termaksud kategori “baik” dengan presentase 28%, 2 orang siswa yang termaksud kategori “cukup baik” dengan presentase 15%, hasil belajar psikomotorik, diketahui bahwa hasil psikomotor siswa terdapat 6 orang siswa termaksud kategori “baik sekali” dengan presentase 43% dan 5 orang siswa termaksud kategori “baik” dengan presentase 36%, 3 orang siswa termaksud kategori “cukup baik“ dengan presentase 21%.
Peran Guru Sekolah Dasar dalam Pembentukan Karakter Siswa Enung Nurhasanah; Siti Aisah; Mulya Yusnarti
Jurnal Evaluasi dan Kajian Strategis Pendidikan Dasar Vol. 1 No. 1 (2024): Jurnal Evaluasi dan Kajian Strategis Pendidikan Dasar
Publisher : ELRISPESWIL - Lembaga Riset dan Pengembangan Sumberdaya Wilayah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54371/jekas.v1i1.325

Abstract

Penelitian ini berfokus pada Analisis Peran Guru dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas IV di SDN 17 Woja. Bertujuan untuk Menganalisis Peran Guru dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas IV, faktor penghambat dan faktor pendukung dalam pembentukan karakter siswa kelas IV di SDN 17 Woja. Peran guru yang menjadi fokus penelitian yaitu sebagai pendidik, demonstrator, pengelola kelas, motivator dan evaluator. Nilai karakter yang menjadi fokus penelitian yaitu religius, jujur, disiplin, mandiri, peduli sosial dan bertanggung jawab. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi kepada subjek penelitian yang terdiri dari guru kelas IV dan siswa. Tahapan analisis data yang digunakan ialah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peran guru dalam pembentukan karakter siswa kelas IV di SDN 17 Woja dilakukan dengan beberapa peran guru yaitu guru sebagai pendidik, guru sebagai demonstrator, guru sebagai pengelola kelas, guru sebagai motivator dan guru sebagai evaluator, (2) Faktor pendukung peran guru dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas IV di SDN 17 Woja yaitu lingkungan keluarga dan sarana dan prasarana, sedangkan faktor Penghambat Peran Guru dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas IV di SDN 17 Woja  antara lain lingkungan keluarga dan guru.
Analisis Strategi Guru dalam Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar Arif Rahman; Idhar Idhar; Amin Amin; Fitasari Fitasari
Jurnal Evaluasi dan Kajian Strategis Pendidikan Dasar Vol. 1 No. 1 (2024): Jurnal Evaluasi dan Kajian Strategis Pendidikan Dasar
Publisher : ELRISPESWIL - Lembaga Riset dan Pengembangan Sumberdaya Wilayah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54371/jekas.v1i1.356

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam penguatan pendidikan karakter siswa kelas III SD Negeri 25 Woja. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas III (sumber data primer), serta dokumen-dokumen tertulis (sumber data sekunder). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi wawancara terstruktur dan dokumentasi. Teknik analisis data yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian, analisis data dan pembahasan maka disimpulkan bahwa di SD Negeri 25 Woja sudah menerapkan pendidikan karakter pada siswa dengan baik, strategi yang digunakan oleh guru kelas III yakni melalui unsur keteladanan dan kebiasaan, sedangkan karakter kinerja guru berdasarkan hasil yang diperoleh sangat efektif, sedangkan karakter sosial, dapat diperoleh pada siswa yakni selalu tertib dalam melaksanakan setiap aktivitas di lingkungan sekolah, bekerja sama dalam kelompok di kelas maupun mengerjakan tugas tepat waktu, sedangkan karakter religius dapat diperoleh pada siswa yakni mengucapkan salam sebelum memulai pembelajaran, berdoa sebelum belajar, melakukan imtaq di hari jum’at, dan membaca surat-surat pendek.
Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V Sekolah Dasar Rizzaludin Rizzaludin; Hidayat Hidayat; Idhar Idhar; Ija Srirahmawati; Mulya Yusnarti
Jurnal Evaluasi dan Kajian Strategis Pendidikan Dasar Vol. 1 No. 2 (2024): Jurnal Evaluasi dan Kajian Strategis Pendidikan Dasar
Publisher : ELRISPESWIL - Lembaga Riset dan Pengembangan Sumberdaya Wilayah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54371/jekas.v1i2.413

Abstract

The Group Investigation (GI) Learning Model is a learning model where the teacher only acts as a motivator and facilitator and provides opportunities for participants to participate more actively in managing information, thinking critically and being responsible. This learning model allows students to find for themselves the information needed to achieve indicator goals and learning objectives. This research aims to determine the influence of the Group Investigation (GI) learning model on PKN Class V learning outcomes at SDN 07 Manggelewa in 2019/2020. This type of research is quasi-experimental with a quantitative approach. The population is all class V students, totaling 22 students. The sample used was 11 VA class students as the experimental class, 11 people as the control class. The sampling technique uses a purposive sample. Data was obtained through pretest and posttest and then analyzed using the t-test. Based on the initial test, the experimental class average was 51 and the control class was 47. The final test results showed the experimental class average was 77 and the control class was 74. The sample class final test data was analyzed using the t-test. The t-test results obtained tcount of 3.108 and ttable of 1.724. It was obtained that tcount was greater than ttable at an error level of 5%. Based on the hypothesis obtained, there is an influence of the Group Investigation (GI) Learning Model on Class V PKN Learning Outcomes at SDN 07 Manggelewa.
Pengaruh Kedisiplinan Belajar terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Sekolah Dasar Hasan Hasan; Angga Putra; M. Amin M. Amin; Kartika Puji Astuti
Jurnal Evaluasi dan Kajian Strategis Pendidikan Dasar Vol. 1 No. 2 (2024): Jurnal Evaluasi dan Kajian Strategis Pendidikan Dasar
Publisher : ELRISPESWIL - Lembaga Riset dan Pengembangan Sumberdaya Wilayah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54371/jekas.v1i2.425

Abstract

Class V students at SD Negeri 14 Woja still lack discipline in studying. When they study at school, there are still those who are late for school, don't do their assignments well, don't pay attention to the lessons taught by the teacher, and lack readiness in following lessons. This results in less effective learning so that children cannot absorb the material provided by the teacher properly. Based on the background above, this research aims to determine the influence of learning discipline at school on the Indonesian language learning achievement of Class V students at SDN 14 Woja, Dompu Regency, 2016/2017 academic year. This research includes correlation research with a quantitative approach. Based on the results of the data analysis above, it can be concluded that there is an influence of learning discipline at school on the learning achievement of class V students at Dompu State Elementary School for the 2016/2017 academic year. This can be seen from the results of the V data analysis of the questionnaire with a significance level of 0.05% or 5% and n-2 = 23, obtained T table = 0.714. This result shows that T count = 2.966 t table = 0.714 (one party test with interpolation). In this case, the condition applies that, t calculated is smaller and/or equal to t table, then HO is accepted. It turns out that the calculated T is greater than the t table (2.966≥ 0.714), so Ho is rejected and Ha is accepted, which means there is a real (significant) influence between variable (X) and variable (Y).
Efektivitas Penggunaan Media Benda Kongkret untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar Titi Pujiarti; Asmedy Asmedy; Fifi Fitasari
Jurnal Evaluasi dan Kajian Strategis Pendidikan Dasar Vol. 1 No. 2 (2024): Jurnal Evaluasi dan Kajian Strategis Pendidikan Dasar
Publisher : ELRISPESWIL - Lembaga Riset dan Pengembangan Sumberdaya Wilayah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54371/jekas.v1i2.426

Abstract

This research aims to evaluate the effectiveness of using concrete object media in improving student learning outcomes at SD Negeri 3 Dompu. The research was conducted in class Va and used pre-test and post-test techniques to collect data. The test is given in the form of essay questions that cover integer arithmetic operations. The research results show that there is no significant influence from the use of concrete object media on student learning outcomes. Although there was an increase in learning outcomes after treatment with this media, the difference was not significant. Statistical analysis using the t-test shows that the tcount value is smaller than the ttable value, so the hypothesis is rejected. In conclusion, the use of concrete object media has not had a significant impact on student learning outcomes due to the possibility of students' lack of habits and skills in using this media.
Analisis Peran Guru dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Arifin Arifin; Enung Nurhasanah; Jamaah Jamaah
Jurnal Evaluasi dan Kajian Strategis Pendidikan Dasar Vol. 1 No. 2 (2024): Jurnal Evaluasi dan Kajian Strategis Pendidikan Dasar
Publisher : ELRISPESWIL - Lembaga Riset dan Pengembangan Sumberdaya Wilayah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54371/jekas.v1i2.427

Abstract

This research focuses on analyzing the role of teachers in forming the character of class IV students at SDN 17 Woja. The aim of this research is to analyze the role of teachers as educators, demonstrators, class managers, motivators and evaluators in the formation of student character, as well as to identify supporting and inhibiting factors in this process. The character values ​​that are the focus of the research include religious, honest, disciplined, independent, socially caring and responsible. This research uses a qualitative method with a descriptive approach. The data collection techniques used were observation, interviews and documentation involving fourth grade teachers and students as research subjects. Data analysis stages include data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The validity of the data was tested using triangulation techniques. The results of the research show that the role of teachers in forming the character of class IV students at SDN 17 Woja includes several important aspects: (1) Teachers as educators, demonstrators, class managers, motivators and evaluators play a significant role in shaping student character, (2) Supporting factors identified were a conducive family environment and the availability of adequate facilities and infrastructure, while inhibiting factors included a lack of support from the family and several obstacles originating from the teachers themselves.
Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Flash Card untuk Meningkatkan Hasil belajar Siswa Kelas V Supriyaddin Supriyaddin; Hasan Hasan; Budiman Budiman; Arif Rahman
Jurnal Evaluasi dan Kajian Strategis Pendidikan Dasar Vol. 1 No. 2 (2024): Jurnal Evaluasi dan Kajian Strategis Pendidikan Dasar
Publisher : ELRISPESWIL - Lembaga Riset dan Pengembangan Sumberdaya Wilayah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54371/jekas.v1i2.432

Abstract

This research is motivated by the limited use of learning media which reduces the effectiveness of learning in class, so that students do not understand the material. This research offers the development of new media in the form of flash cards that are appropriate to the concrete operational stage, with the aim of improving student learning outcomes. The aim of this research is to test the validity, practicality and effectiveness of flash card media on the learning outcomes of class V students at Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Mujahidin. This research uses research and development methods with the ADDIE model. Data collection techniques include interviews, observation, tests, and documentation. Data analysis techniques include analysis of validity, practicality and media effectiveness. Validation results by two experts show that learning media has a validity level of 87% (very valid). The practicality of flash card media reaches 93% (very practical). Students' cognitive learning results show a classical completion level of 91%. In the affective aspect, 24% of students were in the "Very Good" category, 64% in the "Good" category, and 9% in the "Quite Good" category. In the psychomotor aspect, 67% of students were in the "Good" category and 36% were in the "Fairly Good" category.

Page 1 of 1 | Total Record : 10